Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Jualan COD di FB dengan Marketplace

Cara Jualan COD di FB dengan Marketplace

Cara Jualan COD di FB - Facebook menjadi salah satu media untuk berjualan secara gratis dengan memanfaatkan fitur Marketplace. Meskipun banyak bermunculan e-commerce, FB masih potensial sebagai tempat menawarkan produk. 

Nah penjual perlu tahu cara jualan COD di FB menggunakan Marketplace. Karena memang metode pembayaran tersebut lebih sering dipilih oleh para pembeli.

Bagaimana caranya? 

Yuk simak ulasannya hingga tuntas!

Sebenarnya Marketplace Facebook tidak menyediakan sistem pembayaran layaknya e-commerce. Tapi penjual dapat membuat metodenya sendiri, termasuk menerapkan sistem Cash On Delivery (COD) di produk yang dijual. 

Teknik ini bisa dijadikan juga sebagai strategi untuk mendongkrak pendapatan. 

Agar lebih tahu mengenai caranya, simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Cara Menjual Produk di FB dengan COD

Fitur Marketplace yang terdapat dalam Facebook bisa muncul jika usia akun pengguna sudah lebih dari satu bulan. Syarat lainnya yaitu pernah dipakai mem-posting setidaknya satu kali. 

Setelah fiturnya muncul, penjual dapat menjadikannya tempat menawarkan produk dengan sistem pembayaran COD. 

Caranya sendiri dibagi dalam 2 tahapan, yaitu:

1. Mem-Posting Produk di Marketplace FB


Cara Jualan COD di FB dengan Marketplace


Penjual dapat menerapkan sistem Cash On Delivery dengan menambahkan keterangan saat memposting produk. Sebab di Marketplace Facebook tidak menyediakan pilihan metode pembayaran. 

Jadi penjual harus menuliskannya sendiri agar pembeli bisa tahu bahwa ada pilihan untuk membayar secara COD.

Cara jualan COD di FB untuk tahap pertama adalah:

  • Login ke akun Facebook seperti biasanya.
  • Pada tampilan muka, klik ikon seperti gerai toko yang ada di bar menu atas.
  • Selanjutnya tekan tombol Jual.
  • Jika tidak bisa mengaksesnya, maka silahkan meng-klik ikon orang yang ada di sebelah kirinya.
  • Lalu memilih opsi Jual Barang.
  • Tentukan kategori produk yang akan dijual di kolom paling atas, bisa kendaraan, elektronik, pakaian & aksesori, atau hiburan.
  • Setelah itu beri nama produk di kolom kedua.
  • Pada bagian selanjutnya, sertakan harga produk, lokasi penjual, dan ketersediaannya.
  • Untuk kolom deskripsi, berikan informasi tambahan lebih detail. Pada kolom inilah penjual juga bisa menuliskan keterangan sistem pembayaran secara COD.
  • Tulis kontak penjual agar pembeli mudah menghubungi jika hendak memesan.
  • Unggah beberapa gambar produk yang sudah difoto dengan gaya estetik.
  • Jika sudah selesai, klik tombol Berikutnya yang ada dibagian bawah.
  • Agar postingan memiliki jangkauan yang luas, bagikan pula jualan ke forum atau komunitas regional.
  • Setelah itu, lanjutkan ke tahapan yang kedua.

2. Memproses Order COD dari Pembeli


Cara Jualan COD di FB dengan Marketplace


Cara jualan COD di FB tahapan yang kedua adalah menunggu pesanan dari pembeli dan memprosesnya. Biasanya konsumen akan mengirim pesan terlebih dahulu kepada penjual untuk menanyakan ketersediaan produk. Pesan tersebut bisa dilihat pada menu messenger. 

Setelah negosiasi menemui kesepakatan, maka segera proses order COD yang diminta pembeli tersebut.

Pesanan yang paling sering masuk umumnya masih berada dalam satu wilayah. Keterangan lokasi yang tercantum di postingan membuat Marketplace Facebook mengelompokkannya sesuai regional. 

Jika lokasi pembeli tidak terlalu jauh, maka penjual dapat menerapkan sistem Cash On Delivery dengan cara bertemu langsung.

Jadi penjual dan pembeli membuat janji untuk bertransaksi di tempat serta waktu tertentu. COD dengan cara ini mungkin saja membuat penjual harus menetapkan tambahan ongkos kirim. Gunanya untuk menutupi biaya transportasi dan membeli bensin. 

Intinya selain membayar produk, pelanggan harus membayar keseluruhan biaya, termasuk ongkir.

Lalu bagaimana jika pesanan masuk dari pembeli yang jaraknya jauh dan meminta metode pembayaran COD? 

Untuk kasus seperti itu, maka penjual harus bekerja sama dengan kurir untuk mengantarkan produk. 

Jadi penjual harus mendaftarkan diri (menjadi member) di penyedia layanan yang bisa memproses order COD. Penjual perlu mencari jasa ekspedisi yang mau melayani pelanggan yang membeli produk secara COD, seperti JNE, Pos Indonesia dan J&T

Atau bisa juga menggunakan layanan dari TokoTalk, Mengantar, maupun Kirimin Aja. Nantinya kurir yang akan mengantar dan pembeli membayar barang beserta ongkir kepadanya.

Tips Jualan COD di Marketplace Facebook

Fitur Marketplace Facebook memang memberikan manfaat yang besar kepada penjual. Apalagi tersedianya keterangan metode membayar secara Cash On Delivery membuat pembeli merasa aman. 

Tapi tidak semudah itu untuk dapat membuat jualan Anda jadi laris manis, karena ada tips khusus yang perlu dipahami. Terlebih lagi sangat banyak saingan di Marketplace Facebook tersebut. 

Berikut uraiannya:

1. Tidak Mencantumkan Nama Resmi Brand

Saat membuat postingan di Marketplace Facebook, penjual harus menunggu verifikasi dahulu. Jika melanggar peraturan, pihak FB tidak akan menerima dan memblokirnya. Kuncinya adalah jangan mencantumkan nama resmi dari brand produk. Kalau terpaksa, maka Anda bisa mengakali dengan menulis penggalan nama mereknya.

2. Memberi Opsi Gratis Ongkir

Terkadang sistem pembayaran COD saja masih belum mampu menarik pembeli. Cobalah untuk melakukan tips yang kedua ini. 

Pada syarat tertentu, berilah opsi gratis ongkos kirim kepada pelanggan. Misalnya membeli dua produk tidak dikenakan ongkir.

3. Responsif dengan Chat Calon Pembeli

Berbeda dengan e-commerce, pembeli yang ada di FB pasti mengirim pesan dulu kepada penjual guna memastikan ketersediaan produk. Pada saat inilah, berikan respon yang cepat dan baik. Lebih baik jika berkomunikasi lewat chat WhatsApp.

4. Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Sistem COD untuk jarak yang jauh pasti memerlukan peran jasa ekspedisi. Penjual harus memilih jasa yang bisa memberikan layanan terbaik. 

Bukan hanya cepat dalam proses pengiriman, tapi menyediakan retur apabila metode COD gagal karena beberapa sebab. Contohnya seperti kurir tidak bisa menemukan lokasi pembeli atau barang ditolak.

Demikian penjelasan tentang cara jualan COD di FB dengan menggunakan fitur Marketplace. Penjual harus menambahkan keterangan Cash On Delivery karena tidak ada pilihan metode pembayaran. 

Sistem ini bisa dilakukan dengan cara bertemu langsung atau dikirim oleh kurir. Agar jualan di Marketplace laris, sebaiknya mengikuti tips yang dijelaskan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Jualan COD di FB dengan Marketplace"