Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Penyebab Google Bisnis Tidak Muncul di Maps? Berikut Penjelasannya!


Google Bisnis Tidak Muncul di Maps - Banyak yang mengalami permasalahan google bisnis tidak muncul di maps setelah lokasinya ditambahkan. Bahkan setelah listingan di-acc pun kendala tersebut mungkin saja dialami. Penyebabnya beragam, tapi umumnya karena pengguna yang kurang jeli saat mencantumkan informasi bisnisnya.

Tentunya hal tersebut merugikan pemilik bisnis, sebab calon pelanggannya jadi tidak dapat menemukan lokasi usaha (karena tidak muncul di hasil pencarian Google Maps). Akibatnya, kunjungan menjadi berkurang dan pendapatan ikut menurun. Jika terus dibiarkan, bisnis tidak bisa mencapai target market.

Agar tidak semakin merugikan, pemilik bisnis harus segera mengambil tindakan lanjutan. Pahami penyebab dan cara menanganinya supaya google bisnis dimunculkan dalam Maps. Untuk keterangan lebih jelas, simak uraian di bawah:

Penyebab Bisnis Tidak Muncul di Google Maps

Terlebih dahulu ketahui apa saja penyebab yang membuat google bisnis tidak muncul di maps (meskipun sudah ter-publish). Untuk beberapa kasus yang dialami pemilik usaha, penyebabnya berbeda-beda. 

Berikut ini diuraikan beberapa penyebab yang sering menimbulkan kendala tersebut:

1. Google Bisnis Belum Diversifikasi 

Penyebab pertama yang mengakibatkan google bisnis tidak bisa muncul di hasil pencarian Maps yaitu belum diverifikasi. Banyak pemilik bisnis yang melupakan tahapan ini. Padahal sangat penting dilakukan agar dapat memperbarui informasi bisnisnya dan fitur lain.

Saat pertama kali mendaftarkan google bisnis, pemilik alamat seharusnya langsung melakukan verifikasi. Ada beberapa metode verifikasi yang bisa dipilih oleh pemilik bisnis. Tapi masalahnya, tidak semua metode tersedia, tergantung kebijakan yang diberikan oleh pihak google.

Verifikasi juga menunjukkan bahwa bisnis yang didaftarkan benar-benar milik si pendaftar. Karena dengan begitu, pengajuan penambahan lokasi usaha di google maps barulah bisa disetujui. Selain itu, verifikasi menjadi syarat yang harus dipenuhi jika ingin bisnis muncul di maps.

2. Baru Menambah atau Mengedit Informasi Bisnis

Mengubah informasi dari google bisnis yang didaftarkan sebelumnya juga menjadi salah satu penyebab tidak dimunculkan di maps. Terlebih lagi, hasil pencarian menerapkan algoritma dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Jadi hal ini perlu untuk diperhatikan. 

Informasi yang baru saja diedit tidak langsung disetujui oleh pihak google. Umumnya, butuh waktu peninjauan kurang lebih tiga hari kerja. Biasanya setelah itu google bisnis akan muncul di maps dengan tampilan informasi baru sesuai yang diedit.

3. Informasi Google Bisnis Tidak Sesuai Pedoman

Penyebab google bisnis tidak muncul saat ditelusuri di maps yang ketiga ini paling sering dilakukan. Pemilik usaha kerap memasukkan informasi secara asal tanpa melihat panduan. Mungkin tujuannya untuk memaksimalkan strategi SEO, padahal membuat bisnisnya tidak terlihat di peta.

Pedoman saat penambahan bisnis di maps harus diikuti agar tidak terkena masalah umum dari google. Contohnya seperti perubahan pada informasi secara tidak terduga atau malah informasi bisnis dihapus. Biasanya jika melanggar, pemilik bisnis akan memperoleh pesan lewat akun google. 

Berikut adalah beberapa pedoman yang perlu dijadikan acuan:

  • Menghindari konten-konten yang dilarang oleh google.
  • Menuliskan alamat google bisnis secara jelas dan akurat.
  • Mematuhi seluruh kebijakan google.
  • Pemilik hanya diperkenankan membuat satu profil bisnis saja.

4. Pemberian Nama Bisnis yang Tidak Spesifik 

Bagi pelaku usaha yang bingung kenapa google bisnis tidak muncul di maps padahal sudah di-acc, wajib memperhatikan hal ini. Pemberian nama merupakan faktor yang menjadi syarat tampil di hasil pencarian maps. Jika salah, besar kemungkinan permintaan tidak disetujui google.

Kesalahan pemilik listing dalam menyusun kata untuk mereknya bisa mengakibatkan bisnis tidak ditemukan di google. Calon pelanggan pun tidak dapat mengunjungi lokasinya karena tidak ada penunjuk arah. Meskipun kategori bisnis sudah benar, tapi jika nama alamat masih salah karena typo, maka akan berakibat sama saja (tidak dapat ditemukan).

Contohnya yaitu memberi nama google bisnis dengan “jasa pasang dan pembuatan pintu kata” untuk kategori toko kaca. Saat ditelusuri mungkin maps menampilkan beberapa hasil. Tapi bisnis tidak akan muncul karena pemilik listing tidak menyertakan nama usahanya.

Cara Membuat Google Bisnis Muncul di Maps

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang saatnya membaca solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Setiap kendala yang dialami pemilik bisnis mempunyai cara yang berbeda. Tapi secara umum, bisa mengikuti panduan berikut:

1. Mengklaim Listing Untuk Verifikasi

Cara pertama yaitu mengklaim bisnis agar dapat diverifikasi. Kebanyakan kasus yang dialami pemilik usaha adalah google bisnis tidak muncul di maps, tapi masih bisa diakses lewat link. Jadi bukalah tautan tersebut, kemudian ikuti langkah berikut:

Pada Profil Bisnis, klaim usaha tersebut dengan memilih opsi “Saya memiliki atau mengelola bisnis ini.”

Kemudian, pilih metode verifikasi yang disediakan google. Biasanya, yang paling sering digunakan adalah metode kartu pos. Tapi ada juga melalui telepon atau SMS, panggilan video, perekaman video, dan email. 

Pemilik listing tinggal mengikuti panduan yang tampil di layar. 

2. Menambahkan Foto dan Video

Cara kedua yaitu pemilik usaha memberikan kontribusi. Syarat google bisnis dapat muncul di maps yaitu pernah dikunjungi oleh pelanggan. Umumnya dibuktikan dengan ulasan yang berupa foto dan video. 

Google maps memiliki algoritma berupa popularitas dan kekayaan konten. Jadi minta pelanggan yang datang untuk memberikan ulasannya. Semakin sering dikunjungi, google akan melihatnya layak muncul di maps.

3. Melengkapi Data Valid 

Cara terakhir, pemilik listing harus melengkapi data yang valid untuk mendukung klaimnya. Selain foto, tambahkan informasi berupa jam buka dan tutup. Hindari pula memasukkan informasi yang tidak perlu supaya listing tidak ditangguhkan.

Setelah membaca penjelasan di atas, tidak perlu bertanya lagi kenapa google bisnis tidak muncul di maps walaupun sudah terpublish. Beberapa penyebab yang diterangkan dapat dijadikan acuan. Pemilik listing bisa mengikuti cara penyelesaian tersebut supaya lokasi bisa ditemukan di google maps.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Apa Penyebab Google Bisnis Tidak Muncul di Maps? Berikut Penjelasannya!"