Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Tidak Bisa Jualan di Marketplace Facebook? Inilah Penyebabnya


Kenapa Tidak Bisa Jualan di Marketplace Facebook - Mungkin banyak yang bingung kenapa tidak bisa jualan di marketplace Facebook, padahal produk yang di-post aman. Perlu diketahui, Facebook memang menerapkan aturan khusus penggunaan fitur marketplace. Jika tawaran tidak dapat dibuat, itu tandanya pasti ada term of service yang tidak dipatuhi.

Ketika mengunggah penawaran lewat marketplace, pihak Facebook akan melakukan peninjauan untuk menentukan apakah produk layak dijual. Ada banyak seller yang tidak lolos tahapan ini, sehingga gagal menawarkan produknya. 

Lalu, kenapa tidak bisa jualan di Marketplace Facebook? 

Simak beberapa penyebabnya di bawah:

1. Tidak Lolos Tinjauan Tawaran

Penyebab pertama dan paling sering terjadi yaitu tawaran yang dibuat seller tidak lolos peninjauan. Alasannya memang beragam. Tapi biasanya karena barang yang dijual melanggar kebijakan perdagangan. Dapat juga disebabkan karena tidak mengikuti standar komunitas dari Facebook. 

Facebook sudah membuat panduan mengenai produk apa saja yang tidak dapat ditawarkan (dilarang) di marketplace. Berikut ini rinciannya:

  • Bukan barang nyata: produk tidak memiliki wujud fisik untuk ditawarkan. Misalkan membuat postingan mencari barang, lelucon, dan berita kehilangan. 
  • Penawaran berupa jasa, seperti jasa membersihkan rumah.
  • Menjual binatang, termasuk juga adopsi.
  • Produk-produk kesehatan: masker, alat P3K, termometer, suplemen.
  • Gambar before after, seperti foto penurunan berat badan.
  • Produk dewasa, seperti rokok dan alkohol. 
  • Senjata api dan bahan peledak.
  • Dokumen finansial, seperti saham dan bitcoin.
  • Foto produk tidak sesuai dengan deskripsi dan judul penawaran.
  • Foto produk menonjolkan bagian tubuh.

2. Penawaran Sudah Terjual

Hal kedua yang menyebabkan seseorang tidak bisa menjual produknya di marketplace Facebook adalah karena penawaran sudah terjual. Biasanya, ketika ada barang yang habis dibeli pelanggan, seller akan menandai terjual. Dan itu ternyata menjadi salah satu kendalanya.

Seller tidak dapat menawarkan ulang produk yang telah habis. Jika mencoba mempromosikannya di marketplace lagi, sudah pasti akan ditolak. Ujung-ujungnya, penawaran tidak akan dimunculkan dalam fitur marketplace.

Marketplace Facebook sudah dibekali dengan aturan yang harus diikuti. Apabila ingin membuat promosi barang lain, seharusnya mem-posting penawaran baru. Jadi, pihak Facebook akan menyetujui tinjauan dan memungkinkan seller menjual produknya lewat marketplace. 

3. Memposting Tawaran Duplikat

Jika masih bertanya kenapa tidak bisa jualan di marketplace Facebook dan selalu ditolak, wajib memperhatikan hal ketiga ini. Seller sering abai dan asal mem-posting produk untuk dijual lewat marketplace. Padahal sebelumnya pernah membuat postingan serupa.

Fitur marketplace memiliki algoritma yang sangat canggih. Untuk menjaga legalitas produk, pengguna Facebook tidak diizinkan menjual barang dengan penawaran sama persis. Aktivitas duplikasi yang terdeteksi membuat seller tidak bisa menjual produknya.

Jika memang barang yang hendak ditawarkan itu sama persis dengan postingan sebelumnya, maka harus membuatnya berbeda agar tidak menjadi duplikat. Caranya yaitu dengan mengubah versi salinan atau menghapus tawaran sebelumnya. Jangan sampai membuat salinan yang sama persis tanpa modifikasi.

4. Akun Iklan Dinonaktifkan 

Penyebab keempat yang mengakibatkan penjual tidak dapat menjalankan tawaran yaitu akun iklannya dinonaktifkan. Bisa saja pihak Facebook menandai akun iklan karena ada pelanggaran yang pernah dilakukan. Pemicu lainnya adalah karena terdapat aktivitas yang tidak biasa.

Langkah awal pengguna yang dapat dilakukan adalah mengecek status akun iklan dulu, berikut panduannya:

  • Bukalah Facebook dan cari menu Pengelola Iklan. 
  • Kemudian pada opsi status akun iklan, pastikan dalam kondisi aktif.
  • Jika akun iklan itu ditutup sendiri, pengguna bisa mengaktifkan ulang. Langkah-langkahnya yaitu:
  • Bukalah menu Pengelola Iklan.
  • Lalu pada bagian atas halaman, tekan opsi Aktifkan Ulang.
  • Jika tidak berhasil, minta bantuan dengan menghubungi dukungan Facebook. 

5. Pengguna Masih di Bawah Umur

Tidak semua pengguna diizinkan untuk berjualan lewat marketplace Facebook. Ada batasan umur yang ditetapkan dalam penggunaan fitur tersebut. Bagi pengusaha milenial yang masih terlalu muda, sepertinya harus bersabar karena tidak dapat membuat penawaran di marketplace. 

Syarat agar produk bisa dijual lewat marketplace Facebook adalah umur pengguna sudah melewati 18 tahun. Ini pun sesuai dengan peraturan awal yang dibuat oleh FB. Untuk seller yang masih di bawah 18 tahun, tunggulah hingga mencapai batasan umur yang disarankan. 

6. Akun Facebook Masih Baru

Sepertinya tidak perlu lagi bertanya kenapa tidak bisa jualan di marketplace Facebook padahal jenis produk sesuai ketentuan. Meskipun pengguna tidak pernah melakukan pelanggaran, fitur marketplace tetap tidak akan muncul. Alasannya karena akun Facebook masih tergolong baru.

Paling tidak, umur akun yang bisa menikmati fitur marketplace yaitu lebih dari satu bulan. Selain itu, minimal pengguna sudah membuat satu postingan. Tapi tenang saja. Pengguna cukup menunggu peninjauan dari pihak FB dan menampilkan layanan marketplace. 

7. Lokasi Pengguna Belum Ada Fitur Marketplace 

Marketplace Facebook mempunyai filter lokasi yang memudahkan calon pelanggan untuk menemukan produk sesuai regional. Jika fitur tersebut tidak muncul, mungkin saja lokasi pengguna masih belum menyediakannya. Karena tidak semua negara menyetujui penggunaan fitur tersebut. 

8. Melanggar Peraturan Brand

Penyebab terakhir yang paling sering dialami penjual yang gagal menawarkan produk lewat marketplace yaitu melanggar peraturan brand. Kasus ini kadang juga disebut dengan pelanggaran pihak ketiga. Contohnya yaitu memakai nama merek atau brand yang sudah dikenal, seperti Nike dan Adidas.

Lalu bagaimana jika ingin menjual produk-produk dari brand tersebut? Agar tidak dikatakan melanggar, penjual harus menambahkan nama yang lebih spesifik dengan menuliskan seri atau variannya. Contohnya yaitu memberikan nama produk Sepatu Nike Putih Corak Hitam.

Setelah membaca penjelasan di atas, tidak perlu bingung lagi kenapa tidak bisa jualan di marketplace Facebook dan selalu saja ditolak. 7 Penyebab di atas cukup jelas untuk dijadikan sebagai acuan. Paling penting, barang tidak melanggar kebijakan dan standar komunitas Facebook.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Kenapa Tidak Bisa Jualan di Marketplace Facebook? Inilah Penyebabnya"