Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Macam Template Blog Toko Online (Tampilan Profesional)


Template Blog Toko Online - Menjual produk secara digital tengah menjadi tren saat ini. Semua itu terjadi karena kemajuan teknologi yang semakin pesat. Salah satu cara yang banyak dilakukan yaitu membuat situs web khusus untuk berjualan. 

Nah ketika membuatnya, seller tentu perlu memasang template blog toko online. Tujuannya agar tampilan website tersebut terlihat lebih menarik. Apabila sebuah web toko online enak dilihat, itu dapat membuat pengunjung jadi terpancing untuk membeli.

Platform yang dipakai untuk membangun toko online cukup beragam, tapi yang paling terkenal adalah Blogger dan WordPress. Saat membuat toko online di platform tersebut, seller akan memperoleh tampilan template yang standar (gratisan). 

Apabila seller ingin mendapatkan tampilan template yang profesional, maka bisa membeli template premium yang banyak dijual di internet.

Lalu apa saja template yang cocok diterapkan di blog? 

Simak 7 Macam Template Blog Toko Online berikut ini

Diantaranya:

1. VioToko

Layaknya toko offline, tampilan online shop pun perlu disesuaikan supaya pengunjung yang pertama kali mengunjungi blog memiliki kesan bagus. Sehingga kemudian merasa tertarik membeli barang yang sedang dijual. Seller dapat memasang template bernama VioToko pada blog-nya untuk mendukung kegiatan jualan secara online. 

VioToko merupakan jenis template yang memiliki paket lengkap. Sebab nantinya penjual dapat menampilkan testimoni dari pembeli dan beberapa artikel pendukung. Tentunya ini menambah kepercayaan kepada calon pelanggan. 

Dalam template tersebut juga terdapat kolom pencarian agar pengunjung mudah menemukan produk. 

Cukup membayar Rp170.000, VioToko sudah bisa dipasangkan pada blog.

2. Tokowhatsapp

Untuk rekomendasi kedua, ada template yang tengah naik daun di kalangan blogger toko online, namanya yaitu Tokowhatsapp. Pamornya cukup mentereng untuk mempercantik blog agar terlihat menarik dan lebih interaktif saat dikunjungi calon pelanggan. 

Jika menginstal Tokowhatsapp, penjual bisa menampilkan produk andalannya di halaman utama dengan model slide.

Keunggulan dari Tokowhatsapp terletak pada kemudahan transaksinya. Ketika ada pengunjung yang membeli, maka harus melengkapi data pembelian produknya. Setelah ditekan tombol Kirim, secara otomatis form akan langsung diarahkan ke WA penjual. Jadi nantinya bisa tahu jika ada yang memesan barang. 

Harga template ini kisaran Rp400.000, tapi biasanya sering ada diskon.

3. Bukamart

Template blog toko online ketiga yang mungkin bisa dijadikan rekomendasi yaitu Bukamart. Jika dua template sebelumnya berbayar, kalau yang satu ini gratis. Jika merasa tertarik, penjual dapat langsung mengunduh dan memasangkannya pada blog. Untuk menemukan Bukamart, seller bisa mengunjungi situs template.bukablog.com.

Template asli buatan orang Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung kegiatan jual beli. Salah satunya yaitu related post product yang memudahkan pembeli untuk menemukan barang yang diperlukannya. 

Desainnya dibuat minimalis, namun tetap terlihat keren. Jika dibuka lewat ponsel tetap lancar dan fast loading berkat adanya fitur mobile friendly.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Memasang Backlink di Blog Secara Tepat & Berkualitas

4. Megashop

Megashop merupakan template berikutnya yang tidak kalah menarik jika diterapkan pada blog toko online. Oleh developer-nya, yakni Templateism, desainnya disuguhkan dengan gaya yang lebih modern. 

Template ini sangat cocok di-install pada blog yang menjual produk-produk dengan target kaum milenial, misalkan aksesoris dan fashion yang tengah tren.

Seller tidak perlu merasa bingung apabila memasangkan Megashop di situs web-nya. Karena pada bagian dashboard, pemilik blog dapat melakukan pengaturan dan perubahan yang sangat mudah. 

Beberapa fitur bisa ditambahkan agar terlihat kredibel di mata calon pembeli. Megashop dapat dipasangkan secara gratis. Tapi boleh di-upgrade ke versi premium dengan membayar $30.

5. AccessPress Store

Bagi yang ingin membuat blog toko online dengan desain sederhana dan menarik, wajib memasang AccessPress Store. Desain template tersebut memang cocok untuk seller yang menjual barang-barang simpel dan minimalis. Sehingga pengunjung akan langsung mendapatkan pengalaman belanja yang bagus saat pertama kali mengakses web-nya.

Untuk memajang produk-produk andalan, penjual dapat memanfaatkan fitur slide yang ditampilkan di halaman awal blog. Selain itu juga bisa menampilkan daftar barang utama yang dijual atau membuat wishlist. Jadi saat pengunjung menelusuri produk yang dibutuhkannya, langsung memperoleh rekomendasi. Ada pula fitur customer support yang bisa dimaksimalkan pemilik blog.

6. Shorashop

Template blog toko online yang direkomendasikan berikutnya yaitu Shorashop. Saat pertama kali dirilis oleh Templates di September 2020, template ini memiliki penggemar sendiri. 

Kebanyakan, blogger yang memasangnya menjual barang-barang kaum milenial karena tampilan Shorashop modern, keren, dan clean. Apalagi dukungan mobile friendly yang memudahkannya diakses pengunjung lewat perangkat apa saja.

Kelebihan lain Shorashop adalah grafis yang responsif dan tergolong simpel. Terlebih lagi dibekali fitur fast loading yang membuat blog lebih nyaman saat dibuka oleh pengunjung. Ada menu social media sharing yang dapat dipakai penjual untuk mengenalkan toko online-nya lewat sosial media. Shorashop sendiri tersedia dua versi, yakni gratis dan premium.

Artikel Menarik Lainnya : Niche Blog Terbaik Dan Ramai Pengunjung (Plus Cara Monetisasinya)

7. The Shop

Buat yang masih bingung mencari template menarik untuk blog toko online, cobalah memasang The Shop. Template yang mempunyai desain minimalis tersebut cocok bagi penjual yang ingin blog-nya terlihat simpel dan minimalis. Meski begitu, kesan stylish tetap didapatkan agar pengunjung merasa nyaman saat mencari produknya. 

Layaknya etalase, template tersebut juga menghadirkan fitur yang dipakai untuk memajang produk andalan, yaitu slider dan carousel. Saat diakses pertama kali oleh calon pembeli, akan langsung menemukan tampilan produk yang mungkin dicarinya dan tengah promo. Agar lebih menarik lagi, pemilik blog bisa melakukan kustomisasi dari segi warna, elemen, dan font.

Itulah 7 macam template blog toko online yang direkomendasikan. Saat memutuskan membuat situs web untuk berjualan, tentu harus menyiapkan perencanaan, khususnya dalam hal tampilannya. Salah satunya yaitu dengan meng-install template yang memang diperuntukkan online shop. Ini akan bermanfaat meningkatkan pengalaman belanja dari para pengunjung blog.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "7 Macam Template Blog Toko Online (Tampilan Profesional)"