Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Menulis Artikel SEO (Agar Bisa Tampil di Halaman Utama)


Tips Menulis Artikel SEO - Ketika memutuskan membuat situs web, tentu harus melewati pertimbangan dulu, terutama saat mengunggah konten. Ada tips menulis artikel SEO yang harus dipahami jika ingin situsnya masuk di posisi teratas. Sehingga tidak hanya sekadar membagi informasi saja.

Search Engine Optimization merupakan strategi yang membuat web dapat ditampilkan pada halaman utama hasil pencarian. Sebagai komponen utama, konten sangat menunjang teknik SEO agar bisa dimaksimalkan. Dan tentu caranya tidak mudah. 

Bagi web yang diperuntukkan sebagai strategi konten marketing, maka memerlukan artikel SEO friendly. Bukan cuma interaktif dan informatif, tapi performanya juga terus naik. 

Lalu Apa Saja Sih Tips Menulis Artikel SEO itu?

Agar lebih memahami dalam membuat artikel SEO, baca selengkapnya tips di bawah ini:

1. Membuat Judul Artikel yang Panjang

Judul artikel yang panjang dipercaya mampu mendorong user internet untuk meng-klik dan membacanya. Mengapa demikian? Karena judul panjang dinilai memberikan performa yang baik terhadap situs maupun konten itu sendiri.

Paling tidak, Headline 1 (H1) dibuat 14 kata. Tips ini sangat mendukung teknik SEO karena penjelasannya lebih spesifik. Berbeda dengan judul yang hanya 7 kata, itu sudah umum dan performanya kurang bagus.

Judul panjang juga dapat memberikan traffic lebih besar dua kali lipat dan lima kali backlink. Selain itu, potensi sharing-nya lebih tinggi. Namun tips ini akan berjalan baik jika judul tidak melenceng dari isi artikel dan memasukkan keyword. 

2. Memperhatikan Struktur Artikel 

Artikel SEO friendly yang bisa diterima oleh pengguna internet adalah tulisan yang bagus. Tidak hanya dilihat dari inti pembahasan saja, melainkan mencakup struktur juga. Jika topik yang diangkat tengah menjadi perbincangan, tapi strukturnya berantakan, tentu akan malas membacanya.

Struktur juga membantu pemilik situs dalam menulis artikel. Karena hanya perlu membuat garis besar dari masing-masing pembahasan. Setelah itu, tinggal mengembangkannya menjadi artikel yang utuh.

Secara umum, ada tiga struktur dalam artikel. Pertama adalah prolog yang berisi tujuan dan latar belakang pembahasan. Kemudian isi yang merupakan penjelasan inti. Terakhir yaitu kesimpulan yang memuat rangkuman seluruh penjelasan.

Artikel Menarik Lainnya : Yuk Kita Belajar SEO On-Page (Khusus Untuk Pemula)

3. Menyebar Kata Kunci

Tips menulis artikel SEO ketiga adalah meletakkan kata kunci pada beberapa bagian. Kesalahan yang sering dilakukan pemula yaitu terlalu banyak menyebar keyword atau keyword stuffing. Harapannya agar cepat dimunculkan di Google, padahal itu keliru.

Kata kunci yang sangat banyak dianggap sebagai praktik spam dan bisa menurunkan kualitas konten. Pengunjung yang membacanya pun akan terganggu karena ada kata yang terus diulang-ulang. Bukannya naik, ranking web malah akan turun.

Cara yang paling benar, kata kunci disebar sesuai kebutuhan konten saja. Bisa juga dengan meletakkan pada lokasi berikut:

  • Seratus kata pertama. 
  • URL halaman web (permalink).
  • Judul (meta title).
  • Deskripsi singkat di bawah judul (meta description).
  • Nama file dan alt text. 

4. Melakukan Riset Kata Kunci 

Masih berhubungan dengan sebelumnya, tips keempat ini juga wajib dilakukan saat menulis artikel. Mungkin tidak ada kebingungan dalam meletakkan kata kunci. Tapi sebenarnya, perlu ada perencanaan untuk menemukan keyword potensial. 

Ada alat yang bisa dipakai untuk meriset keyword, seperti Google Trends, KWFinder, dan Ubbersuggest. Tapi di samping itu, perlu memperhatikan aturan berikut:

  • Pilih kata kunci yang volume pencariannya tinggi.
  • Lalu lihat pula kompetitornya. Jika persaingan keyword kecil, maka bisa memenangkan posisi.
  • Pilih juga keyword yang sesuai niche dan relevan dengan topik yang dibutuhkan pengunjung. 

5. Menambahkan Konten Visual

Hasil pencarian di Google menunjukkan bahwa artikel yang terdapat konten visual lebih disukai netizen. Bukan hanya menarik, tapi juga bisa membantu untuk memahami topik yang dibahas. Sehingga pengunjung betah berlama-lama di dalam artikel.

Otak manusia itu lebih cepat menerima informasi yang ada data visual. Dibandingkan tulisan, pembahasan lebih mudah dipahami dengan melihat visualnya. Tapi pemilik situs harus membuatnya dengan desain menarik dan mencoba kombinasi warna.

Jenis konten visual yang digunakan juga harus disesuaikan dengan isi artikel. Bisa berupa gambar, GIF, atau ilustrasi. Sedangkan artikel yang lebih banyak menampilkan data, dapat menggunakan bagan dan infografis.

6. Membahas Satu Topik

Untuk membuat situs muncul di halaman utama Google, perhatikan tips menulis artikel SEO keenam ini. Sebelum mulai membuat, tentukan dulu topik yang hendak dibahas. Jika perlu, buat kerangka agar lebih spesifik dan tidak melenceng dari pembahasan. 

Banyak artikel yang judulnya mengangkat masalah tertentu, tapi ternyata isinya keluar dari topik utama. Jika menulis cara menanam cabai, maka inti pembahasan harus menampilkan panduannya. Sedangkan untuk jenis-jenis cabai ditulis pada artikel lain.

Jika tips ini diterapkan, pemilik web dapat membuat artikel yang berkualitas. Pengguna yang membacanya tidak akan dibuat bingung. Karena informasinya runut dan semua keyword saling berhubungan. 

Artikel Menarik Lainnya : 7 Ciri Ciri Artikel yang Disukai Google

7. Memasukkan Backlink 

Tips terakhir untuk membuat artikel SEO yaitu memasukkan backlink ke dalamnya. Meskipun mendapatkan backlink berkualitas itu tidak mudah, tapi ada tool yang dapat membantu. Backlink juga membuat artikel di urutan atas. 

Pertama, pemilik web bisa memasukkan link internal. Tautan tersebut akan mengarahkan pengunjung agar membaca konten lebih jauh. Jadi traffic ke post dapat naik. Ada pula eksternal link yang merujuk ke situs lain. Tujuannya agar pengguna memperoleh gambaran yang kredibel. 

Demikian penjelasan mengenai tips menulis artikel SEO yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat konten. Tips-tips tersebut akan membantu pemilik web untuk meningkatkan kualitas artikel. Jadi tidak hanya menyampaikan informasi, tapi juga bertujuan menaikkan traffic.

Berdasarkan tips yang diberikan, penulis harus melakukan riset keyword sebelum membuat artikel. Selain itu, topik yang dibahas perlu dibuat kerangka supaya tidak melenceng. Struktur artikel tidak boleh diabaikan agar pembaca bisa memahami dengan mudah.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "7 Tips Menulis Artikel SEO (Agar Bisa Tampil di Halaman Utama)"