Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bot Telegram dan Membalas Chat dengan Mudah

cara membuat bot telegram dan membalas chat


Telegram sudah memiliki fitur unik yang bernama Bot. Bukan hanya bisa dipakai untuk keseruan atau kebutuhan lainnya, pengguna juga bisa membuatnya sendiri. Cara membuat bot Telegram dan membalas chat ini adalah proses yang sebenarnya mudah untuk dijalankan.

Agar lebih mudah dipahami, maka pada bagian ini akan diberikan uraian jelas mengenai proses pembuatan dan membalasnya. Untuk mengetahui rangkaian serta susunan prosesnya, simak detail berikut tanpa ada bagian yang terlewat.

Cara Membuat Susunan Bot Telegram

Karena informasi tentang konsep cara membuat bot Telegram dan membalas chat sangat dibutuhkan, maka pada bagian ini akan diinformasikan bagaimana prosesnya. Sebenarnya, proses membuat bot ini akan terbagi menjadi dua sisi yang berbeda.

Info Menarik Lainnya: Cara Download Video Di Twitter Lewat Telegram Bot dengan Mudah

Pada sisi pertama, pengguna harus membuat akun bot terlebih dahulu. Sedangkan untuk bagian kedua, pengguna akan diarahkan untuk membuat bot chat. Agar lebih mudah dipahami, maka prosesnya akan dijabarkan pada bagian ini:

1. Membuat Akun Bot Telegram

Pada bagian pertama ini, akan diuraikan bagaimana proses pembuatan akun bot-nya. Jadi sebelum bot chat dibuat, maka pengguna harus menyiapkan akun terlebih dahulu. Simak detail langkah berikut ini untuk mengetahui susunan prosesnya:

  • Sebagai langkah awal, pengguna harus masuk ke Telegram terlebih dahulu.

  • Kemudian, lakukan pencarian akun @BotFather dan pencet tombol Start untuk memulai prosesnya.

  • Selanjutnya, pengguna harus mengirim pesan /newbot dan pencet tombol Enter. Pastikan pesan yang dikirim sudah sesuai.

  • Nantinya, sistem akan meminta pengguna untuk membuat nama bot Telegram. Misal nama yang diisi adalah Contoh Bot.

  • Lalu, pengguna juga harus membuat username yang harus diakhiri dengan rincian kode _bot. Misalnya seperti susunan contohbot_bot, dan akhiri proses dengan memencet tombol Enter.

  • Jika sudah selesai, maka sistem akan mengirimkan susunan token yang rahasia. Simpan token ini dan jangan sampai hilang karena nantinya akan difungsikan untuk mengakses API.

2. Membuat Bot Telegram Chat

Apabila akun sudah dibuat, maka proses selanjutnya adalah membuat bot chat. Jika dibandingkan dengan proses pertama, maka proses ini jauh lebih rumit.

Info Menarik Lainnya: Begini Cara Mengambil Video dari Twitter untuk Berbagai Perangkat

Oleh karenanya, pengguna harus memperhatikan proses berikut ini dengan baik tanpa ada yang terlewat:

  • Pada langkah ini, pengguna harus masuk dulu ke Bot API dengan alamat terstruktur seperti https://core.telegram.org/bots/api.

  • Jika sudah masuk halaman utamanya, maka pengguna harus memakai kode https://api.telegram.org/bot/<kombinasitokenasli>/METHOD_NAME.

  • Pada bagian Token, pastikan untuk memasukkan susunan token yang dimiliki. Proses ini harus diedit secara manual.

  • Sedangkan untuk bagian METHOD_NAME, silakan ganti dengan tulisan getMe dan pencet tombol Enter. Nantinya, proses ini akan menuntun pengguna mendapatkan kode chat ID.

  • Kemudian pengguna harus membuka browser baru dan paste kode bot yang sudah didapat.

  • Tambahkan juga kalimat untuk bot chat yang diinginkan.

  • Apabila prosesnya selesai, pengguna bisa masuk ke Telegram dan melakukan pengecekan. Jika ada pesan dari Bot Telegram Chat, maka prosesnya bisa dikatakan selesai.

Cara Membalas Chat

Setelah mengetahui detail caranya, maka pengguna harus tahu bagaimana cara membalasnya. Sebenarnya, proses ini tidak sulit. Pengguna bisa memanfaatkan chat otomatis agar proses membalas chat akan jauh lebih mudah.

Sebagai bahan uji coba, maka pengguna bisa mengirim pesan dengan chat bot yang sudah dibuat kepada kenalan. Namun jika ingin lebih mudah, maka bisa memanfaatkan chat anonymous Telegram yang sudah tersedia untuk difungsikan.

Semua penjelasan tentang cara membuat bot Telegram dan membalas chat di atas tentunya bisa langsung dijadikan acuan utama dalam proses pemanfaatan. Karena sudah ada arahan yang jelas, maka langsung saja ikuti sampai prosesnya selesai.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Membuat Bot Telegram dan Membalas Chat dengan Mudah"