Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Padahal Ada Kuota? Begini Cara Mengatasinya




Salah satu hal yang paling menyebalkan ialah pulsa yang terus berkurang secara otomatis meskipun memiliki kuota internet. Kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri padahal ada kuota sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal.

Secara garis besar, pulsa yang berkurang tersebut tentu terjadi karena alasan tertentu. Salah satunya yaitu karena tidak sengaja melakukan registrasi suatu program. Namun, untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

Penyebab Pulsa Berkurang Secara Terus Menerus

Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri padahal ada kuota dipicu oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut, diantaranya:

1. Berlangganan SMS Premium

Salah satu penyebab pulsa berkurang secara terus menerus ialah berlangganan SMS premium. Biasanya hal ini ditandai dengan notifikasi berupa SMS yang berisi konten-konten tertentu. Untuk besaran pulsa yang terpotong tergantung pada jenis konten yang dipilih oleh pengguna.

2. GPRS Aktif

Selain berlangganan SMS premium, penyebab lain yang sering lalai dilakukan pengguna ialah GPRS yang masih dalam kondisi aktif. Kondisi ini sering terjadi terutama ketika kuota internet habis namun masih terhubung dengan koneksi jaringan internet.

Info Menarik Lainnya : Begini Cara Mengambil Video dari Twitter untuk Berbagai Perangkat

Contohnya facebook, whatsapp, maupun youtube. Secara otomatis, pihak provider akan memotong pulsa yang dimiliki pengguna untuk pembayaran tarif normal penggunaan internet.

3. Klik Link Sembarangan

Penyebab kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri padahal ada kuota berikutnya yaitu pengguna melakukan klik link secara sembarangan. Pengguna perlu berhati-hati ketika mengunduh musik secara online melalui situs-situs tertentu.

Biasanya akan muncul link yang mengarahkan pengguna pada halaman tertentu. Apabila pengguna mengklik tombol link tersebut, maka bisa mengakibatkan pulsa tersedot secara otomatis. Oleh karena itulah, sangat penting untuk memperhatikan halaman pengunduhan musik agar tidak terjadi hal demikian.

4. Berlangganan NSP Secara Tidak Sengaja

Ketika pengguna menelepon dan tidak sengaja menekan tombol yang disarankan NSP orang tersebut, otomatis pulsa akan terpotong untuk pembayaran RBT. Pemotongan akan terus dilakukan selama pengguna belum menonaktifkan layanan tersebut.

Untuk NSP sendiri biasanya akan dilakukan perpanjangan 7 hari sekali dengan biaya yang disesuaikan dengan lagu yang dipilih. Oleh karena itulah, pengguna sebaiknya melakukan pengecekan layanan yang aktif secara berkala agar permasalahan seperti ini tidak terulang kembali.

5. Berlangganan Kuota Internet

Apabila seseorang berlangganan paket data internet maka ketika habis secara otomatis paket tersebut akan diperpanjang. Biasanya pihak provider akan memotong pulsa sesuai dengan harga paket yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Melihat TikTok yang di Privasi Paling Mudah

Ini akan terus berlanjut sebelum pengguna membeli paket data dengan menggosok voucher maupun melalui kartu lain. Biasanya perpanjang paket data akan berhenti apabila pulsa pengguna sudah habis.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri padahal ada kuota sangat beragam. Namun pengguna tidak perlu khawatir karena bisa mengatasinya dengan cara yang mudah. Berikut beberapa langkah yang harus diikuti:  

  • Silahkan buka menu Panggilan pada smartphone.

  • Kemudian silahkan masukkan *726#.

  • Jika sudah, silahkan tekan tombol Panggil.

  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi Penghentian Layanan Berbayar.

  • Jika ingin mengetahui layanan yang sedang aktif, silahkan pilih pada opsi angka 1.

  • Kemudian silahkan pilih opsi Stop untuk menghentikannya.

  • Secara otomatis layanan tersebut sudah dinonaktifkan oleh pihak provider.

Itulah penjelasan mengenai penyebab kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri padahal ada kuota dan cara mudah untuk mengatasinya. Pengguna harus lebih cermat dan teliti ketika memperoleh notifikasi layanan apapun. Ini tentu saja berguna untuk mencegah hal tersebut terulang kembali.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Padahal Ada Kuota? Begini Cara Mengatasinya"