Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengecek IMEI Android yang Bisa Diikuti


Ponsel Android yang ada di dunia ini sangatlah banyak. Oleh karenanya, ada sebuah pembeda antara semua ponsel yang biasa disebut dengan IMEI. Setiap orang yang memiliki ponsel Android harus tahu cara mengecek IMEI Android agar bisa dicek legal atau tidaknya.

Hal ini diperlukan mengingat saat ini banyak ponsel palsu yang ilegal. Cara mengecek IMEI ini juga sangat mudah dan bisa dilakukan dengan 3 metode berbeda. Jika penasaran bagaimana saja metodenya, maka simak rincian dan struktur penjelasan di bawah ini:

1. Mengecek dengan Kode

Metode pertama yang akan dijelaskan adalah metode pengecekan IMEI dengan memanfaatkan kode khusus yang sudah diatur. Jadi, proses pengecekan ini bisa dilakukan dengan mudah dan hanya perlu memasukkan kodenya saja tanpa ada bagian yang salah.

Ada empat poin langkah yang harus dijalankan untuk menyelesaikannya. Agar lebih mudah dipahami, maka pada struktur kali ini akan diuraikan prosesnya dengan mudah. Simak penjelasan langkah lengkapnya sebagai berikut:

  • Untuk memulai prosesnya, maka pengguna harus masuk dulu ke menu "Telepon" atau menu "Dial".

  • Kemudian, masukkan kode *#06# dengan memencet tombol angka yang tersedia. Pastikan kombinasi kodenya tepat tanpa ada bagian yang salah.

  • Jika sudah, pencet tombol "Panggil" atau "Call" dan tunggu beberapa saat.

  • Apabila sistem sudah menjalankan prosesnya, maka akan muncul kota notifikasi baru berisi IMEI lengkap dari ponsel yang sedang difungsikan.

Urutan proses atau langkah di atas tentunya harus dijalankan dengan benar. Untuk melakukannya, pengguna tidak harus memiliki pulsa atau jaringan internet. Jadi prosesnya termasuk mudah dan murah untuk langsung diaplikasikan.

2. Mengecek di Menu Pengaturan

Cara mengecek IMEI Android kedua yang akan dijelaskan adalah dengan memanfaatkan menu Pengaturan. Semua ponsel tentunya memiliki menu tersebut. Ternyata, dalam menu tersebut juga sudah tersedia data yang merincikan IMEI ponsel-nya.

Info Menarik Lainnya: Cara Membuka Akun TikTok yang Dulu Agar Bisa digunakan Kembali

Untuk langkahnya sendiri terdiri dari empat poin. Menu Pengaturan memiliki banyak menu yang berbeda, sehingga rincian langkah ini harus dipahami agar tidak bingung. Berikut struktur penjelasannya untuk kemudian diikuti:

  • Sebagai langkah awal, pengguna harus masuk dulu ke menu "Pengaturan" atau menu "Settings".

  • Kemudian, pilih sub menu "System" dan lanjutkan memilih opsi "About Phone". Ada juga Android yang tidak menyediakan sub menu "System" dan langsung bisa menuju opsi "About Phone".

  • Kemudian akan ada beberapa pilihan, dan pencet saja tombol "Status".

  • Tunggu beberapa saat, kemudian sistem akan menampilkan halaman baru. Pada halaman inilah IMEI akan ditampilkan secara lengkap.

Ketelitian sangat dibutuhkan untuk menjalankan proses dengan metode ini. Apalagi setiap brand ponsel Android memiliki rincian menu pengaturan yang berbeda-beda. Jadi setiap pengguna harus bisa menemukan menunya dengan mudah.

3. Mengecek di Box Ponsel

Selain dua metode di atas, proses pengecekan IMEI juga bisa dilakukan dengan mengecek box ponsel. Saat melakukan pembelian ponsel baru yang disertai dengan box, maka di bagian box tersebut akan terpampang dengan jelas IMEI lengkap dari ponselnya.

Jadi jika masih ada box ponsel-nya, maka pengguna tidak perlu bingung mencari atau menemukan IMEI dengan dua metode di atas. Lihat dan telusuri saja semua bagian dalam box untuk menemukan IMEI ponsel dengan kombinasi yang tepat.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang cara mengecek IMEI Android dengan beberapa metode berbeda. Karena sudah ada 3 metode yang bisa dipilih, maka setiap pengguna bisa melakukan pemilihan sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan masing-masing pihak.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "3 Cara Mengecek IMEI Android yang Bisa Diikuti"