Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Cek iCloud iPhone dengan Mudah

cara cek iCloud iPhone

Komputasi dalam menyinkron data pada Apple membuat iCloud menjadi penting bagi salah satunya pengguna iPhone. Terlebih perangkat sebelumnya milik orang lain yang artinya cara cek iCloud iPhone apakah aktif atau tidak, cukup diperlukan.

Dalam mengecek keaktifan iCloud ini, terdapat cara yang bisa dikerjakan dengan tahapan tepat. Untuk yang tertarik mengetahuinya, silahkan ikuti uraian singkat berikut.

Mengapa Pengecekan iCloud itu Penting?

Mungkin di awal sudah sedikit dikatakan bahwa kepentingan iCloud terletak pada komputasi sinkronisasi data. Dimana tidak hanya terbatas di satu tipe produk Apple saja, baik berupa iPhone, Mac atau iPad.

Info Menarik Lainnya: Cara Melihat Pesan yang Telah Dihapus di WhatsApp iPhone Terlengkap

Namun ada beberapa kepentingan lain, yang dianggap perlu diketahui lebih lanjut di samping komputasi data. Pertama, terkait penggunaan yang tanpa terbukanya akses iCloud pemilik perangkat tidak dapat menjalankan fungsi sesuai desainnya.

Biasanya iCloud yang terkunci terjadi pada perangkat dengan kepemilikan bukan pribadi, alias pernah dipakai. Kedua tidak menutup kemungkinan perangkat yang dibeli merupakan barang curian, walaupun dijual dalam bentuk layaknya baru.

Sistem kontrol jauh iCloud khususnya pelacakan lokasi, dapat menimbulkan masalah kedepannya. Apabila benar perangkat barang curian, maka bisa berurusan dengan pihak berwajib.

Cara Cek iCloud iPhone

Umumnya pengecekan iCloud iPhone bisa dilakukan melalui nomor IMEI yang berlaku pula untuk melihat keaktifan iCloud. Agar semakin jelas lagi, ikuti sejumlah tahapan berikut:

  • Masuk ke menu Support. Tahap awal adalah dengan mengaksesnya menu Support dari website Apple Support.

  • Pilih tautan Repairs & Physical Damage. Pada tahap ini nantinya akan muncul jenis kerusakan, klik "send for repair" kalau telah menentukan.

  • Ketik nomor IMEI. Setelah itu, tampilan kolom nomor IMEI atau nomor seri terlihat di layar lanjutkan dengan mengisinya.

  • dan Tunggu verifikasi IMEI. Pemrosesan IMEI dilakukan oleh sistem, yang nanti akan keluar pesan yang menandai keaktifan iCloud.

Seandainya pesan yang muncul diawali dengan "Sorry …" maka dipastikan iCloud masih aktif. Namun apabila pesan tidak ada maka iCloud tidak aktif dan dapat digunakan dalam Apple ID yang baru.

Bagi yang bingung dimana nomor IMEI bisa ditemukan dapat mencarinya pada kotak perangkat sewaktu pembelian. Di samping lewat kotak bawaan, IMEI juga bisa dilihat pada tautan About dalam menu General.

Info Menarik Lainnya: Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi atau Media Bantuan Lainnya

Pada smartphone minimal iPhone 5, nomor IMEI dapat dicari di sisi belakang perangkat. Pilihan lain untuk mengetahui nomor IMEI dengan memanfaatkan kode dial, berupa #06# yang bisa membawa ke serial number.

Cara Alternatif Lain Untuk Cek iCloud iPhone

Tidak melulu dengan IMEI pengecekan iCloud iPhone juga dapat dilakukan melalui cara alternatif. Tidak kalah mudah, pengaturan awal menjadi alternatif melihat status iCloud.

Umumnya pada pengaturan awal, tampilan layar smartphone akan memperlihatkan pesan dengan tanda gembok "iPhone dikunci ke pemilik". Berbeda kalau pesan tidak ada, maka iCloud tidak terkunci yang artinya dapat dimasukkan Apple ID. 

Terkadang pengaturan awal bisa terlewati, maka periksalah pada akun Apple ID untuk mengecek iCloud. Dalam akun yang tertera keterangan "tidak diketahui" pastikan langsung dikeluarkan dari akun. 

Cara alternatif ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik iPhone baru yang sebelumnya dipakai. Nanti tinggal lakukan reset pabrik agar iCloud tidak terkunci dan tidak berisi file-file dengan memilih opsi Atur Ulang iPhone.

Lanjutkan sesuai pengaturan smartphone untuk mereset iPhone. Tunggu sampai sistem berhasil reset, setelahnya iCloud di perangkat dapat diakses.

Demikian cara cek iCloud iPhone yang bisa diterapkan oleh masing-masing pengguna dengan mudah, silahkan tentukan yang mana sesuai kebutuhan. Apakah itu melalui IMEI atau alternatif saat pengaturan awal atau pengecekan akun Apple ID.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Begini Cara Cek iCloud iPhone dengan Mudah"