Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Cara Memasukan Iklan Di Youtube Serta Tips Memasang Iklan

cara memasukan iklan di youtube


Youtube, menjadi platform yang paling sering dikunjungi oleh pengguna. Tidak mengherankan, jika platform ini dimanfaatkan oleh content creator untuk menghasilkan uang dengan upload video. Cara memasukan iklan di Youtube pun tergolong mudah dilakukan.

Dengan 88% pengguna aktif, Youtube disebut-sebut sebagai mesin pencari terbesar setelah Google. Memanfaatkan platform ini bisa menjadi inisiatif, jitu untuk mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang banyak.

Cara Memasukkan Iklan di Youtube

Bagi content creator yang ingin mendapatkan penghasilan, maka harus memasang iklan pada video yang diunggah.

Info Menarik Lainnya: Cara Mendownload Audio dari YouTube dengan Mudah

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memasukkan iklan di platform Youtube:

  • Silahkan buka laman Youtube Advertising.

  • Setelah itu silahkan klik tombol Mulai Beriklan.

  • Nantinya pengguna akan dialihkan ke halaman pemasangan iklan.

  • Silahkan klik pada opsi Get Started lalu masukkan URL Video Iklan yang sebelumnya sudah diupload.

  • Kemudian masukkan juga URL Landing Page. Nantinya URL tersebut akan terbuka secara otomatis setiap kali penonton mengkliknya.

  • Setelah itu, silahkan klik Next.

  • Kemudian silahkan pilih Lokasi dan Bahasa target audiens.

  • Setelah itu, silahkan pilih Demografi dari target audiens berdasarkan beberapa kategori yang sudah ditentukan.

  • Selanjutnya, silahkan tentukan Target Audiens yang lebih spesifik.

  • Setelah itu, silahkan tentukan Anggaran yang tepat dengan memasukkan Anggaran Harian. Pengguna kemudian bisa melihat estimasi performa mingguan dari iklan.

  • Kemudian silahkan Tinjau Ulang semua pilihan yang sudah dipilih sebelumnya.

  • Lakukan Pembayaran melalui credit card maupun transfer bank agar iklan bisa segera terpasang.

Tips Memasang Iklan di Youtube

Cara memasukan iklan di Youtube tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Setiap pengguna harus memperhatikan beberapa hal, agar iklan bisa berfungsi secara maksimal. Berikut beberapa diantaranya:

1. Pilih Format Iklan Sesuai Kebutuhan

Platform ini menyediakan format iklan yang beragam. Mulai dari bumper, iklan bersponsor, dan masih banyak lagi. Pengguna harus memilih dengan tepat dan cermat, sesuai dengan produk dan besaran budget yang dimiliki.

Info Menarik Lainnya: Cara Melihat Jam Tayang YouTube di PC dan Ponsel

Di samping itu, pengguna bisa melakukan percobaan untuk menggunakan beberapa format iklan kinerjanya. Dengan demikian, nantinya pengguna bisa mengetahui format iklan yang paling sesuai untuk digunakan.

2. Tempatkan Iklan In-Stream & Iklan Display dalam Kampanye Berbeda

Kedua iklan ini muncul di Youtube. Namun meskipun demikian, format keduanya tentu sangatlah berbeda. Iklan in-stream sendiri, akan muncul baik sebelum, sesudah, maupun di sela video diputar oleh penonton.

Sementara untuk iklan display, biasanya akan muncul di laman pencarian dan berbeda dengan format iklan video lainnya. Dengan demikian, pengguna harus bisa menentukan strategi dan budget yang berbeda untuk format iklan ini.

Untuk mengetahui keefektifannya, maka bisa mencoba kedua format tersebut dan membandingkan kinerjanya. Apabila salah satunya memberikan hasil terbaik, pertahankan format iklan tersebut.

3. Gunakan Opsi Target yang Tersedia di Youtube

Selain yang sudah disebutkan di atas, pengguna juga perlu memperhatikan target dari iklan tersebut. Pastikan iklan tidak salah sasaran atau segmentasi, dari produk pengguna. Dengan platform ini, pengguna bisa mengontrol orang yang bisa melihat iklan.

Menariknya, pengguna juga bisa menentukan demografi yang bisa melihat iklan tersebut. Selain itu, pengguna bisa menentukan apakah iklan akan muncul pada topik maupun minat audiens tertentu.

Itulah ulasan mengenai cara memasukan iklan di Youtube. Untuk memasang iklan, maka pengguna harus memperhatikan juga beberapa tips yang tepat. Dengan begitu, iklan yang ditampilkan lebih tepat target dan sesuai kebutuhan tentunya.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Ketahui Cara Memasukan Iklan Di Youtube Serta Tips Memasang Iklan"