Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi Agar Memori Internal Tidak Penuh


Banyak pengguna Xiaomi ingin memindahkan aplikasinya agar tidak memenuhi memori internal. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi dapat dilakukan sendiri.

Namun, masih banyak yang belum mengetahuinya. Untuk itulah, cara selengkapnya akan dibahas di sini:

Mengapa Perlu Memindahkan Aplikasi Menuju Kartu SD?

Sekarang ini, smartphone Xiaomi rata-rata memori internalnya 32 GB lebih. Namun banyak juga yang masih memakai perangkat dengan memori 16 GB bahkan 8 GB. Kapasitas tersebut seringkali tidak mencukupi untuk berbagai kebutuhan.

Khususnya aplikasi, tentu ada banyak apps yang digunakan oleh pengguna smartphone. Baik yang sudah bawaan maupun yang didownload sendiri. Aplikasi dapat memakan banyak ruang, terutama jika sudah terisi data dari aktivitas penggunanya.

Belum lagi file-file tidak terpakai seperti cache yang bisa membuat ukuran aplikasinya membengkak. Untuk itulah diperlukan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi, agar memori internal tidak penuh dan menimbulkan masalah. Misalnya lag, tidak berfungsi, dan lain-lain.

Walaupun tidak semudah memindahkan file, tetap ada cara memindahkan aplikasinya tanpa perlu root terlebih dahulu. Dengan bantuan PC yang menggunakan OS Windows atau Linux serta script khusus, maka aplikasi dapat dipindahkan.

Script yang dimaksud berfungsi untuk memformat kartu SD, sehingga terbaca seolah memori internal. Agar tidak lagi terkendala akibat kehabisan memori internal, perlu beberapa cara khusus yang akan dibahas selanjutnya.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Sebelumnya telah dibahas mengapa perlu memindahkan aplikasi menuju kartu SD. Kartu ini memiliki kapasitas yang lebih besar untuk memuat aplikasi. Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan sehingga aplikasinya bisa dipindahkan, yaitu:

1. Mengunduh Aplikasi untuk Format Kartu

Download script yang fungsinya untuk format kartu SD. Dengan bantuan aplikasi ini, nantinya dapat dipakai sebagai tempat menyimpan aplikasi. Berdasarkan informasi dari Xiaomi Dev, pengguna dapat mengunduh scriptnya.

Unduh filenya, kemudian lakukan unzip dengan memakai Winrar atau app lainnya di PC. Sesudah selesai unzip, jalankan file yang bernama aftiss. Script ini mendukung PC Windows serta Linux. Namun untuk Linux harus memakai aftiss.sh.

2. Menyalakan USB Debugging

Aktifkan fitur bernama USB Debugging yang ada di pengaturan “Developer Options”. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini bisa dilakukan dengan menyalakan Developer Options terlebih dahulu.

Semua perangkat Xiaomi sudah dilengkapi USB Debugging, yang fungsinya menghubungkan smartphone ke komputer untuk operasi lanjutan. Setelah itu hubungkan hp Xiaomi menuju PC/laptop menggunakan kabel USB. Setelah terkoneksi, akses script yang telah didownload tadi.

3. Memilih Perintah Format

Lakukan format dengan memilih nomor yang tersedia. Jika 1, artinya hanya 10% kartu SD yang dijadikan memori internal. 2 artinya 50%, sedangkan 3 adalah 90%. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Mengunduh Activity Launcher

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi selanjutnya adalah mengunduh apps Activity Launcher. Apps gratis ini, dapat didownload melalui Play Store untuk membantu memindahkan aplikasinya tanpa root.

5. Memindahkan Aplikasi

Mulailah memindah aplikasi setelah mengunduh Activity Launcher sebelumnya. Buka aplikasinya terlebih dahulu. Agar bisa memindahkannya, bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

  • Pilih “All activities” sehingga bisa melihat pengaturan tersembunyi di Xiaomi. Cari “Settings”, lalu klik.

  • Lanjutkan dengan memilih “Manage apps”. Setelah muncul semua apps yang terinstal, pilihlah yang akan dipindahkan menuju kartu SD.

  • Klik aplikasinya, lalu di “App info” tekan “Storage”. Klik tombol “Change” agar penyimpanan bisa diubah ke kartu SD.

  • Tinggal memilih kartu SD menjadi tempat untuk menyimpan aplikasinya.

  • Tunggu sesaat hingga proses pemindahannya selesai. Jika sudah, informasi penyimpanannya akan berubah ke kartu SD.

Itu tadi penjelasan mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi. Dengan memindahkan aplikasi, pengguna dapat menghemat memori internalnya. Sehingga perangkat bisa berfungsi dengan lebih baik dan terhindar dari gangguan akibat penuhnya memori.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi Agar Memori Internal Tidak Penuh"