Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren dan Penyebab Tidak Bisa Digunakan 


Bagi para pengguna Smartfren yang mendapatkan kuota lokal Smartfren mungkin kebingungan. Bagaimana cara menggunakan kuota lokal Smartfren, karena kadang jenis kuota ini tidak bisa digunakan.

Banyak para pelanggan Smartfren yang tidak memahami mengapa jenis kuota ini tidak bisa digunakan. Pastinya, sangat sayang jika kuota lokal tidak bisa digunakan. Apalagi, biasanya ukuran kuota lokal sangat besar. Berikut informasi untuk memanfaatkannya. 

Tentang Kuota Lokal Smartfren 

Sebelum mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya, para pelanggan Smartfren perlu memahami. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kuota lokal Smartfren itu sendiri.

Info Menarik Lainnya: Cara Pindahkan Kontak Android ke iPhone, Mudah dan Cepat

Walaupun sekilas nampak seperti kuota reguler, namun ternyata kuota lokal berbeda.  Seperti namanya, kuota lokal hanya bisa digunakan pada area tertentu.

Jangkauannya hanya bisa digunakan pada area yang sudah ditentukan oleh provider. Biasanya, area di mana nomor yang digunakan terdaftar. 

Jika, para pengguna Smartfren berada di luar jangkauan tersebut, maka kuota lokal tidak akan bisa digunakan. Jika, masuk ke dalam area yang sudah ditentukan maka bisa aktif kembali secara otomatis.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren 

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan kuota lokal. Berikut dibahas bagaimana cara menggunakan jenis kuota ini.

Sebenarnya, cara menggunakannya sangat sederhana para pengguna tinggal berada di area yang sudah ditentukan oleh kuota. Dengan begitu, kuota bisa langsung aktif dan bisa digunakan.

Berikut adalah cara yang bisa para pelanggan Smartfren lakukan untuk mendapatkan jenis kuota ini. 

1. Mengaktifkan Melalui Kode USSD 

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh para pengguna adalah mendapatkan melalui kode USSD.

Cara ini ideal untuk para pengguna yang tidak memiliki jaringan internet. Berikut adalah langkah melakukannya:

  • Buka fitur panggilan yang ada di smartphone. 

  • Melakukan panggilan ke kode *123*789#.

  • Para pelanggan pun bisa mengaktifkan kuota lokal pada tampilan pesan selanjutnya. 

Untuk para pelanggan baru, biasanya para pengguna akan mendapatkan kuota lokal secara gratis. Jadi, para pengguna bisa menggunakannya secara cuma-cuma. 

2. Mengaktifkan Melalui Aplikasi MySf 

Para pengguna juga bisa mengaktifkan kuota lokal melalui aplikasi MySf. Aplikasi ini adalah aplikasi khusus untuk para pengguna Smartfren. Berikut adalah cara mengaktifkannya. 

  • Buka aplikasi MySf dan login dengan nomor Smartfren yang digunakan. 

  • Kemudian, klaim pada tampilan utama untuk mengaktifkan kuota lokal.

  • Tunggu sampai ada notifikasi bahwa kuota lokal berhasil diaktifkan. 

Sama seperti pengaktifan melalui kode USSD, para pengguna bisa mendapatkan kuota lokal secara gratis. Apalagi, jika para pelanggan merupakan para pengguna baru. 

Penyebab Kuota Lokal Smartfren Tidak Aktif 

Ada berbagai macam penyebab mengapa jenis kuota satu ini tidak bisa digunakan. Umumnya, karena para pengguna tidak berada di jangkauan area di mana kuota tersebut bisa diaktifkan. 

Info Menarik Lainnya: Cara Memindahkan Lagu dari YouTube ke Flashdisk yang Bisa Diikuti

Berikut adalah berbagai penyebab mengapa kuota lokal Smartfren tidak bisa digunakan. Jadi, para pengguna bisa solusi agar kuota bisa digunakan lagi. Berikut penyebabnya:

1. Tidak Melakukan Restart Smartphone 

Ada kalanya kuota lokal tidak berhasil masuk ke dalam nomor Smartfren. Karena itu, para pengguna tidak bisa menggunakan kuota lokal walaupun sudah di dalam jangkauan. Cara mengatasinya sangat sederhana, yaitu dengan melakukan restart smartphone saja. 

2. Kuota Lokal Sudah Habis Masa Berlakunya 

Sama seperti kuota reguler, kuota lokal juga memiliki batas masa berlakunya. Tentu saja, jika sudah lewat masa berlakunya. Para pengguna tidak akan bisa menggunakan kuota lokal lagi. 

Itulah cara menggunakan kuota lokal Smartfren dan beberapa penyebab mengapa tidak bisa digunakan. Dengan informasi di atas, para pelanggan Smartfren bisa memanfaatkan kuota lokal dengan lebih maksimal. 

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren dan Penyebab Tidak Bisa Digunakan "