Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android, Wajib Coba!

cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android

File yang ada di Android terkadang sangat sulit dihapus dengan metode biasa, karena beberapa alasan dari sistem Android. Jika demikian, maka cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android akan mengarah ke pemanfaatan media lainnya.

Saat sedang mengalami kendala seperti ini, jangan langsung bingung. Ikuti saja beberapa metode yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Ada tiga metode lain yang bisa dijalankan dan prosesnya adalah sebagai berikut:

Hapus dengan Sistem Bawaan Android

Apabila tidak bisa menghapus dengan cara biasa, maka pengguna bisa melakukan penghapusan dengan memanfaatkan sistem bawaan dari Android. Jadi sebenarnya sudah ada sistem khusus yang bisa dipakai untuk menjadi solusi utama.

Info Menarik Lainnya: Cara Pindahkan Kontak Android ke iPhone, Mudah dan Cepat

Caranya sendiri sangat mudah dan tidak memerlukan bantuan aplikasi atau jaringan internet. Penasaran bagaimana proses penghapusannya? Untuk mengetahui prosesnya, simak proses yang terpampang sebagai berikut:

  • Untuk memulai prosesnya, masuk dulu ke "Pengaturan" yang ada di perangkat.

  • Kemudian, buka menu "Device Maintenance" untuk melanjutkan prosesnya.

  • Setelah itu, pilih opsi "Storage".

  • Jika sudah, maka pengguna akan diarahkan pada halaman lainnya. Pada halaman baru ini, pastikan untuk memencet tombol "Clean Now".

  • Saat sudah terhapus, maka kembali ke menu "Device Maintenance" dan pilih opsi "Memory".

  • Lalu pada bagian dalamnya, pencet tombol "Check Now", agar proses sortir bisa dijalankan.

  • Setelah proses sortir selesai, maka akan muncul halaman baru lain dengan tombol "Check Now". Pencet saja tombol tersebut dan file akan terhapus secara otomatis.

Dengan memanfaatkan proses tersebut, tentunya pengguna tidak akan merasa kebingungan. Hal ini dikarenakan sistem tersebut sudah ada di Android dan tampilannya tidak akan membingungkan. Oleh karenanya, metode ini sangat direkomendasikan.

Hapus dengan Aplikasi Bantuan

Apabila cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android dengan sistem bawaan tersebut tidak berhasil, maka pengguna bisa memanfaatkan aplikasi bantuan.

Jenis aplikasi yang bisa difungsikan adalah SD Card Cleaner. Jika memakai aplikasi ini, maka pengguna tidak perlu kebingungan dengan prosesnya.

Info Menarik Lainnya: Cara Pindahkan Data WhatsApp Android ke iPhone Beserta Syaratnya

Hal ini dikarenakan menu yang tersedia di dalamnya sudah sangat jelas dan tidak akan membingungkan. Berikut ini rincian prosesnya untuk diikuti:

  • Sebagai langkah awal, unduh dulu aplikasi SD Card Cleaner dan tunggu sampai sistem selesai melakukan pemasangan.

  • Saat sudah terpasang, segera buka aplikasinya dan pencet tombol "Start". Nantinya, sistem akan melakukan proses analisa sampai selesai.

  • Setelah proses analisa selesai, maka pilih file yang ingin dihapus dan lakukan konfirmasi dengan memencet tombol "Yes".

  • Nanti akan muncul halaman perizinan. Baca bagian ini dengan teliti dan setujui dengan memencet tombol "Ok". Dengan demikian, file akan terhapus.

Hapus di PC atau Laptop

Rekomendasi metode ketiga yang juga bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan PC atau laptop. Biasanya, sistem di Android tidak memiliki akses perizinan untuk melakukan penghapusan.

Sedangkan pada PC atau laptop akan berbeda karena sistemnya juga tidak sama. Proses penghapusannya juga bisa diselesaikan dengan lima langkah saja.

Dengan proses yang singkat ini, maka file akan terhapus dengan sempurna. Jika penasaran bagaimana caranya dan proses penyelesaiannya, simak detail berikut ini:

  • Pertama, sambungkan dulu Android dengan PC atau laptop.

  • Jika sudah tersambung, buka penyimpanan Android yang sudah terpampang di layar.

  • Pilih beberapa file yang ingin dihapus sampai selesai.

  • Kemudian, pencet tombol "Delete" yang ada di keyboard.

  • Tunggu proses penghapusan selesai, dan file akan hilang.

Itulah uraian cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android melalui jalur media lain yang bisa diikuti. Semua cara, tentunya memiliki rincian langkah yang berbeda-beda. Pilih saja yang paling sesuai dan ikuti prosesnya sampai tahap akhir.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android, Wajib Coba!"