Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Jumlah Belanjaan di Shopee Berdasarkan Kategorinya

 


Para pengguna Shopee bisa melakukan cara melihat jumlah belanjaan di Shopee. Jadi, para pengguna bisa mengetahui berapa banyak uang yang digunakan untuk berbelanja dalam jangka waktu tertentu. 

Tidak hanya itu saja, para pembeli juga bisa memisahkan jumlah belanjaan dengan kategori belanjanya. Dengan begitu, para pembeli bisa mengetahui jumlah uang yang dihabiskan untuk belanja dengan lebih spesifik dan detail. 

Kategori Belanja yang Ada di Shopee 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pengguna bisa mengecek berapa banyak uang yang dihabiskan untuk belanja di Shopee dengan lebih detail. Salah satu caranya adalah dengan memisahkan berdasarkan kategorinya. 

Informasi Menarik Lainnya: 2 Cara Menukar Koin Shopee ke ShopeePay Paling Mudah

Shopee sendiri memisahkan belanjaan dalam 5 kategori sesuai dengan urutan transaksinya. Berikut adalah 5 kategori belanjaan yang ada di aplikasi Shopee. 

1. Belanjaan Dengan Status Belum Bayar 

Sesuai dengan nama kategorinya, belanjaan yang masuk kategori ini adalah belanjaan yang belum dibayar. Jadi, saldo untuk membeli barang ini belum benar-benar terpotong dari sumber pembayaran. Para pembeli perlu menyelesaikan transaksinya terlebih dulu. 

2. Belanjaan Dengan Status Dikemas 

Belanjaan status ini merupakan belanjaan yang sudah dibayar. Kemudian, sedang disiapkan oleh penjual untuk dikirimkan. Namun, belum masuk dan belum memulai proses pengiriman itu sendiri dari pihak ekspedisi. 

3. Belanjaan Dengan Status Dikirim 

Selesai dikemas, maka belanjaan akan dikirim pada para pembeli. Tentu saja, sesuai dengan alamat yang sudah ditulis para pembeli. Jadi, paket belanjaan sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab ekspedisi selama pengiriman. 

4. Belanjaan Dengan Status Selesai 

Merupakan kategori belanjaan yang sudah diterima dan dikonfirmasi oleh pembeli. Biasanya kategori inilah yang benar-benar masuk ke penghitungan total belanjaan. Uang yang dibayarkan juga akan dilepas pihak Shopee dan masuk ke penjual. 

5. Belanjaan Dengan Status Dibatalkan Atau Pengembalian 

Status Dibatalkan atau Pengembalian adalah barang yang ditolak oleh pembeli. Baik saat sudah sampai di alamat tujuan maupun belum. Nantinya, uang yang sudah dibayarkan oleh pembeli akan diproses untuk pengembalian.     

Cara Melihat Jumlah Belanjaan di Shopee 

Setelah mengetahui kategori apa saja yang bisa diperiksa, berikutnya baru dibahas bagaimana cara memeriksa total belanjaannya. Fitur ini akan sangat berguna bagi para pembeli. Untuk mengetahui seberapa banyak uang yang dihabiskan. 

Informasi Menarik Lainnya: Cara Transfer Shopee ke Dana dan Juga Sebaliknya

Selain itu, bisa memisahkan uang yang masuk dan keluar sesuai dengan kategorinya. Berikut adalah cara untuk memeriksanya. 
  • Buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di smartphone yang digunakan. 

  • Login dengan akun Shopee yang ingin digunakan. 

  • Pada tampilan utama pilih menu Saya/Me untuk menuju tampilan profil

  • Kemudian, buka menu Member yang berupa ikon di samping foto profil. 

  • Selanjutnya, para pengguna akan melihat total belanjaan yang sudah dilakukan. 

  • Set rentang waktu yang diinginkan pada tampilan bisa satu tahun atau 6 bulan terakhir. 

  • Para pembeli juga bisa mengeset total belanjaan sesuai dengan kategori yang diinginkan. 

  • Pada tampilan yang disesuaikan, para pembeli akan melihat banyaknya dana yang dikeluarkan dan dikembalikan sesuai dengan kategori belanjanya. 

Para pembeli bisa mengcopy langsung nominal yang ada di tampilan ini untuk membuat laporan keuangan dan sebagainya. Kemudian, mengaturnya lagi untuk melihat jumlah yang dihabiskan dalam kategori maupun rentang waktu tertentu. 

Itulah cara melihat jumlah belanjaan di Shopee yang dilakukan sesuai dengan kategorinya. Dengan fitur ini, para pembeli bisa dengan lebih jelas mengetahui. Berapa banyak uang yang digunakan dan juga barang apa saja yang dibeli di kategorinya. 


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Melihat Jumlah Belanjaan di Shopee Berdasarkan Kategorinya"