Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca? Inilah Penjelasannya



Kartu SD menjadi media penyimpanan yang sampai sekarang banyak difungsikan karena fleksibilitasnya. Meski demikian, kartu SD sering memiliki masalah yang membuatnya tidak terbaca. Sebenarnya cara mengatasi kartu SD tidak terbaca sangatlah mudah.

Jika masih belum tahu bagaimana caranya, maka pada artikel ini akan diberikan penjelasan lengkapnya. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dijalankan sampai selesai. Untuk mengetahui caranya, simak rincian berikut ini:

Cek di Ponsel Lain

Metode pertama yang sangat direkomendasikan adalah dengan mengecek di ponsel lain. Biasanya, kartu SD yang tidak terbaca bukan disebabkan kerusakan pada susunan alatnya. Permasalahan ponsel juga bisa menjadi penyebab lainnya.

Info Menarik Lainnya: Penyebab Data Seluler IPhone Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Oleh karenanya, coba dulu di ponsel lain. Apabila di ponsel lain terbaca, maka masalah utamanya bukan di kartu SD namun ada di ponsel pertama. Jika demikian, pengguna tidak perlu melakukan apapun pada kartu SD-nya.

Pakai saja ponsel lain untuk menemukan file kartu SD. Kalau perlu, pindahkan file-file yang penting agar bisa ditemukan dengan mudah. Namun jika kartu SD tetap tidak terbaca di ponsel lain, maka bisa memanfaatkan metode kedua.

Bersihkan Kartu SD

Seperti arahan di atas, jika mengganti ponsel tidak membuahkan hasil maka cara mengatasi kartu SD tidak terbaca satu ini bisa dijadikan pilihan. Sebenarnya saat kartu SD tidak terbaca, maka hanya proses pembersihan yang diperlukan.

Debu banyak menyebabkan permasalahan pada alat sekecil kartu SD. Jika sudah terkena debu, maka masalah seperti ini akan muncul. Belum lagi jika kartu SD sering dilepas dan dipindah ke perangkat lain secara berkala.

Info Menarik Lainnya: 3 Cara Menggabungkan Video di iPhone Super Mudah

Jika sering dipindah, maka ada kemungkinan bagian kuning di kartu SD sulit dideteksi. Hal ini akan mengarahkan pada masalah serupa sehingga pembersihan diperlukan. Berikut proses pembersihan yang dianjurkan untuk dilakukan:
  • Pertama, keluarkan kartu SD dari perangkat yang dipakai.

  • Kemudian cari penghapus pensil biasa.

  • Lalu bersihkan bagian tembaga di kartu SD yang berwarna kuning dengan penghapus.

  • Gosok secara perlahan searah beberapa kali.

  • Jika dirasa sudah bersih, kemudian coba lagi ke perangkat yang dipakai.

  • Apabila kartu SD sudah terbaca, maka prosesnya bisa dikatakan selesai.

Cek Kerusakan di Laptop

Selain metode kedua di atas, pengguna juga bisa memanfaatkan cara atau metode yang satu ini. Untuk melakukannya, diperlukan laptop sebagai alat tambahan. Namun prosesnya sendiri tidak sulit karena akan dibantu oleh sistem.

Meski demikian, pengguna harus tetap memperhatikan langkah-langkahnya dengan baik. Penasaran bagaimana proses pengecekan dan penyelesaiannya? Untuk mengetahui jawabannya, maka lihat detail berikut ini:

  • Untuk proses awal, pengguna bisa membiarkan kartu SD di ponsel yang dipakai.

  • Setelah itu, hubungkan ponsel dengan laptop melalui kabel USB.

  • Saat sudah terhubung, ganti mode transfer ke MSC (Mass Storage Mode).

  • Kemudian di laptop, buka explorer atau pencet tombol "Windows " + "E".

  • Lalu pada drive kartu SD, pencet tombol kanan.

  • Pilih opsi "Properties" dan lanjutkan dengan memencet tombol "Tools".

  • Jika sudah, tunggu sistem mendeteksi kerusakan yang ada sampai selesai. Pastikan untuk tidak mencabut kabel USB saat proses ini sedang berjalan.

  • Pada tahapan selanjutnya, pengguna bisa melakukan eject kartu SD. Jika di ponsel sudah terdeteksi, maka masalahnya selesai.

Demikianlah penjelasan tentang cara mengatasi kartu SD tidak terbaca sampai selesai. Karena sudah ada tiga opsi cara, maka pengguna bisa mencobanya satu per satu. Dengan demikian, akan diketahui mana proses yang paling sesuai.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Bagaimana Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca? Inilah Penjelasannya"