Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengecek Kecepatan Jaringan Sampai Selesai



Saat memakai internet, terkadang ada proses yang lambat atau bahkan terputus. Jika demikian, maka pastikan untuk melakukan pengecekan kecepatannya. Proses atau cara mengecek kecepatan jaringan sangatlah mudah untuk dijalankan.

Jika masih belum tahu bagaimana prosesnya, maka pada artikel ini akan diberikan uraiannya. Setidaknya ada tiga metode yang bisa diaplikasikan. Apabila ingin tahu bagaimana rangkaian prosesnya, maka lihat detail berikut ini:

1. Memakai CMD

Cara pertama yang akan direkomendasikan adalah menggunakan CMD. Proses ini tidak bisa dijalankan di ponsel karena CMD hanya bisa terpasang di laptop atau PC. Namun pengguna tidak perlu melakukan penginstalan.

Info Menarik Lainnya: Cara Pindahkan Kontak Android ke iPhone, Mudah dan Cepat

Jadi CMD ini merupakan software bawaan yang sudah ada di PC atau laptop secara otomatis. Pengguna hanya perlu masuk dan menjalankannya saja. Sedangkan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama, pencet tombol "Ctrl" dan "r" secara bersamaan.

  • Setelah muncul kotak Run, kemudian ketik "CMD" dan pencet tombol "Enter".

  • Jika pengguna sudah masuk ke halaman utama CMD, maka lakukan pengetikan kode dengan susunan "ping 8.8.8.8 –t -1000". Pastikan kode ini tidak salah.

  • Lalu pencet tombol "Enter" untuk melanjutkannya.

  • Nantinya, pengguna akan diperlihatkan kombinasi timeline dari internet yang dipakai. Apabila angkanya semakin besar, maka bisa dipastikan internetnya lancar.

Semua rangkaian proses tersebut bisa dilakukan tanpa perlu waktu lama. CMD akan langsung memberikan hasilnya secara akurat dan real time. Jadi pergerakan kecepatannya akan diketahui dengan akurat bahkan jika terjadi perubahan.

2. Memakai Situs Bantuan

Selain dengan CMD, cara mengecek kecepatan jaringan juga bisa dilakukan dengan situs bantuan bernama Meter.net. Jika tidak memiliki laptop atau PC yang terkoneksi, maka pengecekan ini sangat disarankan karena bisa dipakai di ponsel.

Info Menarik Lainnya: Cara Memindah Aplikasi Ke Kartu SD Samsung J2 dengan Mudah

Prosesnya juga simpel karena pengguna tidak harus melakukan pengunduhan aplikasi atau semacamnya. Metode ini cocok bagi pengguna yang tidak terlalu sering melakukan pengecekan. Berikut langkah penggunaannya:
  • Langkah pertama, buka dulu browser yang terpasang di perangkat.

  • Kemudian masuk ke situs Meter.net dengan alamat https://www.meter.net.

  • Nantinya, pengguna akan langsung diarahkan ke halaman awal situsnya. Pada bagian halaman utama ini, pencet tombol "Start" yang ada di bagian tengah.

  • Tunggu sistem melakukan pengecekan kecepatan. Biasanya, pengguna hanya perlu menunggu 30 detik saja.

  • Saat prosesnya selesai, maka hasilnya akan langsung ditampilkan di layar.

Karena dijalankan dengan situs bantuan, maka proses pengecekan ini bisa menampilkan hasil yang mudah dibaca. Pengguna yang masih belum familiar dengan prosesnya juga bisa menyelesaikan pengecekan dengan mudah.

3. Memakai Aplikasi Bantuan

Lalu jika pengguna sering melakukan pengecekan secara berkala, maka pemanfaatan aplikasi sangatlah disarankan. Nama aplikasi yang bisa dipakai adalah Speedtest.Net. Meski aplikasi dengan tujuan serupa banyak, namun yang satu ini sangat direkomendasikan.

Langkah penggunaannya juga tidak membingungkan karena menunya sudah sangat jelas. Penasaran seperti apa prosesnya sampai selesai? Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak deretan penjelasan berikut ini:

  • Untuk memulainya, pengguna bisa melakukan pengunduhan aplikasi Speedtest.Net terlebih dahulu.

  • Lalu tunggu sampai sistem selesai melakukan pemasangan aplikasi.

  • Jika prosesnya selesai, segera buka aplikasinya.

  • Pada halaman utama, pengguna bisa melihat tombol "Go". Pencet saja tombol tersebut.

  • Kemudian tunggu aplikasi melakukan pengecekan sampai selesai. Apabila sudah, maka hasilnya akan ditampilkan secara akurat.

Itulah beberapa cara mengecek kecepatan jaringan sampai selesai. Karena sudah ada tiga metode berbeda, maka pengguna bisa langsung memilihnya sesuai kebutuhan. Asal prosesnya tidak ada yang terlewat, maka tidak akan ada hambatan.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "3 Cara Mengecek Kecepatan Jaringan Sampai Selesai"