Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyimpan Video di Telegram yang Tidak Bisa Disimpan dengan Mudah



Meski pengunduhan video di Telegram mudah, namun nyatanya masih ada permasalahan yang muncul. Masalah yang baru-baru ini sering terjadi adalah video tidak tersimpan. Padahal, cara menyimpan video di Telegram yang tidak bisa disimpan termasuk mudah.

Pengguna bisa melakukan setidaknya lima cara penyelesaian. Penasaran apa saja cara yang bisa dijalankan secara terstruktur? Untuk mengetahui jawabannya, simak daftar dan uraian yang dipaparkan sebagai berikut:

1. Cek Pengunduhan Video

Cara pertama yang direkomendasikan adalah dengan mengecek proses pengunduhan video. Terkadang, pengguna lupa bahwa proses pengunduhan belum selesai dan menganggap video tidak bisa disimpan.

Info Menarik Lainnya: Begini Cara Mengecek Kuota Indosat Agar Tidak Kehabisan Lagi

Padahal bisa jadi proses pengunduhannya memang belum selesai secara maksimal. Saat video masih dalam proses pengunduhan, maka tidak akan tersimpan. Namun jika sudah selesai, maka hasilnya akan otomatis tersimpan.

Oleh karenanya, pengguna harus memastikan dulu bahwa prosesnya benar-benar selesai. Pengecekan ini juga perlu dilakukan untuk menghindari proses terjeda. Terkadang Telegram secara otomatis menjeda proses jadi harus sering dicek.

2. Pakai Fitur Penyimpanan ke Galeri

Kemudian untuk cara kedua, pengguna bisa memanfaatkan fitur simpan ke galeri. Jika tidak diatur agar otomatis, maka nantinya proses penyimpanan harus dilakukan secara manual. Hal ini akan membuat kemungkinan file sulit tersimpan semakin besar.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka pastikan untuk mengaktifkan fitur penyimpanan ke galeri secara otomatis. Proses yang dibutuhkan untuk mengaktifkan fitur ini tidaklah sulit. Jika ingin tahu bagaimana caranya, maka simak rincian proses berikut ini:

  • Pertama, buka dulu aplikasi Telegram yang tersimpan di perangkat.

  • Kemudian, pengguna harus masuk ke "Pengaturan".

  • Pencet opsi "Obrolan" untuk melanjutkan prosesnya.

  • Pada tahap selanjutnya, pengguna bisa memencet fitur "Save to Gallery".

3. Sediakan Internet yang Stabil

Cara menyimpan video di Telegram yang tidak bisa disimpan selanjutnya adalah dengan memastikan internetnya stabil. Bisa jadi proses penyimpanan tidak bisa diaplikasikan karena jaringan internet yang terputus selama prosesnya.

Jika jaringan terputus, maka proses pengunduhan tidak akan selesai dan berhenti. Saat prosesnya berhenti, maka video tidak akan tersimpan bahkan hanya untuk sebagian saja. Pengguna harus melakukan proses pengunduhannya mulai awal.

Info Menarik Lainnya: Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi atau Media Bantuan Lainnya

Sebagai referensi pilihan, pengguna bisa memanfaatkan fitur auto download dengan beberapa alat tertentu. Jika ingin menjalankan prosesnya, maka pada bagian ini akan dipaparkan prosesnya satu per satu sebagai berikut:

  • Buka dulu aplikasi Telegram.

  • Lalu masuk ke menu dan pilih "Data dan Penyimpanan".

  • Saat muncul beberapa opsi pilihan, aktifkan saja semua "Auto Download" yang tersedia dengan WIFI, seluler, atau roaming.

4. Perbarui Telegram

Pengguna yang belum memperbarui aplikasi Telegram ke versi terbaru juga bisa mengalami kendala serupa. Oleh karenanya, pengguna harus rajin melakukan update pada aplikasi di perangkat yang difungsikan.

Kalau perlu, aktifkan fitur update otomatis untuk Telegram. Dengan memanfaatkan fitur ini, maka pengguna tidak harus melakukan proses update satu per satu secara manual. Hal ini juga bisa memberikan banyak kemudahan.

5. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Penyebab lain kenapa video tidak bisa tersimpan adalah karena ruang penyimpanan di perangkat penuh. Jika sudah demikian, video tidak akan tersimpan bahkan setelah proses pengunduhan dikatakan selesai.

Agar video bisa disimpan, maka pengguna harus mengosongkan ruang penyimpanan agar pas untuk video. Kalau bisa, lakukan pengecekan sejak awal sebelum proses pengunduhan dimulai.

Semua cara menyimpan video di Telegram yang tidak bisa disimpan tersebut bisa langsung dijadikan panduan. Jalankan satu per satu caranya, kemudian lakukan pengecekan untuk setiap cara yang dilakukan. Dengan demikian solusi terbaik bisa didapat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Menyimpan Video di Telegram yang Tidak Bisa Disimpan dengan Mudah"