Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beginilah Cara Membuat Katalog Whatsapp Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan


Cara Membuat Katalog Whatsapp Bisnis - Saat ini media untuk berjualan bagi seller semakin banyak. Salah satunya yaitu WhatsApp Bisnis yang terbukti ampuh meningkatkan penjualan (karena hampir semua orang memakai WA). 

Jika penjual ingin memasarkan produk lewat platform tersebut, maka harus tahu cara membuat katalog Whatsapp Bisnis yang difungsikan sebagai etalase online. Layaknya toko, melalui katalog itulah konsumen dapat melihat produk yang dijual.

Penjual harus memanfaatkan katalog dan menghadirkannya dengan susunan yang rapi, agar calon pembeli yang melihat pertama kali langsung tertarik. 

Dalam katalog Whatsapp Bisnis umumnya memuat foto, nama produk, keterangan singkat, dan harga. Deretan foto tersebut ditampilkan dalam bentuk baris, sehingga mudah diakses customer. Untuk membuatnya, ikuti panduan berikut!

Cara Membuat Katalog di WA Bisnis

Seperti sebuah etalase, katalog menampilkan produk dan layanan terbaru yang ditawarkan penjual. Jika ada produk yang paling update dan sedang promo, maka harus ditampilkan di katalog agar customer bisa tahu. 

Dalam satu katalog, penjual dapat menambahkan hingga 500 foto. Resolusinya dibuat profesional dan tetap jelas, bahkan di ponsel RAM 1 GB.

Bagi pengguna baru, yuk simak cara membuat katalog Whatsapp Bisnis sesuai langkah-langkah berikut:

  • Bukalah tampilan awal Whatsapp Business.
  • Setelah itu, masuklah ke menu Pengaturan Bisnis yang ada di sudut atas sisi kanan.
  • Langkah berikutnya, pilih fitur Katalog.
  • Untuk membuat katalog baru, tekan tombol Tambah Produk atau Layanan yang ditampilkan di layar.
  • Pada halaman tersebut, tekan ikon plus (+) berwarna biru. Bisa juga dengan memilih opsi Tambah Item Baru.
  • Unggah foto produk dengan menekan Tambah Gambar.
  • Jika memilih menu Ambil Foto, maka penjual langsung memotret gambar baru melalui fitur kamera. Sedangkan menu Pilih Foto ditujukan untuk mengunggah gambar produk yang tersimpan di galeri.
  • Dalam satu kali unggahan, penjual dapat memasukkan maksimal 10 gambar.
  • Tulis nama produk pada kolom di pengaturan.
  • Sertakan pula detail, deskripsi ringkas, harga, dan kode produk atau layanan.
  • Berikan tautan situs web jika ada.
  • Terakhir, ketuk Simpan untuk menampilkannya di katalog.

Pengaturan Lanjutan Katalog WA Bisnis

Penjual tidak cukup hanya tahu cara membuat katalog Whatsapp Bisnis saja. Tapi juga harus paham bagaimana cara melakukan pengaturan lanjutan. 

Katalog harus diatur agar calon pembeli dapat menemukan produk incarannya dengan mudah. Beberapa pengaturan lanjutan untuk mengelola katalog WA Bisnis adalah:

1. Menyembunyikan Item

Terkadang, ada beberapa item yang masih kosong stok dan tidak perlu ditampilkan di katalog. Ini bertujuan untuk mengendalikan pemesanan dari calon pembeli. Banyak customer yang membutuhkan produk atau layanan dengan segera. Sehingga lebih baik produk disembunyikan dulu sementara sambil menunggu proses restock. 

Cara menyembunyikan item dari katalog WA Bisnis yaitu:

  • Buka halaman awal Whatsapp Business.
  • Lalu masuk ke menu Pengaturan seperti saat membuat katalog baru.
  • Setelah itu, pilih Fitur Binsis.
  • Lanjut dengan memilih Katalog.
  • Klik item yang hendak disembunyikan.
  • Pilih menu Lainnya, lalu Edit.
  • Nyalakan opsi Sembunyikan Item Ini.
  • Terakhir, simpan.

Alternatif lain untuk pengaturan lebih cepat yaitu dengan menggeser item ke arah kiri. Lalu tinggal memilih menu Sembunyikan.

2. Menampilkan Item Tersembunyi

Setelah stok item ada kembali, penjual dapat memunculkannya di katalog. Untuk pengaturan ini tidak jauh berbeda dengan cara menyembunyikan item. Bedanya, penjual mematikan fitur Sembunyikan Item Ini dengan cara menggulir toggle-nya. Bisa juga dengan menggeser foto produknya ke arah kiri dan memilih opsi Tampilkan.

3. Menghapus Item

Sudah disinggung bahwa batas maksimal gambar di katalog adalah 500. Jika sudah penuh, penjual dapat menghapus produk-produk lama. Lalu menggantinya dengan produk dan layanan yang lebih update. Sehingga calon pembeli tidak kecewa jika item pilihannya ternyata sudah tidak restock lagi. 

Langkah-langkah menghapus item dari katalog WA Bisnis yaitu:

  • Pilih item yang akan dihapus.
  • Lalu klik menu Edit.
  • Selanjutnya, tekan opsi Hapus. Klik Hapus lagi.
  • Cara lainnya yaitu menggeser foto item ke arah kiri. Kemudian memilih Hapus dan klik Hapus sekali lagi.

Tips Membuat Katalog di WA Bisnis

Sebagai etalase produk dan layanan, seller harus membuatnya menarik agar customer berdatangan. Katalog yang ditampilkan dengan susunan rapi akan melahirkan kesan profesional pada penjual. 

Dampaknya nanti calon pembeli akan merasa tergugah untuk memesan produk hanya dengan melihatnya dari katalog. Beberapa tips penting saat membuat katalog yaitu:

1. Buat Kreasi pada Foto

Komponen utama dari katalog WA Bisnis adalah foto. Jadi penjual harus memaksimalkannya dengan mengunggah foto-foto yang berkualitas. Paling tidak, seller perlu belajar sedikit mengenai teknik fotografi. 

Tidak selalu gambar yang bagus didapatkan dari menyewa jasa fotografi. Minimal, ada pencahayaan yang bagus dan coba ambil foto dari berbagai sudut.

2. Permudah Konsumen Lihat Katalog

Tips penting kedua saat membuat katalog Whatsapp Bisnis yaitu harus menata item serapi mungkin. 

Lalu di bagian deskripsi berikan keterangan terkait produk dan layanan (yang sekira diperlukan oleh konsumen, termasuk harga). Akan lebih baik lagi, jika mengategorikannya sesuai jenis, sehingga customer dipermudah menemukan barang yang dicarinya.

3. Rutin Unggah Foto

Maksud rutin di sini bukanlah mengunggah foto produk setiap hari. Tapi penjual secara berkala menghapus item lama dan menggantinya dengan gambar yang lebih update dan fresh. 

Tips ini akan menaikkan tingkat kepercayaan dari calon pembeli. Karena toko pilihannya tampak profesional dan terlihat hidup dengan rutin update gambar.

Itulah cara membuat katalog Whatsapp Bisnis dan penjelasan tentang pengaturan lanjutan yang diperlukan penjual. Katalog harus ditata dengan rapi dan memudahkan calon pembeli layaknya sebuah etalase. 

Jika foto-fotonya bagus, customer pasti merasa tertarik untuk memesan. Dan yang terpenting, menampilkan detail harga dan keterangan produk dengan jelas.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Beginilah Cara Membuat Katalog Whatsapp Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan"