Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemasaran Menggunakan Whatsapp Chatbot, Bagaimana Caranya?



Pemasaran adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk memperkenalkan merek andalan mereka. Berbagai inovasi strategi telah berevolusi dan melahirkan banyak taktik yang unik. Salah satunya adalah strategi pemasaran dengan menggunakan Whatsapp chatbot.

Sejak awal kemunculannya, chatbot telah menjadi asisten pribadi yang membantu penggunanya untuk melakukan aktivitas mudah dan berulang. Lalu bagaimana jika hal tersebut diaplikasikan dalam sebuah pemasaran? Mari kita bahas bersama hal tersebut dalam artikel ini. 

Memahami Definisi Whatsapp Marketing

Sebelum membahas mengenai pemasaran menggunakan Whatsapp Chatbot lebih jauh, perlu kita pahami terlebih dahulu mengenai Whatsapp Marketing. Taktik ini merupakan bentukan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan platform pesan singkat whatsapp sebagai media pemasaran. Lalu, mengapa whatsapp menjadi aplikasi yang digunakan sebagai medianya? Hal ini bermula semenjak mas pandemi, dimana perusahaan dibatasi untuk berinteraksi dengan konsumennya. 

Di samping itu, whatsapp menjadi aplikasi paling populer yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan pengguna yang mencapai 2,45 miliar pengguna di dunia, pengguna whatsapp menjadi target yang menjanjikan bagi pemilik bisnis. Dari situlah penggunaannya sebagai media pemasaran bermula. 

Saat ini, taktik pemasaran sudah semakin beragam, mulai dari mengirimkan pesan siaran menggunakan Whatsapp Blast. Hingga profil whatsapp business yang semakin mendukung serta menyediakan profil yang dapat menampilkan katalog produk maupun informasi lengkap dari bisnis.

Begitu pula dengan fitur komunitas, mendukung bisnis untuk membangun massa konsumen yang dapat saling berbagi informasi produk. Puncaknya adalah hadirnya whatsapp chatbot dengan bubuhan persona yang mampu menunjang kinerja tim customer service.

Berikut beberapa alasan lainnya mengapa whatsapp chatbot kian banyak digunakan:

  • Pemasaran menggunakan whatsapp lebih hemat biaya.

  • Whatsapp business mendukung integrasi yang mudah dengan sistem CRM.

  • Banyaknya pengguna whatsapp mendukung pengumpulan data yang efektif untuk strategi pemasaran.

Penggunaan Whatsapp Chatbot dalam Bisnis

Dalam bisnis, penggunaan whatsapp chatbot tidak hanya sebagai auto-reply saja namun juga digambarkan sebagai seseorang yang ada di dunia nyata dan memiliki peran, berikut penjelasan lebih lanjutnya:

  1. Whatsapp chatbot dengan persona customer service

Whatsapp chatbot adalah teknologi yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang memberikan kemampuan untuk memahami pertanyaan pengguna dan menjawabnya dengan jawaban yang tepat. Dengan dasar tersebut, whatsapp chatbot kemudian difungsikan sebagai customer service yang bisa mendampingi konsumen sebelum maupun sesudah proses pembelian.

Penggunaan whatsapp chatbot ini merupakan sebuah langkah yang tepat untuk mengurangi beban agen pelayanan pelanggan. Meskipun tidak dapat sepenuhnya mengambil alih peran manusia karena permasalahan yang kompleks. Penggunaan whatsapp chatbot sebagai customer service dapat menggantikan agen dalam melakukan tugas berulang seperti, tugas untuk menyapa pelanggan di awal percakapan, pemberitahuan mengenai jam kerja hingga menjawab pertanyaan dasar yang sering ditanyakan (FAQ).

  1. Whatsapp chatbot sebagai personal assistant

Memposisikan chatbot sebagai personal assistant semacam Alexa atau Google Assistant mungkin sudah menjadi hal yang sering kita temui. Namun bagaimana jika menjadikan Whatsapp chatbot sebagai personal assistant dalam menjangkau konsumen? Dengan demikian pelanggan dapat memeriksa status pembelian, permintaan faktur, maupun memeriksa status pengiriman barang mereka secara otomatis melalui whatsapp chatbot.

Bahkan, akhir-akhir ini whatsapp chatbot diberi persona yang mampu membantu pelanggan. Misalnya dalam bisnis kecantikan, melalui whatsapp chatbot pelanggan dapat menanyakan rekomendasi produk setelah mereka mengisi beberapa kuis yang menanyakan kebutuhan mereka.

Atau, dalam bisnis perjalanan, pelanggan dapat mencari jadwal penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka setelah memasukkan prompt berupa jadwal penerbangan dan tujuan penerbangan.

Contoh di atas hanyalah segelintir dari banyaknya penggunaan whatsapp chatbot sebagai bagian dari strategi pemasaran. Simak terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana perusahaan besar memanfaatkan whatsapp chatbot. 

Perusahaan di Indonesia yang menggunakan chatbot

Di beberapa perusahaan Indonesia penggunaan Whatsapp Chatbot telah marak digunakan, berikut beberapa perusahaan yang menggunakan chatbot sebagai media pemasaran: 

Bot Mita milik Bank Mandiri

Mita merupakan sebuah chatbot personal assistant yang diluncurkan oleh Bank Mandiri. Tugasnya adalah menyediakan informasi dasar kepada nasabah melalui akun resmi whatsapp business account milik Bank Mandiri. Melalui Mita, nasabah dapat menanyakan berbagai layanan mulai dari info produk yang mereka luncurkan, lokasi dan cabang terdekat, hingga informasi mengenai promo serta event yang diadakan oleh Bank Mandiri.

Veronika milik Telkomsel

Veronika milik Telkomsel difungsikan sebagai customer service. Dia akan membantu masalah yang dihadapi oleh pelanggan mengenai lokasi Grapari terdekat, pembelian serta pengaktifan paket data. Bot Veronika ini dapat diakses berbagai media pesan singkat terutama Whatsapp. 

Sabrina milik Bank BRI

Sabrina merupakan singkatan dari “Smart BRI New Assistant”. Tujuan dari penggunaan bot ini adalah untuk menjawab pertanyaan nasabah serta menyelesaikan beberapa permintaan. Selain itu, penggunaannya juga untuk mendukung tim contact center Bank BRI dalam memberikan support selama 24 jam kepada nasabah. 

Dengan asisten virtual ini, nasabah dapat mencari tahu lokasi ATM dan kantor cabang terdekat, melakukan isi ulang kartu Brizzi, hingga mendapatkan informasi terkini mengenai nilai tukar dan suku bunga.

Ragam Cara Memanfaatkan Whatsapp Chatbot Sebagai Strategi Pemasaran

Mengumpulkan dan menyimpan kontak pelanggan

Menggunakan whatsapp chatbot sebagai add on dalam website atau media sosial lain merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam strategi whatsapp marketing. Hal tersebut membuka peluang untuk pelanggan menggali informasi lebih dalam secara personal melalui pesan whatsapp. Adanya add-on ini juga menjadi peluang bagi bisnis untuk mengumpulkan kontak pelanggan untuk mengarahkan lead melakukan pembelian.

Selain itu, pengumpulan data ini juga dapat dilakukan secara otomatis. Namun, satu hal yang perlu diingat bagi bisnis yaitu selalu mengutamakan kebijakan keamanan privasi data dan selalu meminta persetujuan kepada pelanggan mengenai pengumpulan data tersebut.

Mengirimkan Whatsapp blast

Pernah tidak kamu mendapatkan sebuah pesan yang berisikan promosi? Yap, hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan fitur whatsapp blast. Whatsapp blast merupakan fitur dari Whatsapp Business API yang memudahkan penggunanya untuk mengirimkan pesan ke ribuan penerima secara langsung tanpa adanya batas tertentu.

Dalam mengirimkan Whatsapp blast bisnis perlu memperhatikan strategi yang tepat seperti menyesuaikan konten pesan yang dikirim, serta jam kirim pesan yang tepat. Untuk mengkategorikan pesan, bisnis dapat memanfaatkan whatsapp CRM sedangkan untuk mengatur jadwal pengiriman, dapat mengandalkan fitur whatsapp chatbot.

Dalam era digital yang terus berkembang, pemasaran menggunakan WhatsApp chatbot telah menjadi salah satu strategi yang semakin populer dan efektif bagi banyak bisnis. Dengan menggabungkan kekuatan komunikasi instan WhatsApp dan kecerdasan buatan chatbot, perusahaan dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, menyediakan layanan pelanggan yang lebih efisien, dan bahkan meningkatkan penjualan.

Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran menggunakan WhatsApp chatbot, penting bagi bisnis untuk memahami audiens dengan baik, menyajikan pesan yang relevan dan menarik, serta mengelola chatbot dengan cermat agar memberikan pengalaman yang mulus bagi pengguna. 

Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran melalui WhatsApp chatbot dapat menjadi alat yang kuat untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi bisnis. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan whatsapp chatbot dalam bisnis kamu. 

Yunita
Yunita Saya seorang ibu rumah tangga yang gemar menulis.

Post a Comment for "Pemasaran Menggunakan Whatsapp Chatbot, Bagaimana Caranya?"