'BERTERIMA KASIHLAH' KEPADA PENCELA ANDA! Skip to main content

'BERTERIMA KASIHLAH' KEPADA PENCELA ANDA!

'BERTERIMA KASIHLAH' KEPADA PENCELA ANDA!
Foto by : Google image

Didunia ini ada bermacam-macam sifat dan tipikal manusia, namun secara garis besar ada dua golongan :

Golongan pertama.

Ada orang yang jalan fikirannya lapang, rendah hati (low profile), suka memudahkan urusan, suka berprasangka baik, tidak suka mempersulit masalah (masalah/kesalahan besar diusahakan jadi kecil dan diselesaikan dengan cara hikmah/santun.

Sedangkan untuk masalah/kesalahan kecil, dia lebih suka untuk memaafkan saja, tidak dibuat berbelit-belit.

Atau cukup diselesaikan dengan cara menegur secara baik-baik dan kata-kata yang lembut. Dan suka menyembunyikan aib/kesalahan teman atau saudaranya, tidak suka menyebar luaskannya kepada orang lain.

Singkatnya orang golongan pertama ini adalah orang yang suka memberi uzur (toleransi, tenggang rasa, keringanan, dan memaafkan) kepada teman atau saudaranya.

Golongan kedua.

Ada pula orang yang jalan fikirannya susah atau dibuat-buat susah.

Suka membuat sulit dan rumit suatu masalah (masalah kecil dibesar-besarkan, kalau masalah besar apalah lagi tak dapat disebut).

Selalu gelisah, ingin selalu dianggap/diperhatikan orang, selalu berprasangka buruk, tendensius (rewel), suka mencari cela dan kesalahan orang lain.

Semua sifat buruk dari orang golongan kedua ini, sesungguhnya ada sebab dan pangkal utamanya, yaitu disebabkan karena faktor gila hormat dan merasa derajat dirinya diatas rata-rata dibanding orang lain (merasa lebih berilmu, berpangkat, merasa berpengaruh, dan lain-lain)

Dalam hidup didunia ini, berusahalah agar anda termasuk menjadi golongan orang yang pertama. Sibukkanlah diri anda untuk memperbaiki diri.
Sibuk mempersiapkan diri untuk kesuksesan masa depan anda.
Jadilah anda orang yg tidak pernah usil kepada orang lain.

Bila ingin memberikan nasehat, saling menasehatilah dengan kebenaran dan kesabaran. Maka sungguh beruntunglah hidup anda.

Jiwa anda akan lapang, hati anda tenang dan anda akan disukai oleh banyak orang.
Kecuali bagi orang-orang yg dengki.

Anda tidak perlu memusingkan apakah orang lain sudah menunjukkan rasa hormat kepada anda atau tidak. Karena anda tahu itu hanya akan membuang-buang energi, waktu dan fikiran anda saja.

Sesungguhnya rasa hormat itu tidaklah bisa diminta-minta!

RASA HORMAT ITU ADALAH PEMBERIAN!

Dan akan diberikan oleh orang lain tergantung bagaimana sikap dan perilaku anda.
Kalau anda meminta-minta rasa hormat, orang lain mungkin akan menjadi mual dan justru malah hilang rasa respeknya kepada anda.

Kalau memang anda orang yang pantas dihormati, dalam sikap diam pun orang lain tetap akan menaruh hormat kepada anda!

Tidak perlu anda berkoar-koar dan mengemis perhatian agar dihormati.

Ketahuilah!
Orang lain tidak hanya punya telinga saja, melainkan merekapun memiliki mata, pikiran, perasaan, penilaian, dan perhitungan yang turut mengamati kecocokan antara ucapan dan perilaku kita.

Oleh karena itu dianjurkan lebih baik kita tidak usah banyak omong, berkata dan bersikaplah yang baik atau lebih baik diam.

Nah, bagaimana setelah anda sibuk memperbaiki diri, anda telah sibuk mempersiapkan diri untuk kesuksesan masa depan anda.

Bahkan anda orang yang tidak pernah usil kepada orang lain!

Tapi anehnya masih ada saja orang (golongan kedua diatas) yang mencela anda.

Celaan yang sebagian besar hanya berdasarkan asumsi dan prasangka belaka.Maka janganlah anda bersedih, justru anda harus berterima kasih kepada mereka!

Apabila anda menghadapi orang yang seperti golongan kedua diatas, apapun yg dia katakan, baik itu celaan yang berdasarkan bukti ataupun yang tidak berdasar (hanya berdasar asumsi/prasangka buruk), pada hakikatnya semuanya akan tetap menjadi baik bagi anda!

Orang yang suka mencela, mencibir, menghina dan mencari-cari kesalahan serta berprasangka buruk kepada anda sesungguhnya dia telah banyak berjasa kepada anda!

Secara tidak sadar orang itu telah mengasah anda menjadi pribadi yg lebih baik dan jadi lebih maju!
Maka 'Berterima kasihlah' atas jasa-jasanya!

Bahkan walaupun dia menghina, meremehkan dan merendahkan anda tanpa dasar dan bukti, tetaplah berterima kasih kepadanya!

Kenapa???

KARENA SEMUA CELAAN, HINAAN DAN CIBIRANNYA TELAH MEMBUAT ANDA SIBUK MEMPERBAIKI DIRI!

CELAANNYA MEMBUAT ANDA MENJADI TIDAK SEMPAT LAGI UNTUK MENCARI-CARI KEBURUKAN ORANG LAIN, SEHINGGA PADA AKHIRNYA ANDA MENJADI ORANG YANG SUKSES DALAM HIDUP ANDA!

Telah banyak contoh dan buktinya, bahwa orang yang akhirnya menjadi sukses karena dahulunya sangat sering dicemooh, dihina dan direndahkan.

Sering dianggap seperti tidak ada, dianggap tidak punya kemampuan.
Dan dianggap tidak punya masa depan, tapi semua itu justru menjadi cambuk dan tantangan bagi mereka.

Ada sebuah cerita dari seorang teman yang punya kawan.

Kawannya itu dahulunya adalah orang miskin.
Untuk makan saja susahnya setengah mati, kadang makan cuma sehari sekali.
Kawan itu dahulu adalah seorang pedagang kaki lima.

Dia sangat rajin dan suka sekali membantu ibunya.

Kawan itu sudah lama mempunyai cita-cita ingin sukses agar dapat menaikkan derajat ekonomi keluarganya.

Telah banyak usaha yg dia coba rintis, jatuh bangun dari satu usaha ke usaha yang lain, tapi dia pantang menyerah. Walau sering jatuh bangun tapi dia tetap terus dan terus berusaha.

Sesungguhnya kawan itu adalah orang yang amat rajin dan pekerja keras, hanya kendalanya adalah pada modal!

Ya!
Dia memang tidak punya modal, karena memang orang miskin.
Selain itu juga banyak kendala moral dari orang-orang yang suka menjatuhkan mental dan semangatnya.

Yah seperti tadi disebutkan diatas, sering dianggap tidak mampu, dianggap tidak punya masa depan, dianggap tidak akan bisa berhasil, dan sebagainya.

Tapi kawan itu pantang menyerah, semua celaan tidak menjatuhkan moral dan semangatnya.
Tapi justru semangatnya semakin menjadi besar dan menggebu-gebu.

Semakin dianggap remeh justru dia semakin tertantang untuk membuktikan kemampuannya, semakin rajin,,,,rajin,,,,dan lebih rajin lagi dia berusaha!

Tentang ketiadaan modal dan fasilitas tidaklah membuatnya kehilangan akal.
Setiap hari hasil bersih usaha dagang di kaki lima, konsisten ditabungnya, walaupun itu cuma seribu rupiah sekalipun!

Karena konsisten, akhirnya bertahun-tahun kemudian sudah banyak uang tabungannya.
Hasil tabungan itulah yang dia gunakan untuk modal awal membuka usaha.

Dengan penuh semangat terus dia kembangkan usahanya.
Makin lama semakin bertambah besar.

Terus dia kembangkan hingga semakin bertambah lebih besar lagi, begitu terus!

Akhirnya kurang lebih setelah 10 tahun kemudian, dia telah sukses punya beberapa toko.
Seperti cita-citanya dulu, akhirnya sekarang bisa terwujud, yaitu :
Bisa membantu mendirikan rumah dan toko untuk ibunya, bisa pula membimbing dan menuntun semua adik-adiknya.

SEMUA KESUKSESAN ITU TERPACU JUSTRU KARENA BANYAKNYA CELAAN DAN KETERBATASAN FASILITAS (MODAL) YG DIMILIKINYA!

Orang yang dalam keadaan kepepet justru cenderung menjadi lebih kreatif dibandingkan orang yang jalan hidupnya selalu datar-datar saja.

Dikemudian hari akhirnya kawan itu bersyukur, semua kepahitan itulah yang mendidik dan menggemblengnya jadi sukses, mandiri, matang dan mumpuni di bidangnya!

Semoga dapat bermanfaat.

Penulis By : Bang izal

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Saya mungkin adalah pribadi yang masih dalam kategori orang yang kedua namun saya akan berusaha menjadi pribadi seperti karakter orang pertama Dalam artikel di aras... Artikelnya sangat bermanfaat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm,,,, pengakuan yg jujur dan lugas 😊

      Biasanya orang yg cepat berkembang, bahkan mencapai kemajuan itu adalah orang yg berani mengakui kekurangannya, sehingga dia selalu mengkoreksi dirinya sendiri untuk menjadi lebih baik lagi.

      Semangat om! 😊

      Delete
  2. Tulisan nya bagus, sangat menginspirasi bang. Setelah baca, saya lebih sadar bahwa pengalaman buruk di anggap remeh/kecil orang lain sekalipun ternyata bisa memberikan manfaat dan boster khusus untuk kualitas diri. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih om 😊

      Semoga bermanfaat, dan sukses selalu untuk om Nino 😁

      Delete
  3. bener jg....kalau berterimakasih pada orang yang menghagai kita biasa itu mah...tapi kalau berterimakasih pada orangyang mencela...itu baru luar biasa....siip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam dinamika hidup, terkadang kita perlu juga melihat dari sisi lain om, biar hidup senantiasa terasa damai dan indah.

      Semoga bermanfaat 😊

      Delete
  4. Udh tes, ngelamar Adsense mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah om, ini udah jalan 10 hari.
      Saya sih enjoy aja, terserah Google kapanpun mau terima pengajuan saya.

      Yg penting terus menulis artikel 😁

      Delete
  5. Dimana-mana banyak orang yang suka menjatuhkan orang lain, ada juga yang baik dan gak usil, tapi kok sekarang sepertinya makin banyak yang usil yah?

    Hidup dimanapun selalu ada jenis-jenis manusia diatas, mungkin dulu ada pemerataan, hahaha.

    Btw, blog ini saya buka pakai koneksi smartfren kena inject iframe di browser saya, cuma ngasih info saja, karena jadi error sebagian. Pengguna smartfren lumayan banyak, sebaiknya dicegah bang.

    Di tempat saya membahas masalah ini untuk jelasnya. "Smartfren Inject Iframe ke Browser"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget atas informasinya om 👍

      Tapi kalo browser saya insya Allah aman, karena saya gak make Smartfren, saya berlangganan internet sama warnet di depan toko mainan saya. 😁

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner