APA SAJA JENIS BISNIS ONLINE ITU? DAN BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN INCOME? Skip to main content

APA SAJA JENIS BISNIS ONLINE ITU? DAN BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN INCOME?

APA SAJA JENIS BISNIS ONLINE ITU? DAN BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN INCOME?
Foto by : Pixabay.com
Assalamualaikum.

Hai teman-teman semua,
ketemu lagi deh sama bang izal, mudah-mudahan teman-teman gak pernah bosan ya hehehe ☺

Kemarin telah selesai saya tulis artikel tentang permasalahan toko offline yaitu TOKO MAINAN KOK BANYAK PRODUK YG RUSAK, BINGUNG NIH, APA YA SOLUSINYA? .

Nah, supaya topik bahasannya selalu fresh, lebih kaya dan bervariasi, maka pada kesempatan kali ini akan saya bahas topik tentang bisnis online.

Teman-teman,,,, Kalau ditanyakan kepada orang-orang yang masih awam dengan dunia internet :

"Apakah bisnis online itu?"

Nah,,,menurut teman-teman, kira-kira seperti apakah bayangan yang terlintas di fikiran mereka?

Pasti kebanyakan dari mereka akan menjawab---> bisnis online itu adalah orang-orang yang berjualan ditokopedia, bukalapak atau facebook!

Pasti seperti itu jawaban mereka!
Kenapa saya berani bilang begitu?
Karena seperti itu pulalah bayangan tentang bisnis online di fikiran saya pada beberapa tahun yang lalu hehe ☺☺☺

Saya mulai buka toko online baru berjalan selama 3 tahun belakangan ini. Hasilnya lumayan buat tambahan income. Sebelumnya saya hanya berdagang di basic utama saja, yaitu toko offline RC. Toys yang berlokasi di daerah kalisari jakarta timur.

Ternyata,,,, setelah 3 tahun menjalani bisnis online dan mempelajari semua seluk beluknya, barulah saya mengetahui bahwa yang namanya bisnis online itu cukup luas cakupan dan jenisnya.

Baiklah teman-teman,,,, tanpa berpanjang lebar lagi, marilah sama-sama kita diskusikan dan bahas satu persatu. Saya akan bahas apa saja jenisnya, sekaligus akan saya bongkar bagaimana cara kita mendapatkan income dari tiap bisnis online itu.

Kita mulai dari :

# 1. Berjualan produk kita di website sendiri atau 'menumpang' jualan di market store (ecommerce). 

Inilah jenis bisnis online yang paling populer dan paling banyak diketahui orang.
Seperti telah saya sebutkan sebelumnya diatas, mindset sebagian besar orang telah telah terlanjur tertanam bahwa yang disebut bisnis online itu adalah berjualan produk di media sosial dan e-commerce. Oleh karena alasan itulah bisnis online jenis ini saya tempatkan di pembahasan paling pertama.

Nah, bagaimana cara mendapatkan dan meningkatkan income di bisnis online ini?

Jawabannya,,, ya tergantung, kita buka toko onlinenya dimana?

Kalau kita buka toko onlinenya di website pribadi, atau di media sosial seperti akun facebook, instagram dan lain sebagainya, maka berusahalah bangunlah trafik yang banyak!

Membangun trafik bisa dengan cara mencari teman-teman lama seperti alumni SMP atau SMA kita, atau aktif bergabung di forum diskusi dengan topik yang sama dengan produk yang kita jual, dan lain sebagainya. Bisa juga membangun trafik dengan cara berbayar seperti Fb adsense, google adwords, dan sebagainya.

Rumusnya : Makin tinggi trafik = makin tinggi peluang penjualan.
Cara mendatangkan trafik yang paling ampuh sebenarnya dengan membangun nama baik dan kepercayaan pada tiap buyer yang telah berbelanja kepada kita, yaitu pelayanan yg baik, ketepatan dan kejujuran!

Apabila ketiga hal itu telah berhasil kita bangun, maka secara alami perlahan-lahan trafik toko online kita akan meningkat dengan sendirinya. Dari mana asal trafik itu bisa meningkat? Ya dari mulut ke mulut, Testimoni!

Yaitu tiap buyer yang merasa puas berbelanja kepada kita, kemudian mereka merekomendasikan toko online kita kepada saudara atau teman-temannya. Nah, dari sanalah akhirnya toko online kita semakin tumbuh dan mendatangkan income yang besar!

Mungkin teman-teman ada yang bertanya, "Nah bang izal,,,bagaimana kalau toko online yang 'menumpang' di ecommerce? Bagaimana cara mendapatkan dan meningkatkan income buat toko online kita?

Cara mendapatkan income di ecommerce sebenarnya hampir sama saja dengan kita berjualan di website pribadi, fb, instagram dan akun pribadi lainnya. Hanya bedanya kalau di ecommerce itu, kita harus mengikuti sistem yang telah ditentukan oleh market store tersebut. Dan cara membangun trafik yaitu melalui feedback positif dari pembeli, semakin tinggi dan bagus feedback positif kita di ecommerce tersebut, semakin besar kepercayaan dan peluang buyer membeli ditoko online kita.

Tiba-tiba ada teman lain yang bertanya :

"Bang izal, saya masih pemula dan kepengen banget sebenarnya berjualan online, tapi saya belum punya modal yang cukup, gimana solusinya ya bang?"

Baiklah, jawaban pertanyaan ini akan sama-sama kita lanjutkan pada 3 jenis bisnis online lain, karena dipembahasan berikut inilah jawabannya.

Yaitu :

# 2. Dropship/Reseller/affiliate

Seperti kita ketahui bersama, peluang bisnis online sangat terbuka bagi semua orang untuk turut serta. Kalau bagi teman-teman yang belum punya modal, jangan patah semangat dan berkecil hati. Teman-teman tetap bisa berbisnis online dengan cara mempromosikan barang atau dagangan orang lain.

Dengan cara menjadi reseller, dropship atau affiliate (makelar online). Teman-teman bisa mencari produk orang lain yang dirasa sedang laku/laris dan mempromosikannya ke teman-teman Fb, Bbm, instagram kita, dll.

Modal kita hanya mengupload ulang foto produk orang lain itu, pilih produk-produk yang terbaik dan paling laku. Nanti kalau ada orang yang memesan, kita tinggal hubungi si penjual/yang punya produk. Setelah kita konfirmasi ternyata stok barangnya masih ada, nah kita tinggal menghubungi si pemesan. Kemudian barang datang dengan alamat pengiriman dari kita, padahal pengirim sesungguhnya adalah si penjual asli.

Kita mendapat uang dari hasil penjualan yang kita lebihkan nilainya dari harga si penjual asli. Itulah yang disebut dropship, Ada juga orang yang mengistilahkan resseler atau affiliate, sebenarnya makna inti dari ketiganya hampir sama saja, yaitu jadi 'calo atau makelar' produk orang lain. Kalau bagi orang padang di area offline tanah abang, cara ini disebut "Tukang kantau" ☺ .

Yang agak sedikit berbeda adalah jenis bisnis online affiliate, pada affiliate ini kita hanya mempromosikan produk orang lain, tapi kita tidak menjualnya. Jadi semakin banyak produk orang itu yang laku karena kita promosikan, maka semakin besar komisi yang kita terima, Ya kira-kira semacam itulah hehe ☺

Nah, pelaku bisnis online pemula sangat banyak yg memakai 3 jenis bisnis online ini.

# 3. Bisnis online dengan cara 'bermain' di Google adsense 

Bisnis online dengan cara 'main' di google adsense inilah yang sedang saya jalani dan rintis sekarang heheheh ☺☺☺

Tahukah teman-teman?

Tiap membuat satu buah artikel (apalagi yang berkualitas) berapa lama waktu yang dibutuhkan?
Ada orang yang butuh waktu 3 hari, ada yang 2 hari, ada juga yang satu hari.

Saya sendiri tiap membuat satu buah artikel membutuhkan waktu rata-rata selama 5 jam, paling cepat 3 jam.

Nah, apa pointnya?

Apa yang membuat orang mau bersusah payah menulis selama berjam-jam dan memberikan ilmunya atau memberikan informasi secara gratis melalui artikelnya kepada semua orang yang membaca website, blog atau situsnya?

Jawabannya adalah, karena mereka mendapatkan penghasilan dari iklan!

Semakin banyak pengunjung blog, maka semakin besar peluang hasil (dollar) yang dia dapatkan dari iklan tersebut. Jadi 'main' bisnis online google adsenses sebenarnya sangat asyik sekali menurut saya, apalagi bagi yang hobi menulis, selain bisa menyalurkan bakat juga dapat mendatangkan income!

Melalui blog, kita juga bisa membantu memberikan ilmu atau informasi yang orang lain butuhkan, tentunya ilmu dan informasi yang sesuai dengan keahlian kita. Main google adsense di blog juga berlaku hubungan mutualis simbiosisme, hubungan saling menguntungkan!

Semakin banyak pembaca/visitor setia yang mendapatkan ilmu/informasi gratis dari blog/website kita, maka sebaliknya kita pun semakin mendapatkan penghasilan iklan yang banyak.

Kan rumusnya sudah terkenal diantara para mastah blogger,
Semakin tinggi trafik/pengunjung/pembaca + semakin banyak peluang yang meng-klik iklan = semakin banyak dollar yang mengalir ke rekening kita!

Seorang publisher yang telah sukses mampu meraup pendapatan ribuan dollar hingga puluhan ribu dollar perbulannya! Pekerjaannya hanyalah dari menulis konten di blog!

Eh,,, tiba-tiba ada teman lain yang nyeletuk penasaran :

"Akh yang bener nih bang izal?!"

"Berarti enak donk kalau kita 'main' di google adsense?"

Ouuw,,,oouuw,,,ooouw,,,, Tunggu dulu, tidak semudah itu kawan,,,, perjuangan pastinya masih panjang dan keras, karena tidak semua orang yang bisa lolos di terima google adsense, syaratnya super ketat, terutama kita harus bisa membuat konten/artikel original, unik dan berkualitas!

Dan membuat konten yang original, unik serta berkualitas itu benar-benar tidak gampang lho teman-teman, butuh riset, wawasan yang luas dan kemampuan (bakat) alami dalam menulis artikel!

Mau maen copas??! Oh tidak bisa!

Google itu perusahaan raksasa yang super canggih, kalaupun anda bisa lolos dari pelacakan sistemnya pada hari ini, besok atau lusa pasti akan terjerat dan ketahuan,
dan hukumannya?! BANNED PERMANEN!
Dua kata itu adalah momok yang paling menakutkan bagi semua pelaku bisnis online di bidang ini.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang ingin mengadu peruntungan di bidang ini, maka berlatihlah kemampuan menulis, perbanyak membaca untuk memperluas referensi kita.
Jika makin luas wawasan maka otomatis makin luas referensi untuk bahan artikel/konten kita, sehingga bisa menghasilkan konten yang bermutu tinggi!
Itu sudah keniscayaan!.

# 4. Menjual (jasa) produk berupa informasi. 

Bisnis online ini bisa berupa E-book, software, video, dan lain-lain yang berisi tentang informasi/tutorial keahlian di bidang yang kita kuasai.

Biasanya video ini bisa berasal dari kompilasi rekaman kita waktu seminar, workshop.

Cara membuat produknya :
  • Temukan bidang yang paling anda kuasai dan tulis di e-book atau rekam di video untuk kemudian dipasarkan di internet.
  • Temukan apa permasalahan yang paling banyak terjadi pada orang, dan berikan solusinya yang paling tepat di e-book atau video tersebut.
  • Berusaha bangun nama dan kapasitas kita agar dikenal luas oleh orang-orang, karena kalau orang belum mengenal dan tidak tahu apa kapasitas kita, secara logika tidak akan mungkin mereka percaya dan membeli produk informasi kita tersebut.

# 5. Menjadi penulis (content writer).

Menjadi penulis (content writer) adalah salah satu peluang dari jenis bisnis online yang sangat menjanjikan. Bayarannya cukup besar, seseorang bisa dibayar 10.000 sampai 20.000/seratus kata. Seseorang penulis artikel yang telah memiliki reputasi baik, bisa memiliki pendapatan hingga jutaan rupiah/bulannya.

Ada 2 kriteria/tingkatan content writer.

- Yang pertama : Bayarannya murah/rendah, yaitu mereka yang menjual konten dengan hanya mengejar jumlah kata tertentu, tapi kurang memperhatikan segi kualitas konten. Faktor penyebabnya karena mereka dibayar dengan menghitung tiap jumlah ratus kata.

- Yang kedua : Bayarannya tinggi, penulis konten jenis ini biasanya adalah penulis artikel di website besar atau portal berita.

Nah, itulah 5 peluang bisnis online.

Teman-teman boleh pilih salah satu diantaranya, pilihlah yang paling sesuai dengan keahlian dan passion teman-teman. Semuanya sama-sama punya prospek yang bagus, syaratnya hanya 3, yaitu : FOKUS, ULET dan TEKUN.

Baiklah teman-teman, sampai disini dulu diskusi kita.
Insya Allah diwaktu berikutnya akan saya sambung dengan pembahasan dan tema artikel yang tidak kalah lebih hangat.

Sukses selalu untuk teman-teman semua.

Salam

Penulis by : Bang Izal

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Pengen nyoba jadi content writer, tapi belum ada yang nyangkut, hihihi :)

    ReplyDelete
  2. Artikelnya rata2 semua bagus bang :)

    ReplyDelete
  3. Suwun bang atas infonya

    ReplyDelete
  4. Kok tukang urut gak ada yah hehehe

    ReplyDelete
  5. The article is very good, successful blogger Indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner