5 JENIS BISNIS ONLINE DAN CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI INTERNET Skip to main content

5 JENIS BISNIS ONLINE DAN CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI INTERNET

5 JENIS BISNIS ONLINE DAN CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI INTERNET

Assalamualaikum.

Hai teman-teman.

Jika Anda bertanya kepada orang-orang yang masih awam dengan dunia internet: "Apa itu bisnis online?"

Nah, apa pendapat Anda tentang jawaban mereka?

Tentunya sebagian besar dari mereka akan menjawab ---> bisnis online adalah orang-orang yang berjualan di e-commerce, Instagram atau Facebook!

Pasti jawaban mereka akan seperti itu!

Mengapa saya yakin mereka akan menjawab seperti itu?

Karena seperti itu juga 'gambaran' yang ada didalam pikiran saya, tentang bisnis online pada beberapa tahun yang lalu. 😁

Dulu saya hanya berdagang ditoko offline saja, yaitu disebuah toko mainan yang berlokasi di Kalisari Jakarta Timur. Ketika itu saya juga masih gaptek dengan dunia internet. Sehingga pemahaman tentang bisnis online yang saya ketahui pada saat itu adalah : orang-orang yang berjualan di e-commerce dan dimedia sosial saja.

Yeup! Saya dulu memang termasuk orang yang awam tentang dunia internet (bisnis online).

Saya mulai terjun ke dunia bisnis online sejak 5 tahun belakangan (sekitar tahun 2013). Sejak itulah saya mulai paham (sedikit demi sedikit) tentang cara mencari uang di internet. Saya mulai membuat beberapa akun toko online, diantaranya di Bukalapak, Lazada dan Tokopedia. Hasilnya cukup lumayan untuk penghasilan tambahan.

Artikel Menarik Lainnya : PELUANG EMAS BISNIS ONLINE

Ternyata,,,, setelah 5 tahun berkecimpung dalam dunia bisnis online (dan mempelajari semua seluk beluknya), barulah saya menyadari bahwa bisnis online tidak sesempit yang saya kira. Ternyata jenis dan ruang lingkup bisnis online itu lebih luas dari yang pernah saya bayangkan!

Nah, sekarang mari kita bahas beberapa jenis bisnis online dan cara mendapatkan penghasilan dari internet.

Saya akan mengulas beberapa bisnis online terpopuler, dan bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari jenis bisnis online tersebut.

Diantaranya adalah :

#1. Menjual produk di situs web milik Anda sendiri atau bisa juga dengan cara 'menumpang' berjualan di situs e-commerce.

Ini adalah jenis bisnis online yang paling populer dan paling banyak dikenal.

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa jenis bisnis online inilah yang paling banyak dikenal oleh publik. Oleh karena itulah pembahasan tentang jenis bisnis online ini saya tempatkan di urutan pertama.

Nah, bagaimanakah cara mendapatkan penghasilan dari bisnis online?

Jawabannya===>> tergantung kepada jenis bisnis online yang Anda pilih. Karena setiap jenis bisnis online memiliki metode yang berbeda-beda dalam mendapatkan penghasilan.

Kalau Anda membuat toko online di situs web/blog pribadi, atau di media sosial (seperti di akun facebook, Instagram, dan sebagainya), maka metode yang paling efektif untuk meningkatkan penghasilan Anda adalah dengan cara membangun trafik yang tinggi!

Jika jumlah trafik pengunjung di situs web/toko online Anda tinggi, maka tentu saja peluang terjualnya produk Anda akan menjadi lebih besar.

Nah, bagaimana cara membangun traffic?

Membangun trafik dapat dilakukan dengan cara mencari dan menghubungi teman-teman lama Anda dimedia sosial. Seperti teman sekolah atau teman kuliah Anda. Nah, Anda bisa memperkenalkan situs web atau toko online Anda kepada mereka.

Atau bisa juga dengan cara bergabung didalam forum komunitas/grup bisnis dan jual beli dimedia sosial. Nah, Anda dapat mempromosikan produk Anda ke sana.

Tapi ingat! Bergabung dan promosikanlah produk Anda di grup komunitas yang relevan (dengan produk yang Anda jual). Jangan menjual/mempromosikan produk anda di grup yang tidak relevan, karena hasilnya akan percuma.

Apa alasannya?

Karena jika Anda mempromosikan produk Anda ke grup yang tidak relevan, kampanye Anda tidak akan berguna. Tentu saja kampanye Anda akan diabaikan oleh anggota komunitas tersebut, sebab tidak sesuai dengan minat mereka. Dan bila anda terus membandel (memposting produk disana) maka kemungkinan besar anda akan dibanned oleh mereka.

Cara lain membangun trafik adalah dengan metode promosi berbayar. Artinya, Anda dapat membangun lalu lintas trafik menuju ke situs web Anda. Atau menjual produk Anda dengan cara mempromosikannya melalui iklan Facebook, Google Adwords, dan sebagainya.

Jadi, rumusnya adalah : semakin tinggi lalu lintas trafik situs web/toko daring Anda = semakin tinggi peluang terjadinya penjualan.

Cara mendapatkan trafik tinggi yang paling ampuh adalah : dengan cara membangun nama baik dan mendapatkan kepercayaan dari setiap pembeli di toko online Anda. Yaitu dengan cara memberikan servis yang terbaik kepada mereka. Yakni kecepatan layanan dan kejujuran! Buatlah para pelanggan merasa puas berbelanja ditoko online Anda!


Artikel Menarik Lainnya : CARA MENDAPATKAN PELANGGAN TOKO ONLINE ALA SITUS ECOMMERCE

Jika semua kepuasan pelanggan di atas sudah berhasil Anda bangun, maka secara alamiah trafik toko online Anda akan meningkat dengan sendirinya. Nah, apa yang menyebabkan lalu lintas toko online Anda dapat meningkat? Karena toko online Anda telah dipromosikan (direkomendasikan) secara gratis oleh para pelanggan Anda! Mereka memperkenalkan toko online Anda kepada teman atau kerabatnya. Sebuah rekomendasi dari mulut ke mulut. Testimoni!

Jika setiap pembeli merasa puas saat berbelanja di toko online Anda, maka kemungkinan besar mereka akan terus merekomendasikan toko online Anda! Dari situlah toko online Anda akan terus tumbuh dan berkembang pesat. Dan tentunya mulai menghasilkan!

Mungkin sebagian dari Anda bertanya: "Jika saya memiliki toko online di situs e-commerce, bagaimanakah cara meningkatkan pendapatan toko online saya?"

Jadi begini :

Cara mendapatkan penghasilan dari situs e-commerce sebenarnya juga menggunakan metode yang hampir sama dengan situs web pribadi atau di media sosial. Kunci utamanya terletak pada kepuasan pelanggan!

Yang sedikit berbeda adalah : jika kita membuka toko online di situs e-commerce, maka kita harus mengikuti dan mematuhi sistem yang telah ditetapkan oleh e-commerce tersebut. Dan metode untuk membangun dan meningkatkan pendapatan di e-commerce adalah melalui feedback dan kesaksian positif dari pembeli toko online Anda (biasanya feedback dan testimoni ini tercantum di akun toko online Anda).

Semakin banyak feedback/ testimoni positif yang diberikan oleh pelanggan Anda, maka akan semakin besar kepercayaan dari calon pembeli lain pada toko online Anda.

Artikel Menarik Lainnya : JANGAN CEMAS JIKA IDE DAN STRATEGI TOKO ONLINE ANDA DI TIRU KOMPETITOR, INI 7 ALASANNYA

Mungkin ada lagi di antara Anda yang bertanya : "Saya masih pemula di dunia bisnis online dan hanya bermodal kecil, bisnis online apakah yang cocok untuk saya?"

Nah, jawaban atas pertanyaan ini akan saya lanjutkan pada pembahasan tentang 3 jenis bisnis online berikutnya (dibawah).

Jenis bisnis online berikut ini tidak membutuhkan modal besar, sehingga bisa dijalankan dengan modal kecil. Bisnis online tersebut adalah :

#2.Dropship/Reseller/afiliasi

Peluang bisnis online sangat terbuka untuk semua orang. Jadi jika Anda hanya bermodal kecil (bahkan walau tidak memiliki modal sekalipun), janganlah berkecil hati! Karena Anda memiliki kesempatan yang sama (untuk berbisnis) seperti orang lain!

Bagaimana caranya?

Mari kita bahas.

Jika anda terkendala masalah modal, maka anda masih dapat menjalankan bisnis online dengan cara menjual dan mempromosikan produk yang dimiliki oleh orang lain. Yaitu dengan cara menjadi reseller, dropship atau afiliasi (broker online).

Caranya adalah : coba Anda cari produk yang sedang laris di pasaran. Kemudian promosikanlah produk itu tersebut ke teman Facebook, Instagram, Twitter, dan teman-teman Anda yang lainnya di media sosial. Anda tidak perlu mengeluarkan modal uang, karena 'modal dasar' Anda adalah mengunggah kembali foto produk orang lain tersebut dan kemudian memasarkannya kembali.

Artikel Menarik Lainnya : TRIK AMPUH 'MENJERAT' CALON BUYER TOKO ONLINE

Pilih produk terbaik dan memiliki peluang penjualan yang bagus dipasaran. Kemudian jual produk tersebut dengan harga baru yang telah Anda tetapkan (harga sedikit dinaikkan dari harga jual aslinya) di akun media sosial Anda (atau ditoko online Anda).

Jika ada orang yang tertarik dan ingin memesan/membeli produk itu, maka tugas Anda berikutnya adalah menghubungi si penjual pertama (pemilik produk). Tujuannya adalah untuk memastikan apakah stok produknya masih tersedia atau tidak.

Selanjutnya bila produk tersebut masih tersedia, maka Anda dapat menghubungi si calon pembeli dan menyelesaikan transaksi pembayaran dengannya.

Kemudian tugas Anda berikutnya adalah menghubungi kembali si penjual pertama. Dan membayar harga barang sesuai dengan harga yang telah ditetapkan (sesuai kesepakatan sebelumnya, biasanya si pemilik produk memberikan harga lebih murah, karena Anda adalah resellernya).

Selanjutnya si penjual pertama mengirimkan produk tersebut ke si pembeli dengan mencantumkan nama Anda sebagai pengirimnya. Jadi seolah produk tersebut dikirim atas nama Anda, padahal pengirim sebenarnya adalah si penjual pertama (pemilik produk).

Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh penghasilan (fee) dari hasil 'jasa layanan' membantu menjual produk (istilah orang awamnya : jadi calo produk orang lain). 

Itulah yang disebut dropship, Ada juga orang yang memberikan istilah reseller atau afiliasi pada jenis bisnis online ini. Sebenarnya, arti dari ketiga istilah di atas hampir sama saja, yaitu menjadi makelar produk orang lain.

Agak sedikit berbeda dengan afiliasi. Pada jenis bisnis online ini Anda mempromosikan produk orang lain dengan cara membuat artikel review/ulasan tentang kelebihan produk tersebut, tetapi Anda tidak langsung menjualnya.

Contoh :

Tentu banyak diantara Anda yang sudah tahu bahwa blog saya ini mengulas topik (niche) tentang bisnis mainan. Dan produk mainan pastinya sangat cocok jika dijual dan dipromosikan melalui blog saya. Oleh karena itu, maka saya mencoba menawarkan kerjasama dengan beberapa produsen rak/pajangan mainan Hot Wheels, untuk dibuatkan artikel yang mengulas tentang produk mereka. Dan karena ulasan tentang produk rak Hot Wheels itu saya tulis semenarik mungkin, sehingga ada diantara pembaca yang tertarik untuk membelinya.

Nah kalau pembaca/calon pembeli tersebut melakukan transaksi melalui link review artikel di blog saya, maka saya akan mendapat bayaran (fee/komisi) dari hasil setiap transaksi. Jika banyak produk rak Hot Wheels yang berhasil terjual melalui artikel saya, maka akan semakin besar komisi yang akan saya terima. Itulah yang disebut bisnis online jenis afiliasi. 😊

#3. Jenis bisnis online dengan 'bermain' Google AdSense.


Google AdSense? Itu artinya===>> seperti yang sedang saya lakukan sekarang. Yup!! Saya adalah seorang publisher, mitra kerja dari Google adsense. hehe. 😉

Tahukah anda?

Prinsip kerja Google AdSense adalah sebagai berikut :

Tahap pertama pertama kali adalah membuat blog. Kemudian mulai membangun dan mengisi blog Anda dengan artikel yang berkualitas. Jika Anda ingin serius bermain google AdSense, maka artikel berkualitas adalah salah satu poin paling penting yang harus dapat Anda penuhi.

Apa itu artikel berkualitas?

Secara umum, definisi artikel berkualitas adalah artikel yang mengandung informasi lengkap dan dibutuhkan oleh banyak orang. Tentu saja informasi yang Anda tulis harus sesuai dengan keterampilan Anda, sehingga Anda akan merasa lebih mudah untuk menulisnya.

Nah, jika blog Anda mulai banyak dikunjungi pengguna/pembaca, maka Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense. Jika pengajuan Anda disetujui, maka iklan pun mulai tayang di blog Anda. Dan Anda akan mendapat komisi/penghasilan jika ada pembaca yang mengklik iklan di blog Anda tersebut.

Artikel Menarik Lainnya : KEUNTUNGAN MENJADI SEORANG BLOGGER, DARI HOBI SAMPAI MENGHASILKAN UANG

Oh iya, mengapa saya tekankan bahwa penayang Google AdSense harus memiliki artikel yang berkualitas? Karena,,,, itulah faktor utama yang akan mendorong pembaca setia Anda untuk merekomendasikan artikel/blog Anda kepada orang lain. Dengan demikian pengunjung blog Anda akan semakin bertambah setiap harinya.

Dan apa yang terjadi kemudian?

Jika pengunjung ke blog Anda semakin tinggi, maka akan semakin meningkatkan peluang klik iklan di blog Anda! Benar atau tidak? 😏

Jadi, itulah alasan utama kenapa saya menekankan begitu pentingnya menulis artikel yang berkualitas. 😉

#4. Menjual (jasa) informasi.

Jenis bisnis online ini seperti membuat E-book, perangkat lunak, video, webinar, dan lain-lain. Ini berarti semua yang mengandung informasi/tutorial di bidang keahlian yang Anda kuasai.

Cara membuat produk:

Temukan bidang yang paling Anda kuasai dan tulis ke dalam e-book, atau rekam di video untuk kemudian dipasarkan di internet.

Cari tahu informasi apa yang paling penting bagi orang-orang, dan berikan solusi yang paling tepat di dalam e-book atau video tersebut.

Berusahalah membangun branding dan kapasitas Anda, sehingga keahlian Anda dapat dikenal lebih luas oleh orang-orang. Karena jika orang lain tidak tahu siapa Anda (dan tidak tahu apa kapasitas Anda), secara logika tidak mungkin mereka akan percaya kepada anda. Apalagi untuk membeli produk/informasi yang Anda tawarkan. Mustahil. 

Oleh karena itu, otoritas dan kapasitas mutlak harus Anda dimiliki jika ingin sukses dibidang jasa informasi ini.

#5. Menjadi penulis artikel (jasa content writer).

Menjadi penulis adalah salah satu jenis bisnis online dengan peluang yang menjanjikan.

Bayarannya cukup besar. Di Indonesia jasa penulis biasanya dibayar 10.000 hingga 30.000 rupiah per seratus kata. Dan penulis artikel dengan reputasi baik dapat memiliki pendapatan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Ada 2 tingkat penulis artikel.

- Tipe pertama.
Bayarannya tinggi. Jenis penulis konten ini biasanya adalah penulis artikel di situs web atau portal berita besar. Karena bayarannya sangat tinggi, maka penulis jenis ini sangat memperhatikan kualitas konten yang ditulisnya.

Artikel Menarik Lainnya : TIPS DAN CARA MENJADI PENULIS YG HANDAL

- Tipe kedua.
Bayarannya murah. Penulis ini membuat artikel dengan mengejar target jumlah kata, namun kurang memperhatikan segi kualitasnya. Hal ini wajar, karena mereka dibayar berdasarkan banyaknya jumlah kata yang telah mereka tulis.

Nah itulah 5 jenis bisnis online dan cara mendapatkan penghasilan dari internet. Saya telah menjelaskannya dengan cukup terperinci berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama 5 tahun belakangan ini.

Anda dapat memilih salah satu diantara 5 jenis bisnis online di atas. Pilihlah yang paling sesuai dengan keahlian, minat dan passion Anda.

Setiap jenis bisnis online ini memiliki prospek yang sama baiknya. Dan Anda memiliki peluang yang sama untuk dapat berhasil sukses pada setiap jenis bisnis online tersebut. Asalkan Anda mampu memenuhi persyaratannya, yaitu: Fokus, Keteguhan, dan Ketekunan!

Semoga dapat bermanfaat dan sukses selalu untuk anda semuanya. 😉

Jika Anda menyukai artikel ini, maka bagikanlah. Semoga dari share yang anda lakukan itu, membuat artikel ini dapat bermanfaat pula bagi rekan-rekan Anda yang lainnya.

Salam.

Penulis oleh : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

ARTIKEL PILIHAN

Monggo Ikuti Blog Ini

POSTINGAN TERPOPULER

5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

PELUANG USAHA TOKO PLASTIK DAN BAHAN KUE YANG PROSPEKNYA SEMAKIN MENJANJIKAN