Cara Mengetahui Harga Grosir Mainan Termurah Di Asemka

Assalamualaikum.

Hai teman-teman semua, apa kabar? 
Semoga baik-baik saja dan sukses selalu hendaknya ya. 😊

Beberapa hari lalu telah selesai saya tulis artikel yang terdiri dari 3 seri bersambung hingga tamat. Seri artikel tersebut berjudul PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA

Artikel itu saya tulis sebagai informasi awal yang (semoga) dapat berharga bagi teman-teman yang ingin mengadu peruntungan dibidang bisnis mainan.

Dalam artikel tersebut juga telah saya sebutkan beberapa toko grosir yang cukup pantas untuk direkomendasikan. Sebab toko-toko tersebut sudah punya reputasi baik dari segi kelengkapan barang serta selalu update dengan produk mainan terbaru yang sedang trend.

Bagi teman-teman yang ingin tahu toko grosir apa sajakah yang saya telah rekomendasikan itu?
Silahkan di intip saja dulu artikel diatas.

Mungkin bagi sebagian orang, saya telah membocorkan rahasia dagang.  Dan tindakan saya membocorkan rahasia dagang itu adalah perbuatan yang tabu/pamali, karena itu adalah 'rahasia perusahaan'.

Tapi istilah pamali itu tidak berlaku bagi saya. Karena rezeki dari Allah itu amat sangat luas, tidak akan berkurang hanya karena kita membantu memberikan informasi kepada orang lain.

Baiklah, back to topik.

Nah setelah teman-teman membaca artikel diatas dan sudah tahu daftar toko grosir mainan yang recommended, maka kira-kira hal penting apalagi-kah yang sebaiknya juga harus bisa (pemain/pebisnis pemula) dikuasai?

Hal yang tidak kalah penting lainnya, yaitu:

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

Kita harus bisa hafal pasaran harga dan modal termurah dari (sebagian besar) barang!


Sehingga ketika kita sudah bisa hafal harga barang, maka konsekuensinya kita menjadi tahu toko mainan mana saja yang menjual produknya paling murah!

"Tapi produk mainan itu 'kan jumlahnya sangat banyak sekali bang Izal, mungkin jumlah dan jenisnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan jenis mainan".

Yup! Betul sekali!

Memang mainan itu jenis dan tipenya sangat banyak, makanya dalam tanda kurung diatas saya tulis 'sebagian besar' saja.

Kita tidak harus  benar-benar hafal harga semua mainan, sebab kita juga tidak akan mungkin sampai menjual semua jenis mainan toh? 😁

Jadi maksud saya begini :

Kita 'hanya' harus benar-benar menguasai dan benar-benar tahu diluar kepala tentang produk/barang mainan yang akan kita jual ditoko kita.

Diantaranya tentang pasaran harga modal termurah. Termasuk kita juga harus tahu kira-kira mainan apa saja yang pangsa pasarnya cocok untuk daerah sekitar lokasi toko kita.

Penjelasan mudahnya begini,,,,

Produk mainan yang laku (baca : laris) dilokasi toko saya (daerah Kalisari) belum tentu akan laris juga ditoko ibu saya yang berlokasi di daerah Condet, demikian juga sebaliknya. ( Insya Allah nanti akan saya bahas lebih mendalam khusus di artikel tersendiri).

Nah, pasaran harga produk yang paling laku, paling laris dan paling cocok dijual di kawasan dan daerah sekitar toko kita itulah yang harus benar-benar kita kuasai luar dalam. Yaitu tentang pasaran harga termurah dan ditoko grosir mana saja yang menjual paling murah.

Mungkin ada diantara teman-teman yang bertanya :

"Tapi 'kan kalau orang yang baru merintis bisnis mainan gak mungkin bisa hafal harga barang bang Izal?". Walaupun hanya dituntut untuk hafal harga produk mainan yang kita bidik dan perkiraan akan laku di toko kita, tetap saja jumlahnya gak sedikit. Tetap mencapai ratusan jenis mainan".

Yup!!
Sekali lagi sangat betul yang teman-teman semua katakan!

Memang butuh proses yang lama, saya sendiri setelah berjalan 2 tahun membuka toko mainan, baru mulai bisa menghafal harga mainan tipe tertentu. Setelah jalan 3 tahun keatas barulah hampir semua jenis mainan bisa saya hafal dan kuasai ilmunya.

Yang paling mudah dihafal adalah produk mainan berkategori 'pasaran'.
Artinya produk mainan yang dari tahun ke tahun modelnya tidak banyak berubah. Contoh : Rc mobil QD Randa, Rc Drift 4 WD Randa, mainan helikopter remote, drone.

Produk yang saya sebutkan diatas, dari tahun ke tahun modelnya hampir tidak pernah berubah.

Efeknya?

Harganya jadi pasaran dan mudah di ingat. Karena saking sudah pasaran sehingga tidak hanya owner toko, sampai banyak dari pembeli yang sudah hafal harga ecerannya. Dan produk tipe seperti ini biasanya bermargin tipis, karena sudah tidak bisa 'dimainkan' lagi harga jualnya.

Nah, yang paling sulit dihafal adalah jenis produk mainan tanpa komponen (non battery operation). Mainan jenis ini ada yang produksi lokal (buatan Indonesia), dan ada juga yang impor dari China. Bahannya ada yang terbuat dari kayu, tapi sebagian besar terbuat dari plastik.

Apa sebabnya sulit dihafal?
Karena produk mainan seperti ini jenis dan modelnya sangat banyak sekali!
Dan modelnya selalu berubah tiap 3-6 bulan sekali!

Mainan tanpa komponen ini contohnya :

- Aneka macam mainan (mobilan, pesawat, motor, dan lain-lain) yang terbuat dari plastik/kayu. Cara bermainnya secara manual/ditarik pakai tali.

- mainan troli yang berisi masakan.

- mainan masak-masakan.

- Aneka macam mainan edukasi anak dari bahan kayu/plastik.

- Aneka mainan ukuran besar yang bisa dinaiki anak-anak (kuda-kudaan, mobil, motor). Mainan ini ada yang diproduksi lokal dan ada juga yang impor.

- aneka macam mainan Lego produk lokal/impor.

- Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah pada jenis mainan diatas relatif lebih sulit dihafal pasaran harga modalnya. Sebabnya ya karena modelnya yang selalu berganti dan berubah-ubah tersebut.

"Trus gimana donk cara menghafal harganya bang Izal?"
"Dan yang paling penting lagi, bagaimana caranya supaya kita dapat mengetahui toko grosir mana yang harganya paling murah pada jenis mainan diatas?

Pertanyaan bagus!

Seperti yang telah saya katakan menurut pengalaman saya pribadi diatas, saya sendiri setelah 2 tahun buka toko baru mulai bisa menghafal dari sebagian jenis mainan.

Namun, walaupun tidak mudah bukan berarti tidak bisa! Justru karena tidak mudah itulah kita harus konsisten mempraktekkan cara yang paling efektif (menurut pengalaman saya) untuk menghafal harga mainan.

Bagaimana caranya?

Cara menghafal harga yang saya terapkan sebenarnya mirip seperti metode orang yang menghafal Al Qur'an. Jadi menggunakan kekuatan ingatan/memori otak.


Jadi ketika saya datang berbelanja pada sebuah toko grosir mainan di Asemka, misal toko Hans toys. Maka tiap produk mainan di toko itu pasti akan selalu saya tanyakan harga modalnya.

Dan setelah harganya dikasi tahu oleh si Ngkoh toko grosir tersebut, maka produk itu saya ingat-ingat (tandai) dalam memori saya. Saya tandai jenis, model dan harganya.

Jadi ketika saya berbelanja ke toko lain, tetap  saya tanyakan lagi harga modal tiap produk mainannya. Karena tiap berbelanja selalu saya tanyakan, maka seiring waktu semua jenis mainan yang saya beli dan jual menjadi hafal diluar kepala.

Dari situlah saya bisa mendapatkan parameter harga/toko grosir mainan manakah yang menjual harga paling murah pada produk mainan tertentu.

Ini sebenarnya ilmu yang mahal, ketika kita telah bisa hafal banyak harga barang, maka kita bisa memilih berbelanja ke toko mana ketika akan membeli produk jenis tertentu.

Misal :

Ada sebagian dari produk mainan mobil remote ditoko Jn Toys harganya cukup jauh lebih murah daripada harga mobil remote ditoko Lucky Toys.

Apa sebab toko Jn Toys lebih murah?
Karena toko Jn Toys ini berbelanja mainan remote controlnya selalu dalam jumlah banyak dan langsung dari tangan pertama (langsung impor dari pabriknya di China).

Sedangkan pada toko Lucky Toys, ada sebagian produk mobil remotenya yang mengambil barang dari toko Jn Toys. Karena sudah melalui tangan kedua, tentunya harga yang dijual oleh toko Lucky Toys menjadi sedikit lebih mahal.

Nah sebaliknya toko Lucky Toys juga punya keunggulan harga pada mainan Lego (karakter) dibandingkan toko Jn Toys. Sebab pada mainan Lego, toko Lucky Toys langsung impor dalam jumlah banyak ke pabriknya (China). Sedangkan toko Jn Toys mengambil produk Lego melalui tangan kedua (hanya dalam jumlah sedikit)

Begitu juga dengan mainan manual (mainan tanpa komponen/non battery operation buatan Indonesia dan China).
Pada produk ini, toko grosir yang terkenal menjual paling murah adalah toko mainan Sinar mutiara Toys dan Toko Starkid.
Dua toko ini adalah juaranya untuk produk mainan jenis manual termurah, mengalahkan harga produk mainan manual ditoko Jn Toys dan Lucky Toys.
Apa sebab?
Ya sama juga seperti dua toko itu tadi, karena toko Sinar mutiara Toys mengimpor barang mainan manual langsung ke pabriknya.

Nah, masalah perbedaan harga ini hanya bisa diketahui oleh pedagang mainan yang telah punya pengalaman dagang cukup lama dan juga yang selalu rajin bertanya.

Kenapa tulisan 'rajin bertanya' saya bold?
Karena percuma saja bagi yang telah bertahun-tahun berdagang mainan tapi tidak pernah mau bertanya dan enggan bersikap kritis dengan harga. Ya kalau sudah begitu, walau sampai lebaran monyet pun tetap tidak akan pernah hafal dengan pasaran harga modal. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Nah, yang jadi pertanyaan :

Pentingkah kita harus hafal harga modal mainan (termurah)?
Jawabannya : sangat penting!!!


Apa sebab?

Ketika kita telah tahu dan bisa mendapatkan harga modal termurah, maka kita kita punya 2 keunggulan.

Yaitu :

#1. Keunggulan ketika berbelanja.

#2. Keunggulan ketika menjualkan produk itu kembali.

"Maksudnya bagaimana bang Izal?"

Oke mari sama-sama kita diskusikan.

#1. Keunggulan ketika berbelanja.


Jika kita telah hafal harga barang dan tahu ditoko mana saja yang menjual mainan dengan harga termurah, kita jauh lebih beruntung daripada orang yang tidak hafal harga.

Contoh kasus :

Ketika kita membawa uang belanja sebanyak 50 juta rupiah, maka jumlah barang mainan yang kita bawa pulang akan sama jumlahnya seperti orang lain (yang tidak hafal harga) berbelanja 55 juta rupiah.

Apa sebab?
Coba bayangkan, ketika kita bisa mendapatkan harga lebih murah 1.000 rupiah untuk barang yang sama. Misal kita bisa dapat harga mainan masak-masakan 10.000/pcs, sedangkan orang itu dapat harga 11.000/pcs.

Kalau belanjanya cuma selusin sih mungkin tidak terasa bedanya. Lah kalau belanjanya 10 lusin? 50 lusin?? Satu truk colt diesel??? Hitung saja sendiri selisihnya!
Wkwkwkwk πŸ˜‚

#2. Keunggulan ketika menjualkan produk itu kembali.


Keunggulan ketika kita menjual produk itu kembali sih sudah jelas, yaitu kita bisa menjual eceran dengan harga lebih murah daripada orang yang tidak tahu pasaran harga modal dan mendapatkan harga mahal diatas.


Bagaimana teman-teman?
Enak 'kan kalau kita hafal harga barang? Hehe 😁

Tapi ini ilmu 'mahal' teman-teman,,,, butuh waktu dan proses untuk dapat menguasainya.

Memang sih beberapa 'channel khusus' toko grosir mainan yang termurah dan terlengkap itu sudah saya bocorkan di artikel ini. Dan beberapa 'channel' toko grosir murah lainnya juga telah saya bocorkan di seri artikel sebelumnya.

Tapi masih ada produk mainan lainnya yang punya 'channel khusus' untuk tempat berbelanja grosir termurah yang belum saya bocorin.

"Toko grosir mainan apa lagi itu bang Izal?"

Eits,,,, kok mau enaknya terus! 
Gantian usaha sendiri donk! Hehehe πŸ˜‚
Klo semuanya saya bocorin terus teman-teman jadi kapan mau usahanya?? 
Jadi kapan belajar dan mengasah kemampuanya? Betul?! Hehehe 😁

Baiklah teman-teman,,,, saya rasa cukup sampai di sini dulu seri artikel belajar bisnis mainan ini.

Nanti di kesempatan selanjutnya akan kembali saya tulis artikel yang isi pembahasannya masih terkait dengan trik, tips dan teknik sukses dalam berbisnis mainan.

Tiada kepuasan terbesar bagi saya kecuali tulisan ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, khusus sesama rekan-rekan pengusaha. 

Jika teman-teman merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan di share ulang.

Semoga sukses selalu untuk semuanya.

Salam.

Penulis by : Bang Izal.

41 Responses to "Cara Mengetahui Harga Grosir Mainan Termurah Di Asemka"

  1. Mw tanya bang izal...klo asemka itu jatuhnya Distributor,suplier atau agen ya bang...sblmnya thnks bang izal

    ReplyDelete
  2. Klo tempat grosir battrey yg murah nma tokonya apa ya bang izal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo batere mah rata-rata harganya sama om. Karena batere itu termasuk barang pasaran, jadi standar harganya jelas.

      Delete
  3. Ok bang....makasih buat semua ilmu"nya yg bermanfaat untuk saya dan para pembaca setia blok bang izal

    ReplyDelete
  4. Bang, saya kan buka usaha loket gitu di dalam jalan perumahan (rumah kampung bukan komplek), nah saya coba jual balon karakter ternyata lumayan laku. Jadi saya niat ngisi mainan yang biasanya suka dibeli buat ngasih kado atau sejenisnya kayak masak-masakan, kipas-kipasan, balon / perlengkapan ulang tahun, atau tempat makan. Bukan yang mahal banget tapi bukan yang murah banget juga soalnya banyak PKL mainan keliling.

    Lebih cocok belanjanya kemana ya pasar gembrong, senen, atau asemka? Yang kalo harga grosir pun bisa minimal setengah lusin atau selusin gitu.... Makasih bang, artikelnya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jenis2 mainan yg mbak sebutkan itu tempat belanja yg paling cocok adalah pada dua toko, yaitu toko starkid dan toko tomatco.

      Kalau toko starkid ini sangat lengkap menjual aneka mainan produk lokal (masak2an, mobil2an yg dimainkan secara manual, dll). Sedangkan di toko tomatco adalah pusatnya mainan balon angin (yg kayak dijual abang2 pakai sepeda). Kedua toko ini berlokasi di asemka.

      Agar mudah mencarinya, minta diantar pake ojeg aja.

      Delete
  5. Bang izal toko starkids minimi grosirnya diatas 20 pcs baru dapet hrga grosir ya...gx kaya toko yg lain beli 6 pcs dapet harga grosir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo masa sih om?

      Bilang aja : "Saya adalah temannya bang amri", gitu,,, (di asemka saya biasa dipanggil 'bang amri').

      "Bang amri yg bilang kalau di toko starkid bisa ambil grosir per 6 pcs untuk tiap item barang".

      Kalau om bilang begitu pasti nanti dikasi deh :)

      Delete
  6. Ok...bang izal ...trimakasih😊

    ReplyDelete
  7. Bang izal..pernah belanja di Gg.kong koan tdk yg tokonya ada tangganya,dan klo pernah apakah harganya termasuk murah.....karna mainannya tdk di bandrol sperti tko starkid dan hans..trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah tuh om,,, memang betul bahwa masih ada beberapa toko yg memakai sistem transaksi lama, alias gak pake banderol. Contohnya antara lain toko 88, toko yen yen, toko 9 naga, dan masih ada beberapa yg lainnya.

      Delete
  8. Mw tanya satu lagi bang,.tau toko yg jual mainan skateboar mini merk techdeck yg dimainkan pake jari,kali aja bang izal pernah melihat ditoko mana gitu..trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau tech deck mah udah jarang yg jual om,,, soalnya udah musim,,, dulu yg banyak jual produk itu adalah toko gaby dan lucky toys. Coba cek kesana deh, barangkali aja toko itu masih menyimpan stok lamanya.

      Delete
  9. Kl utk diecast selain hans toys ada dmna lagi yah di asemka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditoko Gaby toys dan JN toys juga banyak jual die cast metal om.

      Delete
  10. Bang mo nanya dong.. aku mo baru mo merintis toko grosir mainan di madiun.. kira2 harga grosir mainan di asemka masih bisa untung g ya aku jual lagi dg harga grosir? D madiun udah ada jg sih toko grosir mainan yg pelanggannya da bnyk.. katanya ada yg ambil dri surabaya gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo untuk toko grosir mah gak bisa ngambil dari Asemka gan. Klo untuk toko grosir biasanya ngambil dari importir atau ada juga yg import sendiri. Tapi mohon maaf klo untuk toko grosir saya belum tahu link untuk mendapatkan barangnya gan.

      Delete
    2. Kalo link distributor2 di asemka yg harganya paling miring mana aja ya bang? Klo beli lgsg mainan lokal dri produsen langsung gmn caranya ya?

      Delete
  11. Assalamualaikum bang izal.. Thanks bang izal tulisan nya sangat menginspirasi saya.. Salam kenal bang.. Nama saya rizal di pasar minggu... Kebetulan saya juga penjual mainan kecil kecilan bang.. Eceran depan sekolah.. saya kalo belanja hanya ke toko yang di pasar / pinggir jalan.. Dan saya juga mengetahui kalau toko toko tsb belanja di asemka / gembrong / lain nya di jakarta.. Saya ingin bertanya sama bang izal mengenai persentase pengambilan ke untungan.. Jadi kalau saya berbelanja ke toko tsb. Mereka memberikan harga untuk jualan lagi karena mereka tau saya berjualan mainan. Kalau pun ada pembeli lain misalkan menanyakan harganya mereka selalu menjawab harga yang mirip seperti harga yang saya jual di tempat saya jualan.. Contoh nya ketika saya membeli bola semangka / gambar lain.. Misalkan di hargai 4000 rupiah, apabila ada pembeli lain ibu ibu misalkan membeli juga mereka menjual dengan harga 10 ribu rupiah sama seperti saya jual di tempat saya, nah poin ini yang ingin saya tanyakan ke bang izal, biasanya mereka mengambil ke untungan berapa persen untuk pembeli yang seperti saya ( untuk di ecer/ di jual kembali) kebetulan saya ada niatan untuk meningkatkan bisnis mainan saya menjadi toko seperti tempat saya belanja bang.. Terimakasih bang izal sehat selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Wah namanya sama dengan nama saya nih hehehe :-D

      Kalau pedagang grosir menjual kepada pembeli eceran dengan harga jual ecer, itu memang sudah seharusnya om. Jadi dia (toko grosir itu) menjaga harga pasar eceran, sehingga harga tidak jatuh dan mematikan para pedagang eceran (yang notabene berbelanja barang/produknya sama toko grosir itu).

      Kalau soal berapa toko grosir itu mengambil margin, biasanya sekitar 5% - 10% om. Tentu mereka berbelanjanya dalam partai besar (dari importir). Sebagian toko grosir yang sudah besar, diantara mereka ada yang mengimport sendiri produknya langsung ke Cina.

      Demikian om.

      Delete
  12. saya ada chanel impor dari china langsung,tapi modal ga ada hehehhe
    soalnya klo dari sana harus belinya banyak ,modalnya pun harus besar,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget bos,,, memang harus punya modal besar hehehe :-D

      Delete
  13. Mf mz mo tnya klo toko PP toys jl. Perniagaan timur no 60 itu bgs ga toko nya.. Cz q lg cari motor aki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya sudah saya jawab di email. Silahkan di lihat.

      Delete
  14. mohon maaf bang izal klo boleh tau toko grosiran yg paling mura di mana yang bang, soalnya aku pengen merintis benar benar sangat ingin sekali merintis. mohon maaf bang izal bisa kasih tau gak t4 alamt grosiran yang paling murah... terimakasih banyak bang izal sebelum nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya untuk toko grosir mainan jenis apa nih gan? Kan mainan jenisnya banyak, ada mainan lokal, ada jenis mainan remote control dan ada jenis mainan murah range harga 1.000 hingga 5.000an.

      Delete
    2. Bang izal terimakasih artikel nya membantu sekali...

      Delete
  15. Numpang nimbrung..bang tanya dong cari main harga 500-5000 dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabarnya grosir mainan 500 - 5000an ada di daerah dekat jembatan lima jakarta kota bos. Tapi saya belum sempat pergi survey ke sana (untuk mengumpulkan materi artikelnya). Nanti kalau ada waktu luang, insya Allah akan saya buatkan artikel khusus tentang ini.

      Delete
  16. Assalamualaikum bang izal, mau tanya kalo misal kita beli dalam jumlah banyak bisa ga sih barangnya diantar ketempat kita oleh kutir tokonya. Bisa disebutkan juga minimal belanja dgn harga harga berapa dapat fasilitas pengiriman?. Terima kasih assalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Kalau lokasi tokonya disekitar Jabodetabek bisa di antar ke tempat om. Minimal belanja 15 juta ke atas, dan diantar pakai mobil truk engkel (truk Colt Diesel yang 4 roda). Belanja mainan sampe 50 jutaan juga masih muat itu om :-)

      Delete
  17. Mau tanya bang klau mau beli mobil remot aki yg bisa di naikin yg murah di asemka ya bang.toko apa bang nama nya.boleh beli satuan bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang murah ditoko golfi. Iya disana bisa beli satuan.

      Delete
  18. Assalamu'alaikum bang izal,saya doakn semoga semua ulasan bang izal jadi keberkahan bwt kluarga dan usaha bg izal.

    Bang tolg masukannya.
    Ni saya baru mau mulai jual mainan setelah lihat ulasan bg izal.
    Sdh sewa ruko tp blm ada brgnya,rukonya kisaran 3x3 budjet modal 10 juta.krn ini rukonya letaknya utk kelas menengah kebawah jdi mau jual mainan yg murah2 aja bang.
    Baiknya belanja dimana ya bang dan bs kah kirm via ekpedisi?soalnya saya di yogya bang.maksh bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam. Aammiin,,, terima kasih atas doanya :-)

      Budget 10 juta ini maksudnya untuk modal isi barangnya kan? Artinya biaya untuk sewa tokonya sudah keluar/dibayar.

      Kalau untuk daerah yogya saya belum tahu info toko grosir mainan di sana gan. Nah kalau untuk wilayah jakarta, ada 2 lokasi pusat grosir untuk mainan murah. Yaitu di pasar gembrong dan Asemka.

      Nah soal ekspedisi, biasanya toko grosirnya akan melayani jika belanjanya diatas 20 jutaan gan. Kalau belanjanya dibawa 10 juta, maka kita harus ngurus dan bawa sendiri. Jadi saran saya, jika budgetnya hanya 10 jutaan, lebih baik cari grosiran yang ada di daerah yogya aja. Saya yakin harganya gak terlalu jauh beda kok dengan di Jakarta.

      Delete
  19. Bang saya mau naya nr.. Klw yg jual mobil remot yg bisa di reture kembali dmna ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di retur saat ini sudah gak bisa lagi bos, sistemnya sekarang sudah jual putus, gak sama kayak dulu masih bisa di retur.

      Delete
  20. Kalau toko yang menjual segala macam figure dimana om? Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditoko International, lokasinya di asemka. Cari aja di google map nanti pasti ketemu.

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel