Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Assalamualaikum.

Hallo teman-teman semua. 
Alhamdulillah saya kembali ada waktu luang untuk menulis artikel. 
Kebetulan hari ini aktifitas jual beli ditoko mainan saya agak lebih santai pasca berlalunya masa lebaran.

Kali ini saya akan menulis topik tentang dunia usaha bisnis mainan anak. 

Rencananya saya akan menulis sampai beberapa artikel. 
Nantinya akan saling terkait antara artikel satu dengan yang lainnya. 
Insya Allah akan saya bongkar satu persatu semua 'rahasia perusahaan', strategi dan trik-trik sukses dalam menjalani bisnis mainan. 

Pada tulisan perdana ini akan saya bongkar rahasia tempat berbelanja/pusat grosir mainan anak terlengkap dijakarta. Artikel ini rencananya akan saya buat sampai 3 seri bersambung.

Dijakarta ada 3 lokasi pusat grosir mainan yang paling lengkap. Tiga lokasi itu adalah :

Pasar pagi Asemka.


PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Pusat grosir mainan terbesar dijakarta ini berlokasi dibawah jembatan layang (Fly over) kawasan jembatan lima, tambora Jakarta barat. Pasar ini kalau dari stasiun kota jaraknya sekitar 500 meter. 

Bagi teman-teman yang belum pernah kesana, cara menemukan lokasi asemka yang paling mudah adalah dengan meminta diantar oleh bajaj atau tukang ojeg sepeda. Biasanya di sekitar lingkar luar stasiun kota itu banyak mangkal bajaj atau para tukang ojek sepeda. Tarifnya murah kok, saya sendiri kalau naik ojeg sepeda dari stasiun hanya di mintai tarif Rp. 7.000,- oleh si abang ojeg sepeda itu. Kalau naik bajaj biasanya kena tarif Rp. 10.000,-

'Komplek' pusat grosiran mainan anak ini (sepanjang pengetahuan saya selama 7 tahun berdagang mainan anak) memiliki beberapa 'blok'/lokasi.

Misalnya gedung Asemka.

Inilah salah satu lokasi dipasar pagi yang membuat seluruh kawasan itu identik disebut sebagai Asemka sampai sekarang. Karena gedung inilah yang paling populer disana ketika masa kejayaannya dulu, sehingga membuat gedung ini menjadi trade mark kawasan pasar pagi tersebut sampai sekarang.

Dahulu (tahun 90an sampai 2000an) gedung asemka ini adalah pusatnya kosmetik, jam tangan, ikat pinggang, dompet, kacamata, topi, dan berbagai perlengkapan fashion anak muda hingga orang dewasa. Kini digedung Asemka ini lebih dominan toko yang menjual berbagai macam mainan aksesories seperti gelang, kalung, cincin, jepitan rambut, dan lain-lain. 

Saya perhatikan saat sekarang ini di gedung tersebut memang lebih banyak toko yang menjual aksesories ketimbang menjual kosmetik. Pedagang kosmetik perlahan tapi pasti makin 'punah' satu persatu. Salah satu penyebab pedagang kosmetik sekarang ini jauh menurun karena aturan wajib SNI yang semakin galak (banyak razia), sehingga banyak yang beralih ke mainan aksesories di gedung Asemka tersebut. 

Gedung Asemka ini posisi tepatnya di samping musholla kecil kawasan pasar pagi itu. Bagi teman-teman yang punya usaha mainan aksesories, ikat pinggang, dompet, gelang, kalung, silahkan berbelanja ke gedung ini. Harganya termasuk paling murah, karena memang disinilah pusat segala mainan aksesories.   

'Blok' lainnya adalah proyek pasar pagi lama
Proyek pasar pagi lama ini juga berbentuk gedung, kurang lebih hampir samalah seperti gedung Asemka. Bedanya kalau Asemka gedungnya tinggi sampai 10 tingkat (kalau tidak salah). 

Sedangkan proyek pasar pagi ini hanya ada 3 tingkat. Walaupun hanya 3 tingkat, tapi kawasan pasar proyek ini bentuknya memanjang dan luas. Jadi kalau Asemka tinggi keatas (vertikal), sedang proyek pasar pagi ini bentuknya melebar (horizontal). ☺ 

Lokasi gedung proyek ini terletak ditengah-tengah area pasar pagi tersebut. Kalau dari arah musholla yang dekat gedung Asemka tadi, teman-teman tinggal jalan lurus ke depan. Posisinya berada di jalan petak baru. Kalau masih bingung, ya tinggal tanya saja dengan para pedagang di situ hehehe ☺

Di proyek pasar pagi lama ini banyak toko grosir yang menjual segala macam peralatan alat tulis dan kantor (ATK). Selain itu juga ada toko grosir yang menjual aksesories motor, stiker, barang packing, perlengkapan sekolah, sampai ada juga toko yang menjual barang kelontongan. 

Jadi bagi teman-teman yang punya bisnis alat tulis dan perlengkapan sekolah, di proyek pasar pagi inilah pusat grosirannya. Disini selain produk yang dijual sangat lengkap, juga harganya murah. Ya wajar saja murah, 'kan emang pusatnya hehehe ☺ 

"Trus 'blok' atau lokasi khusus toko grosir mainannya dimana bang izal?" 

Hmmm,,,,Kalau toko grosir mainan sebenarnya tidaklah terkumpul pada suatu blok/lokasi tersendiri. Karena di setiap blok, seperti gedung Asemka atau proyek pasar pagi itu pasti ada toko mainannya. Jadi untuk toko grosir mainan sebenarnya telah tersebar merata diseluruh kawasan pasar pagi itu. 

Apa sebabnya sekarang ini lebih dominan pedagang grosir mainan di kawasan tersebut? 
Padahal dahulunya kawasan pasar pagi itu lebih terkenal sebagai pusat tekstil, ATK dan kosmetik. 

Nah ini pertanyaan menarik! 

Jawaban dari pertanyaan diatas telah pernah saya ulas lengkap di artikel : PELUANG BISNIS MAINAN DAN BERBAGAI KELEBIHANNYA

Kalau teman-teman ada waktu luang, bolehlah nanti dibaca artikel diatas untuk menambah informasi teman-teman betapa bagusnya prospek bisnis mainan anak-anak.   

Oke, kita kembali ke topik.

Nah, mungkin ada lagi diantara teman-teman yang bertanya : 

"Boleh gak bang izal bocorin rahasia toko grosir mainan mana aja yang terlengkap dan termurah dikawasan pasar pagi itu?"

Wah sebenarnya pertanyaan ini mungkin tabu untuk dijawab oleh sebagian pengusaha bisnis mainan lain. Alasannya : "rahasia perusahaan!"

Tapi setelah sekian lama saya menggeluti bisnis mainan, sekarang telah saya sadari bahwa tidak akan pernah membuat rezeki kita berkurang hanya disebabkan karena memberikan ilmu kepada orang lain. 

Rezeki dari Allah itu sangat luas. Justru dengan kita pemurah memberikan ilmu dan bisa bermanfaat bagi orang banyak, niscaya berkah ilmu itu pasti akan kembali lagi kepada kita. Dan saya sangat sangat yakin dan percaya akan keberkahan itu.

Oleh karena itu, saya akan memberikan informasi beberapa toko terlengkap dan termurah di kawasan pasar pagi. Toko grosir tersebut diantaranya :

#1. Toko grosir Hans toys.

Toko hans toys ini lokasinya pas di jalan masuk dari arah stasiun kota. Posisinya pas disebelah toko kembang api dan petasan. Tepatnya dijalan Asemka-petongkangan, pasar pagi.

Toko grosir Hans ini kebanyakan menjual mainan-mainan ukuran besar dengan range harga 'kelas menengah'. Maksudnya toko hans ini rata-rata menjual mainan yang cukup berkualitas baik, sehingga harga produknya termasuk cukup tinggi. Jadi produk dari toko Hans ini lebih cocok dijual pada toko-toko eceran yang berlokasi di kawasan kelas menengah keatas.

Ditoko Hans ini menjual produk mainan seperti :

- Mobil/motor aki (accu) yang bisa dinaiki anak-anak (seperti yang sering disewakan di mall).   
- Mobil remote control.
- Track tamiya 
- Skuter 'genjot' dan skuter listrik.
- Track Hot Wheels original.
- Dll.

#2. Toko grosir Gaby dan Lucky Toys.

Dua toko ini sebenarnya milik satu owner, dulunya hanya ada satu toko grosir yaitu Lucky Toys. Tapi toko grosir ini perkembangannya cukup pesat. Sehingga bisa buka cabang pas di sebelah toko yang lama (lucky toys). 

Toko yang lama yaitu Lucky toys sekarang ini lebih mengkhususkan menjual setiap mainan yang sedang menjadi trend atau musim. Misal ketika musim gangsing, maka di toko Lucky ini penuh aneka macam gangsing. Ketika sedang musim rubik, maka penuh dengan segala macam jenis rubik. Begitu juga ketika sedang musim sepatu roda, spiner, dan seterusnya.

Pokoknya di toko lucky hanya spesialis menjual mainan yang sedang musim saja.

"Lantas kalau mainan umum toko lucky ini gak jual dong bang izal?"

Ya pasti jual dong,,,, kan yang jenis mainan umum sekarang pindah ke toko sebelahnya, yaitu toko Gaby Toys. ☺ 

Produk yang dijual ditoko Gaby Toys ini kurang lebih hampir sama dengan produk yang dijual pada toko grosir Hans Toys diatas, yaitu jenis mainan yang berkualitas cukup bagus dan pasaran harganya relatif tinggi (coba lihat lagi daftar produk mainan toko Hans diatas).

#3. Toko grosir Channel Toys.

Kalau toko grosir yang satu ini hanya khusus menjual segala macam mainan remote control, khususnya mainan remote control yang kelas mahal. 

Contoh : 

- Mainan helikopter remote
- Mainan speed boat (tenaga dari batre khusus)
- Mainan mobil remote berbahan bakar methanol.
- Mainan Drone (kamera)
- Mainan mobil accu pakai remote (bisa dinaiki).
- Dan lain-lain.

Lokasi tokonya pas di seberang gedung Asemka, tapi karena lokasi tokonya agak terpencil dan 'nyelip' diantara toko grosir lain. Sehingga bagi orang yang belum pernah berbelanja itu pasti akan kesulitan mencarinya untuk pertama kali. 

Oleh karena itu seperti yang telah berkali-kali saya sebutkan diatas, cara yang paling mudah adalah menggunakan jasa ojeg sepeda atau bisa juga diantar pakai bajaj kesana. Intinya kalau kita bingung mencari lokasi di kawasan asemka itu, tinggal pesan ojeg atau bajaj, selesai! 

Karena tidak mungkin tukang ojek atau supir bajaj disana tidak tahu lokasi kawasannya sendiri. ☺

#4. Toko Boneka Bhineka.

Toko yang satu ini adalah toko yang khusus menjual segala macam mainan boneka dan berbagai aksesoriesnya. Mulai dari boneka ukuran kecil yang biasa untuk gantungan kunci, sampai boneka ukuran jumbo yang sekalian bisa dijadikan bantal guling. ☺☺☺

Letak toko Bhineka ini sekitar beberapa deretan disamping toko Gaby dan Lucky Toys. Beralamat di Jalan Petak Baru No. 12A. Biar lebih mudah mencarinya, maka bisa di siasati dengan cara menggunakan jasa tukang ojeg atau bajaj menuju toko Bhineka tersebut. Teman-teman tinggal tunjukan saja foto lokasi dibawah ini kepada tukang ojeg atau supir bajajnya.    

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)
Toko Bhineka, di Jalan Petak Baru No. 12A 

Nah demikianlah informasi yang sangat mahal dan berharga telah saya bocorkan kepada teman-teman semua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mencoba peruntungan dalam bidang bisnis mainan.

Semoga informasi ini dapat menjadi amal jariyah bagi saya. 
Dan jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ulang kepada teman-teman yang lainnya.

Sampai disini dulu tulisan bagian satu ini, pada tulisan selanjutnya akan saya tulis lanjutan seri artikel ini dengan judul : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 2 ( Pasar Senen)  

Salam sukses selalu untuk teman-teman semua.


Penulis by : Bang izal.

45 Responses to "Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)"

  1. Assalamualaikum, Bang Izal.......... Semoga hari ini Penjualan produk di Tokonya Laris dan Berkah.Amin

    Kalau boleh tahu Apakah Pusat Grosir disana adalah tangan pertama setelah produk keluar dari Pabriknya...?

    kalau boleh tahu sebuah " rahasia " berapa sich harga Grosir ? untuk mainan bola - bola warna warni yang sering dimasukkan ke dalam bungkusan berbentuk jaring2.

    karena mainan tsb sering dipajang paling depan di toko mainan di daerah saya.

    Ohy Bang.....kalau untuk produk untuk jenis " centong nasi plastik, sisir rambut plastik, mangkuk gelas mini, ada ngk disana ?

    harga grosirannya kira2 berapa yach Bang.....?

    ohy......rahasia pengetahuan tentang dimana membeli produk grosir mainan patut saya acungi jempol.

    Biasanya Orang yang rela berbagi ilmu selalu mendapat keberuntungan, dan saya yakin bahwa cepat atau lambat keberuntungan itu akan menghampiri Bang Izal.

    semakin banyak ilmu yang kita bagi, maka biasanya Ilmu baru akan segera kita peroleh tanpa diminta.

    sama halnya dengan Sumur Air Zam - Zam yang ada di Mekkah, semakin di ambil airnya maka semakin bertambah pula airnya.

    Ohy.... mohon minta alamat email bang Izal yang aktif.

    Mohon Maaf Bang, sebab saya terlalu banyak tanya dan mungkin akan bertanya lagi. :)

    Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,,makasih atas doanya om.

      Mainan bola itu klo yg isi 100 bola harga modalnya 30.000.

      Klo centong sama sisi rambut saya gak tau harga modalnya om, karna saya gak jual barang itu.

      Oh iya, email udah kirim lewat kontak hubungi kami.

      Delete
    2. Maksud saya Bang...apakah produk seperti centong nasi plastik dan sisir rambut plastik juga dijual di Pasar Pagi Esemka dan Pasar Senen...?

      mksih bang atas Infonya.

      Delete
    3. Ooh,,, Klo itu tempat grosirannya yg lengkap bukan di Senen, tapi di kawasan jembatan lima Jakarta kota.

      Lokasinya sebelah sonoan Asemka, kalau mau kesana bisa pake bajaj.

      Delete
  2. Mantab mas, Pengalamannya masalah toys, memang pantas di acungi jempol.. salam blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om imam 😁

      Sama2 salam blogger juga. 👍

      Delete
  3. Maaf mau tanya, kalo toko grosir action figure spt naruto, one piece, ultraman, dll itu carinya di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko saint, lokasinya dijalan pintu kecil 1, asemka Jakarta kota.

      Delete
    2. Terima kasih sebelumnya bang. Tp selain toko itu ada lg toko yg lain. Biar jadi pelengkap saja. Misal barang di toko a tidak ada bisa beli di toko b. Atau daerah mangga dua ada toko grosiran maenan itu? Atau daerah lain?

      Delete
    3. Toko lain yg menjual grosir action figure lengkap yaitu toko internasional. Lokasinya pas dipinggir jalan utama (seberang gedung Asemka).

      Delete
    4. Thanks. Mau tanya kalo toko lucky toys itu posisi nya dimana ya?

      Delete
    5. Tanya aja sama tukang parkir atau tukang ojeg disana, rata2 pada tau sama toko lucky tits.

      Delete
    6. Ok thanks ya bang

      Delete
    7. ada kontak toko sant or internasionalnya ga?

      Delete
    8. Maaf om,,, untuk kedua toko grosir itu belum saya dapatkan nomor kontaknya. Saya lupa terus untuk memintanya.

      Nanti kalau saya belanja ke asemka akan saya minta deh, dan akan saya cantumkan nomor kontak kedua toko itu diartikel ini.

      Delete
  4. Wah.. mantap ni si bos, artikelnya ulasan bisnis sendiri. Tentu banyak sekali keuntungan yang si bos dapatkan. Selain blog meningkat pengunjung juga usaha offline nya tentu banyak yang tau. Semoga ke dua bisnis si bos dapat berkembang pesat yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamin.

      Makasih ya om 😉

      Semoga sukses juga untuk om dan blognya. 👌👍

      Salam blogger!

      Delete
  5. Assalamualaikum bang Izal...
    Maaf bang mau nanya bang. Sya rencna mau blnja mainan buat anak2,tpi dri luar kota jakarta dan rencana nya bwa kendraan sndri. Naah prtnyaan nya bang Izal,kira2 tmpat parkir daerah psar pagi azemka yg aman sbelah mna ato gedung apa bang Izal?
    Mohon bantuan nya bang Izal..
    Trima kasih atas bantuan nya..

    Wassalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam warahmatullah.

      Tempat parkir yg aman di Asemka itu adalah di textile (orang disana menyebutnya begitu karena memang di situ banyak deretan toko textile). Di seberang jalan toko textile itu ada kantor Koramil, jadi insya Allah aman parkir di sana.

      Lagipula di situ ada tukang parkirnya yg selalu jagain kok om. 😊

      Delete
  6. Malam bang,,
    Mau tanya donk tau ga di asemka sebelah mana ya yg jual perlengkapan untuk keperluan bayi sprt stroller, bouncer, baby walker. Ada yg bilang di asemka ada tp sy muter2 ga ktm hehe. Klo misalkan gda kira2 punya info ga ya bang di daerah mana. Mohon pencerahannya bang makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar info mbak, saat ini semua produk perlengkapan bayi yg mbak sebutkan itu memang sedang agak langka mbak. Barangnya agak sulit dicari.

      Penyebabnya karena produk itu agak sulit masuk ke Indonesia karena aturan impor yg ribet (coba mbak baca artikel saya tentang red line).

      Dulu sebelum keluar kebijakan red line impor oleh Bu menteri Sri Mulyani, toko yg menjual perlengkapan bayi diantaranya adalah toko Tomatco. Toko ini sebenarnya banyak menjual kolam dan pelampung renang, tapi selain itu juga ada menjual perlengkapan bayi.

      Tapi itu dulu mbak, kalau saat ini saya gak berani mengatakan kalau toko itu masih jual perlengkapan bayi.
      Untuk lebih memastikan coba aja tanya by phone. Nomor teleponnya ada di websitenya, cari aja di google.

      Demikian, semoga dapat membantu.

      Delete
  7. Saya baru sekali ini singgah di web nya Bang Izal Toys. Sungguh luar biasa berbaginya nda naggung-nanggung. Barokah dan sukses selalu Bang...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,, terima kasih sekali atas apresiasinya ya om,,,, :)

      Saya memang senang berbagi om, apalagi kalau tulisan2 saya dapat bermanfaat bagi banyak orang, itu bahagianya luar biasa :)

      Delete
  8. Asslm Bang,
    saya mau nanya, kalau agen jam tangan di jakarta tau bg di mana..? Kalau boleh saya minta channel link nya dan kalau ada nomor kontaknya.

    Oiya satu lagi, sy mau nanya juga di mana agen yg jual mainan diecast juga bg.

    Sy ada planning mau jual brg2 ini.

    Terima kasih bang infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pusat agen jam tangan secara umum ada di pasar senen om. Nah kalau secara spesifik (perorangan) saya belum dapat channel linknya om, soalnya bisnis jam tangan kan bukan bidang saya hehe :)

      Nah kalau soal agen die cast metal, sudah pernah saya tulis secara lengkap dan mendetail sekali isi artikelnya.

      Ini dia artikelnya : http://www.bangizaltoy.com/2017/10/Pusat-grosir-mainan-hobi-asemka-diecastmetal-hotwheels-actionfigure.html

      Delete
  9. Assalamualaikum...bang izal toko yg banyak jual mainan pedang dan tembakan battery kualitas bagus di toko apa ya.

    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Ditoko gaby toys, hans toys dan toko starkid.

      Delete
  10. Bang izal...untuk mendapat harga grosir di toko tomatco,minimal pembelian berapa pcs ya..
    Trima kasih

    ReplyDelete
  11. Kalau pelanggan lama biasanya diperbolehkan mengambil 3 pcs untuk per item barang. Tapi kalau orang baru biasanya disuruh ambil minimal per 6 pcs untuk harga grosir. 😀

    ReplyDelete
  12. Selamat sore,Bang Izal. Mohon petunjuk, kl mau jual Smart Balance Wheel, bisa ditawarkan ke toko dimana saja ya? Terima kasih Pak atas petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainan smart balance wheels itu mainan yang kayak gimana ya om? Kok saya baru dengar ya? hehe :D

      Delete
  13. Salam om dr pangandaran jabar.
    Saya baca artikel ini dr awal smp ahir dan bermcam pertanyaan jg sdh saya simak cuma msh ada 1 pertanyaan yg blm sya dapat.
    Rencana pengen buka grosir ddaerah saya nah apakah toko2 dsana melayani partai besar dan bisa jual bersaing dengan toko2 ddaerah saya ? Dan hrs ambil min brp pcs biar bisa buat jual grosir ddaerah saya ? Misal ambil 100 ada potongan brp % tiap item.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk grosir mohon maaf saya belum dapet link/info channelnya mbak rara kids. Waktu itu saya pernah ngobrol-ngobrol dengan salah seorang bos grosir di asemka itu, menurut pengakuannya dia ambil barang langsung ke China (impor secara langsung).

      Tapi saya tidak mendapatkan info secara lebih detail bagaimana cara, step dan proses impor tersebut. Jadi untuk pertanyaan ini (saat ini) saya belum bisa membantu mbak,,, mungkin suatu saat kalau saya telah mendapatkan infonya secara lebih mendalam, akan saya buatkan artikelnya. Insya Allah.

      Delete
    2. Mksh bang infonya. Ada info klo bwt dgrosir dtmpt saya ambil dr cirebon udh miring ini lg mau survey2. Klo boleh tau harga hotwhell yg asli brp bang dstu ? Bwt perbandingan. Mksh sblmny

      Delete
    3. Waktu bulan puasa kemarin saya beli 3 karton hot wheels (ori segelan) di asemka kena harga 16.000 per pcsnya.

      Soal harga, hot wheelsnya sering gak stabil mbak. Jika produk impornya lagi banyak datang, harganya pun turun,,, tapi kalau lagi sulit masuk impornya maka harganya jadi naik.

      Delete
  14. PERHATIAN!!!

    PERHATIAN!!!

    PERHATIAN!!!

    Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada teman-teman semua, karena sepertinya kapasitas untuk berkomentar diartikel ini sudah penuh (sudah tidak bisa/tidak muat berkomentar lagi).

    Namun saya ada solusinya.
    Jika ada hal yang ingin ditanyakan, maka teman-teman bisa bertanya di kolom komentar artikel lanjutannya (Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 2). Silahkan klik link ini : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 2 (Pasar Senen)

    DEMIKIAN, TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA!

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum bang ijal kalau beli mainan anak motor2 an / sepeda roda 3 bahan plastik dimana bang diasemka jg kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Iya betul di asemka... kalau mainan motor/sepeda roda 3 paling lengkap di toko starkid.

      Delete
  16. Assalamualaikum,,
    Selamat siang bang izal..mohon infonya toko mainan murah dibawah 10rb..sy maujualan mainan serba 10rb kaya nya lumayan di car free day.😚🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Wah maaf om,,,,untuk artikel tentang informasi grosir mainan harga di bawah 10 ribuan belum saya tulis om. Salah satu penyebabnya karena saya belum sempat2 juga untuk survey langsung ke lokasinya. Sehingga materi artikelnya belum sempat untuk dikumpulkan. Nanti kalau ada waktu insya Allah akan saya survey dan tulis artikelnya.

      Menurut info yang saya dapatkan dari rekan pedagang lain, lokasi grosir mainan dibawah 10 ribuan ada di kawasan jembatan lima Jakarta barat.

      Delete
  17. Salam hangat Bang Izal saya salim dari bekasi.. yang baru mau memulai usaha mainan.
    Saya sangat terbantu sekali dengan tulisan berbagi pengalaman usaha mainan bang IZal.
    Saya mau tanya bang,1.minimal pembelian grosir berapa jumlahnya bang? Apakah tergantung dr mainannya atau dr tokonya?
    2.berapa persen keuntungan rata rata abang jualnya?apakah tergantung jenis mainannya jg? Terima kasih banyak bang sebelumnya. Selalu bang Izal mendapatkan kebahagiaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Minimal pembelian 1 lusin dan khusus untuk pedagang (klo beli eceran (satuan) biasanya tidak dilayani).

      2. Tergantung jenis mainannya om,,, kalau mainan yang sudah pasaran, maka saya ambil marginnya gak terlalu besar (Sekitar 40 sampai 50%). Nah kalau untuk mainan yang tidak pasaran (unik), maka saya ambil marginnya bisa mencapai 60% sampai 100%. Contohnya seperti mainan airsoftgun.

      Delete
  18. Asskum.. klo grosir /importir Mobil aki merk Pliko, motor mini bensin, berbagai squishy, Jam imo, dan otopet dimana ya bang..terimakasih semoga usahanya bang izal tambah sukses amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh pertanyaannya borongan nih,, hehehe :-D

      Untuk mobil aki sudah pernah saya tulis artikelnya gan, info tentang squishy juga sudah saya tulis (di artikel tentang aksesoris). Nah kalo otoped biasanya ada di toko gaby toys, artikelnya juga sudah pernah saya tulis. Semua artikel itu ada di blog ini, di kategori 'Belajar Bisnis'. Coba cari aja gan,,,,

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel