KENALI DIRI ANDA, NISCAYA ANDA AKAN MENEMUKAN PASSION DAN KESUKSESAN ANDA Skip to main content

KENALI DIRI ANDA, NISCAYA ANDA AKAN MENEMUKAN PASSION DAN KESUKSESAN ANDA

KENALI DIRI ANDA, NISCAYA ANDA AKAN MENEMUKAN PASSION DAN KESUKSESAN DALAM HIDUP ANDA

Teman.

Ketika anda ingin melangkah untuk menemukan jati diri, serta mempersiapkan masa depan anda, maka ada 2 hal penting yang harus anda perhatikan. Yaitu : "Siapa kenyataan diri anda" dan "Hal apa yang dapat anda usahakan".

Kenali diri anda, niscaya anda akan menemukan passion dan kesuksesan anda.

Mungkin anda pernah mendengar seorang motivator yang berkata seperti ini :

- Saya bisa meraih apa yang saya inginkan.
- Saya bisa meraih sukses, sepanjang saya yakin dengan kemampuan diri sendiri.
- Bila saya bisa sukses, tentu anda seharusnya juga bisa sukses (seperti saya).

Tahukah anda? Bahwa praktek tidak-lah semudah teori.

Kenyataannya, tidak semua orang mampu menjalani hidup secara mulus dan sesuai dengan teori sang motivator diatas. Tidak semua orang bisa sukses, karena banyak sekali latar belakang dan faktor yang mempengaruhinya.

Peluang masing-masing orang tidak sama.

Sebab, kesempatan setiap orang tentu saja berbeda-beda. Salah satu faktor diantaranya adalah : latar belakang strata sosial/status ekonomi sesesorang. Faktor tersebut sangat besar mempengaruhi peluang seseorang untuk dapat meraih kesuksesan.

Oleh karena itulah, ada sebagian orang yang relatif lebih mudah meraih apa yang dia inginkan/cita-citakan.

Contoh :

- Ada seseorang yang bisa kuliah di fakultas kedokteran, hingga akhirnya dia berhasil lulus. Dia memiliki kesempatan dan berpeluang besar untuk menjadi seorang dokter, karena orang tuanya mampu untuk membiayai kuliahnya.

- Ada orang yang bisa membuka toko emas atau toko material, karena orang tuanya juga pengusaha dibidang tersebut. Dia bisa mendapatkan modal dan support penuh dari kedua orang tuanya, sehingga dapat dengan mudah mendirikan usahanya tersebut.

- Ada lagi orang yang bisa menjadi seorang model, kemudian bermain sinetron dan akhirnya sukses menjadi artis film layar lebar. Dia lebih mudah meraih yang diinginkannya, karena kebetulan dikaruniai wajah yang cantik/tampan dan ditunjang oleh kemampuan akting yang baik.

Apa kesimpulan dari 3 contoh diatas? Yeah! Latar belakang (faktor ekonomi/pergaulan/strata sosial) seseorang sangat mempengaruhi peluangnya untuk meraih kesuksesan.

Namun,,, realitanya, tidaklah semua orang yang beruntung dan memiliki kesempatan sama seperti 3 orang diatas. Betul, sebagian orang ada yang jalan hidupnya beruntung, sehingga relatif lebih mudah meraih apa yang dia inginkan. Namun banyak pula sebagian lainnya yang tidak seberuntung mereka, dan merasa kebingungan dalam menentukan arah hidupnya. Biasanya yang mengalami masa-masa 'kehilangan arah' seperti ini adalah anak muda yang mulai beranjak usia dewasa. Kira-kira direntang usia 25 - 30 tahunan.

Artikel Menarik Lainnya : REALITA KEHIDUPAN DI INDONESIA (Kesenjangan Sosial)

Periode ini merupakan masa-masa 'super galau'.

Apa sebab?

Karena mereka dibilang anak ABG sudah gak pantes, sedangkan mau disebut orang dewasa, tapi status karirnya masih belum jelas. Jika meminjam contoh pada 3 orang diatas, maka cerita kebalikannya kurang lebih seperti dibawah ini :

- Niat hati bercita-cita ingin menjadi dokter, namun apa daya tidak punya biaya kuliah.
- Niat hati bercita-cita ingin menjadi pengusaha, namun apa daya modal tak punya.
- Niat hati bercita-cita ingin menjadi seorang bintang film atau sinetron, namun apa daya tampang pas-pasan dan tidak bisa berakting.

Sehingga ketika ketiga orang malang ini merasa tidak memiliki kesempatan dan keberuntungan yang sama seperti 3 orang sebelumnya diatas, terkadang melahirkan rasa putus asa dan perasaan tidak berguna. Bahkan pada kasus yang lebih ekstrim, dapat melahirkan perasaan bahwa hidup ini tidak adil, Tuhan pilih kasih, dll.

Mereka merasa seakan-akan sedang tersesat kedunia ini. Seperti kehilangan jati diri, kebingungan, dan hampir tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan. Mereka merasa depresi. Kehidupan terasa berat dan membosankan.

Jika kebetulan anda sedang mengalami kebuntuan seperti diatas, langkah apakah yang sebaiknya harus anda lakukan? Mari sama-sama kita cari jalan keluarnya.


Artikel Menarik Lainnya : 5 KUNCI RAHASIA SUKSES

Bagaimanakah caranya?

#1. Segeralah bangkit, dan fikirkanlah "apa jalan lain yang dapat saya lakukan untuk merubah nasib dan kehidupan saya".

Saran saya, jika anda mengalami kekalutan seperti diatas, maka : Jangan diteruskan! Segera buang jauh-jauh fikiran seperti itu! Dan berusahalah untuk segera bangkit!

Apa sebab?

Karena jika anda turuti (fikiran seperti itu), justru hanya akan membuat hidup anda semakin terpuruk! Sedangkan keadaan sedikitpun tidak akan pernah berubah. 

Lebih baik anda berusaha untuk berfikir positif. Cobalah rubah sedikit cara pandang anda, bahwa Tuhan telah men-takdir keadaan masing-masing orang dalam keadaan yang berbeda-beda. Itu sudah Sunatullah, hukum alam. Dan justru disitulah letak keadilan tuhan.

Berfikirlah bahwa dalam kenyataannya tidak mungkin semua orang akan menjadi bos. Karena bila semua orang jadi bos, maka siapakah nanti yang akan menjadi bawahannya? Bila anda dapat memahami hal ini, insya Allah jiwa anda akan menjadi tenang, dan lebih positif dalam memandang kehidupan.

Namun walau begitu, tentu anda dapat berusaha menjadi salah satu orang yang ditakdirkan Tuhan menjadi bos tersebut. Tentunya tergantung dari seberapa keras usaha yang anda lakukan. Jadi, memang betul tidak mungkin semua orang bisa sukses (baca : menjadi bos), namun tentu anda dapat berusaha agar menjadi salah satu dari orang sukses tersebut (bos). Jadi, jangan pernah sekali-kali menyalahkan keadaan (nasib), tapi fikirkanlah "apa yang dapat anda lakukan" untuk merubah nasib dan kehidupan anda.

Bila 'secara bawaan' anda tidak memiliki kesempatan yang sama seperti 3 orang sebelumnya diatas (yang mampu menjadi dokter, pengusaha dan artis), maka cobalah anda ciptakan kesempatan tersebut.

Menciptakan kesempatan? Apa itu?

Artinya :

- Jika anda terkendala soal biaya ketika ingin masuk ke fakultas kedokteran, maka anda bisa menciptakan kesempatan itu dengan cara berusaha menjadi mahasiswa yang berprestasi. Sehingga anda tetap bisa kuliah dari beasiswa yang anda dapatkan.

- Atau ketika anda ingin menjadi pedagang/pengusaha sukses, maka anda bisa merintisnya dengan cara menjadi pedagang kaki lima terlebih dahulu. Jika anda tekun, yakin dan ulet, maka anda berpeluang menjadi seorang pengusaha sukses dibidang anda.

Ini bukan sekedar teori lho, tapi ada buktinya, yakni ibu kandung saya sendiri. Beliau mulai merintis usahanya dari berdagang diemperan kaki lima, hingga akhirnya belasan tahun kemudian sukses memiliki 4 toko mainan dan 1 toko pakaian. Ini kisahnya : IBUKU, WANITA GIGIH YANG SUKSES MEMBANGUN BISNIS DARI NOL

- Dan jika anda bercita-cita menjadi seorang artis sinetron/bintang film terkenal tapi berwajah pas-pasan, maka ciptakanlah potensi anda yang lainnya. Yaitu kemampuan akting yang luar biasa (aktor/aktris watak). Banyak lho aktris/aktor yang tampangnya 'pas-pasan', tapi mereka bisa menjadi bintang film terkenal karena kemampuan aktingnya yang luar biasa.

Namun jika semua itu ternyata masih diluar kendali dan kemampuan anda, maka segeralah beralih dan cari peluang yang lainnya. Move on! Life must go on! Jangan meratapi kegagalan pada satu hal, padahal masih banyak peluang dan kesempatan yang lainnya.

Dengan melakukan ini, maka anda akan dapat lebih fokus menata hidup dan masa depan anda. Dan anda pun terhindar dari meratapi nasib, dan tidak membuang-buang waktu memikirkan hal yang tidak ada gunanya untuk difikirkan (menganggap hidup tidak adil, Tuhan pilih kasih, dll).

Artikel Menarik Lainnya : 5 HAL DAN FAKTOR PENGHAMBAT SUKSES

#2. Biarkanlah karir anda berjalan seperti air. Jangan ber-ekspektasi terlalu tinggi, namun jangan pula jadi orang yang terlalu pesimis. Enjoy aja!

Cobalah anda ingat kembali memori ketika dimasa kecil anda. Ketika itu impian dan cita-cita anda melambung setinggi langit. Anda berangan-angan agar dapat menjadi seorang presiden, astronot, ilmuwan, dokter, artis terkenal, bahkan youtuber. (yang terakhir just kidding) 😀

Jarang sekali kita dengar ada anak kecil yang bercita-cita menjadi seorang pengacara atau akuntan, demikian juga dengan anda ketika dimasa kecil. Betul 'kan? Namun, seiring beranjak dewasa, kenyataan dan perjalanan nasib terkadang memaksa kita untuk sedikit menurunkan ambisi dimasa kecil kita.

Tapi ada satu pelajaran yang dapat diambil, yaitu belajarlah dari masa kecil anda.

Apa maksudnya?

Begini penjelasannya :

Ketika masih kecil, anda memiliki ambisi dan tidak perduli dengan realita. Ketika dimasa itu anda benar-benar menikmati impian anda, dan saat itu anda tidak pernah takut bermimpi.

Nah apa hubungannya dengan masa anda sekarang?

Intinya simpel sekali. Sekarang cari, temukan dan pilihlah passion yang paling anda suka. Dan kemudian nikmatilah passion itu, sebagaimana anda menikmati impian anda dimasa kecil dulu!

Carilah apa passion yang sejak dahulu anda sukai, kemudian temukan dan jalani.

Jangan terlalu banyak melakukan analisis, dan jangan terlalu banyak berfikir apakah pilihan anda itu akan berhasil atau tidak.

Jangan terlalu memikirkan apakah ini akan menghasilkan banyak uang atau tidak.

Jangan terlalu memikirkan hal seperti itu!

Karena jika terlalu memikirkan semua itu, justru dapat melemahkan semangat anda. Jalani saja passion anda seperti air, mengalir apa adanya (namun pasti). Bayangkanlah seakan diri anda seperti dimasa kecil dulu sedang asyik bermain. Mengalir tanpa beban!

Jangan terlalu buru-buru menganggap serius apa yang anda lakukan, karena masalah ini bukan soal pilihan hidup atau mati. Cukup temukan passion anda dan nikmatilah prosesnya. Toh akhirnya kesuksesan pasti akan menghampiri anda, dengan catatan jika anda benar-benar punya passion pada pilihan anda itu.

Anda tentu sudah familiar dengan 2 orang terkaya di dunia, yaitu Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Ketika Mark Zuckerberg dan Bill Gates diawal membuat program komputer, saya tidak yakin ketika itu mereka langsung melakukan analisis bisnis atau berfikir mencari profit dari sana. Saya yakin ketika itu mereka melakukan semuanya semata-mata karena memang mereka suka. Sebab apa yang mereka lakukan itu adalah benar-benar karena passion mereka.

Nah, bayangkanlah anda melakukannya seperti dimasa kecil anda, yaitu masa-masa ketika anda benar-benar menikmati hidup. Seperti anak kecil yang seolah tanpa beban, menjalani apa yang dia sukai, karena dia bahagia melakukannya.

Artikel Menarik Lainnya : JANGAN BERSEDIH JIKA SERING DICELA DAN DIREMEHKAN, JAWABLAH DENGAN KESUKSESAN ANDA!

3. Jangan pernah berputus asa, cobalah lagi,,, lagi,,, dan lagi!

Kalau memang anda belum tahu pasti pilihan apa yang paling tepat untuk karir dan masa depan anda, maka metode terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan cara terus mencoba. Jangan pernah patah arang dan putus semangat. Cobalah hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah anda lakukan. Cobalah sebanyak-banyaknya.

Jika anda gagal pada satu bidang, maka cobalah dibidang yang lain. Jika anda gagal lagi, maka cobalah lagi, lagi dan lagi. Pernahkah anda membaca kisah Owner KFC (Kolonel Sanders), Thomas Alfa Edison atau aktor komedi legendaris Charlie Chaplin? Sebelum akhirnya meraih sukses besar, mereka telah berkali-kali mengalami kegagalan.

Sebelum sukses, Kolonel Sanders pernah beberapa kali berganti pekerjaan, diantaranya pernah menjadi tukang parkir dan menjadi tentara. Dan kebetulan Kolonel Sanders punya sebuah passion alias bakat alami yang dimilikinya sejak kecil, yaitu ahli meracik bumbu masakan. Berbekal keahliannya tersebut, kemudian ia meracik bumbu ayam goreng dan menawarkannya ke restoran-restoran.

Apakah penawarannya langsung diterima? Owh tentu tidak! Bahkan tawarannya ditolak hingga 1009 kali!

Tapi Kolonel Sanders pantang menyerah!

Dan akhirnya setelah penolakan yang ke 1009 kali, berkat semua usaha dan tekadnya yang pantang menyerah, akhirnya tawarannya diterima dan berbuah kesuksesan besar!

Demikian pula dengan kisah perjuangan Charlie Caplin. Dia mesti mengalami penderitaan dan kegagalan bahkan sejak dimasa kecilnya. Masa kecilnya sangat pedih. Dia memiliki seorang ibu yang sedang mengalami depresi. Karena saking beratnya persoalan ekonomi, dan tidak kuat menanggung beban hidup, akhirnya ibunya pun menjadi gila!

Tapi kepedihan dimasa kecilnya itu tidak menyurutkan niat Charlie Chaplin untuk terus berjuang. Dan dia berhasil menemukan passion dan bakatnya sejak kecil, yaitu menjadi pelawak dan aktor pantomim. Berbekal bakat inilah yang akhirnya sukses menghantarkannya menjadi sutradara, produser dan aktor komedi terbesar di abad ke-20 (dikemudian hari).

Demikianlah,,, setiap kali mengalami kegagalan, maka mereka terus mencoba lagi, lagi dan lagi sampai berkali-kali. Kegigihan mereka begitu luar biasa, sehingga seakan diluar nalar dan kemampuan kita. Contoh : ketika melakukan percobaan untuk menciptakan lampu pijar, Thomas Alfa Edison bahkan sampai berulangkali gagal hingga ke percobaan 9.998 kali! Percobaan yang ke 9.999 kali barulah usahanya itu berhasil.

Nah, kira-kira sanggupkah anda memiliki kegigihan seperti Thomas Alfa Edison? 😀

Betapa begitu 'gilanya' kegigihan mereka, benar-benar pantang menyerah! Namun terbukti dikemudian hari nama besar mereka dikenang sebagai orang-orang yang sukses besar dibidangnya masing-masing. Kisah mereka telah saya tulis lengkap diartikel berikut : KISAH PERJUANGAN YANG 'GILA' DALAM MERAIH KESUKSESAN

Berdasarkan contoh yang saya berikan diatas, maka tidaklah sepatutnya anda terlalu bersedih dan berputus asa ketika mengalami 1, 2 atau 3 kali kegagalan. Jika pun masih gagal sampai berkali-kali pada satu bidang, maka cobalah beralih pada bidang yang lainnya. Cobalah bidang baru yang belum pernah anda coba dan lakukan sebelumnya.

Dan jangan pernah takut gagal, sebab justru dari kegagalan itulah anda dapat mengetahui kesalahan anda, dan belajar darinya.

Banyak orang-orang yang akhirnya sukses dalam karir mereka, atau berhasil menciptakan suatu hal yang besar, justru karena mereka terus belajar dari setiap kegagalannya. Lihatlah kisah Thomas Edison, Charlie Chaplin atau Kolonel Sanders diatas. Justru dari berbagai kegagalan yang mereka alami, membuat mereka semakin kreatif dan tahan banting.

Jangan sampai sebaliknya, takut mencoba karena alasan takut gagal. Ada sebagian anak muda yang menyia-nyiakan masa mudanya hanya karena takut gagal dan takut berbuat kesalahan.

Takut mencoba hal baru karena khawatir nanti dianggap 'orang aneh', sebab merasa dianggap berbeda oleh orang-orang disekitar lingkungannya. Contoh : ada orang yang enggan menjadi full time blogger karena khawatir nanti dianggap dapat penghasilan dari ngepet, nuyul, dsb. (ini hanya misal lho, sekedar intermezzo, jangan terlalu diambil serius) hehehe 😂😂

Well,,,Untuk apa memikirkan pandangan orang lain? Toh anda tidak pernah mengganggu mereka, dan tidak pernah pula minta-minta sama mereka, ya 'kan? Jadi yakinlah dengan pilihan anda, dan buktikan bahwa anda bisa sukses dengan pilihan anda itu.

Nah, jika ketiga langkah dan metode diatas masih belum juga dapat membuat anda menemukan pilihan terbaik dalam hidup/karir/masa depan anda, maka setidaknya anda sudah memiliki sedikit petunjuk setelah membaca isi artikel ini.

Artinya bagi anda yang telah mengerti cara mengakses internet, lebih memiliki peluang untuk mencoba banyak hal. (Sekedar info, penetrasi internet pada masyarakat Indonesia pada saat ini baru diangka 30%, dan anda tentu termasuk salah satu orangnya, bersyukurlah). 😉

Melalui internet anda dapat mencoba meniti karir menjadi :
- Blogger (seperti saya, penulis).
- Youtuber.
- Toko online.
- Internet marketer.
- Menjadi content writer.
- Menjual e-book.
- Membuat dan menjual aplikasi.
- Programer online.
- Freelancer online.
- Jasa SEO
- Jasa membuat blog.
- Jasa edit video.
- Designer online.
- Dll.

Artikel Menarik Lainnya : 5 JENIS BISNIS ONLINE DAN CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI INTERNET

Di internet anda akan memiliki akses nyaris tanpa batas untuk semua informasi yang anda butuhkan. (Google, Bing, Yandex). Dan anda juga akan mendapatkan 'kebebasan tanpa batas', sebab anda dapat mencoba apapun didunia internet. Pastikan jangan sampai anda menyia-nyiakan semua kesempatan itu dengan menjadi troller (sampah internet).

Generasi muda masa kini memiliki peluang dan kesempatan yang tidak pernah dialami oleh orang-orang tua kita dulu. Maka manfatkanlah semua kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Yang terpenting adalah tindakan! Lakukanlah!

Cobalah sesuatu yang baru, walaupun anda belum yakin bahwa hal itu akan membawa anda kepada kesuksesan. Jalani saja dulu! Jangan fikirkan masalah hasilnya, yang penting anda berani mencoba dan enjoy menjalaninya. Siapa tahu itulah passion anda. Dan jika hal itu ternyata benar-benar passion anda, maka percayalah, kesuksesan akan segera datang menghampiri anda!

Tips :

- Jangan menunggu termotivasi dulu baru bergerak, tapi langsung bergeraklah, maka niscaya motivasi itu akan datang sendiri.
- Jangan menanti inspirasi dulu baru menulis, tapi menulislah, niscaya inspirasi akan mengalir sendiri didalam tulisanmu.
- Jangan menunggu bisa dulu baru kemudian melakukan, tapi beranilah melakukan, niscaya pasti anda akan bisa!

Sedikit rahasia sukses :

Orang-orang yang telah sukses itu bukan karena mereka tahu pasti apa yang dahulu mereka mulai. Seringkali mereka memulai tanpa tujuan, awalnya hanya dari coba-coba saja. Bahkan seringkali mereka memulai tanpa adanya petunjuk. Mereka melakukannya secara otodidak!
Namun dari awalnya mencoba dan berkali-kali mengalami kegagalan, akhirnya mereka menemukan pilihan dan passion yang tepat ditengah perjalanan karir mereka. Dan disaat mereka telah berhasil menemukannya, maka mereka terus berpacu mengejar peluang itu secepat mungkin. Dan setelah berhasil sukses dibidang tersebut, mereka pun kemudian terus berekspansi pada pilihan/peluang/kesempatan berikutnya!

Dan sekarang anda telah tahu semua rahasianya, semoga beruntung!

Jangan lupa baca lanjutan artikel ini, yang berjudul : APA ITU PASSION? DAN BAGAIMANA CARA MENEMUKANNYA?

Sampai berjumpa lagi diartikel selanjutnya.

Jika Anda menyukai artikel ini, maka bagikanlah. Semoga dari share yang anda lakukan itu, membuat artikel ini dapat bermanfaat pula bagi rekan-rekan Anda yang lainnya.

Tabik!

Artikel Menarik Lainnya

Comments

ARTIKEL PILIHAN

Monggo Ikuti Blog Ini

POSTINGAN TERPOPULER

5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

PELUANG USAHA TOKO PLASTIK DAN BAHAN KUE YANG PROSPEKNYA SEMAKIN MENJANJIKAN