5 Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Hai Sobat.

Menjadi seorang wiraswasta, baik sebagai freelancer atau memulai bisnis Anda sendiri, adalah salah satu cara yang bisa diandalkan sebagai langkah awal menjadikan diri Anda pribadi yang mandiri dari segi finansial maupun profesional.

Meski begitu, terkadang Anda mungkin akan merasa berat saat akan memulainya. Sangat wajar jika Anda merasa ragu akan ide tentang bisnis yang akan dibangun dan bagaimana cara menjalaninya.


5 Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah


Namun di era digital saat ini, kita semua perlu berterima kasih kepada teknologi seperti internet. Dengan adanya internet, strategi bisnis menggunakan digital dan internet marketing bisa dilakukan di mana saja dan memungkinkan lebih banyak orang untuk memulai bisnisnya tanpa modal yang terlalu banyak. Anda hanya perlu memiliki website dengan domain murah yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Jika Anda merasa bahwa modal bisnis yang menjadi kendala untuk memulai, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa konsep bisnis digital minim modal yang bisa Anda mulai dari rumah.

1. Jasa Cleaning Service.


Saat ini ada banyak kantor, tempat tinggal, maupun restoran yang berpotensi sebagai customer apabila Anda ingin memulai jasa cleaning service. Anda bahkan bisa mencoba strategi marketing dengan menawarkan service ramah lingkungan atau “green cleaning”, seperti menggunakan pembersih lantai organik, menambahkan tanaman di area-area yang sekiranya perlu penghijauan, dan lain-lain.

Jasa semacam ini biasanya tidak memerlukan banyak iklan. Di kota-kota besar yang masyarakatnya sibuk seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, hingga Denpasar, jasa cleaning service terhitung menjanjikan. Sehingga jika Anda memberikan service yang benar-benar bagus, review dari mulut ke mulut pun sudah cukup efektif untuk mempromosikan usaha Anda.

2. Penulis dan Penerjemah Online.


Kalau Anda melihat banyak referensi bisnis online, sepertinya tidak ada yang terlewat menyebutkan ide sebagai penulis maupun penerjemah online. Saat ini, kemampuan sebagai penulis, editor, dan penerjemah sangatlah diperlukan. Perusahaan-perusahaan besar pun mulai bergantung pada jasa kepenulisan setelah memahami tingginya kebutuhan akan konten tulisan untuk mempromosikan produknya.

Mengingat kebutuhan para pengusaha online yang ingin menjangkau klien maupun pelanggan hingga ranah internasional, Anda bisa mulai membuka jasa sebagai penulis dan penerjemah melalui teman-teman atau kerabat terdekat di sekitar Anda.

Selain itu, Anda bisa mencoba masuk ke platform penerjemah online seperti Lengoo, Translator Pub, Fastwork Indonesia, dan lain sebagainya. Semakin banyak portofolio yang Anda miliki di platform-platform tersebut, makin banyak calon klien yang tertarik untuk menghubungi dan menggunakan jasa penerjemahan maupun kepenulisan Anda.

3. Event Planner.


Memiliki kemampuan manajerial adalah aspek yang “mahal” apabila Anda tahu bagaimana cara menjualnya. Salah satu profesi yang memerlukan kemampuan manajerial yang tinggi adalah menjadi event planner. Sebagai event planner, Anda perlu mengurus printilan-printilan penting yang tidak diboleh dilewatkan apabila acara yang diadakan oleh klien Anda ingin berjalan dengan lancer.

Tidak hanya kemampuan manajerial, seorang event planner pun harus fasih dalam berkomunikasi untuk memastikan segala sesuatunya sesuai dengan keinginan klien. Banyak orang yang rela membayar mahal seorang event planner untuk acara-acara penting seperti ulang tahun, pernikahan, hingga gathering. Tujuannya sudah pasti agar mereka tidak perlu lagi dipusingkan dengan hal-hal terkait komunikasi yang terkesan ribet dan menyita banyak waktu.

4. Konsultan Media Sosial.


Seperti halnya penulis dan penerjemah online, saat ini juga makin banyak usaha yang memerlukan konsultan media sosial. Karena seperti yang kita pahami, dunia digital juga membuat para pengusaha harus lebih intense dalam melakukan promosi.

Tidak hanya melalui website, namun juga melalui media sosial. Melihat intensitas arus informasi yang sangat tinggi melalui media sosial, para pengusaha online pun tidak akan mungkin melewatkan platform ini sebagai media marketing mereka.

Selain kemampuan menulis, kemampuan fotografi dan desain juga sangat diperlukan dalam profesi ini. Lalu, bagaimana caranya meyakinkan calon klien apabila Anda memiliki kemampuan copywriting, fotografi, dan desain yang cukup mumpuni untuk mereka gunakan?

Langkah paling awal adalah mulailah dari media sosial Anda terlebih dulu. Unggah foto Anda melalui Instagram pribadi dan berikan caption yang menarik pada foto-foto tersebut. Selanjutnya Anda bisa tag akun-akun hits yang sering melakukan repost foto agar hasil karya Anda mendapatkan exposure.

5. Blogger Profesional.


Saat ini, menulis di blog bisa membuka kesempatan bagi Anda untuk memulai bisnis. Walau pada awalnya Anda tidak bisa mendapatkan penghasilan langsung melalui blog, namun Anda bisa membangun portofolio online sebagai blogger di bidang yang Anda kuasai. Apabila Anda ahli dalam bidang pendidikan, Anda bisa menggunakan blog sebagai media edukasi mengenai update dunia pendidikan.

Dari kebiasaan rutin menulis di blog, Anda bisa mulai menawarkan diri untuk mengisi kelas maupun bekerja sama dengan Lembaga-lembaga terkait yang ingin mengadakan acara seputar pendidikan.

Hal yang sama pun berlaku untuk blogger-blogger di bidang lain, seperti parenting, beauty, travel, dan sebagainya. Sehingga apabila Anda rutin menulis blog, Anda pun berkesempatan untuk melakukan monetisasi.

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Seorang Blogger, Dari Hobi Sampai Menghasilkan Uang

Jadi, apakah Anda masih ragu memulai usaha bermodal minim dari rumah? ☺

0 Response to "5 Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel