Postingan Unggulan

25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

Bisnis online akhir-akhir ini menjadi tren pasar yang cukup ramai dicari dan digandrungi. Banyak orang yang berlomba-lomba membuka usaha toko online. Bahkan pebisnis yang telah memiliki toko fisik (offline) pun, kini ikut berinovasi mengembangkan bisnisnya dengan membuka toko online. 

Mungkin anda akan bertanya : "Bang izal, apakah peluang bisnis online hanya monopoli pelaku usaha yang sudah mapan, dan memiliki banyak modal?"

Oh tentu saja tidak. Orang yang tidak memiliki modal besar juga memiliki kesempatan yang sama di bisnis online. Bahkan orang yang tidak punya modal pun juga berpeluang untuk membuka toko online. Yaitu dengan cara menjadi reseller dan dropshipper. 

Bisnis online tanpa modal ini selain memiliki waktu kerja yang fleksibel, juga tidak memiliki resiko kerugian yang besar. Anda tidak perlu khawatir rugi jika produk itu tidak laku, karena tugas Anda hanya memasarkan produk orang lain. Jika belum ada yang beli, maka tidak menjadi masalah. Sedangkan jika produk tersebut berhasil Anda pasarkan dan terjual, maka Anda mendapatkan fee dari margin penjualan produk tersebut.

Yes! Jadi bisnis online tanpa modal dapat dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan anak remaja pun banyak yang membangun bisnis online yang nyaris tanpa biaya. Namun bisnis online membutuhkan kerja keras, keyakinan, ketekunan, dan dedikasi yang tinggi. Dengan demikian, sehingga bisnis online tersebut dapat bertahan lama bahkan akhirnya sukses. Jadi jangan sampai bisnis online hanya bersifat gaya-gayaan atau sekedar mengikuti tren saja.

Mengapa Memilih Bisnis Online Yang (Nyaris) Tanpa Modal? 


34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui


Tidaklah mudah untuk membangun sebuah bisnis. Apalagi jika Anda ingin membuka bisnis di dunia nyata (toko fisik/offline). Sudah pasti akan membutuhkan modal besar jika Anda ingin membuka bisnis ditoko offline. Yang pasti, tentu Anda harus membayar sewa toko, membayar gaji karyawan, dan berbagai biaya operasional lainnya. 

Oleh karena itu, pada masa dahulu, sebelum teknologi internet semaju sekarang dan belum ada marketplace (dibawah tahun 2000an), membangun toko fisik itu bisa dikatakan menjadi monopoli orang-orang bermodal besar. Saat itu bisa dikatakan hampir mustahil bagi orang yang tidak memiliki modal untuk mendirikan toko fisik.

Bagaimana kalau bekerja sama (sistem bagi hasil) dengan orang yang memiliki modal?

Biasanya jarang ada yang berani.

Terkecuali jika dia sudah memiliki pengalaman dagang yang mumpuni dari bawah (dagang kaki lima), namun ketika akan membuka toko, dia terkendala dengan modal. Nah, biasanya orang seperti ini berani bekerja sama. Tetapi orang yang punya pengalaman mumpuni seperti ini tidak banyak jumlahnya.

Artikel Menarik Lainnya : Peluang Emas Bisnis Online

Namun kini semua orang telah mempunyai peluang besar untuk membangun bisnisnya, yaitu di toko online! Dalam dunia digital, membangun bisnis sudah menjadi hal yang sangat mudah untuk diwujudkan. Salah satunya merintis bisnis online tanpa modal seperti menjadi reseller dan dropshipper. Bisnis online tanpa modal ini memiliki banyak keunggulan dan kemudahan. Apa alasannya? Beberapa alasan dibawah ini mungkin dapat untuk Anda perhatikan :

1. Tidak Butuh Modal Yang Besar.


Membangun bisnis online  itu jauh lebih menjanjikan. Karena dapat memulai bisnisnya dengan gampang dan tidak perlu modal besar. Modal Anda adalah keinginan dan niat yang sungguh-sungguh, mau terus belajar serta ada aksi nyata.

2. Tidak Perlu Konsep Bisnis Yang Rumit.


Bisnis online tanpa modal itu tidak perlu konsep bisnis yang terlalu rumit. Sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan tentang ini dan itu. Pebisnis online tanpa modal seperti reseller dan dropshipper itu tinggal mencari produk yang sesuai untuk dipasarkan. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun toko online di situs penjualan (marketplace/e-commerce). Supaya hasilnya lebih powerfull, sebaiknya anda juga membuat akun toko online di media sosial. Jangan lupa untuk juga mempromosikan produk yang ingin dijual itu di akun media sosial Anda.

3. Untungnya Bisa Ditentukan sendiri.


Yang paling seru dari bisnis online itu adalah untungnya bisa kita sendiri yang menentukannya. Kalau Anda ingin mendapatkan untung/hasil yang besar maka gunakanlah teknik pemasaran yang jitu. Jika Anda hanya sekedar ingin mengisi waktu luang sekaligus bisa mendapatkan uang jajan tambahan, maka itu juga sah-sah saja.

4. Tidak Perlu Space (tempat).


Namanya juga bisnis online, ya sudah tentu bisnis ini dapat dijalankan dimana saja, kapan saja. Anda tidak perlu menyewa sebuah tempat (seperti halnya toko fisik) untuk memasarkan produk yang akan dipasarkan. Semua dikendalikan didalam genggaman smarthpone dan laptop sang pebisnis online.

5. Peluang Dan Prospeknya Sangat Besar.


Kunci sukses dalam membangun bisnis online adalah bersungguh-sungguh, dan memiliki komitmen (konsisten) dengan apa yang dilakukan. Sesuai dengan istilahnya ; online. Artinya semua proses transaksi berjalan tanpa batas dan hambatan. Bayangkan, ada 150 juta pengguna internet dan sosial media di indonesia. Maka tentu saja seluas itu-lah peluang dan pangsa pasar pembeli bisnis online.

6. Fleksibel.


Menikmati hidup dengan tetap menjalankan bisnis adalah yang paling di idamkan oleh semua orang. Bisnis online tanpa modal dapat dilakukan sambil minum kopi, stalking sosmed orang dan life style yang sedang trend. Tentunya sembari terus menambah wawasan bisnis, agar tidak ketinggalan perkembangan zaman.

7. Minim Resiko.


Pebisnis online biasanya dipenuhi oleh pebisnis yang menyediakan produk ngetren, dinamis, serta ekonomis. Dan bisnis online tanpa modal adalah yang paling banyak diminati. Karena teknik pemasarannya menggunakan teknologi yang lebih canggih, murah, dan mudah di jangkau semua orang. Apalagi jika berperan sebagai pemasar saja, sehingga Anda tidak perlu takut modal tidak balik. Karena Anda memasarkan barang atau produk yang sudah tersedia (reseller/dropshipper).

8. Corak Bisnis Unik Dan Kreatif.


Jika pada toko offline mesti siapkan dulu barang dagangannya lalu barulah pembeli akan datang. Nah kalau pebisnis online itu unik, datangkan calon pembeli dulu, setelah itu baru jualan. Makanya database (kontak penghubung di stimulasi dengan cara yang unik), lebih berfungsi dalam usaha ini. 

Seperti dengan membuat akun tertentu (FB fanspage, Instagram, dll) untuk menarik follower/penggemar. Ketika nanti jumlah follower/penggemar sudah mencapai ribuan/puluhan ribu, maka mereka semua itu adalah pangsa pasar yang besar untuk menjual produk toko online sendiri, maupun sebagai reseller.

9. High Dedicate.


Bisnis online biasanya memiliki tingkat intelegensi dan memiliki dedikasi tinggi. Hal itu disebabkan oleh keasyikannya dalam menawarkan bisnis. Dengan mengandalkan smartphone dan mengandalkan kognitif, serta afektif para pemiliknya, membuat sistematis Bas-Line akan menjadi manusia-manusia pembelajar.

Artikel Menarik Lainnya : 15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses

Langkah  Mudah Membangun Bisnis Online Sukses.


34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui


Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, bahwa bisnis online tanpa modal dapat dijadikan alternatif usaha, dan untuk menambah income generating. Skill bisnis bisa dipelajari seiring waktu, dan dapat dilakukan sesuai passion dan style sang pebisnis. Dengan kata lain, bisnis online ini termasuk hobi yang menghasilkan. 

Namun sebelum memulai bisnis di media daring ini, ada beberapa langkah yang mesti dicermati, yakni :

1. Pilih Produk Yang Tepat.

Inilah tahapan paling awal yang mesti diperhatikan, sebelum Anda memulai bisnis online tanpa modal. Pilihlah jenis barang, produk maupun jasa yang  hendak dipasarkan dengan tepat. Upayakan untuk memilih produk yang dibutuhkan orang dalam setiap masa dan waktu. Jika Anda telah yakin memilih jenis produk tertentu, maka hendaknya cari tahu juga info tentang pesaing lain (toko online yang menjual jenis produk yang sama dengan Anda). Hal ini penting dilakukan. Agar Anda dapat mengamati strategi pesaing, sekaligus untuk menentukan teknik pemasaran Anda yang lebih jitu.

2. Jangan Monoton, Harus Kreatif.

Untuk bisa memasarkan produk bisnis online secara efektif, maka Anda harus punya kreatifitas dan mau bekerja keras. Jadi jangan sampai bisnis online Anda terlihat monoton karena mencontek secara mentah-mentah strategi pesaing. Misalnya online produk baju kalau hanya difoto atau dideskripsikan saja tentu tidak begitu menarik. Coba dengan menggunakan endorse. Atau jika bisa, postinglah contoh barang dagangan dengan momen background tertentu. Misalnya foto detail produk yang sedang dipakai ketika pesta, sehingga terlihat lebih menarik dan lebih memikat pembeli ketika melihat foto tersebut.

3. Gunakan Supplier.

Dengan menggunakan supplier, maka proses transaksi bisnis online tanpa modal Anda akan dapat berjalan lebih mudah. Jadi tugas Anda hanya sebagai pemasar produk saja. Dan ketika muncul konsumen yang berminat, maka pihak supplier-lah yang bertanggung jawab untuk mengirimkan produk atau barang pesanan (atas nama online shop Anda).

4. Cepat Tanggap.


Namanya juga dunia online, sehingga mood pembeli seringkali tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, ketika ada calon pembeli yang datang bertanya, maka balasan/respon Anda harus sesegera mungkin diberikan (agar feel pembeli tidak hilang). Jika Anda lamban merespon, maka calon pembeli bisa berpindah seketika ke toko online lainnya. Jadi, menjalani bisnis online tanpa modal ini memang relatif mudah, namun Anda harus benar benar cepat tanggap dan cerdas dalam membaca situasi.

5. Fokus Pada Kategori Produk Yang Pasti.


Untuk hasil yang maksimal tentunya Anda harus fokus. Upayakan jenis produk tidak terlalu banyak, dan selalu fokus pada layanan pertanyaan konsumen tentang kategori/deskripsi produk tersebut. Dengan karegori yang jelas serta pelayanan maksimal itu, maka toko online Anda akan jadi lebih banyak peminat. Bisnis online tanpa modal memang minim biaya, tetapi harus kaya dalam cara layanan yang maksimal. Maka dapat dipastikan toko online Anda akan lebih banyak peminat dan pembeli.

6. Jujur dan Ulet.


Tidak sedikit pembeli online yang merasa kecewa dengan barang yang sudah dibeli dari online shop tertentu. Apa yang tertera di gambar, dan yang tercantum di deskripsi tidak sesuai. Akhirnya konsumen kapok dan tidak akan pernah mau membeli lagi di online shop itu. Oleh sebab itu, bisnis online tanpa modal juga harus jujur dengan kondisi barang yang akan dikirimkan. Periksa baik-baik kondisinya sebelum dikirimkan, dan pastikan kualitasnya memang sudah terjamin. Sehingga jika customer telah merasa puas, di waktu selanjutnya pasti mereka akan terus menjadi pembeli setia di toko online Anda.

Artikel Menarik Lainnya : The Power of Margin 10 Persen, Strategi Merebut Pasar Online Shop Paling Ampuh

Bisnis Online Tanpa Modal.

Perlu dipahami, bahwa dalam menjalani bisnis online tanpa modal ini harus memiliki prinsip kesungguhan. Jika bersungguh-sungguh, maka pasti Anda akan mendapatkan hasil dari kesungguhan tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin membangun bisnis online tanpa modal, Anda dapat melihat beberapa contohnya berikut ini :

1. Dropship atau Reseller.


34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui


Pilihlah bisnis yang sifatnya Dropship atau Reseller. Mengapa? Bisnis online tanpa modal yang aman ya jenis seperti ini, karena tidak membutuhkan modal dan bisa dikelola di rumah. Bisnis ala rumahan ini dijamin bisnis yang paling banyak diminati untuk jenis bisnis online. Bisnis ini dapat dijalani tanpa modal. Anda cukup membuat akun fanspage atau toko online, dan kemudian silahkan pasarkan sendiri produk yang akan Anda jual tersebut.

2. Blogger.


Untuk Bisnis online tanpa modal yang satu ini sangat cocok bagi yang memiliki hobi menulis dan bercerita. Daripada tulisan, curahan, atau tulisan essai terbuang dan usang, dengan menjadi blogger semua itu akan menjadi ladang pemasukan yang besar bagi blogger. Jenis bisnis online tanpa modal yang satu ini juga memiliki waktu pengerjaan yang sangat fleksibel. Anda bisa menulis artikel di sela-sela waktu luang Anda. Bagi seseorang yang punya hobi menulis, maka bisnis online tanpa modal seperti blogger ini adalah sebuah hobi menghasilkan yang asyik untuk ditekuni.

3. Desain Grafis.


Desain Grafis juga merupakan bisnis online yang memiliki fee lumayan besar. Namun untuk jenis ini membutuhkan skill tertentu, misal multimedia animasi. Karena pengerjaannya membutuhkan waktu yang panjang untuk satu desain, maka bisnis ini membutuhkan daya kreatifitas tingkat tinggi. Cukup menantang sih sebenarnya. Namun profesi ini termasuk menjanjikan. Karena seiring semakin banyaknya animasi online yang diminati masyarakat, maka jasa desain grafis menjadi salah satu jasa online yang dibayar lumayan mahal.

4. Fotografer Lepas.


Saat ini orang yang paling pintar mengambil peluang, itulah yang akan berpeluang sukses dalam dunia bisnis. Kehidupan yang serba ekonomis dan praktis saat ini, apa saja bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Bahkan hasil jepretan foto saja bisa dijual dan memiliki harga. Jadi kalau memiliki hobi mengabadikan momen tertentu pada kamera, bisnis online tanpa modal jenis ini sangat gampang dan menyenangkan untuk dilakukan.

5. Admin Online.


Poin berikut yang bisa dijadikan pilihan bisnis online tanpa modal adalah menjadi admin online. Posisi ini banyak dilirik oleh pengembang bisnis online. Untuk mengembangkan usaha bisnis di online, akun-akun akan dikelola oleh admin-admin online. Ada yang full time, ada juga yang freelancer. Sangat mudah bukan?

6. Vlogger.


Bisnis online tanpa modal yang ini juga salah satu peluang usaha yang paling banyak ditempuh orang sebagai sumber pemasukan tambahan. Tidak sedikit juga orang-orang yang fokus (full time) berprofesi menjadi vlogger. Cara kerja jenis bisnis online yang satu ini adalah mengulas informasi, atau hiburan dalam video channel Youtubenya. Ketika jumlah jam tayang dan subscribenya telah mencukupi, maka iklan bisa tayang di channel Youtube tersebut. 

Jadi kalau Blogger berbentuk tulisan, maka Vlogger itu dalam bentuk video. Misalnya ; saya punya channel Youtube dan ingin mengulas tentang keindahan tempat wisata, maka tinggal saya kemas saja postingan video di channel saya menjadi sesuatu yang menarik bagi penonton. Selain dibayar, Vlogger/Youtuber juga dapat jadi terkenal layaknya artis. Contoh ; Atta halilintar, Ria ricis, dll.

7. Jasa Pembuatan Website Online.


Perkembangan teknologi menjadikan website menjadi space strategi bagi perusahaan dalam mengenalkan produknya kepada khalayak ramai. Jasa ini cukup menjanjikan bagi yang ingin membangun bisnis online tanpa modal.

8. Menjadi Tutor Online.


Bagi wanita yang gemar dan memiliki skill memasak, atau make over wajah dan sebagainya, menjadi tutor online sangat cocok dijadikan bisnis online tanpa modal. Misalnya saja ingin menunjukkan tutorial memasak ayam panggang rasa strawberry, ya tinggal ditunjukkan saja di depan camera. Pembuatan konten konten video saat ini sangat laris di pasaran.  Karena saat ini masyarakat dapat belajar dimana saja dan kapan saja, sehingga jasa konten audio bahkan seminar online juga bisa dijadikan ladang usaha.

9. Agen Properti Online.


Karena pergerakan bisnis online yang semakin bergerak maju, sampai-sampai menjadi agen properti juga bisa dilakukan secara online. Malah hasilnya jadi lebih meyakinkan. Dan untuk bisnis online tanpa modal jenis ini hanya membutuhkan push iklan online, agar dapat meningkatkan daya tarik konsumen.

10. Penulis dan Penerjemah online.


Saat ini banyak situs-situs yang membutuhkan konten tulisan atau artikel yang baik. Begitu juga penerjemah online juga dapat menghasilkan uang tambahan, bahkan dapat dijadikan peluang bisnis online tanpa modal. Jasa kemampuan menulis dan penerjemah ini sangat efektif bagi wanita karena waktu pengerjaannya dapat dilakukan di rumah. Sehingga bisa dijadikan peluang usaha sampingan sambil ngemong anak dan mengurus rumah tangga.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mendapatkan Pelanggan Toko Online Ala Situs Ecommerce

Spesifikasi Bisnis Online Yang Terpercaya.

Siapa yang menyangka kalau kini bisnis online termasuk bisnis yang paling menjanjikan, dan tentunya paling banyak diminati. Selain mudah dan gampang, bisnis daring ini berpeluang memiliki penghasilan tanpa batas, sebanyak yang kita mau dan inginkan. Persyaratannya hanya satu, yakni konsistensi dan kerja keras! 

Namun harap Anda tetap mesti berhati hati, karena banyak penipuan berkedok bisnis online. Oleh karena itu, telitilah terlebih dahulu (secara mendalam) sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan suplier dan toko online lain. Agar tidak tertipu, mari kenali beberapa ciri-ciri dan karakteristik toko online yang bisa dipercaya seperti dibawah ini :

1. Memiliki Informasi Bisnis Yang Lengkap Dan Jelas.


Karena bisnis online adalah jenis bisnis yang dijalani didalam jaringan internet (daring), maka informasi bisnis yang lengkap dan jelas itu menjadi keharusan. Hal ini agar tidak menimbulkan kecurigaan kepada calon customer. Dan juga informasi bisnis yang jelas juga berguna bagi customer untuk menghubungi online shop yang kita jalankan.

2. Deskripsi Produk Ditampilkan Dengan Rinci.


Biasanya jenis bisnis online tanpa modal yang terpercaya akan menuliskan deskripsi produk dengan rinci, misalnya foto yang berkualitas, berat barang, bahan dasar, warna yang jelas.

3. Pelayanan Maksimal.


Namanya juga online, dimana produk tidak dapat dilihat secara langsung. Tentunya wajar jika customer sering melemparkan pertanyaan seputar produk yang akan dibelinya. Pelayanan maksimal dan cepat dalam merespon pertanyaan tentunya menjadi ciri khusus bisnis online tanpa modal.

4. Mencantumkan Nomor Rekening.


Apalagi poin ini, semua bisnis online harus menggunakan nomor rekening bank sebagai bentuk transaksi pembayarannya. Dengan kejelasan no rekening, maka kejelasan bisnis pun akan bisa dilacak. Walaupun kadang menggunakan nomor rekening pribadi, tetapi biasanya nomor rekening tidak akan bisa dibuat tanpa identitas yang jelas.

5. Menjamin Untuk Memeriksa Kondisi Produk Yang Dijual Sebelum Dikirimkan.


34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui


Toko fisik/toko offline yang baik biasanya pasti akan memeriksa kondisi produknya secara seksama sebelum dijual kepada pembelinya. Apalagi di bisnis online. Pemeriksaan produk wajib hukumnya sebelum dikirimkan! Dengan adanya jaminan pemeriksaan produk, maka pembeli akan merasa bahwa produknya yang dipesannya memiliki kualitas yang terjamin. Berikan juga jaminan kepada konsumen untuk selalu membuat packaging yang kuat, dan dilapisi bubble wrap pada produk yang dikirim.

6. Testimoni.


Bisnis online  yang terpercaya pasti memiliki testimoni dari pelanggan, atau customer yang telah menikmati barang/jasa yang dipesan. Testimoni menjadi strategi pengikat bahwa online shop tersebut jujur, terpercaya dan berkualitas baik. Ciri ini sangat gampang untuk dilihat.

Menemukan Ide Bisnis Online Tanpa Modal.

Bagi pemula yang ingin merintis bisnis tanpa modal, ada beberapa hal yang dapat menjadikan ide dan sumber inspirasi untuk menentukan bisnis online apa yang cocok untuk di jalankan. Mungkin beberapa opsi dibawah ini dapat membantu menemukan ide tersebut :

1. Buatlah Mapping.


Buatlah mapping tentang jenis bisnis yang bakal dipilih. Yaitu dengan cara membuat daftar atau list tentang hal apa saja yang bisa dijadikan ladang bisnis. Buat sebanyak mungkin sampai tidak ada lagi tersisa dalam pikiran tentang hal yang ingin kita buat.

2. Rampingkan List.


Lakukan penyaringan yang ada menjadi beberapa yang prioritas. Daftar yang sudah ditulis tadi sortir menjadi beberapa yang memang sudah dipastikan akan lebih baik, laku di pasaran, dan bisa dijalankan dengan tanpa modal dan dengan kemampuan yang dimiliki.

3. Analisis Lalu Putuskan.


Setelah dipilih, kemudian lakukan analisis apakah pilihan itu sudah tepat. Setelah menjadi 1 pilihan yang tepat, selanjutnya pastikan bahwa bisnis itu adalah pilihan yang benar-benar tepat. Yang dapat diukur dan dijalankan dengan kemampuan yang ada. 

Dan yang paling penting ; pada prinsipnya jadikanlah bisnis Anda itu adalah sesuatu kegiatan yang menyenangkan. Dan hasilnya dapat mendatangkan kebahagiaan di dalam diri Anda (passion). Sehingga Anda dapat terhindar dari kebosanan dan kejenuhan dalam menjalani bisnis tersebut di kemudian hari.

Demikian penjelasan bisnis online tanpa modal. Mudah mudahan tulisan ini dapat memberikan informasi yang jelas, dan bermanfaat bagi pemula yang ingin membangun bisnis online. Walau tidak semudah kata-kata, namun usaha jenis ini lebih memberikan kepuasan secara universal, baik bagi diri penulis sendiri, maupun bagi orang lain. Fyi ; penulis sendiri juga adalah seorang praktisi bisnis toko offline dan online. Akses tanpa batas di bisnis ini mampu memberikan manfaat yang banyak dalam perkembangan dan kualitas hidup pemiliknya (termasuk saya) ☺.

Artikel Menarik Lainnya : Kisah Faisal Adlan (Ical Toys), Salah Seorang Seller Hot Wheels Sukses di Indonesia

Bisnis ini juga bisa sama-sama dijalankan bersamaan dengan bisnis off line kita. Meski saling mempengaruhi kreatifitas, bisnis online tanpa modal dapat menjadikan persaingan dalam dunia bisnis menjadi semakin berwarna di indonesia. Karena saking fleksibelnya waktu dalam menjalankannya, membuat bisnis ini dapat dilakukan oleh siapa saja.

So, Anda mau tunggu apalagi? 

Semua informasinya sudah didapatkan di artikel ini, kini segeralah action! He-he-he ☺

Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam.


Penulis by : Bang izal.

4 Responses to "34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui"

  1. Saya juga seorang pedagang. Yang penting intinya ,pesaing kita jangan dijadikan musuh dan jangan berberharap pesaing kita wasalam usahanya.
    Rezeki tidak terduga datangnya, Melayani dengan hati dan ramah tamah, mampu memikat hati pula.
    Niatkan pula, bergadang tidak hanya sekedar mendapatkan duit tapi juga mendapatkan suadara.
    SEmoga laris manis,... dan jangan lupa iklan diblog saya :)
    Ah jadi promosi nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha 😁😁😁

      Kalimat terakhirnya itu lho, greget banget om. 😀

      Ya betul om, bersainglah secara sehat, sportif dan fair.

      Dalam segi bisnis kita boleh bersaing, tapi hubungan baik antara sesama pelaku wirausaha harus tetap dijaga. Rezeki sudah ada takarannya masing2, jadi jangan takut kalau ada kompetitor baru, justru kita harus bisa belajar dan 'mencuri' ilmu dari mereka.

      Semoga makin sukses ya om dan makasih atas kunjungannya dimari. 😊

      Delete
  2. Inilah yang dinamakan persaingan, musti punya strategi yang pas.... meski harus dengan sedikit belajar dari musuh

    ReplyDelete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel