Postingan Unggulan

Panduan Lengkap Usaha Jajanan Rumahan, Layak Untuk Anda Coba

15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses

Merintis usaha dari nol hingga bisa memiliki pelanggan yang loyal, bukanlah hal yang mudah seperti membalikan telapak tangan. Dibutuhkan tekad dan kemauan yang kuat, agar kita mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. 

Hal itulah yang telah saya tanamkan pada diri saya sendiri (penulis), ketika hendak memulai bisnis toko mainan (offline) sekitar 9 tahun yang lalu (tahun 2010). Kemudian pada tahun 2013 saya mulai merintis membuka toko online. 

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan pengalaman saya tersebut kepada Anda semuanya.

Ketika akan memulai sebuah bisnis online, hendaknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang teknik, dan cara memulai bisnis online dari nol (dengan benar). Dengan mengetahui hal tersebut, tentu Anda akan dapat memulai bisnis online tersebut secara lebih baik.


Baca juga : 5 Jenis Bisnis Online dan Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Apabila Anda sudah pernah mendapatkan referensi yang cukup (dari internet) tentang teknik dan cara memulai bisnis online, maka segeralah action. Agar langkah Anda untuk menjadi pebisnis online yang sukses dapat semakin meyakinkan, maka simaklah beberapa informasi tambahan berikut dibawah ini. Yaitu tentang cara memulai bisnis online, dan beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

Cara Memulai Bisnis Online.


15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses
Ilustrasi Bisnis Online


Untuk memulai sebuah bisnis online, maka Anda harus mengetahui tentang hal apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu. Step by step secara teratur dan terarah, agar bisnis bisa berjalan baik. 

Lakukanlah langkah-langkah memulai bisnis online di bawah ini. Mulai dari tahap paling awal, hingga akhirnya bisnis Anda bisa berjalan lancar. Berikut cara memulai bisnis online dari nol. 

Sebagai langkah permulaan antara lain :

1. Tentukan Jenis Usaha.


Ingin buka usaha apa ya? Itu pasti pertanyaan pertama yang akan muncul ketika ingin memulai bisnis, apalagi dari nol. Menentukan jenis usaha sangat penting karena berhubungan erat dengan peluang usaha itu sendiri nantinya di dunia bisnis online. Kesalahan memilih jenis usaha pada permulaan akan mengakibatkan masalah fatal di kemudian hari.

Sebaiknya dalam menentukan jenis usaha harus sangat hati-hati, karena akan menentukan keberlangsungan bisnis Anda ke depannya. Dalam menentukan jenis usaha seharusnya disesuaikan dengan beberapa hal di bawah ini:

• Minat, passion dan keahlian. 

Tentu saja minat dan keahlian pelaku bisnis sangat penting untuk dipertimbangkan ketika hendak menentukan jenis usaha. Jika memilih usaha atau bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian, maka bisnis itu akan lebih terasa mudah dan menyenangkan bagi pelakunya. Pemilik bisnis bisa menjalankan usahanya, sekaligus juga dapat menyalurkan minat plus keahlian di dalam dirinya.

Dengan begitu, maka pelaku bisnis online akan jadi lebih enjoy ketika menjalankan usahanya. Karena dia sudah memiliki minat, keahlian dan passion di bidang tersebut. Bisnisnya juga tidak akan pernah terasa membosankan, karena sang pelaku bisnis telah memiliki ketertarikan dan minat besar pada bidang usaha yang di pilihnya itu.

Salah satu contoh nyata tentang perpaduan antara minat, passion dan keahlian adalah kisah rekan saya sesama pebisnis. Yakni om Faisal Adlan. Saya telah pernah menulis artikel lengkap tentang biografi dan profilnya. Silahkan simak artikel berikut : Kisah Faisal Adlan (Ical Toys), Salah Seorang Seller Hot Wheels Sukses di Indonesia

• Sumber daya yang ada. 

Selain mempertimbangkan minat dan keahlian, selanjutnya Anda harus mempertimbangkan sumber daya yang ada. Sumber daya ini meliputi sumber daya manusia (SDM), teknologi dan dana (modal). Semua sumber daya yang ada harus dipertimbangkan dengan baik, demi untuk memudahkan Anda dalam memulai bisnis online nantinya. 

Apalagi jika Anda sama sekali belum pernah memiliki bisnis sebelumnya, maka inilah salah satu faktor dalam memulai bisnis online dari nol yang harus diperhatikan. Dengan mempertimbangkan dua hal di atas, maka akan relatif lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis usaha yang paling tepat. Jika Anda telah memperhatikan faktor ini dengan baik, maka bisa dipastikan ; pemilihan jenis usaha Anda nantinya akan sangat sesuai. Dan pada akhirnya, bisnis yang Anda jalani akan menjadi sangat menyenangkan.

15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses
Ilustrasi langkah-langkah bisnis online 


2. Lakukan Survey Secara Menyeluruh.


Setelah menentukan jenis usaha atau bisnis online yang akan dijalankan, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan survey. Bagi seorang pemula yang akan memulai bisnis dari nol, maka sangat penting melakukan survey. Gunanya untuk mengetahui keadaan di dunia bisnis online tersebut (tentang prospek, peluang, tingkat persaingan, dll). Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda survey sebelum memulai bisnis online :

• Produk.

Lakukan survey produk yang ingin dijual dalam bisnis online Anda. Pilih jenis produk yang memiliki keunikan dan belum/jarang ada di pasaran. Semakin unik sebuah produk, maka akan semakin banyak orang yang akan mencari dan membelinya. Tapi tentu saja Anda harus memikirkan permintaan akan barang tersebut, dan juga pangsa pasar barang yang akan dijual.

Jika produk unik dan banyak permintaan pasar, maka sudah jelas==> bisnis online Anda akan lebih mudah berkembang, serta berpotensi untuk sukses nantinya. Untuk itu lakukan survey secara menyeluruh untuk produk usaha yang akan dijual.

• Lokasi.

Setelah melakukan survey produk selanjutnya bisa melakukan survey lokasi. Namun untuk sebuah bisnis online lokasi tidak begitu penting. Hal ini karena pusat penjualan bukan berada di toko fisik (offline), namun pada website yang bisa menjual secara online.

Walaupun begitu, jika pelaku usaha online akan memproduksi produknya sendiri, maka juga penting melakukan survey lokasi untuk produksi. Selain itu sebuah bisnis online yang memiliki kantor dengan alamat yang jelas, akan lebih dipercaya oleh para pelanggan. Para pelanggan akan lebih memilih toko online dengan alamat yang jelas sehingga tampil terpercaya.

• Kompetitor.

Dalam berbisnis tidak bisa hanya menyiapkan bisnis dari internal saja, tetapi juga harus memperhatikan faktor eksternal. Kompetitor misalnya, adalah hal penting yang harus diperhatikan saat akan memulai sebuah bisnis. Survey secara lengkap dan mendalam, kompetitor dalam bisnis yang akan digeluti.

Dengan demikian akan mengetahui apa saja yang membuat kompetitor sukses atau yang membuat kompetitor gagal. Bagi pemula sangat penting untuk melakukan survey terhadap kompetitor dan mengambil banyak pelajaran dari sana untuk kemajuan bisnisnya nanti.

Baca juga : Jangan Cemas Jika Ide dan Strategi Toko Online Anda Di Tiru Kompetitor, Ini 7 Alasannya

• Tingkat persaingan.

Survey tingkat persaingan di lapangan penting dilakukan sebagai salah satu cara memulai bisnis online dari nol. Dengan melakukan survey tingkat persaingan maka akan mengetahui seberapa banyak orang yang melakukan usaha sejenis. Dari hasil survey tersebut bisa menentukan strategi untuk menghadapi persaingan di bidang bisnis online nantinya.

Lakukan survey dengan teliti dan menyeluruh terkait produk, harga, layanan dan semua informasi yang diperlukan. Dengan demikian pemula yang akan memulai bisnisnya dari nol bisa menggambarkan persaingan yang akan terjadi dan menentukan strategi memenangkannya.

Nah, itulah yang perlu disurvey untuk memperlancar bisnis online ke depannya. Dengan melakukan survey terlebih dahulu maka pelaku bisnis bisa memperhitungkan hal-hal yang akan terjadi kedepannya.

3. Siapkan Modal Usaha Yang Dibutuhkan.


Hal yang tidak akan pernah lepas dari proses memulai sebuah usaha adalah modal. Modal tidak selalu dalam bentuk uang tunai, namun sebagian besar memang dalam bentuk uang tunai. Bentuk modal bisa bermacam-macam, bisa uang, sumber daya manusia, teknologi, tempat dan lain sebagainya.

Sebagian besar pemula sering kali merasa kesulitan saat harus menyiapkan modal berupa dana tunai. Berikut ini ada beberapa cara menyiapkan modal berupa dana tunai yang bisa dilakukan pemula:

• Maksimalkan dana pribadi. 

Jika memiliki tabungan atau dana pribadi dalam jumlah besar, sebaiknya maksimalkan dana pribadi tersebut untuk modal. Banyak keuntungan yang akan diperoleh jika menggunakan dana pribadi dibandingkan harus meminjam. Setidaknya tidak perlu membayar bunga atau uang jasa untuk uang yang digunakan sebagai modal.

Menggunakan uang sendiri untuk modal tidak akan dibatasi waktu untuk mengembalikannya, berbeda dengan pinjam. Maka dari itu akan lebih baik memaksimalkan penggunaan dana pribadi untuk modal usaha yang akan dimulai.

• Ambil pinjaman jika perlu. 

Namun jika akhirnya uang pribadi tidak mencukupi untuk digunakan sebagai modal usaha maka bisa meminjamnya. Pinjaman bisa diajukan pada pihak-pihak institusi keuangan yang menawarkan pinjaman modal usaha.

Saat ini banyak institusi keuangan yang menawarkan pinjaman untuk keperluan produktif seperti modal usaha kecil. Dengan demikian akan lebih mudah mendapatkan pinjaman untuk memulai usaha dari nol.

4. Lakukan Perencanaan Dengan Matang.


Setelah menentukan jenis usaha, melakukan survey dan menyiapkan modal maka saatnya melakukan perencanaan dengan matang. Meskipun misalnya hanya membuat bisnis online dengan modal kecil, bukan berarti bisa dijalankan tanpa sebuah perencanaan matang.

Kurangnya persiapan dan perencanaan akan menyebabkan kegagalan yang serius pada sebuah bisnis baru. Dengan membuat sebuah perencanaan maka, pelaku bisnis akan mengetahui dimana jalur menjalankan bisnisnya. Kemungkinan tersesat atau salah jalan dalam berbisnis akan lebih kecil kemungkinannya.

Baca juga : The Power of Margin 10 Persen, Strategi Merebut Pasar Online Shop Paling Ampuh

5. Tentukan Produk Usaha Dan Keunikannya.


Setelah perencanaan siap dan matang, maka segera tentukan produk utama yang akan dijual. Akan lebih baik fokus pada satu produk dulu dengan keunikan yang jelas, dibandingkan memiliki banyak produk. Dengan produk yang spesifik maka bisnis online yang dijalankan akan lebih jelas pasar atau sasarannya.

Sebagai contohnya, jika ingin menjual kue secara online, beri ciri khusus pada kue yang akan dijual agar lebih mudah dikenal. Keunikan kue yang akan dijual bisa ditunjukkan pada kemasan, bentuk kue, varian rasa apa pun yang bisa dibuat unik bisa jadi ide. Dengan begitu kue yang dijual akan lebih menarik bagi calon pembeli.

6. Segera Mulai Menjalankan Usaha.


Setelah memiliki modal, perencanaan, produk maka segera mulai lah bisnis online yang sudah diimpikan. Action adalah cara memulai bisnis online dari nol yang sangat efektif, karena terlalu lama merencanakan tanpa segera mulai akan percuma.

Memulai bisnis online dengan segera action akan membuat selangkah lebih maju dibandingkan dengan yang hanya merencanakan. Untuk itu segera action dan mulai lah bisnis online lebih cepat agar lebih baik.

7. Kelola Keuangan Dengan Baik.


Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat bisnis online semakin maju dan dengan cepat memiliki banyak cabang. Untuk melakukan pengelolaan keuangan bisa dilakukan sendiri atau jika perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Salah perhitungan keuangan bisa berakibat fatal pada bisnis online yang baru dimulai.

Sebagai contohnya, kesalahan dalam menentukan modal awal akan menyebabkan perputaran keuangan usaha menjadi macet. Harus dilakukan pemisahan harta atau keuangan antara perusahaan dan pribadi agar pengembangan bisnis bisnis bisa berjalan sesuai rencana.

8. Promosikan Usaha Dengan Baik Dan Benar.


Seperti halnya bisnis pada umumnya, promosi juga perlu dilakukan sebagai cara memulai bisnis online dari nol. Apalagi dari nol yang artinya belum dikenal oleh siapa pun terkait usaha apa, produk yang dijual apa, perusahaan siapa. Semua perlu dipromosikan agar usaha atau bisnis online dikenal oleh khalayak ramai.

Promosi adalah ujung tombak marketing, jika promosi berhasil maka penjualan pasti berhasil juga. Untuk bisnis online promosi bisa dilakukan dengan mengikuti program market place (jika berjualan di market place). Jika memiliki website toko online sendiri maka promosi bisa menggunakan media sosial, atau digital marketing lainnya.

Baca juga : Cara Mendapatkan Pelanggan Toko Online Ala Situs Ecommerce

9. Bangun Jaringan Atau Networking.


15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses


Untuk bisnis online yang dimulai dari nol atau sama sekali belum dikenal, membangun jaringan sangat lah penting. Bangun jaringan pertemanan dengan orang lain atau sesama pebisnis untuk membuka peluang penjualan.

Membangun jaringan tidak hanya memiliki tujuan untuk penjualan tetapi juga berbagi pengalaman bisnis. Semakin banyak networking maka semakin banyak pula pengalaman yang bisa dibagi dan didapatkan untuk menjalankan bisnis.

10. Berikan Pelayanan Terbaik.


Memberikan pelayanan terbaik harus dilakukan agar mendapatkan pelanggan setia yang loyal terhadap produk dan perusahaan. Pembeli akan sangat menyukai jika diberikan pelayanan terbaik dari pemilik toko online.

Jika mampu memberikan pelayanan terbaik, maka hal tersebut adalah nilai lebih bagi sebuah bisnis online. Pelanggan pasti akan mencari lagi dan lagi karena sangat menyukai pelayanan yang diberikan.

Nah, itulah langkah-langkah atau cara memulai bisnis online dari nol yang bisa dilakukan agar bisnis online bisa semakin berkembang. Jika selalu konsisten dalam menjalankan bisnis dan tidak takut gagal, maka dijamin bisnis akan semakin berkembang besar. Ada persiapan khusus yang penting dilakukan dalam bisnis online dan mungkin berbeda dengan bisnis offline yang perlu diketahui.

Persiapan Penting Dalam Membangun Bisnis Online.


Bisnis online memang sedikit berbeda dengan bisnis offline, perbedaan terletak pada sistem promosi dan penjualannya. Dalam bisnis online ada persiapan penting yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis online. Bagi yang akan memulai bisnis online dari nol, penting menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

1. Nama Toko Online Yang Menarik.


Persiapan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan nama toko online yang menarik. Dengan nama toko yang menarik maka akan mampu menarik rasa penasaran dari konsumen yang akan menjadi calon pelanggan.

Pilih nama toko online yang mudah dikenal, menarik dan mudah diingat sehingga mudah melakukan branding. Nama toko online yang menarik akan memudahkan dalam melakukan branding bisnis baru agar mudah dikenal.

2. Website Untuk Bisnis Online.


Selain nama toko online siapkan juga website untuk bisnis online agar lebih luas jangkauan pasarnya. Website memiliki banyak sekali manfaat bagi sebuah bisnis online baru yang dimulai dari nol.

Cara memulai bisnis online dari nol agar cepat menjadi sukses adalah dengan membuat website bisnis. Dengan memiliki sebuah website maka kepercayaan masyarakat akan bisnis online yang dijalankan pasti meningkat. Selain itu juga website akan memudahkan melakukan branding usaha yang baru dirintis.

3. Daftarkan Bisnis Online Secara Resmi.


Sebuah bisnis online juga membutuhkan legalitas meski pun hanya dijalankan secara online, bisnis juga harus terdaftar. Sekarang di Indonesia sangat mudah mengurus ijin usaha resmi, sehingga bisnis akan memiliki legalitas usaha. Bisnis online yang memiliki ijin usaha akan meningkatkan minat dan kepercayaan konsumen kepada bisnis tersebut.

4. Akun Bank Untuk Bisnis.


Sangat penting juga menyiapkan akun bank khusus untuk bisnis, agar transaksi dengan konsumen menjadi lebih lancar. Apalagi bisnis yang dijalankan adalah bisnis online, maka sangat penting memiliki akun bank khusus.

Semua transaksi bisnis online meliputi pembayaran dan lainnya akan dilakukan secara online, maka butuh akun bank khusus untuk bisnis. Akan lebih baik jika menyiapkan akun bank untuk bisnis lengkap dengan layanan internet banking karena akan sangat membantu.

5. Digital Marketing Untuk Promosi.

15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses
Ilustrasi digital marketing dengan Facebook Ads.

Penting juga menyiapkan strategi digital marketing untuk melakukan promosi bisnis online yang dijalankan. Digital marketing adalah cara promosi yang sangat tepat untuk sebuah bisnis online karena promosi akan dilakukan secara online juga. Dengan memiliki strategi digital marketing maka akan lebih mudah melakukan promosi bisnis online.

Sudah dijelaskan di atas jika promosi sangat penting dilakukan jika memulai sebuah bisnis. Maka menyiapkan digital marketing yang tepat akan sangat membantu proses promosi bisnis yang baru dimulai.

Baca juga : 7 Tips Penting Ketika Melakukan Lelang Online Di Facebook

Itulah beberapa hal yang juga penting untuk persiapkan sebelum memulai sebuah bisnis online. Setelah mengetahui cara memulai bisnis online dari nol dan apa saja yang perlu disiapkan, pasti mulai terbayang bagaimana memulai bisnis. Langkah-langkah di atas bisa dijadikan referensi saat ingin memulai bisnis online dengan mudah dan sukses nantinya.

Semoga dapat bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya.

Sukses selalu untuk Anda, salam.


Penulis by : Bang izal.

10 Responses to "15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses"

  1. Mantap semoga semakin sukses usaha dan blognya bang

    ReplyDelete
  2. Aammiin,,,, makasih ya om 😊😊

    ReplyDelete
  3. Blog nya baru atau dah lama ya bang. Kok baru tau saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya blog ini udah lama bos, udah saya bikin sekitar 3 tahun yg lalu,,,,tapi dulu buat jualan mainan,,,nah skrng mau ganti jadi blog pribadi dan foto2 mainannya pelan akan saya hapus satu2, trus di ganti dgn artikel2 yg membahas soal bisnis :)

      btw makasi ya bos udah bersedia mampir :)

      Delete
    2. Kalau agen grosiran di karawang saya belum tahu om,,,

      Saran saya kalau mau beli mainan grosiran, langsung ke pusatnya aja om,,, di daerah asemka jakarta kota.

      Ada beberapa toko yg memberi pelayanan antar barang, tapi ada syarat jumlah belanja minimalnya om, yaitu minimal belanja mainan 20 jutaan keatas.

      Toko yg melayani antar barang diantaranya : Toko sinar mutiara toys dan Toko JN Toys.

      Delete
  4. Sangat menginspirasi banget..
    Ngomong-ngomong bisa dong yah minta channelnya biar bisa buka toko mainan juga di kampung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah niat yg bagus itu mas! Bisnis mainan prospeknya memang sangat menjanjikan lho. 😊

      Channel grosir yg terlengkap udah pernah saya tulis artikelnya mas, yaitu pasar pagi Asemka, pasar Senen dan pasar Gembrong.

      Silahkan di cek aja artikelnya. 😉

      Delete
  5. Mampu bisa bertahan atau
    - Tenggelam dikancah persaingan!!

    kalimat ini adik pinjamya om, sebagai motivasi untuk usaha kecil adik, jasa pembuatan blog.

    terus om, menulis dan berbagi. semoga ada adik-adik terinspirasi dari tulisan pengalaman om.
    dan semoga aja adik bisa ketemu om , sekaligus silahturahmi sesama blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pinjam om,,, silahkan diambil aja, semoga dapat bermanfaat dan menjadi motivasi. hehe :)

      Siaaap,,, saya akan tetap terus menulis dan berbagi, semoga dapat menjadi amal jariyah yg tiada putus2nya untuk saya. Aammiin.

      Wah idenya boleh juga tuh om.
      Kalo mau silaturahmi, main2 aja ketoko saya di daerah kalisari jakarta timur. :)

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel