Postingan Unggulan

25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya

Di dunia modern yang sudah serba digital seperti sekarang ini, sosial media mempunyai peranan yang sangat besar. Facebook, misalnya. Merupakan salah satu sosial media yang paling populer pada saat ini. Tidak sedikit orang yang menggunakan Facebook sebagai media untuk mempromosikan produk mereka. Maka tak mengherankan, jika banyak pula orang yang bertanya tentang cara berjualan online di Facebook.

Seperti kejadian beberapa waktu lalu, penulis mendapatkan pertanyaan dari beberapa pembaca setia blog ini : "Bang izal, gimana sih caranya jualan online di Facebook?"

Saya yakin, masih banyak orang lain yang memiliki pertanyaan sama seperti mereka. Oleh karena itulah, akhirnya artikel ini saya sempatkan untuk menulisnya, demi untuk menjawab pertanyaan tersebut.  

Kenapa Jualan Online Di Facebook?


Menurut data penelitian terbaru, Indonesia merupakan salah satu negara yang warganya adalah pengguna Facebook terbesar di dunia (menduduki urutan ke-4). Pada tahun 2018 pengguna Facebook di Indonesia tercatat hingga 180 juta akun. 

Semakin banyaknya pengguna facebook di Indonesia ini, menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi para pebisnis di negara kita. Pasalnya, Facebook kini semakin berkembang sebagai media yang ampuh untuk mempromosikan barang/produk. Yaitu dengan adanya fitur marketplace yang telah diciptakan oleh Facebook. 


Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya
Ilustrasi Fitur Maketplace di Facebook.

Coba Anda bayangkan, berapa banyak jumlah orang yang akan melihat barang yang dipromosikan? 

Sangat besar sekali tentunya!

Ditambah lagi, yang akan melihat postingan produk tidak hanya terbatas pada teman Facebook Anda saja. Karena Anda juga bisa berpromosi di grup-grup Facebook yang relevan dengan produk Anda. 

Di grup Facebook ini semua orang akan dapat melihat postingan produk Anda. Dan saat ini ada banyak sekali grup di Facebook. Sebagian besar grup tersebut biasanya terbuka untuk umum. Oleh karena itu, bagi siapa pun yang ingin bergabung, maka dapat bergabung di grup tersebut. Setelah itu, Anda dapat memposting barang dagangan yang akan dijual. Tentu saja jenis produk yang diposting harus sesuai dengan topik grup. Contohnya seperti grup Facebook dengan topik Jual Beli Mainan yang penulis asuh dibawah ini. 


Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya


Anda boleh bergabung dan bebas memposting produk sebanyak-banyaknya di grup tersebut. Silahkan saja, asalkan masih terkait dengan produk mainan. Sampai detik artikel ini ditulis, grup Jual Beli Mainan itu telah memiliki 32.400 member. Itu baru satu grup jual beli lho,,, bagaimana kalau Anda bergabung sampai 5 atau 10 grup jual beli yang aktif? Tentunya jangkauan pemasaran produk Anda akan lebih luas lagi.   

Namun ada satu hal yang harus di ingat, yaitu baca dan patuhilah semua peraturan yang ditetapkan oleh pengasuh/admin grup tersebut. Sehingga Anda dapat terus leluasa berjualan, dan aman dari sanksi banned admin grup.

Nah, cara berjualan online di facebook seperti ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk menemukan pelanggan. Pelanggan yang akan didapat tidak hanya berasal dari pulau Jawa, namun juga orang-orang dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Facebook terus memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Promosi produk apapun kini akan lebih mudah dengan facebook. Banyaknya netizen pada facebook, membuat barang dagangan cepat laku dan mendapatkan banyak pelanggan.

Artikel Menarik Lainnya : 7 Tips Penting Ketika Melakukan Lelang Online Di Facebook

Produk Apa Saja Yang Dapat Dijual Di Facebook?


Ada berbagai macam jenis produk yang dapat dijual di Facebook. Produk tersebut tidak terbatas pada satu ruang lingkup saja. Hal ini karena pengguna facebook berasal dari segala jenis kalangan. 

Tentunya barang yang mereka inginkan juga pasti berbeda. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut produk yang dijual di facebook juga pastinya beragam. Produk apa saja yang dapat dijual di Facebook biasanya merupakan produk umum. 

Berikut adalah jenis produk yang dapat dijual di Facebook.


1. Produk Kesehatan.


Produk kesehatan merupakan salah satu produk yang dapat dijual secara online di Facebook. Obat-obatan yang dijual biasanya berupa obat herbal, atau obat-obatan yang sulit ditemukan di apotik. Para penjual seperti ini sebenarnya sangat membantu netizen, karena mereka memberikan akses jual beli yang lebih mudah kepada mereka yang membutuhkan.

Produk kesehatan seperti obat-obatan herbal cukup banyak diminati orang. Ditambah lagi produk ini tanpa efek samping. Banyak juga orang yang mencoba mencari produk herbal tanpa bantuan pasar online. Namun, mereka seringkali kesulitan mencarinya di toko fisik. Oleh karena itu, sebagian besar dari mereka akhirnya 'menyerah', dan kemudian berikhtiar mencarinya di pasar online (marketplace).

Inilah salah satu faktor, kenapa jualan produk kesehatan lebih dianjurkan di Facebook. Sebab produk kesehatan pasti banyak peminatnya. Selain itu, dengan berjualan di Facebook, maka secara tidak langsung Anda telah membantu orang-orang tersebut. Karena mereka relatif menjadi lebih mudah untuk mendapatkan produk kesehatan yang sedang dicarinya.

2. Produk Kecantikan.


Produk yang satu ini merupakan salah satu produk yang sedang laris di pasaran. Pasalnya, saat ini bersolek sudah menjadi 'kebutuhan' tersendiri bagi para wanita. Terlebih wanita-wanita yang berdomisili di kota besar. Penampilan seolah menjadi hal yang sangat diperhatikan. Bagi sebagian wanita, berdandan itu tidak saja sekedar untuk menarik perhatian lawan jenis, namun juga sebagai penunjuk integritas diri mereka. Mereka ingin terlihat lebih anggun dan berkelas daripada wanita yang lainnya.

Nah di sinilah peluang emas bisnis produk kecantikan tersebut. Anda harus jeli menangkap peluang tersebut. Dan salah satu media terbaik untuk menjual produk kecantikan adalah di Facebook. Anda dapat menawarkan produk kecantikan itu kepada teman-teman dekat Anda. Misalnya alumni teman sekolah, teman kuliah, teman kerja, dll. Tentu Anda juga bisa menawarkan produk tersebut kepada kenalan Facebook Anda yang lainnya.

Produk kecantikan ini dapat berupa kosmetik seperti lipstik, bedak, parfum, maskara dan sebagainya. Menjual produk ini secara online tentu tidak akan ada ruginya bagi Anda. Sebab dagang di Facebook ini bisa dilakukan dengan modal sekecil-kecilnya dengan peluang untung yang sebesar-besarnya. 

Kok bisa? 

Karena modal Anda hanya kuota internet, dengan segmen dan pangsa pasar yang luas. Ditambah lagi kini banyak wanita yang mencari produk kecantikan keluaran luar negeri. Contohnya seperti produk kosmetik dari Korea. Tak heran, jika kini banyak orang yang menjual produk kecantikan dari luar negeri di marketplace Facebook.

3. Produk Fashion.


Kebanyakan produk yang dijual secara online di Facebook merupakan produk untuk wanita. Namun jangan salah, karena produk fashion tidak hanya ditujukan untuk kaum wanita saja. Produk ini dapat berupa tas, sepatu, kaos, rok maupun hijab. Banyaknya model yang ada, membuat jenis produk ini tidak pernah berhenti beredar di pasaran.

Banyak orang yang berpikir, bahwa produk fashion ini adalah salah satu produk primadona untuk dijual. Terlebih bagi orang yang baru belajar cara jualan online di Facebook. Banyak diantara mereka yang memilih menjual produk ini karena biasanya cenderung laris di pasaran. Dan hal ini memang benar adanya, karena jenis produk fashion selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Itulah sebabnya, meskipun telah banyak orang yang berjualan online produk ini, tapi prospeknya tetap tidak ada matinya.

4. Produk Elektronik.


Untuk produk yang satu ini tentunya juga pasti banyak peminatnya. Alat elektronik kini menjadi kebutuhan sehari-hari di kalangan masyarakat. Tidak sedikit orang mencari barang elektronik seperti smartphone, vacuum cleaner, laptop, dan alat elektronik lainnya secara online. Hal ini terjadi karena sebagian dari mereka terkadang kesulitan untuk menemukan produk elektronik tersebut di daerahnya.

Untuk harga jual produk elektronik ini, terlebih pada barang yang dijual secara online biasanya cukup bersaing. Selain itu, berjualan produk elektronik ini juga susah-susah gampang. Apabila produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, pasti akan di komplain oleh pembeli. 

Oleh karena itu, para penjual pun harus pintar-pintar dalam memilih produk elektronik. Garansi untuk barang rusak bawaan dari pabrik perlu diterapkan. Karenanya, Anda harus membuat perjanjian tentang garansi ini kepada suplier produk Anda. Sebab karakteristik barang elektronik ini berbeda dengan jenis produk lainnya. Artinya jika ada satu produk yang bagus, yang lainnya belum tentu bagus juga. Maka dari itu, perlu adanya garansi pada produk elektronik. Biasanya garansi ini (umumnya) berlaku selama 1 tahun.

5. Produk Makanan.


Produk ini biasanya banyak dicari oleh para pecinta kuliner. Makanan menjadi suatu hal yang lazim untuk dijual online saat ini. Khususnya ketika mendekati momen lebaran, pasti banyak kue kering yang dijual. 

Kebanyakan makanan yang dijual adalah makanan ringan, dan mempunyai masa berlaku lebih lama. Hal ini untuk menghindari terjadinya pembusukan saat pengiriman makanan. Jenis produk makanan yang dijual, juga dapat berupa makanan yang tidak biasa didapatkan di dalam negeri. Sebagai contoh adalah coklat asli belgia, berbagai jenis keju dan sebagainya. Beberapa bahan kue juga dapat dijual secara online.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Kesalahan Pebisnis Online Pemula

Cara Jualan Online Di Facebook.


Setelah mengetahui produk yang dapat dijual secara online di Facebook, kini kita akan membahas tentang cara memulai berjualannya. Meskipun nampak terbilang mudah, namun masih banyak hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda mulai jualan online di Facebook. Oleh karena itu, mari pelajari cara jualan online di Facebook yang baik dan benar berikut ini.

1. Buatlah Halaman Penggemar (Fans Page Facebook).


Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan halaman Facebook. Halaman yang dimaksud disini bukanlah akun pribadi ya, namun sebuah halaman khusus untuk penggemar Anda. Tujuan dibuat halaman ini adalah untuk membuat para pembeli percaya terhadap produk/barang dagangan Anda. Selain itu, akun fans page ini juga dapat membuat Anda sebagai penjual terlihat lebih profesional.

Segala jenis promosi dan semua yang terkait dengan penjualan dilakukan di akun ini. Di halaman fans page ada fitur tokonya, dimana produk yang tercantum di toko halaman facebook ini nantinya juga akan muncul di fitur marketplace Facebook. Kemudian seting pengaturan jangkauan halaman fanpage ini ke publik (terbuka untuk umum). Dengan men-seting ke publik, sehingga akan lebih banyak orang yang melihat produk Anda. 

Kalau halaman fans page Anda menarik, biasanya ada orang yang me-like halaman Anda. Untuk mempercepat daftar jumlah penggemar, maka Anda dapat mengundang teman-teman yang ada di list pertemanan Facebook untuk klik 'like' halaman Anda.

Kemudian jangan lupa untuk memberikan informasi yang jelas tentang halaman Anda. Tujuannya adalah agar akun Anda tidak dianggap sebagai akun abal-abal atau penipu oleh orang lain. 

Berikan informasi lengkap seperti alamat, kontak person yang dapat dihubungi, dan penjelasan tentang bisnis Anda. Cantumkan juga foto profil yang jelas sesuai dengan diri Anda. Sebagai contoh halaman fans page yang memiliki data informasi yang lengkap, silahkan Anda lihat halaman milik saya (penulis) dibawah ini.


Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya


2. Siapkan Produk Yang Akan Dijual.


Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah produk yang akan dijual. Tidak mungkin berjualan di Facebook tanpa menyiapkan dengan jelas produk apa yang akan dijual. Pastikan pula produk itu jelas dan satu tipe (jika bisa). Misalnya Anda adalah pedagang mainan remote control, maka produk yang Anda jual adalah semua jenis mainan yang menggunakan remot control. Contoh seperti RC helikopter, RC mobil, Drone, dll.

Jadi jangan sampai Anda jual mainan remote control, tapi di postingan produk lainnya Anda jual mainan barbie (misalnya). ☺

Sebenarnya tidak salah juga jika Anda jual mainannya campur-campur semua jenis dan tipe. Tapi sebaiknya Anda menjual lebih spesifik ke satu tipe dan jenis produk saja (seperti mainan remote control diatas). Hal ini agar para pengunjung mengetahui bahwa toko online Anda memiliki ciri khas. Cara jualan online di Facebook pada poin yang kedua ini mempunyai peranan yang sangat penting. Produk yang dijual sebaiknya lebih spesifik dan berkualitas baik. Hal ini bertujuan agar para pembeli merasa puas, dan kembali membeli produk toko online Anda di waktu berikutnya.

Pastikan produk yang akan Anda jual diambil gambar/fotonya. Kemudian, posting foto tersebut di halaman fanpage Anda. Kualitas foto produk harus bagus, karena hal itu sangat mempengaruhi minat pembeli. Gambar foto yang Anda posting juga harus sesuai dengan barang aslinya.

3. Manajemen Produk Yang Dijual.


Berikan deskripsi lengkap mengenai produk yang akan dijual. Anda juga harus selalu memberikan informasi tentang ketersediaan barang, termasuk ukuran, jenis, dan lain-lain.

Setelah itu, lakukan manajemen pada produk yang dijual tersebut. 

Untuk manajemen produk, contohnya seperti membuat daftar barang apa saja yang sudah terjual. Anda harus membuat album foto terlebih dahulu di halaman fanpage Anda, kemudian beri nama album 'SOLD OUT'. 

Jadi jika sebuah produk sedang kosong/stoknya habis, maka masukan dulu ke album foto 'SOLD OUT'. Nah jika nanti stok produknya sudah ada kembali, Anda tinggal memindahkan kembali foto dari album 'SOLD OUT' itu ke postingan barang yang akan dijual. 

Dengan cara seperti di atas, maka tidak ada pembeli yang akan merasa kecewa, karena mereka tahu produk mana saja yang sedang habis terjual (sold out). 

Sebaliknya jika Anda biarkan barang yang sudah habis namun gambar masih dipajang saja, maka hal ini akan dapat mengecewakan pembeli. Pasalnya, pembeli juga akan berpikir dua kali untuk memilih barang yang lain, karena khawatir jika foto tersebut juga ternyata sold out. Oleh karena itu, penting untuk selalu men-cek dan update ketersediaan barang di toko online Anda.

4. Analisa Kompetitor Dan Target Pasar.


Cara jualan online di Facebook selanjutnya yaitu melakukan analisa kompetitor. Dengan melakukan analisa, berarti Anda sedang mempelajari strategi kompetitor Anda. Pasalnya, dengan mengamati  kompetitor dalam jualan online, maka akan dapat diketahui pula taktik dan cara dalam menghadapi mereka. 

Salah satunya adalah bagimana cara dan strategi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena sangat berpengaruh pada kepuasan pembeli dan pelanggan Anda.

Hal yang dapat dilihat dari kompetitior misalnya pelayanan yang diberikan, kelebihan dan kekurangannya. Kemudian, tak lupa untuk ikut memposting barang yang banyak mendapat tanggapan di toko online kompetitor tersebut. Banyak tanggapan = banyak peminatnya, betul? ☺ 

Selain itu, jika Anda lihat banyak tanggapan dan feedback positif dari pembeli ditoko online kompetitor itu, maka Anda jangan sampai mau kalah. Anda harus bertekad untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik (daripada kompetitor itu). 

Artikel Menarik Lainnya : Jangan Cemas Jika Ide dan Strategi Toko Online Anda Di Tiru Kompetitor, Ini 7 Alasannya

Jangan lupa pelajari juga target pasar penjualan online. Target pasar ini sangat penting untuk diketahui, karena dapat menentukan tujuan kepada siapa produk tersebut akan dijual. Kemudian, target pasar ini juga dapat memberikan kisi-kisi batasan produk, sehingga jadi lebih jelas produk apa yang paling tepat untuk Anda jual..

5. Lakukan Promosi.


Promosi merupakan hal yang paling penting lainnya. Pasalnya, tanpa promosi produk yang dijual tidak akan banyak diketahui oleh orang lain. Promosi ini sangat berperan penting dalam cara jualan online di Facebook. Banyak orang akan lebih mengenal suatu produk berkat promosi yang dilakukan. 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk promosi suatu produk online.


Dalam promosi juga perlu melibatkan masalah apa yang muncul. Kemudian merujuk pada produk yang dijual sebagai solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, postingan yang ada tidak melulu mengarah pada penjualan, dan untuk keinginan pribadi. Promosi dapat dilakukan juga dengan melalui Facebook Ads dan dari mulut ke mulut.

Mulai dari mulut ke mulut seperti mempromosikan kepada sanak saudara dan teman. Kemudian promosi juga dapat dilakukan di media sosial lain seperti Instagram, Twitter dan lainnya. Tidak hanya itu, Anda dapat pula mengunjungi grup-grup yang ada di Facebook, untuk kemudian memposting produk Anda.

Di era digital seperti saat ini, promosi terbilang cukup mudah karena banyak sosial media yang digunakan. Tidak hanya itu, banyak pula orang yang sekarang percaya dengan online shop. Promosi juga dapat dilakukan dengan memposting testimoni para pelanggan. Kepuasan para pelanggan merupakan senjata ampuh untuk menarik pelanggan lainnya untuk ikut bergabung.

6. Evaluasi Penjualan.


Cara jualan online di Facebook lainnya yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan evaluasi penjualan. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari produk yang dijual. Tidak hanya itu, dengan adanya evaluasi ini diharapkan mampu mendorong peningkatan penjualan. Hal ini karena evaluasi dapat membantu membenahi segala kekurangan yang ada.

Evaluasi penjualan dapat dilakukan setiap sebulan sekali. Dari sini akan tampak progress dari penjualan tersebut, misalnya seperti barang apa yang paling banyak diminati. Dengan melihat komentar positif dari pelanggan ini, maka produk yang disukai dapat ditambah. Evaluasi ini sangat berpengaruh pada strategi apa yang akan digunakan.

Tips Jualan Online Di Facebook.


Jualan online di Facebook membutuhkan sesuatu yang ekstra dan berbeda dengan jualan biasanya. Pasalnya, jualan online di Facebook ini produk yang dijual haruslah update karena banyaknya pesaing yang ada. 

Tips jualan online di Facebook akan diuraikan sebagai berikut:

1. Mengatur Daftar Tambah Teman.


Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya


Tips pertama yaitu memanajemen daftar tambah teman. Menambahkan teman yang dikenal di Facebook tentu juga menambah peluang banyaknya orang yang akan melihat produk yang dijual. Namun, sebaiknya dimanajemen dengan baik, yaitu seperti menghapus daftar teman yang tidak disetujui jika telah dikirim permintaan setelah tiga hari.

Kemudian mencari teman lainnya untuk ditambahkan. Tips untuk cara jualan online di Facebook ini terbilang sangat efektif. Hal ini untuk mengurangi terjadinya risiko blokir dari pihak Facebook sendiri.

2. Melakukan Update Konten 3x Sehari.


Tips selanjutnya adalah dengan melakukan update konten sebanyak 3x sehari. Hal ini dimaksudkan untuk menghapus barang yang sudah habis terjual dan menambahkan barang baru yang datang. Maksudnya untuk tidak memberikan harapan palsu kepada pelanggan jika barang yang diinginkannya itu sudah tidak ada.

Update konten juga bertujuan bahwa akun yang digunakan itu aktif. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar produk barang selalu muncul di post pelanggan.

3. Berinteraksi Dengan Audience.


Audience mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu usaha online. Pasalnya, audience adalah mereka yang akan membeli produk kita. Oleh karena itu, menjawab setiap pertanyaan audience yang berkaitan dengan produk itu sangat penting. Pelayanan yang ramah, sigap, dan cepat pasti akan disukai oleh semua orang.

Terlebih lagi jika berjualan di Facebook, dimana susah untuk bertemu di dunia nyata. Tak heran jika interaksi ini sangat berdampak bagi keberlangsungan usaha. Para pembeli tentunya akan lebih percaya pada online shop dengan respon cepat. Pasalnya, mereka juga mencari para penjual yang mudah untuk dihubungi.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Jenis Bisnis Online dan Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

4. Bergabung Dengan Grup Bisnis Yang Relevan.


Grup-grup yang makin banyak muncul di Facebook itu pasti karena suatu alasan. Tidak mungkin jika setiap grup yang ada itu muncul tanpa tujuan. Tak heran jika bergabung di suatu grup akan sangat menguntungkan pihak pebisnis tertentu. Oleh karena itu, tips cara jualan online di Facebook di poin ini perlu untuk dicoba.

Bergabung dengan grup yang berkaitan dengan produk online yang dijual tentunya akan sangat menguntungkan. Dalam suatu grup pastinya yang tergabung adalah mereka yang mempunyai kebutuhan di grup tersebut. Oleh karena itu, dengan bergabung di grup Facebook yang relevan, maka promosi barang juga akan lebih mudah.

Untuk mendapatkan pelanggan juga pastinya akan lebih mudah melalui grup yang relevan. Tak heran jika Anda bergabung di grup yang sesuai dengan jenis produk yang dijual, cenderung akan lebih membuahkan hasil. Grup tersebut tentunya juga bisa digunakan sebagai ladang mencari pelanggan. Sekaligus untuk konsultasi/sharing masalah yang ada pada bisnis online Anda dengan pedagang online lainnya.

Demikianlah panduan dan informasi lengkap mengenai cara jualan online di Facebook. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

2 Responses to "Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya "

  1. Pengembalian barang min 1x24 jam dan berjualan di event2 seperti pasar pagi/pasar malam itu cara ampuh banget yg kayaknya jarang digunakan orang lain Bang. Mantap tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak 😊

      Semoga bermanfaat ya 😊

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel