Postingan Unggulan

Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta

14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Di era milenial sekarang ini mencari uang tidak mesti dengan cara membanting tulang. Anda tidak perlu harus bekerja kasar siang dan malam. Sebagai bagian dari generasi milenial, Anda bisa mencari uang dengan cara kerja cerdas. Salah satu kerja cerdas tersebut adalah dengan cara menjadi seorang blogger. 

Menjadi seorang blogger tidak menuntut Anda mesti menarik otot, atau bekerja dibawa sinar terik matahari. Anda cukup bekerja dirumah saja. Dan ketika Anda telah sukses menjadi blogger, maka pundi-pundi uang akan rutin mengalir ke rekening Anda setiap bulannya. 

Namun, tentu saja tidak semua orang mengetahui cara mendapatkan uang dari blog. Oleh karena itulah panduan ini sengaja saya tulis. Mudah-mudahan saja isinya dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Mari simak uraian selengkapnya dibawah ini.

Langkah-Langkah Menghasilkan Uang Dari Blog.


14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog



Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mendapatkan uang dari blog, maka hendaknya Anda menyiapkan beberapa langkah penting. Dengan melakukan beberapa langkah penting tersebut, sehingga proses untuk menghasilkan uang dari blog Anda dapat (relatif) menjadi lebih mudah. 

Adapun langkah pertama yang harus dilakukan adalah ; menentukan topik dan target pembaca blog Anda. Langkah ini merupakan bagian terpenting ketika akan mulai membuat sebuah blog. 

Mungkin Anda akan bertanya : "Memangnya mesti menentukan topik dulu ya bang? Kalau gak dilakukan memangnya kenapa?"

Ya gak apa-apa sih,,, gak ada yang melarang kok,,, ☺

Hanya saja sangat disarankan agar Anda menentukan topik blog terlebih dahulu. Karena jika tidak menentukan topik sejak awal, maka isi blog Anda akan cenderung berkembang tanpa arah. Kalau terus di biarkan, ujung-ujungnya malah menjadi blog gado-gado (topik campuran). Biasanya sih seperti itu.

Dan banyak blogger senior yang berpendapat, bahwa nilai BPK (biaya per klik) iklan blog gado-gado cenderung kecil. Penyebabnya karena iklan yang muncul tidak relevan dengan isi blog tersebut, sehingga nilai bid iklannya rendah.

Sangat berbeda sekali dengan blog niche yang nilai BPK iklannya cenderung tinggi. Oh iya,,, Saya telah menulis sebuah artikel yang berisi penjelasan lengkap tentang apa itu blog niche. Silahkan baca artikel berikut : Cara Mencari Niche Blog Terbaik Dan Ramai Pengunjung (Plus Cara Monetisasinya)

Nah, jika memang Anda berniat membuat blog untuk tujuan di monetise, maka di sarankan untuk membuat jenis blog niche sejak awal. Sebab blog niche dikenal memiliki nilai BPK iklan yang lebih tinggi ketimbang blog gado-gado.   

Setelah menentukan topik dan target pembaca, maka langkah selanjutnya adalah membuat blog itu sendiri. Tentang tutorial cara membuatnya silahkan nanti Anda searching di Google. Saya rekomendasikan tutorial cara membuat blog yang bagus diantaranya adalah yang ditulis oleh Mas Sugeng (Sugeng.id), dan Mas Dharmawan (PanduanIM.com)

Setelah selesai membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah mengisi blog Anda tersebut dengan konten yang menarik.

Berusahalah membuat konten artikel yang berbobot dan bermanfaat. Jika artikel Anda mampu membantu/memberikan solusi kepada pengguna (pembaca/pengunjung), maka besar kemungkinan pengunjung tersebut akan datang kembali di waktu berikutnya (ke blog Anda). 

Langkah penting selanjutnya adalah mempromosikan blog Anda. 

Promosi ini penting dilakukan agar orang-orang dapat mengetahui kehadiran blog baru Anda.

Sarana promosi yang cukup efektif adalah di media sosial. Anda dapat mempromosikan blog Anda dengan cara men-share setiap artikel terbaru ke akun media sosial Anda (Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dll).

Setelah semua tahapan penting di atas telah berhasil Anda lakukan, maka tibalah saatnya bagi Anda untuk menentukan metode monetisasi yang tepat, agar blog yang Anda bangun bisa menghasilkan uang.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog.


Sebenarnya banyak cara mendapatkan uang dari blog, namun pada artikel ini saya akan mengulas beberapa cara yang paling populer. Berikut ini cara-caranya :

1. Memasang Iklan PPC.


Cara mendapatkan uang dari blog yang pertama adalah memasang iklan PPC. PPC atau singkatan dari pay per click. PPC ini merupakan salah satu model mencari uang di blog.

Jadi seorang blogger akan mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung. Di Indonesia terdapat dua penyedia iklan PPC terpopuler, yakni Google Adsense dan Kliksaya.

Bagi para blogger yang ingin menggunakan cara ini, maka tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari pengiklan. Karena para penyedia PPC dari pihak ketiga tersebut (Google Adsense, Kliksaya, dll) telah menyediakan iklannya. Anda hanya perlu mendaftarkan blog Anda sebagai publisher Google Adsense (atau penyedia yang lainnya). Dan jika pengajuan Anda di terima, maka Anda hanya tinggal memasang script/kode iklan dari Google Adsense tersebut di blog Anda. 

Tugas utama Anda adalah mengupayakan agar pengunjung blog (trafik) Anda terus meningkat. Caranya tentu saja dengan memberikan sajian yang terbaik kepada pengunjung blog Anda. Diantara sajian terbaik itu antara lain ; menulis artikel yang berkualitas, tampilan blog yang nyaman, dan loading blog yang cepat. Intinya utamakan kepuasan pengguna (user experience).

Selain itu jangan lupa untuk mengatur posisi iklan terbaik, sehingga peluang RKT (rasio klik tayang) iklan dapat meningkat. Jika jumlah klik iklan tinggi, tentu saja uang yang akan Anda dapatkan menjadi lebih besar. Penghasilan yang akan diterima tergantung pada jumlah klik yang sah menurut penyedia PPC itu sendiri. Adapun waktu untuk pembayarannya tergantung pada ketentuan penyedia PPC, dan sesuai dengan kesepakatan masing-masing. Salah satu contohnya adalah Google Adsense yang membayar penghasilan publishernya setiap tanggal 21 ditiap bulannya.

2. Mengikuti Program Afiliasi.


Bagi seorang blogger kawakan, program afiliasi mungkin kalimat yang sudah tidak asing lagi di dengar. Namun bagi seorang blogger pemula, kalimat tersebut mungkin masih asing baginya.

Afiliasi sendiri merupakan salah satu metode untuk menghasilkan uang dengan cara mempromosikan produk atau jasa orang lain. Pada umumnya seorang blogger tidak perlu membeli produk tersebut untuk menjadi affiliatenya. Tugasnya hanya memasarkan produk dari afiliasi tersebut, dan mendorong orang-orang agar mau berbelanja melalui link afiliasi yang tercantum di blognya.

Jadi jika blog Anda ikut kerjasama afilliasi, maka uang yang Anda peroleh dari program afiliasi ini, sangat bergantung dari orang yang membeli produk melalui link afiliasi (yang tercantum di blog Anda itu). Semakin banyak orang yang berbelanja produk melalui link tersebut, maka akan semakin besar pula komisi yang akan Anda peroleh.

Hosting, buku, ebook, software, jasa, atau e-commerce seperti Lazada merupakan beberapa contoh dari produk afiliasi.

Keuntungan dari metode afiliasi ini adalah ; Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan modal atau menyediakan produk sendiri.

Anda cukup membuat artikel review yang menarik, dan memasang banner dari produk afiliasi itu. Review yang Anda tulis, serta banner yang Anda pasang, tentunya sudah mengandung link dari penyedia afiliasi tersebut.

Jadi bisa dikatakan bisnis afiliasi ini termasuk salah satu jenis usaha yang (nyaris) tanpa modal.

3. Menyediakan Slot Iklan Mandiri di Blog.


Selain cara afiliasi di atas, menyediakan slot iklan mandiri merupakan cara lainnya untuk mendapatkan uang dari blog. Kerjasama iklan mandiri ini dilakukan dengan cara menyediakan tempat atau slot iklan pada blog Anda. Pada umumnya, iklan mandiri berbentuk banner dengan ukuran yang beragam.

Dibandingkan dengan dua cara sebelumnya di atas, maka iklan mandiri ini sangat gurih sekali dari sisi pembayarannya. Karena uang yang Anda dapatkan sebesar 100% dari pengiklan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu berbagi penghasilan lagi dengan pihak ketiga (Google Adsense).

Namun untuk bisa mendapatkan uang dengan cara iklan mandiri ini, maka blog Anda harus mempunyai trafik yang sangat tinggi sekali. Jika trafik blog Anda masih rendah, maka tentu saja orang/pemilik produk akan enggan beriklan secara langsung ke blog Anda.

Oleh karena itu, biasanya hanya blog-blog tertentu saja yang ada iklan mandirinya. Seperti blog milik artis atau figur terkenal. Namun jika Anda bukan termasuk artis atau figur terkenal (sehingga sulit untuk mendapatkan trafik yang sangat tinggi), maka tentu Anda bisa memilih cara monetisasi blog yang lainnya. Mari simak cara berikutnya dibawah ini. 

4. Menulis Artikel Tentang Bisnis/Produk Orang Lain.


Kegiatan menulis artikel tentang bisnis orang lain sering disebut dengan istilah paid for review. Biasanya setiap bisnis pasti sudah punya website sendiri dan telah mempromosikan bisnisnya di website tersebut. Namun tidak sedikit perusahaan yang menginginkan agar bisnis mereka di ulas lagi oleh beberapa blog milik orang lain (yang sudah cukup populer). Hal ini dilakukan agar branding produk dan perusahaan mereka dapat terbangun dengan cepat. Biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal kepada sebuah blog yang menulis artikel tentang produk mereka.

Namun, untuk mendapatkan job dari perusahaan yang mau membayar sebuah artikel review memang tidak mudah. Tentu mereka hanya mau bekerjasama dengan blog yang sudah populer, dan juga topik blog tersebut mesti sesuai dengan jenis produk mereka. Misal perusahaan otomotif hanya akan mau bekerjasama dengan blog niche otomotif yang sudah populer. Perusahaan kosmetik akan bekerjasama dengan blog niche kecantikan untuk branding produk mereka. Dst. 

5. Jasa Membuat Blog.


14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Jasa membuat blog merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan uang. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang baru terjun ke dunia blogging. Sebagai blogger yang benar-benar masih pemula, tentu mereka masih sangat awam tentang tata cara membuat blog. Nah peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan cara membuka jasa membuat blog.

Mengenai tarifnya tentu tergantung kesepakatan Anda dengan klien. Anda juga bisa menetapkan tarif jasa ini dengan melihat dan membandingkan tarif yang ditetapkan oleh jasa pembuat blog lain. Nanti tinggal Anda sesuaikan saja tarifnya dengan standar/pasaran yang ada. 

6. Menjual Buku.


Cara mendapatkan uang dari blog selanjutnya adalah dengan cara menjual buku. Ya! Anda bisa menjual buku di blog yang Anda kelola!

Jenis buku yang dijual bisa berupa buku cetak maupun buku digital (sering dikenal dengan istilah e-book). Untuk buku cetak, jika Anda menulisnya sendiri, maka Anda bisa bekerjasama (untuk mencetaknya) dengan penerbit lokal. Atau kalau tidak mau repot, Anda bisa menjual buku yang telah jadi (hasil karya penulis lain). Beberapa buku yang laris dipasaran diantaranya adalah novel karya Tere liye, atau buku 'kembali ke titik nol' karya mas Saptuari Sugiharto, dll.  

Nah agak berbeda dengan e-book. Jika pada buku fisik memerlukan penerbit untuk mencetaknya, maka pada buku digital seperti e-book, Anda bisa membuatnya sendiri.

Pada e-book, Anda tidak perlu menunggu pihak lain untuk menerbitkan buku yang sudah ditulis. Dan Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya penerbitannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah tulisan dari format microsoft word ke format PDF.

Jika ada pengunjung blog yang ingin membeli e-book Anda, maka metode pembayarannya bisa dilakukan dengan cara mentransfer uang ke rekening Anda. Jika pembelinya adalah orang dari luar negeri, maka bisa melakukan pembayaran dalam bentuk uang dolar ke akun paypal.

Apapun format buku yang akan dijual, hendaknya buku tersebut bermanfaat bagi pembaca blog Anda. Meskipun format e-book tidak mengeluarkan modal yang besar, namun Anda harus meluangkan waktu yang cukup banyak untuk melakukan riset mendalam, menulis, serta mengedit. Hal ini bertujuan agar hasil tulisan dari buku tersebut benar-benar berkualitas, sehingga pembeli produk Anda dapat merasa puas.

7. Menyediakan Jasa.


Bagi blogger yang mempunyai keahlian tertentu, tentu tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa yang sesuai dengan skillnya tersebut. Semakin tinggi tingkat keahliannya, maka akan semakin tinggi pula peluang menghasilkan uang dari skillnya tersebut. Contoh ; jika seorang bloger mempunyai keahlian membuat logo, maka dia bisa menawarkan jasa pembuatan logo tersebut kepada pengunjung blognya.

Tidak hanya skill dalam membuat logo saja, layanan jasa yang bisa ditawarkan oleh seorang blogger tentu cukup banyak. Antara lain keahlian mendesain website, jasa membuat blog, jasa SEO, jasa menulis artikel (baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing). Selain itu, juga bisa menjual jasa menerjemahkan artikel dari bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya. Dll.

Apabila klien yang ditangani tanpa melalui perantara, maka keuntungan yang Anda peroleh bisa mencapai 100%. Namun jika klien tersebut menggunakan jasa perantara, maka komisi yang didapat tentu harus dibagi sesuai dengan kesepakatan. 

8. Menjual Theme Atau Plugin Blog.


Menjual theme atau plugin juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog. Jika punya keahlian, maka seorang blogger bisa membuatnya sendiri. Dan kalau Anda tidak bisa membuatnya sendiri, maka Anda bisa bekerjasama dengan orang yang ahli membuat theme/plugin. Model theme dan plugin yang sering dijual antara lain ; theme untuk adsense, toko online, atau untuk afiliasi amazon. Sedangkan plugin yang sering dijual adalah untuk membuat tabel responsif.

Kelebihan dari menjual theme dan plugin ini adalah ; uang yang didapat akan langsung masuk ke rekening sang blogger jika mampu membuatnya sendiri. Sedangkan kelemahan dari cara ini adalah ; mesti berbagi hasil dengan jasa pembuat template/programmer untuk membuat theme atau plugin (jika Anda tidak ahli dibidang tersebut).

Pembuat dan penjual theme blog terkenal di Indonesia salah satunya adalah Sugeng Riyadi (pemilik blog Mas Sugeng)

9. Menyediakan Membership.


Membership merupakan salah satu program keanggotaan berbayar, yang pembayarannya dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Materi dari program tersebut tidak tersedia full didalam blog. Pada blog hanya ditampilkan isi cuplikannya saja. Jika ingin mendapatkan materi full, maka harus menjadi member terlebih dahulu. Jadi materi tersebut bersifat eksklusif, dan hanya dapat di akses langsung oleh anggota berbayar itu sendiri.

Biasanya isi materinya berupa strategi bisnis atau rahasia SEO.

Uang bayaran yang didapatkan dari layanan membership ini, juga akan langsung masuk ke rekening pribadi setiap bulannya (dalam jangka waktu tertentu). Namun untuk seorang blogger pemula metode ini tidak disarankan (karena memerlukan keahlian ekstra).

10. Menjadi Pembicara Seminar.


Menjadi pembicara seminar pun dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog. Bagi para blogger yang mempunyai topik bahasan tertentu (micro niche), maka bisa menawarkan jasa menjadi pembicara seminar yang sesuai dengan topik yang dibahas pada blog Anda.

Jika nama Anda sudah begitu terkenal sebagai seorang blogger, biasanya akan banyak pihak yang akan mengundang Anda untuk menjadi pembicara dalam sebuah seminar. Komisi yang akan didapatkan biasanya cukup lumayan.

Jadi bagi para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Beberapa blogger yang sering di undang untuk menjadi pembicara di seminar diantaranya Mas Dian Umbara dan Kang Herman Yudiono (pemilik Blogodolar)

11. Memberikan Bimbingan Les Privat.


Selain cara di atas, memberikan bimbingan privat juga bisa menjadi cara lain untuk mendapatkan uang dari blog. Jika ingin menggunakan cara ini, maka tentunya Anda harus mempunyai keahlian tertentu untuk membimbing klien Anda.

Contohnya seperti bimbingan les privat blogging yang ditawarkan oleh mas timon di blognya (mastimon.com). Les privat ini dipersembahkan untuk blogger pemula. Dan Mas timon menetapkan tarif 500 ribu untuk biaya les privatnya tersebut. Bimbingan akan diberikan sampai blogger pemula tersebut dapat memahami dasar-dasar dalam dunia blogging.

12. Melakukan Dropshiping Lewat Media Blog.


Cara mendapatkan penghasilan dari blog selanjutnya adalah dengan melakukan dropshiping. Dropshiping sendiri merupakan salah satu model bisnis menjualkan produk orang lain. 

Dropshiping sedikit berbeda dengan afiliasi.

Cara kerjanya seperti berikut :

Seorang blogger mencari produk milik orang lain (yang sedang trend dan laku keras) di market place atau e-commerce. Kemudian foto tersebut di save, selanjutnya di posting di blognya. Jika nanti ternyata ada pengunjung blognya yang berminat dengan produk itu, maka sang blogger akan menghubungi pemilik asli produk tersebut. Jika ternyata stok produknya masih tersedia, maka sang blogger akan mengirimkan uang dari si pembeli ke pemilik asli produk itu. Selanjutnya meminta untuk mengirimkan barang yang dijual itu ke alamat si pembeli tadi.

Sang blogger akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga produk yang yang ditawarkan pada blognya tersebut. Tentunya harga jualnya sudah dinaikan sedikit dari harga banderol si penjual aslinya. Produk yang sering dijual dalam bisnis dropshiping ini antara lain adalah produk kecantikan, obat kehamilan, mainan anak-anak, alat-alat rumah tangga, dan lain sebagainya.

Jika menemukan perusahaan dropshiping yang sudah profesional dan produk mereka sudah laris di pasaran, maka keuntungan yang akan didapatkan blogger pun akan lebih banyak . Selain itu para pembeli biasanya jarang yang merasa kecewa dengan produk yang mereka beli. Karena biasanya produk dari perusahaan yang sudah terkenal tentu bermutu baik.

Keuntungan yang diraih dapat semakin bertambah jika para blogger kreatif, dan rajin mempromosikan produk dropshiping tersebut ke berbagai macam media sosial miliknya.

13. Menjadi Publisher Google Adsense.


14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Cara ini merupakan metode monetisasi blog yang paling populer, dan banyak dilakukan oleh blogger dari seluruh dunia. Para publisher di seluruh dunia banyak yang memilih iklan PPC Google Adsense ini untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka. Salah satu faktor yang membuat Google Adsense populer adalah karena bayaran yang diberikan kepada publishernya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penyedia iklan PPC lainnya.

Untuk bisa mendapatkan uang dari Google Adsense dalam jumlah signifikan, maka seorang blogger dengan konten berbahasa Indonesia harus mempunyai trafik blog yang cukup besar. Butuh setidaknya 7000 - 10.000 page view perhari jika Anda ingin mendapat gaji rutin tiap bulan dari Google. Terkecuali jika konten blog Anda berbahasa Inggris dan di targetkan ke negara-negara premium seperti USA, Inggris, Kanada, dll, maka trafik 2000 - 3000 page view saja per hari Anda sudah bisa rutin gajian.

Perbedaan penghasilan yang mencolok diatas, disebabkan oleh karena nilai BPK (biaya per klik) di Indonesia memang jauh berbeda dengan nilai BPK iklan negara-negara premium tersebut.

Penghasilan dari publisher Google Adsense ini, akan Anda dapatkan dari jumlah klik valid yang dilakukan oleh pengunjung (terhadap iklan Adsense yang terpasang di dalam blog Anda). Namun ingat! Jangan pernah sekali-kali melakukan klik terhadap iklan sendiri, karena hal itu merupakan pelanggaran berat. Sanksinya dapat mengakibatkan akun Adsense Anda di banned oleh Google.

Hampir seluruh situs-situs besar telah bergabung dengan program kerjasama periklanan Google Adsense. Beberapa website besar lokal yang sudah bergabung dengan Goolge Adsense antara lain Kompas, Detik, Tribunnews dan masih banyak lagi perusahaan besar lainnya. 

14. Mengumpulkan Email Sebanyak-Banyaknya Untuk Menaikkan Trafik (List Building).


Dan cara mendapatkan uang dari blog yang terakhir adalah mengumpulkan email sebanyak-banyaknya demi menaikkan trafik dari blog. Cara ini merupakan salah satu metode mencari trafik yang nyaris tanpa modal.

Jadi setelah selesai membuat sebuah artikel terbaru, maka Anda bisa memberi tahu kepada orang lain (lewat email tersebut) tentang postingan terbaru Anda. Siapa tahu, mereka sedang membutuhkan informasi, kemudian akhirnya membuka blog Anda. Untuk mendapatkan email yang banyak, Anda bisa menggunakan bantuan Worpress Email Marketing, atau bantuan dari Email Capture.

Lantas apa hubungannya list building ini dengan mendapatkan uang dari blog?

Hubungannya ada secara tidak langsung, yaitu dengan semakin banyak pembaca loyal yang datang melalui email, sehingga trafik yang konstan pun selalu datang ke blog Anda. Nah, ketika trafik sudah semakin tinggi, maka efeknya akan membuat penghasilan blog Anda ikut semakin bertambah. ☺     

Itulah diatas langkah-langkah penting untuk menghasilkan uang dari blog. Dengan menerapkan cara-cara diatas dengan benar, maka seorang blogger berpeluang besar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari monetisasi blognya. Sudah banyak lho blogger sukses yang mampu memiliki penghasilan jutaan, hingga puluhan juta per bulan dari blognya. Beberapa nama kondang diantara mereka antara lain Mas Dian Umbara dan Mas Timon. 

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang blogger, dan ingin mendapatkan passive income setiap bulan, maka profesi sebagai blogger profesional sangat patut untuk Anda coba.

Semoga sukses selalu untuk Anda, dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel