Postingan Unggulan

25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan

Tidak sedikit karyawan yang mengeluhkan tentang pendapatan dari pabrik atau kantornya. Besaran gaji yang diperoleh dianggap belum bisa untuk mencukupi semua kebutuhan sehari-hari mereka.

Agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, maka banyak diantara mereka yang akhirnya berinisiatif untuk membuka usaha sampingan.

Kini berbagai macam usaha sampingan modal kecil telah banyak yang dicoba, dan dijalani oleh sebagian karyawan di Indonesia.

Apakah Ada Alasan Dan Tujuan Lain Membuka Usaha Sampingan? (Selain Untuk Tambahan Uang Gaji).


Gaji yang pas-pasan dari pabrik atau kantor bukanlah satu-satunya alasan/pendorong untuk membuka usaha sampingan. Selain sebagai tambahan uang gaji, usaha sampingan hendaknya memang harus mulai dijalankan sedari muda. Alasannya karena pada zaman sekarang ini, pangsa pasar sudah terbuka lebar untuk jenis usaha apapun. Sehingga sangat cocok sekali jika usaha sampingan tersebut berjalan bersamaan dengan kesibukan di pabrik atau di kantor.

Selain itu, dengan membuka usaha sampingan merupakan salah satu persiapan untuk menghadapi masa pensiun nanti. Karena seiring berjalannya waktu tentu kemampuan seseorang (baik tenaga maupun otaknya) akan semakin berkurang. Saat itulah seorang pekerja sudah tidak produktif lagi, sehingga di pensiunkan. Dengan membuka usaha sampingan sedini mungkin, merupakan salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan tibanya masa pensiun nanti.

Baca juga : Kriteria Usaha Sampingan Di Desa Yang Paling Menjanjikan (Plus Tipsnya)

10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Bagi Para Karyawan.


Saya yakin cukup banyak karyawan yang hendak membuka usaha sampingan dengan modal kecil, namun terkadang masih bingung dengan usaha sampingan seperti apa yang akan dijalani. Nah kini tidak perlu bingung lagi.

Berikut ini akan saya berikan info tentang 10 usaha sampingan modal kecil yang cocok untuk karyawan.

1. Membuka Usaha Pertamini.


10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan
Ilustrasi Pertamini

BBM (premium atau bensin, pertalite, pertamax) merupakan kebutuhan utama bagi para pengendara. Jika tidak ada bensin, maka otomatis kendaraan pun tidak akan bisa jalan. Bagaimana bila bensin kendaraan mendadak habis ditengah jalan, sedangkan lokasi SPBU cukup jauh? Wah bisa repot dong!

Nah, tidak sedikit orang yang berpikiran seperti diatas, dan dengan cerdas memanfaatkannya menjadi salah satu peluang usaha sampingan. Alhasil mereka pun beramai-ramai membuka sebuah usaha SPBU kecil-kecilan. Usaha ini sering disebut dengan nama 'Pertamini'.

Usaha sampingan ini cocok sekali bagi para karyawan, tanpa harus mengganggu pekerjaan mereka. Bagi yang ingin menjadikan pertamini sebagai usaha sampingan maka carilah tempat yang jauh dari SPBU, setelah itu urus izin usaha tersebut.

Jika Anda belum mempunyai modal yang cukup besar (untuk menyewa tempat dan izin) untuk buka usaha pertamini ini, maka Anda bisa menjual bensin eceran di depan rumah Anda saja. Tentu saja syaratnya rumah Anda harus berlokasi di area pinggir jalan. Nanti Anda bisa menyuruh istri Anda untuk melayani pembeli di lapak bensin eceran Anda.

Tips penting : Jangan memberikan harga jual terlalu tinggi. Dan yang lebih penting lagi adalah agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen dan pelanggan bensin eceran Anda.

2. Jadi Makelar Properti (Nyaris Tanpa Modal).


Usaha sampingan modal kecil kedua yang cocok untuk karyawan adalah menjadi makelar properti (nyaris tanpa modal). Dikatakan nyaris tanpa modal, karena modal yang Anda perlukan hanyalah biaya jalan (transport/bensin) untuk menawarkan properti tersebut kepada rekan, teman, sahabat atau saudara Anda.

Usaha ini bisa dijalani disela-sela waktu istirahat kantor (ditawari kepada teman-teman kantor). Dan bisa juga dijalankan pada saat waktu libur tiba (tawarkan kepada semua kawan dan kolega Anda).

Properti sendiri merupakan salah satu bisnis yang terus mengalami pertumbuhan (permintaan pasarnya terus meningkat). Berbanding lurus dengan pertumbuhan penduduk yang juga terus meningkat seiring waktu.

Selain itu, bisnis yang satu ini termasuk salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di sepanjang masa.

Bagi yang tertarik dengan usaha sampingan yang satu ini, maka modal utamanya adalah keahlian dalam berkomunikasi dan mempunyai link/jaringan/koneksi yang luas. Dengan dua modal tersebut, maka usaha sampingan satu ini akan dapat berjalan dengan lancar.

Untuk memulai usaha sampingan ini, maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah ; Coba perhatikan, adakah yang sedang membangun perumahan di sekitar lokasi tempat tinggal Anda? Jika ada, maka kenalilah si pemilik/developernya. Setelah itu tawarkanlah kerjasama untuk menjadi seorang makelar.

Seperti itulah kira-kira langkah awal untuk memulai usaha sampingan ini. Cara lainnya ; bisa juga dengan mencermati iklan properti yang ada di koran, lalu kemudian hubungilah pihak developernya.

3. Menjual Pakaian Bekas.


Punya banyak pakaian bekas bermerek dengan kondisi bagus namun tidak terpakai? Maka tidak ada salahnya kondisi tersebut dimanfaatkan untuk membuka usaha sampingan, yakni menjual pakaian bekas. Selain bermanfaat bagi orang lain (karena menjual produk dengan harga cukup miring), tentunya pundi-pundi rupiah pun akan mengalir ke dalam saku Anda.

Pada tahap awal merintis bisnis ini, Anda bisa menjual koleksi baju bekas milik Anda terlebih dahulu di Instagram. Bila ternyata kemudian usaha Anda semakin berjalan lancar, maka Anda bisa mencari tambahan stok produk baju bekas dengan berbelanja ke pusat pasar loak baju bekas di Pasar Senen dan Kebayoran Baru, Jakarta.

Salah satu pebisnis baju bekas sukses yang sudah banyak meraup keuntungan dari bisnis ini adalah Billy Mardyono. Dengan taglinenya yang terkenal "Baju Bekas Yang Penting Oke".

Bagi yang tertarik merintis usaha sampingan yang satu ini, maka coba-lah jual pakaian Anda yang masih bagus, bermerek, dan tentunya layak pakai. Gunakan tagline yang menarik, agar 'lapak' Instagram Anda mampu menarik perhatian orang lain. Selain itu, kuasailah media sosial yang sedang trend, dan pahamilah cara marketingnya, agar bisa menghasilkan penjualan + omset yang tinggi.

4. Jasa Laundry Kiloan.


10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan
Ilustrasi Jasa Laundry

Jasa laundry kiloan ini salah satu usaha sampingan modal kecil selanjutnya yang cukup prospek bagi para karyawan. Membuka usaha jasa laundry ini menjanjikan hasil dan keuntungan yang lumayan besar. Terutama jika Anda bertempat tinggal di daerah dekat kampus, pusat keramaian kota, dan komplek karyawan.

Biasanya karena kesibukan masing-masing, sehingga membuat mereka sudah tidak sempat lagi untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya sendiri. Nah, tentu saja kondisi ini menjadi peluang besar bagi Anda untuk membuka usaha laundry ini. Terutama bagi yang bermukim di kawasan yang sangat sibuk tersebut.

5. Menjual Ikan Hias.


Usaha sampingan modal kecil yang cocok untuk karyawan selanjutnya adalah menjual ikan hias. Ikan hias sendiri merupakan salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan bagi yang menjalankannya. Salah satu contohnya adalah ikan hias louhan, yang jika 'sudah jadi' maka harganya akan menjadi tinggi.

Bagi yang ingin menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memulainya. Tips yang pertama yaitu carilah jenis ikan hias yang sedang atau akan populer. Setelah itu pahamilah teknik pembiakan atau budidayanya agar usaha ikan hias ini bisa terus berkembang.

Selain itu, usahakan untuk bergabung dengan para pecinta ikan hias.  Tujuannya selain untuk bertanya-tanya, juga bisa dijadikan sebagai target pasar atau promosi. Beberapa jenis ikan hias yang bisa dicoba peruntungannya adalah ikan koi, ikan gupy, ikan cupang, ikan neon tetra, dan masih banyak lagi jenis ikan hias lainnya.

Usaha sampingan modal kecil ikan hias ini bisa dibuka dirumah Anda. Sehingga tidak akan menggangu pekerjaan Anda, sebab bisa dijalankan oleh istri atau anggota keluarga yang lainnya.

6. Jasa Foto Editor.


Menjadi seorang karyawan namun juga mempunyai keahlian khusus mengedit foto? Kenapa keahlian tersebut tidak dijadikan sebagai usaha sampingan Anda saja?

Meskipun smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi canggih di dalamnya (untuk menghasilkan foto yang sangat bagus). Namun ternyata jasa foto editor ini masih diminati dan tentunya cukup menjanjikan.

Usaha yang satu ini bisa dikerjakan disela-sela waktu luang atau saat Anda sedang tidak bekerja. Dengan kemampuan ini, maka pundi-pundi rupiah pun bisa bertambah (selain gaji pokok yang didapatkan di kantor).

7. Jasa Titip Beli.


Belakangan ini, bisnis jasa titip beli sedang naik daun. Hal ini seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dengan segala hal yang berbasis online.

Pada umumnya, jasa ini bekerja dengan cara membelikan barang-barang yang dipesan para pelanggan, lalu dikirimkan lagi kepada mereka dengan tambahan ongkir.

Bisnis yang sering dikenal dengan personal shopper atau pebelanja pribadi ini sudah bisa dijumpai di berbagai macam medsos seperti instagram dan facebook. Sistem pemasarannya pun sangat sederhana sekali, yakni cukup mengunggah foto produk yang akan dijual.

Dengan modal yang sangat minim sekali, namun keuntungan yang akan didapatkan bisa ber juta-juta. Bagaimana? Apakah anda tertarik dengan usaha sampingan dengan omset jutaan yang satu ini? ☺

8. Menjual Foto Di Situs Internet.


Punya hobi fotografi atau senang memfoto yang unik-unik? Banyak koleksi foto unik yang dipajang cuma-cuma di handphone atau di laptop? Jika memang iya, kenapa tidak mencoba peruntungan baru dengan koleksi foto-foto tersebut? Bagaimana caranya? Ya apalagi kalau bukan dengan cara menjualnya. ☺

Menjual foto di internet sudah tidak asing lagi didengar oleh para pengguna medsos. Bahkan ada yang menjadikan kegiatan ini sebagai usaha utamanya. Namun jika Anda seorang karyawan, maka tidak ada salahnya menjadikan kegiatan ini sebagai usaha sampingan yang menjanjikan. Karena foto-foto yang dijual akan dibayar dengan harga yang lumayan mahal. 

Foto yang dulu hanya di pajang di handphone atau di laptop pun akan tidak akan sia-sia lagi. Bagi yang ingin menjajakan fotonya, maka bisa dicoba di situs jual beli foto seperti istockphoto.com, shutterstock.com dan masih banyak lagi situs lainnya.

9. Usaha Cutting Sticker.


Punya keahlian atau hobi mendandani kendaraan bermotor? Jika iya, maka tidak ada salahnya di sela-sela waktu luang untuk membuka usaha sampingan yang satu ini.

Cutting sticker merupakan salah satu usaha yang bisa dibuka dan dikerjakan dimana saja. Terlebih jika rumah Anda berlokasi dipinggir jalan, maka usaha sampingan modal kecil cutting sticker ini sangat tepat sekali untuk Anda pilih.

Selain itu, usaha ini juga merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Karena semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor seiring waktu, tentu juga semakin memberikan peluang yang baik untuk usaha yang satu ini.

Dengan hobi unik yang satu ini, maka pundi-pundi rupiah pun akan masuk ke dalam saku Anda. Modal yang perlu dikeluarkan pun tidaklah besar. Anda cukup membeli bahan stiker/skotlet saja, sisanya adalah modal keahlian Anda.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis sampingan cutting sticker ini mencapai 100%

Gimana? Usaha sampingan cutting sticker ini modalnya sangat murah meriah, tapi menjanjikan keuntungan yang besar bukan?

10. Membuat Warkop Sederhana.


10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan
Ilustrasi 

Usaha sampingan modal kecil yang cocok bagi karyawan yang terakhir adalah membuka usaha warkop sederhana. Jenis usaha sampingan ini merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih jika dibuka di dekat kampus atau di kawasan industri. Usaha ini pun akan laris manis dan ramai dikunjungi oleh kawula muda. Karena sekaligus sebagai sarana untuk nongkrong dan refreshing bagi mereka.

Keuntungan yang didapatkan dari usaha ini pun bisa berkali lipat. Salah satu contohnya adalah modal untuk membuat kopi hanya sebesar Rp. 2.000, kopi tersebut bisa dijual dengan harga Rp. 4.000. Selain itu bisa juga menjual berbagai macam makanan serta minuman yang lainnya seperti mie instan, gorengan, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya : Peluang Usaha Terbaru Dan Terlaris Yang Perlu Anda Ketahui (Bonus Tips Sukses)

Itulah 10 usaha sampingan modal kecil yang cocok untuk karyawan, serta beberapa uraian dan alasan kenapa disarankan agar mulai membuka usaha sampingan sedini mungkin.

Dengan membuka usaha sedini mungkin, maka insya Allah akan bisa mengatasi masalah kebutuhan yang belum terpenuhi disaat kita tua dan memasuki masa pensiun nanti. Dan tentunya ini merupakan sebuah langkah yang cerdas untuk masa depan seorang karyawan.


Penulis by : Bang izal.

4 Responses to "10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan"

  1. Bang....usaha mainannya masih prospektif ga bang untuk sekarang? Dimana anak2 sudah ketergantungan dg gadget. Sya ada plan mau merintis bidang ini bang. Saya sudah baca postingan abang nih dari awal, mantep banget inspiratif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap prospek om, karena fitrah anak-anak pasti akan tetap menyukai mainan. Nah selain itu agar usaha bisnis mainan kita cepat berkembang, maka kita harus jeli dan selalu up to date dengan mainan2 yang sedang trend.

      Selain itu faktor lokasi toko yang strategis dan kelengkapan jenis/model produk mainan juga turut mempengaruhi kesuksesan bisnis mainan kita.

      Delete
    2. Masih kuat ambil margin rata2 berapa persen bang...? Di marketplace kan gila2 an perang harganya, margin secuil dihajar juga, pada nyari di quantity.

      Delete
    3. Di toko offline saya ambil margin 50%.

      Kalau ditoko online saya lagi off dulu jualannya. Faktor penyebabnya ya memang perang harga di marketplace makin gila. Tapi nanti saya ada rencana mau aktif lagi jualan online, tapi menjual produk yang limited edition. Contohnya seperti airsoftgun. Kalau mainan hobi seperti itu masih enak ngambil marginnya.

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel