Postingan Unggulan

Apa itu Passion? dan Bagaimana Cara Menemukannya?

10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta jika dilihat lebih jauh memang sangat banyak. Bagi seorang ibu rumah tangga yang ingin berbisnis, tentu kendala utama yang menjadi pertimbangan ialah modal.

Apakah semua usaha memerlukan modal yang besar? Sepertinya tidak. Dengan perhitungan yang tepat, modal 1 juta masih bisa digunakan untuk membuka usaha. Kira-kira peluang usaha seperti apa yang cocok untuk ibu rumah tangga?

Simak informasi berikut ini!

10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta
Ibu Rumah Tangga Masa Kini :-)


Peluang Usaha Modal 1 Juta Seperti Apa Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga?


Bagi seorang ibu rumah tangga, biasanya lebih sulit untuk memaksimalkan waktu bagi karirnya. Namun, masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang kini mulai menggeluti usaha pribadi di rumah. Sehingga waktu untuk mengurus anak, suami, rumah dan bisnis tetap bisa berjalan baik.

Kriteria pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga, yaitu pekerjaan yang tidak banyak membuang waktu. Selain itu juga harus bisa dilakukan dengan santai namun tetap terjadwal. Contohnya seperti membuka usaha pribadi di rumah.

Usaha pribadi ini juga lebih berpeluang besar karena dilakukan tanpa tuntutan ini itu dari atasan. Selain usaha yang tidak memakan banyak waktu, ibu rumah tangga juga bisa memilih usaha yang mudah untuk di lakukan.

Mengapa demikian?

Karena usaha yang akan dimulai tentu akan dilakukan disela pekerjaan rumah, sehingga apabila mudah dikerjakan maka tidak akan menjadi masalah. Kemudian pilihlah usaha yang memiliki prospek cukup tinggi. Pastikan jika akan memulai usaha pribadi di rumah, pahami terlebih dahulu prospek yang ada secara tepat.

Carilah peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang dapat dijalankan terus menerus. Pilih jenis usaha yang nantinya dapat diturunkan ke generasi-generasi selanjutnya. Mulailah untuk memikirkan usaha yang dapat bertahan lama. Namun, jangan hanya fokus pada keawetan usahanya, pastikan juga usaha yang akan dijalani sesuai dengan kemampuan.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentu saja banyak hal yang harus diurus. Namun jika usaha yang akan dirintis cocok dengan skill dan minat Anda, maka untuk memulai usaha bukanlah hal yang sulit. Jika dijalani dengan kesenangan, maka pekerjaan tidak akan lagi menjadi beban. Apalagi usaha yang dijalani tidak sampai mengganggu peran sebagai istri dan ibu dirumah.

Memulai usaha dengan modal kecil dan keuntungan yang besar bisa menjadi salah satu tips dalam memilih peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Ibu rumah tangga harus pintar dan jeli dalam menjalankan bisnis agar menghasilkan untung yang besar dengan modal kecil.

Ide Usaha Yang Bisa Dipilih Untuk Ibu Rumah Tangga.


Ada banyak jenis usaha yang bisa dipilih oleh ibu rumah tangga, mulai dari jenis yang ringan hingga yang cukup berat. Modal yang dibutuhkan pun beragam sesuai dengan jenis usaha.

Kali ini akan dibahas tentang ide usaha untuk ibu rumah tangga, ini beberapa diantaranya:

1. Jual Pulsa Dan Pembayaran Online.


Dengan menjual pulsa, modal dan tenaga yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Hanya bermodal smartphone dan saldo pulsa 1 juta, ibu rumah tangga sudah bisa menjalani bisnis ini. Di zaman modern seperti ini, tentu para ibu sudah ahli dalam memainkan gadget sehingga tidak sulit untuk membuka usaha jual pulsa.

Menyediakan pembayaran online juga merupakan usaha yang berpotensi awet dan tahan lama. Tentu dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan listrik, air dan asuransi menjadi hal yang wajib. Pastilah para ibu dapat meraup banyak keuntungan. Jadi, pastikan untuk memilih usaha ini jika ingin berbisnis pribadi di rumah.

2. Jual Snack Yang Sedang Populer (Pop corn, Keripik, Snack serba 2000, dll).

10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta
Ilustrasi.

Menjual snack populer dapat menjadi salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta.

Mengapa demikian?

Karena dengan menjual makanan yang sedang hitz bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

Contohnya seperti camilan pop corn, keripik singkong, snack serba 2000, makaroni basah, keripik kulit lumpia dan nugget pisang. Bisnis ini cukup menjanjikan dan sangat efektif untuk meraup banyak keuntungan.

Baca juga : Beberapa Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

Dengan modal 1 juta dan keterampilan memasak, bisnis ini akan memberikan omset besar serta mudah dilakukan. Peluangnya juga awet dan mampu bertahan lama, karena makanan seperti ini akan selalu dicari. Apalagi jika rasa dan harga yang di tawarkan sesuai.

3. Jual Baju Online.


Bisnis satu ini sangat digandrungi oleh ibu-ibu rumah tangga jaman now. Selain mudah, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan 1 juta, para ibu sudah bisa menjalankan usaha ini. Prospek yang ada juga cukup baik, mengingat permintaan konsumen akan model-model pakaian terbaru terus meningkat tiap tahunnya.

Hanya membutuhkan smartphone dan keahlian dalam mempromosikan, usaha ini bisa menjadi sangat menjanjikan. Cukup duduk santai dirumah, keuntungan yang dihasilkan bisa sangat besar.

Apalagi jika Anda bisa bekerja sama dengan toko online atau butik, sehingga tidak perlu repot untuk menyetok barang. Keahlian dalam marketing akan sangat dilihat dalam bisnis ini. Para ibu bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan dagangannya.

4. Jual Kosmetik Atau Produk Herbal.


Saat ini peminat dari kosmetik dan produk herbal sedang meningkat tinggi, usaha ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Usaha yang satu ini jelas akan bertahan lama, karena konsumennya tidak akan pernah habis . Peluang ini tepat jika ingin memulai bisnis dengan keuntungan besar.

Produk herbal juga saat ini sedang banyak dicari, dengan harga jual yang tinggi tentu bisnis ini sangat menjanjikan. Pengelolaan yang mudah dan simple, membuat usaha ini sangat cocok dipilih. Selain itu juga, jika barang yang ditawarkan bagus dan berkualitas maka konsumen akan terus berdatangan dan membuat usaha menjadi lebih berkembang.

5. Jual Air Galon Dan Gas Elpiji.


Peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta juga datang dari bisnis air galon isi ulang dan gas elpiji. Menjadi dua kebutuhan pokok yang selalu dicari, para ibu rumah tangga bisa menjajal bisnis ini di rumah.

Bisnis ini tidak akan mengganggu pekerjaan rumah dan mengurus anak sehingga bisa dilakukan dengan santai. Modal yang diperlukan juga tidak besar. Bisnis ini juga bisa awet dan mampu bertahan lama, karena akan selalu dicari sebagai kebutuhan wajib untuk keperluan sehari-hari.

Menjalankannya bisnis ini pun dapat dikatakan sangat mudah, hanya cukup menyediakan tempat yang lebih luas untuk menyimpan galon dan tabung. Para ibu rumah tangga sudah bisa menjalankan bisnis santai di rumah.

Bisa juga pekerjakan karyawan untuk melengkapi bisnis ini. Karena tentu bisnis ini membutuhkan jasa siap antar kepada konsumen yang membutuhkan air atau galon mendadak, sehingga mereka bisa menjadi pelanggan tetap. Siapkan juga admin, sehingga konsumen bisa memesan melalui WA untuk membeli air atau gas.

6. Berbisnis kue pesanan.

10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta
Ilustrasi.

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang menjanjikan lainnya adalah bisnis kue pesanan. Bisnis kue pesanan ini dapat dimulai dengan modal 500 ribu - 1 juta rupiah.

Tapi bisnis jenis ini tentunya memerlukan keahlian khusus untuk menjalaninya. Apalagi bagi Anda yang memulainya secara mandiri dengan modal kecil (tanpa karyawan), nah tentu saja Anda harus memiliki keahlian dalam membuat aneka macam kue. Oleh karena itu, bagi Anda yang kebetulan memiliki keahlian dalam membuat kue, maka bisnis kue pesanan ini layak untuk Anda coba. 

Bisnis kue pesanan ini bisa dimulai dari rumah. Artinya Anda tidak perlu menyewa toko untuk memasarkan produk kue buatan Anda.

Mungkin Anda akan bertanya : "Jadi bagaimana cara memasarkannya dong bang izal?"

Banyak cara yang 'gratis' dan efektif untuk memasarkan produk kue Anda. Salah satu caranya adalah dengan memasarkannya di media sosial. Bisa dipasarkan lewat Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dll.

Anda bisa menawarkan produk kue buatan Anda kepada teman-teman terdekat Anda di media sosial tersebut. Contohnya seperti alumni teman sekolah, teman kuliah, atau tetangga Anda, dll. Sudah cukup banyak lho orang yang sukses menjalani bisnis kue pesanan ini. Biasanya mereka panen pesanan disaat momen hari-hari besar seperti natal, tahun baru dan lebaran.

7. Menerima jasa jahitan pakaian wanita.

10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta
Ilustrasi : Sedang Menunggu Orderan Jahitan :-)

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal 1 juta lainnya adalah menerima jasa menjahit pakaian wanita.

Jadi dalam hal ini Anda menerima order jahitan wanita. Dengan kata lain, Anda menjual keterampilan menjahit Anda.

Oleh karena itulah modal 1 jutaan sudah bisa untuk mulai merintis bisnis jasa jahitan ini. Uang 1 juta itu bisa digunakan untuk membeli seperangkat mesin jahit. Tentunya sesuaikanlah dengan budget. Jika uang 1 juta tidak cukup untuk membeli mesin jahit baru, maka belilah mesin jahit second terlebih dahulu.

Dan jika Anda belum punya modal untuk menyewa toko/kios, maka Anda bisa mulai merintis membuka jasa jahitan ini dirumah Anda.

Jika Anda termasuk ibu rumah tangga yang hobi dan punya keterampilan menjahit, maka profesi yang satu ini tepat untuk Anda pilih.

Pakaian wanita punya karakteristik yang berbeda dengan pakaian pria. Oleh karena itu, bisnis penjahit pakaian wanita masih bisa tetap eksis hingga kini. Berbeda dengan bisnis penjahit pakaian pria (tailor) yang memang sudah 'mati suri' karena kalah saing dengan industri konveksi.

Mungkin Anda akan sedikit penasaran, dan bertanya : "Darimana abang bisa tahu tentang hal ini bang izal?"

Ya jelas saya (penulis) tahu dong,,, lha wong saya ini mantan penjahit tailor. Dulu saya sempat selama 9 tahun menjadi penjahit pakaian pria (tailor), yaitu sebelum jadi pebisnis toko mainan hingga sekarang.

Baca juga : Catatan Perjalanan Usahaku Bagian 1 (Menjadi Tukang Jahit Tailor)

Nah, mungkin Anda akan bertanya lagi : "Kenapa bisnis penjahit pakaian wanita bisa tetap eksis, sedangkan bisnis penjahit pakaian pria bisa 'mati suri?'

Jawabannya adalah : Karena model pakaian wanita itu selalu dinamis. Artinya corak dan modelnya selalu berganti setiap waktu. Hal inilah yang membuat pakaian wanita tetap eksis dan masih banyak diminati hingga kini. Berbeda dengan pakaian pria. Model pakaian pria dari era tahun 60 hingga sekarang bisa dikatakan perubahannya tidak jauh berbeda.

Selain itu, pakaian wanita juga membutuhkan ketelitian jahitan yang jauh lebih tinggi ketimbang pakaian pria. Sehingga jika Anda membeli produk pakaian wanita hasil produksi konveksi (pakaian jadi), maka kemungkinan besar Anda akan kecewa dengan hasil jahitannya. Karena itu, sudah menjadi kelaziman pakaian wanita selalu di order melalui jasa penjahit personal (bukan konveksi).
Oleh karena itulah bisnis jahitan pakaian wanita ini cukup menjanjikan bagi Anda para ibu rumah tangga. Bagi Anda yang hobi menjahit, maka Anda bisa belajar keahlian ini pada beberapa kursus menjahit yang sudah terkenal. Salah satu kursus menjahit yang saya sarankan untuk Anda adalah Juliana Jaya.

8. Bisnis menjual gorengan.


Peluang usaha ibu rumah tangga dengan modal 1 juta lainnya yang dapat Anda coba adalah bisnis menjual gorengan.

Seperti sama-sama kita ketahui bahwa masyarakat Indonesia pada umumnya sangat menyukai cemilan gorengan. Makanan ringan satu ini memang digemari sejak dahulu. Oleh karena itulah jenis bisnis ini cukup menjanjikan untuk Anda coba.

Bisnis makanan gorengan tidaklah membutuhkan modal besar. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Modal diatas itu sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis makanan ringan ini. Dengan modal 1 jutaan, itu sudah cukup untuk membeli bahan pokok bisnis gorengan ini. Seperti membeli bahan tepung terigu, pisang, ubi singkong, tahu, tempe, minyak goreng, dll.

Anda tidak perlu lagi membeli kompor dan perlengkapan memasak lainnya. Karena biasanya semua perlengkapan itu sudah ada pada setiap rumah tangga. Iya kan? 😊

Jadi modal 1 jutaan itu sudah lebih dari cukup untuk merintis bisnis makanan ringan gorengan ini.

9. Membuka usaha warung kopi (Nasi uduk, Kopi, Minuman ringan, dll)


10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta
Ilustrasi Minuman Ringan.

Buka usaha warung kopi termasuk peluang usaha ibu rumah tangga yang bisa dimulai dengan modal 1 jutaan.

Jika kebetulan rumah Anda berlokasi di area jalan alternatif yang cukup ramai, maka Anda bisa memanfaatkan lokasi strategis tersebut dengan membuka usaha warung kopi.

Usaha ini cukup menjanjikan, karena produk yang Anda sajikan bisa dipadukan dengan jenis makanan lainnnya. Seperti menjual nasi uduk, camilan gorengan, kue, dll.

Pada umumnya orang-orang yang bekerja di kantor tidak sempat memasak sarapan di pagi hari. Sehingga keadaan mereka itu menjadi peluang bagus bagi Anda yang membuka usaha warung kopi dan nasi uduk ini.

Apakah cukup modal 1 jutaan untuk mulai merintis usaha warung kopi dan nasi uduk ini?

Dari pengamatan penulis, modal 1 jutaan itu sudah cukup untuk tahap awal usaha. Toh Anda hanya perlu membeli bahan pokoknya saja. Sedangkan perangkat memasak (kompor), dan perlengkapan lainnya seperti piring, gelas, sendok, dll biasanya sudah tersedia. Kalaupun harus membeli peralatan tersebut, cukup sekedarnya untuk tambahan saja.

10. Bisnis aksesoris untuk wanita.


Bisnis aksesoris ini termasuk salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga, yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Anda sudah bisa memulai bisnis ini dengan modal 1 juta rupiah.

Aksesoris yang dimaksud di sini adalah jenis aksesoris yang murah ya. Contohnya seperti bando, jepitan rambut, bros, kalung dan gelang imitasi, syal, dll.

Anda tidak perlu pusing-pusing mencari supplier produk aksesoris itu. Karena saya telah menulis lengkap informasinya di artikel ini : 5 Pusat Grosir Aksesoris dan Pernak Pernik Wanita Terlengkap Di Asemka

Mungkin Anda akan bertanya : "Dimanakah lokasi yang tepat untuk menjual dan memasarkan produk aksesoris itu bang izal?"

Ada beberapa pilihan lokasi untuk menjual produk aksesoris ini. Jika kebetulan rumah Anda berlokasi di dekat sekolahan SD, maka bisnis ini sangat tepat sekali untuk Anda. Karena pastinya murid-murid perempuan di sekolahan itu akan menjadi pembeli produk aksesoris Anda.

Anda hanya tinggal menyediakan etalase dan rak khusus untuk memajang produk aksesoris itu didepan rumah Anda. Nanti pasti para siswi SD itu segera berkerumun untuk melihat dan membeli produk Anda.

Namun bagaimana jika lokasi rumah Anda tidak di dekat sekolahan?

Jangan kehilangan akal. Tentunya pasti ada solusi lain. Salah satu caranya adalah ; Anda bisa mencoba menyewa lapak untuk berdagang di salah satu sekolahan SD di dekat rumah Anda.

Lapaknya tidak perlu terlalu besar, ukuran 2 x 1 meter juga sudah cukup.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa bisnis aksesoris wanita ini untung/marginnya bisa berkali-kali lipat. Anda bisa menjual sebuah jepitan yang modalnya 500 rupiah dengan harga jual 1.500 rupiah. Gurih kan? 😁

"Kok bisa tau sih bang izal?"

Yaa taulaaaah,,, lha wong saya dulu juga pernah jualan aksesoris di sekolahan. Hehehe 😁

Itulah diatas beberapa kriteria dan jenis usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Dengan tanpa mengganggu peran sebagai istri dan seorang ibu.

Selain menyenangkan, bisnis pribadi di rumah ini juga bisa menambah pemasukan keluarga Anda. Namun ingat, menjadi seorang ibu rumah tangga harus pandai-pandai membagi waktu antara keluarga dan karir.

Semoga sukses selalu untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel