5 Pusat Grosir Aksesoris dan Pernak Pernik Wanita Terlengkap Di Asemka

Assalamualaikum.

Alhamdulillah, akhirnya saya punya kesempatan lagi untuk menulis. 

Setelah beberapa hari vakum menerbitkan artikel. Yah,,,,apalagi penyebabnya kalau bukan karena kesibukan mengurus toko mainan yang tidak bisa ditinggalkan. 

Maklumlah, saya 'kan hanya seorang blogger part time. Yang hanya bisa mengisi tulisan disela-sela kesibukan mengurus bisnis toko mainan saya. ☺

Pada tulisan kali ini saya akan mengangkat topik tentang 5 pusat grosir aksesoris dan pernak-pernik wanita terlengkap di kawasan asemka jakarta. Kebetulan saya memang belum pernah sekalipun menulis artikel tentang aksesoris dan pernak-pernik. 
Rekomendasi artikel : 5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)
Padahal kedua produk tersebut merupakan salah satu bagian dari bisnis mainan. Sebagian besar toko mainan pasti ada menjual aksesoris dan pernak-pernik ditokonya. Oleh karena itulah akhirnya saya putuskan untuk menulis artikel khusus tentang produk tersebut.

Pusat grosir terbesar produk aksesoris dan pernak-pernik wanita ini ada dibeberapa tempat.


5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

Diantaranya :

#1. Pasar Grosir Gedung Asemka.

Tempat grosir produk aksesoris dan pernak-pernik ini terpusat didalam gedung asemka. 

Bagi teman-teman yang belum tahu posisi gedung asemka dan ingin mencarinya, cara yang paling mudah yaitu dengan cara minta diantarkan pakai ojeg atau bajaj ke lokasi tersebut. 

Supaya lebih jelas, coba perhatikan 2 foto dibawah ini.


5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Foto form Google Map

Diatas adalah gambar gedung asemka jika difoto dari bagian depan.


5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Foto form Google Map

Nah kalau foto diatas adalah gedung asemka jika di lihat dari samping. 

Bagaimana? Sudah cukup jelas 'kan teman-teman? 

Pokoknya kalau teman-teman nanti mau mencari gedung asemka, cari saja gedung bertingkat yang warnanya biru. Hehehe ☺ 

Gedung asemka ini terdiri dari 10 tingkat (kalau tidak salah). Didalamnya terdiri dari bermacam-macam toko grosir, mulai dari grosir mainan, tas, dompet, ikat pinggang, jam, alat tulis kantor, kosmetik, stiker, aksesoris, pernak-pernik,,,, dan sangat banyak lagi jenis produk lainnya. Terlalu panjang kalau saya sebutkan satu persatu.

Khusus di artikel ini saya hanya akan fokus membahas bagian aksesories dan pernak-pernik wanita saja, karena memang itulah topik bahasan kita kali ini.   

Gedung asemka ini bisa dikatakan pusatnya grosir aksesoris dijakarta bahkan Indonesia. 

Banyak pedagang dari berbagai daerah lebih memilih untuk belanja grosiran ke gedung ini. Penyebabnya adalah karena harga grosiran aksesoris di asemka ini lebih murah dibandingkan tempat grosir lainnya. Apalagi jika kita berbelanja dalam jumlah banyak (skala partai besar), maka harganya akan jauh lebih miring ketimbang kalau kita berbelanja ke pasar Jatinegara atau Tanah abang.

Jika kita berbelanja dalam partai besar, perbedaan harganya bahkan bisa mencapai 10.000 per lusin (untuk beberapa item tertentu). Salah satu contohnya seperti bros peniti, jika dipasar biasa dijual seharga 10.000 per pcs, maka dipasar asemka ini bisa kita dapatkan 3 pcs bros hanya dengan harga 15.000 rupiah saja.

Maka tidaklah mengherankan kalau pasar grosir gedung asemka terkenal sebagai icon pusat grosir aksesoris termurah di Jakarta dan Indonesia. 

Salah satu pusat komplek pertokoan grosir aksesoris terbesar di Indonesia ini mulai buka dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB. 
Rekomendasi artikel : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)
5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Foto form Google Map

Diatas adalah salah satu foto dari bagian sudut toko grosir aksesoris di asemka. 

Kalau teman-teman ingin melihat puluhan foto lainnya yang lebih lengkap (terkait dengan toko grosir aksesoris di asemka), silahkan lihat saja di Google Map dengan mengetik kata kunci : Pasar Grosir Asemka.

Selain digedung asemka, banyak penjual (lapak kaki lima) aksesoris dan pernak-pernik yang tersebar disepanjang pinggir jalan asemka tersebut. 

Oh iya,,, ada sebuah informasi penting yang ingin saya sampaikan. Sejak bulan desember 2017 lalu, terjadi perubahan yang cukup besar pada lapak pedagang kaki lima di asemka tersebut.


Apa itu?

Yaitu banyak lapak dan kios yang terkena gusur dan direlokalisasi! 


Sebenarnya (sebelum penggusuran) ada satu lagi tempat pusat grosir aksesoris dan pernak-pernik, yaitu dipelataran mesjid kecil yang terletak ditengah kawasan asemka tersebut.

Dipelataran itu sebelumnya berderet kios-kios semi permanen, semuanya menjual produk aksesoris. Nah, sekarang mesjid itu telah dirubuhkan. Mesjid penggantinya sekarang sedang dibangun dengan ukuran lebih besar dan bertingkat.   

Jadi sekarang sudah tidak ada lagi deretan kios aksesories dipelataran mesjid tersebut. Bagi teman-teman yang sebelumnya sering berbelanja aksesoris dikios pelataran mesjid itu, sekarang tidak akan menemukannya lagi.

Kemanakah direlokalisasi alias dipindahkannya?

Yaitu :

#2. Dibawah kolong tanjakan Fly Over Asemka.

Apakah teman-teman pernah memperhatikan kolong tanjakan fly over dekat ATM museum mandiri? 

Nah sekarang semua pedagang lapak kaki lima dan kios pelataran mesjid yang terkena gusur tersebut direlokalisasikan ke tempat ini.

Jadi dibawah kolong Fly over itulah sekarang dibangun kios-kios semi permanen untuk menampung semua pedagang tersebut.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan foto dari google map dibawah ini.
Artikel rekomendasi : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 2 (Pasar Senen)
5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Foto form Google Map

Coba perhatikan bagian sepanjang sisi kiri foto atas. Yaitu bagian bawah fly over yang dibatasi tembok dan tampak sayup-sayup dihiasi oleh seni gambar grafiti. Nah tembok pembatas itu sekarang telah dirubuhkan dan dibagian kolongnya tersebut dibangun deretan kios semi permanen. Disitulah sekarang tempat berkumpulnya mantan pedagang aksesoris lapak kaki lima dan kios pelataran mesjid sebelumnya. 

Demikianlah info ini saya berikan, supaya teman-teman tidak kebingungan jika nanti pergi berbelanja aksesoris ke asemka, karena adanya perubahan lokasi para pedagang tersebut.


Secara garis besar, toko grosir yang menjual aksesoris dan pernak-pernik di asemka ini terbagi menjadi 2, yaitu aksesoris untuk konsumen anak-anak/remaja putri dan orang dewasa. 

Biasanya kalau aksesoris untuk anak-anak dijual oleh para pedagang mainan, dan saya termasuk salah satu pedagang yang sering berbelanja aksesoris ke kolong fly over asemka tersebut. 

Sedangkan kalau aksesoris untuk remaja putri dan wanita dewasa biasanya dijual ditoko-toko aksesoris yang ada di mall, sekolah (SMP/SMA/SMK), dan toko/kios yang ada di universitas/perguruan tinggi. Aksesoris untuk remaja dan dewasa ini lebih banyak dijual didalam area gedung asemka. Namun dikolong fly over itu juga tersedia grosiran aksesoris untuk remaja putri dan wanita dewasa. 

"Toko apa saja yang recomended sebagai pusat grosir aksesoris dan pernak-pernik terlengkap bang izal?"

Hmmmh,,, sebenarnya setiap toko grosir dikawasan asemka tersebut mempunyai kelebihan masing-masing teman-teman. Dan soal harga jual yang ditetapkan relatif sama kok, jadi sebenarnya kita bebas memilih toko grosir aksesoris yang mana saja.  

Tapi kalau teman-teman ingin tahu juga toko grosir aksesoris pavorit saya, baiklah akan saya sebutkan lagi beberapa diantaranya. Bagian 1 dan 2 sudah saya sebutkan sebelumnya diatas. Sekarang akan saya lanjutkan 3 tempat grosir aksesoris recomended lainnya.

Diantaranya : 

#3. Toko Arif Accecories.

Beralamat di : Pertokoan Fly over, Jalan petak baru Blok A no.1 Pasar pagi asemka. Rt.005/Rw.02, Roa Malaka, Tambora, Kota Jakarta barat. 

Telpon : 0813 - 8392-9255

Toko Arif Accecories ini menjual lengkap berbagai aksesoris dan pernak-pernik untuk konsumen anak-anak dan remaja putri. Seperti aksesoris jepitan rambut, bando, kalung, gelang, cincin, pin, hingga mainan squisy pun dijual lengkap ditoko grosir ini.

Toko ini mulai buka dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Berikut dibawah ini foto (sebagian tampilan) tokonya.


5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Foto form Google Map

Pada foto diatas hanya tampak pada sebagian kecil dari bagian depan tokonya. Sebenarnya toko ini agak memanjang ke belakang, berisi berbagai jenis aksesoris dan pernak-pernik. 

Foto hanya saya tampilkan pada satu bagian sisi depan saja. Karena tidak mungkin saya tampilkan semua foto disini, sebab nanti akan memperberat loading blog ini. Jika teman-teman ingin melihat foto produknya lebih lengkap, silahkan lihat di Google Map dengan mengetik kata kunci : Arif Accecories.

#4. Toko Kirana (Beads and Accecories).

Beralamat di : Jalan Asemka no.16-17, Pinangsia Tamansari, Rt.001/Rw.06, Kota Jakarta barat. Telpon : 021 - 690-6335 / 690-6336 

Posisi tokonya tepat disisi jalan layang (Fly over) asemka, satu deretan dengan gedung Bank BCA. Toko buka dari pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Toko kirana ini merupakan salah satu pusat grosir aksesoris, pernak-pernik dan manik-manik terbesar dan terlengkap di asemka. Ruangan tokonya sangat besar. Kalau dianalogikan, bentuk dan besar tokonya mirip seperti gedung pertemuan/pernikahan.

Ditoko ini tersedia sangat lengkap berbagai aksesoris seperti cincin, gelang, kalung, bros, manik-manik, dan berbagai perhiasan wanita lainnya. 

Bahkan hingga aksesoris untuk alat pajangan pedagang mainan juga dijual ditoko kirana ini. Kalau pedagang mainan pasti mengerti apa yang saya maksud, yaitu semacam 'garpu' yang terbuat dari bahan besi stainless dan kawat. 'Garpu' ini berfungsi sebagai alat gantungan mainan kemasan press dan ukuran kecil. Jadi bagi teman-teman pedagang mainan yang ingin mencari 'garpu' gantungan, ditoko kirana inilah tempat grosirannya.  

Oh iya,,, berbeda dengan toko Arif Accecories sebelumnya diatas yang pangsa pasar produknya untuk kalangan anak-anak dan remaja putri, nah kalau toko Kirana ini konsumennya lebih cenderung untuk kalangan wanita dewasa dan mahasiswi.

Berikut dibawah beberapa foto gedung dan isi toko Kirana ini.


5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Toko Kirana tampak dari luar.
    
Bagaimana teman-teman?

Betulkan kata saya kalau tokonya mirip seperti gedung pertemuan? hehe ☺

Apalagi kalau teman-teman melihat isi didalam gedungnya, wuihhh,,,begitu besar dan produknya sangat lengkap sekali!

Toko Kirana ini nyaris mirip seperti sebuah pasar swalayan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat foto selanjutnya dibawah.

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Ruang masuk toko Kirana.

Nah coba lihat foto diatas. Itu baru hanya terlihat sebagian, yaitu ruang masuk. Kebelakang dan ke sampingnya masih lebih luas lagi ruangannya.

Mau lihat isi tokonya? Silakan lihat dibawah.

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Salah satu sudut toko Kirana.

Itulah diatas penampakan dari salah satu sudut ruangan dan beberapa rak pajangan aksesorisnya. Bisa teman-teman bayangkan betapa lengkapnya produk aksesoris toko kirana ini secara keseluruhan.

Biasanya kalau kaum wanita berkunjung ke toko ini, akan betah berlama-lama sampai nyaris lupa untuk pulang. Salah satu contohnya adalah istri saya, kalau belanja stok aksesoris kesini malah keasyikan sendiri, milih-milihnya lamaaaa beud wkwkwkwkwk.  (Upps keceplosan ☺☺☺).
Artikel rekomendasi : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

#5. Toko 48 (Garmen Accecories).

Beralamat di : Jalan pasar pagi 1, No.31, (Petongkangan) Roa Malaka, Tambora, Rt.006/Rw.01, Kota Jakarta barat. Telpon : 021 - 6915-580.

Toko 48 ini merupakan pusat grosir aksesoris khusus untuk garmen, konveksi dan penjahit tailor. Jadi bagi teman-teman yang berkecimpung dibidang usaha jahit menjahit, toko 48 ini merupakan tempat grosiran yang sangat rekomended.

Alasannya?

Ya tentu saja karena jenis produk yang dijualnya sangat lengkap. Ditoko ini tersedia mulai dari pita, payet/ramboci, mata boneka, kain flanel, mote, kain tile, kawat, lem lilin, kaos stocking dan berbagai produk untuk garmen lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Toko ini mulai buka dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Berikut dibawah ini beberapa foto bagian isi dari toko 48.

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Salah satu rak berisi mote/manik-manik

Diatas adalah foto salah satu bagian dari sudut rak toko 48. Ditiap bagian kolom rak itu tersedia lengkap berbagai jenis mote dan manik-manik untuk hiasan produk garmen, konveksi dan tailor.

Ditoko ini juga menjual berbagai jenis kain flanel dan tile, berikut fotonya dibawah.

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA
Salah satu rak berisi kain flanel/tile

Demikianlah teman-teman,,,,, akhirnya selesai juga saya tulis artikel khusus tentang 5 pusat grosir aksesoris dan pernak-pernik wanita terlengkap di asemka.

5 pusat grosir aksesoris diatas merupakan tempat rekomended bagi teman-teman yang ingin mencari produk aksesoris yang lengkap dengan harga relatif lebih murah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Jika teman-teman menyukai isi dan informasi yang ada didalam artikel ini, silahkan teman-teman share ulang. Supaya teman-teman kita yang lainnya dapat pula membaca dan mengambil manfaatnya.

Semoga sukses selalu untuk teman-teman semuanya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

38 Responses to "5 Pusat Grosir Aksesoris dan Pernak Pernik Wanita Terlengkap Di Asemka"

  1. Salut sama bang izal yang mau share ilmu bener bener gratis yang sangat amat jarang bisa ditemui di internet yang kebanyakan cuma jebakan batman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja si om,,, hehehe :)

      Terima kasih atas apresiasinya ya om,, semog dapat bermanfaat

      Delete
  2. bang izal..senang sekali bisa jdi pembaca webnya..isinya mantab pula..orang bilang isinya daging semua..ilmu praktis dari seorang yang expert..terimaksih ilmunya..diperbanyak tentang info tempat kulakan untuk barang yang lain,misalnya tempat kulakan boneka..pasti kita senang klo ada info tempat kulakan boneka bang..kita tunggu ya bang info tempat grosir bonekanya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sekali atas apresiasinya om :)

      Soal kulakan boneka insya Allah nanti akan menyusul artikelnya. Tentunya saya harus survey ke lapangan terlebih dahulu untuk mengumpulkan materi isi tulisannya.

      Ditunggu aja tanggal tayangnya hehe :)

      Delete
  3. Kalau grosiran kirim ke Kalimantan bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa,,,, nanti dikirim lewat ekspedisi.

      Delete
  4. Ga ada toko onlinenya ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,,,, rata-rata toko grosir di asemka itu berupa toko fisik (offline). Jadi kalau kita mau belanja barang, harus datang langsung ke sana.

      Delete
  5. bang , grosir buku sekolah dan peralatan sekolah di jakarta yg murah di mana?. makasih bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di asemka, yaitu di bagian pasar proyeknya. Lokasinya tanya-tanya aja sama orang di sekitar situ, pasti mereka tau.

      Didalam gedung asemkanya sendiri juga ada toko grosir buku, alat tulis dan perlengkapan sekolah. Sudah tahu gedung asemka 'kan? Itu tuh,,, gedung bertingkat yang berwarna biru.

      Delete
  6. kalau untuk beads (mote2, mutiara, kristal,dll), pita2, garment (Flanel,tile,rasfur,dll) dan bahan accecories + ram2an atau cantelan itu setau saya paling murah di Toko Bintang Makmur Asemka deh setelah muter2 cek harga. Letaknya itu di Ruko2 bawah fly over . kalo ga salah jalan petongkangan 1 no 47

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas infonya gan :-)

      Delete
    2. Kalo utk no telp toko nya tau ga ka? Mohon info nya ka, trimakasih sebelum nya.

      Delete
  7. Pagi bang. Klo untuk yg grosir kosmetik. Toko apa yg recomendd di pasar asemka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kalau untuk produk kosmetik saya belum mendalaminya mbak. Insya Allah nanti kalau ada waktu luang, saya melakukan survey terkait tentang produk kosmetik ini. Dan jika semua data dan materi telah terkumpul, nanti akan saya tulis ke dalam artikel.

      Delete
  8. Keren bang, sangat bermanfaat infonya. Sukses terus!!

    ReplyDelete
  9. Bang izal terimakasih sekali infonya sangat menginspirasi otw buka toko makasih bang infonya GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2,,, semoga usahanya berjalan lancar dan sukses ya gan :)

      Delete
  10. Bg mw tnya utk grosir swarovski, rhinestone atw manik2 ky bola disco itu dimana ya bg?kmrn cari ditoko asemka ga ad. Gedung asenka jg ga ad. Apa ad info lain kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf banget untuk manik2 merek itu saya belum mendapatkan info grosirnya gan,,,,

      Delete
    2. Yg saya tahu utk swarovski ada di toko charisma, lantai 2 thamrin city...baru aja hari ini anter istri kesitu

      Delete
  11. Terimakasih untuk informasinya yg begitu detail ini sangat membantu banget,sekalian numpang nanya nih kalaj dari stasiun kota naik apa ya...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari stasiun kota bisa naik bajaj menuju Asemka.

      Delete
    2. bang,minta no wa abang boleh ngg

      Delete
    3. dr stasiun kota bisa jalan kaki lewat bawah tanah

      Delete
  12. Bang mau nanya.... Klo saya mau jadi grosir dan eceran di kota saya... Apa bisa blanja di pasar esmka ini. Buat mainan atau asesoris wanita jepitan dll... Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk dijual ecer pastinya bisa, namun kalau untuk dijual secara grosir hanya bisa untuk semi grosir aja gan. Artinya grosir yang menjual secara partai kecil, dan harga jual pun gak terlalu murah seperti toko grosir besar.

      Delete
  13. Oh gt... Terus klo saya mau blanja partai besar. Apa barangnya di anterin. Apa pake kendaran sendri? Blanja awal kan pasti banyak. Atu saya nyewa kendaran di daerah pasar esemka untuk di anntr kan k daerahh saya? Apa di tangung dengan pihak toko?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian toko grosir disana ada yang memberikan layanan servis antar untuk wilayah Jabodetabek. Tapi belanja minimal biasanya harus 20 jutaan ke atas. Coba nanti tanyakan saja ke toko owner tokonya, apakah melayani servis antar. Gak di minta biaya antar sih gan, tapi kita kesadaran aja kasi uang tip sama sopirnya.

      Kalau mau nyewa mobil, di Asemka itu juga banyak jasa sewa mobil untuk antar barang.

      Delete
    2. Oh siap bang. Bang kalo usaha mainan gini... Ada pembukunya juga ga? Tolong jelasin bang. Biar saya paham....

      Delete
    3. Maksudnya pembukuannya? Sebaiknya tentu harus ada pembukuan, sehingga bisa diketahui untung rugi dan berapa besar laba dari hasil usaha kita.

      Delete
  14. Saya mau coba usaha buat drumah jualan asesoris wanita ada saran ga bang buat tips belanja grosir nya dmn .. Ada no telp yg bisa di hub buat konsultasi blnja grosir nya

    ReplyDelete
  15. Kalau dari tanjung periuk harus naik ankutan apa

    ReplyDelete
  16. Bang boleh minta info , untuk toko aksesoris tas di asemka yang berbahan logam/nikel? untuk kebutuhan konveksi bang seperti : Ring C28NK, Gantungan tunggal GK3759N, Paku centang dan magnet ? terimakasih bang izal sebelum nya atas info nya, artikelnya bagus bang sangat membantu sekali.. saya doain semoga bang izal rezekinya lancar terus dan dipermudah segala urusannya.. aminnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sekali atas apresiasinya :-)

      Namun mohon maaf,,, untuk info yang ditanyakan saya belum menemukan link/channel tokonya. Tapi nanti akan saya coba telusuri dan gali infonya. Nanti kalau datanya sudah terkumpul lengkap, insya Allah akan saya buatkan ke dalam sebuah artikel khusus.

      Delete
    2. siap bang izal, ditunngu nih artikel selanjutanya

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel