Postingan Unggulan

Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

10 Cara Bisnis Online Untung Besar

Kebutuhan yang semakin banyak, diiringi dengan biaya hidup kian tinggi, membuat sebagian orang berusaha mencari pemasukan tambahan. Usaha sampingan pun kini mulai marak digeluti, baik sebagai freelancer hingga berbisnis. 

Teknologi digital kini tidak hanya digunakan untuk bertukar informasi. Banyak orang yang melakoni bisnis online dan kemudian berhasil sukses. Melalui artikel ini, cara bisnis online untung besar bisa dapat diketahui. Karena cara-cara tersebut bukan lagi rahasia dan siapa pun bisa melakukannya.

10 Cara Bisnis Online Untung Besar
Ilustrasi

Menjalani bisnis online cocok bagi siapa pun, termasuk orang yang baru terjun ke dunia bisnis.

Biasanya pebisnis pemula ini tidak memiliki modal besar, bahkan ada yang tanpa modal sama sekali. Memang benar, bahwa orang bisa menjalani bisnis online tanpa modal, asalkan tahu ilmu dan strateginya. Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan. Walau Anda mengetahui strategi dan cara bisnis online untung besar, tapi jika Anda tidak konsistensi dan sabar, maka semua usaha  Anda bisa berakhir dengan sia-sia.

Prinsip Bisnis Online.


Sebelum mencari tahu dan mempraktikkan cara bisnis online untung besar, maka sebagai pemula, penting sekali untuk memahami prinsip bisnis online.

Bentuk bisnis ini sedikit berbeda dengan bisnis konvensional. Pada bisnis online ini faktor kemajuan teknologi sangat berperan besar mendukung kesuksesan sebuah bisnis. Salah satunya seperti faktor luasnya jangkauan pelanggan, sehingga sangat membantu dalam menaikkan omset. Kalau tidak paham strateginya, atau terlambat mengikuti perkembangan zaman, maka bisnis online yang dijalankan bisa kalah bersaing dengan kompetitor lainnya.

Selain mengikuti perkembangan jaman, maka bisnis online hendaknya harus selalu memudahkan pelanggan. Esensi dan alasan terbesar seseorang bertransaksi secara online ada tiga, yakni agar prosesnya bisa lebih cepat, lebih mudah, dan lebih praktis. 

Kalau pebisnis tidak bisa memfasilitasi ketiga faktor pendukung diatas, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap bisnis online yang sedang dijalankannya. Ketiga hal tersebut adalah prinsip dasar yang harus dipenuhi. Tentu kepuasan pelanggan wajib menjadi pertimbangan. Dan kepuasan mereka berawal dari ketiga aspek tersebut diatas.

Terakhir, prinsip bisnis online yang jarang disadari adalah pasar yang tersegmentasi. Jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis online, maka harus mampu menentukan target pasar atau calon pelangganan yang akan disasar. Memang dunia digital itu luas dan bisa menjangkau banyak pelanggan, dan justru kondisi inilah yang harus bisa di cermati. 

Apabila tidak fokus pada satu segmen, maka cara bisnis online untung besar tidak berujung pada target yang terukur. Sulit menentukan apakah bisnis online tersebut bisa berhasil atau tidak, karena targetnya tidak jelas.

Rahasia yang Selama Ini Dilakukan Pebisnis Online Sukses.


Definisi sukses memang beragam, antara orang yang satu dengan lainnya pasti berbeda. Ada yang memahami kesuksesan bisnis ketika bisa bermanfaat bagi orang lain, dan ada juga yang merasa puas jika mampu menyelesaikan suatu isu. Namun tidak dipungkiri bahwa secara umum tujuan sebuah bisnis adalah untuk bisa meraih keuntungan. 

Untuk seorang pemula, sebaiknya ikuti cara bisnis online untung besar di bawah ini:


1. Belajar dan Temukan Mentor.


Cara bisnis online untung besar bisa dipelajari dari mana saja. Namun akan lebih berasa jika ilmunya diperoleh langsung dari orang yang sudah berpengalaman. Belajar dari kesalahan, kegagalan, dan perjuangan seseorang akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan belajar sendiri dari buku, atau materi internet. 

Bagi Anda yang saat ini sedang mencoba menekuni materi bisnis online secara otodidak, maka terus lanjutkan saja. Otodidak sebenarnya bagus untuk melatih kemandirian dan daya pikir. Nah, jika nanti Anda mengalami kebuntuan, maka barulah mencari seorang mentor.  

Fungsi mentor ini untuk mendampingi langkah dan strategi Anda agar lebih tepat lagi.

10 Cara Bisnis Online Untung Besar
Ilustrasi Mentor.

Mentor tidak harus seorang guru atau seorang pengusaha ternama. Mentor adalah sosok yang bisa dijadikan panutan karena sisi kesabaran, kedisiplinan, kebijaksanaan (manajemen diri), dll. Berada di bawah bimbingan mentor yang tepat dapat menguatkan semangat seorang pebisnis pemula. Terutama ketika menghadapi kendala dan kebingungan saat merintis usahanya.

2. Kenali Digital Channel.


Brosur, billboard, poster, dan media pemasaran sejenis biasanya digunakan untuk bisnis konvensional. Maka bisnis yang dijalankan secara online otomatis media pemasarannya juga digital.  Jika hasilnya lebih maksimal, maka boleh didukung dengan pemasaran secara konvensional (offline). Sama layaknya seperti media offline, maka juga ada banyak sekali digital channel yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis online Anda.

Cara bisnis online untung besar bisa dilakukan dengan memaksimalkan platform yang ada. Contoh sederhananya adalah media sosial Instagram atau Facebook. Lakukan eksplorasi dari media sosial karena bisa memfasilitasi kegiatan pemasaran (bahkan gratis!). Ada tools seperti Instagram Stories, Facebook Fan Page, dan sebagainya. Semakin Anda tahu dengan seluk beluk dan strategi digital marketing, maka bisnis Anda akan bisa sukses meski dengan modal Rp 0,-.

3. Buat Konten yang Menarik.


Ingat, ketika menjalankan bisnis online, maka tidak ada pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Calon pembeli dapat  mengenali produk Anda lewat media tulisan, gambar, atau video.

Nah, jika ketiga media diatas tidak mampu mendeskripsikan tentang produk Anda dengan jelas dan menarik, maka calon pembeli akan pergi dari toko online Anda  dan mencari situs lainnya. Oleh sebab itu, buatlah konten yang sedemikian rupa, agar calon pembeli dapat memahami produk Anda. Sehingga calon pembeli tersebut jadi tidak ada keraguan untuk membelinya.

Perlu diingat, bahwa konten yang menarik itu tidak selamanya harus colorful atau rumit. Jika melihat tren saat ini, konten yang simpel dan to the point tampaknya lebih disukai.

Konten yang sederhana tapi menarik ini akan jauh lebih disukai pengunjung toko online Anda. Dan calon pembeli tidak perlu menghabiskan banyak waktu lagi untuk mencari tahu tentang produk tersebut, karena Anda telah mampu memberikan penjelasan secara simpel dan gamblang.

4. Memulai dengan Bisnis Reseller atau Dropship.


Modal yang minim terkadang membuat seorang pebisnis tidak mampu berbuat banyak di dunia nyata. Tapi bukan berarti mereka tidak bisa berjualan secara online. Bisnis online membuka peluang bisnis bagi semua orang, bahkan untuk orang yang tidak mempunyai modal sekalipun.

Cara bisnis online untung besar yang paling cocok untuk pemula adalah menjadi reseller atau dropshipper. Menjalankan bisnis ini bahkan tidak membutuhkan modal, asalkan bisa mendapatkan supplier barang. Karena dalam sistem dropship, tugas seseorang hanya memasarkan produk kepada orang yang tepat. Kemudian berkoordinasi dengan pihak supplier apabila ada orang yang tertarik untuk membeli barang tersebut.

Kelebihan lain dari sistem bisnis ini adalah si pebisnis bebas menentukan harga. Mereka akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga asli supplier. Semakin besar selisihnya, maka semakin banyak pula keuntungannya. 

Tapi hati-hati, jangan sampai terlalu tinggi mematok banderol (diatas harga pasaran). Karena nanti malah tidak ada orang yang mau membeli produk tersebut (karena kemahalan).

Hendaknya barang yang dikirim tidak menggunakan nama supplier, tapi menggunakan nama Anda sebagai pengirimnya. Sehingga seolah-olah Anda adalah sang owner dan pemilik produk dari toko online tersebut.

5. Lakukan Riset.


Riset ini penting sebelum memulai sesuatu, termasuk berbisnis. Cara bisnis online untung besar yang jarang dilakukan adalah riset. Ini bisa ditujukan untuk mengetahui tren pasar, perilaku atau kebiasaan calon pembeli, hingga perkembangan kompetitor. 

10 Cara Bisnis Online Untung Besar
Ilustrasi

Sebagai pemula tidak perlu riset yang terlalu serius. Lakukan riset kecil-kecilan, misalnya dengan memperhatikan apa saja yang sedang viral, produk yang banyak dijual di e-commerce, harga pasaran, dan sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya : Ingin Tahu Cara Sukses Jualan Online? Yuk Simak Trik Jitunya

6. Buat Target Pasar.


Seperti yang disebutkan di atas bahwa bisnis online yang sukses adalah bisnis yang fokus. Tentukan pasar yang akan ditarget maka seluruh kegiatan bisnis akan mudah dilakukan. Bahasa komunikasi pemasaran lebih terarah, tidak salah menetapkan harga, kegiatan promo lebih terkonsep, dan masih banyak lagi. Umumnya target pasar ditentukan dari jenis kelamin, usia, dan jumlah penghasilan. Tapi kategorisasi calon pembeli bisa beragam tergantung pada produk dan kebutuhan si pelaku bisnis.

7. Buat Toko Online.


Cara bisnis online untung besar ini sebenarnya mirip dengan pemanfaatan digital channel. Hanya saja pada bagian ini akan dibahas lebih spesifik ke toko online. Membuat toko online itu gratis. Ada banyak market place yang bisa dipilih tergantung keinginan. Namun cara terbaik menentukan market place yang tepat adalah market place dengan pengguna terbanyak. Dengan begitu toko online bisa diakses oleh banyak orang.

Membuat toko online pun tidak memakan waktu. Ini bisa dilakukan dalam waktu singkat selama sudah memiliki e-mail, koneksi internet bagus, dan konsep toko online telah siap. Baru lah setelah toko jadi perlu update secara berkala. Misalnya, mem-posting produk terbaru, mengganti status jika barang habis, dan sebagainya.

8. Rajin Membuat Gimmick.


Gimmick adalah trik promosi yang menarik perhatian calon pembeli. Caranya bermacam-macam, ada yang memberikan potongan harga jika men-share sebuah posting-an, mem-follow akun media sosial, membagikan produk sample secara gratis, dan sebagainya. Semakin menarik gimmick yang dibuat maka akan semakin banyak orang yang memperhatikan produk tersebut.

10 Cara Bisnis Online Untung Besar
Salah Satu Contoh Gimmick Pada Produk Kopi. 

Gimmick biasanya bertujuan untuk meningkatkan awareness kepada calon pembeli, supaya penjualan lebih meningkat. Apa pun metode gimmick-nya, yang jelas cara bisnis online untung besar salah satunya lewat gimmick. Bahkan gimmick mampu membuat calon pembeli tidak sadar sedang menerima iklan promosi.

9. Mencoba Iklan Berbayar.


Cara bisnis online untung besar ini bisa dilakukan kalau sudah memiliki keuntungan. Karena untuk menjalaninya butuh modal. Contoh iklan berbayar yang dapat dicoba adalah Google Ads, Facebook Ads, dan masih banyak lagi. 

Itu hanyalah sebagian contoh dari iklan berbayar yang dapat dioperasikan sendiri. Ada tools yang bisa mengatur kegiatan promosi, misalnya menentukan target penerima iklan, lokasi penyebarannya, hingga dana yang digunakan.

Untuk bisa mengoperasikan tools tersebut memang dibutuhkan pengetahuan tersendiri. Namun jangan khawatir, ada banyak referensinya di internet dan di sini lah mentor pun berperan. Akan sangat menguntungkan apabila memiliki mentor yang mengerti digital marketing tools.

10. Bergabung dengan Program Afiliasi.


Cara bisnis online untung besar ini juga dibutuhkan pengetahuan khusus. Pada prinsipnya program afiliasi adalah memberikan sejumlah komisi kepada siapa pun yang berhasil menjual produk. 

Cara mereka bebas, bisa memasangkan iklan produk di media sosial, blog, website pribadi, dan sebagainya. Besaran komisi disepakati di awal, misalnya 20% dari harga produk. Tren saat ini umumnya komisi yang diberikan berkisar 20% - 40% dari harga produk.

Program afiliasi atau affiliate marketing ini ada yang menaunginya. Perusahaan yang memfasilitasi program afiliasi memiliki sejumlah publisher, yakni orang-orang yang siap mempromosikan sebuah produk. Untuk bergabung sebagai publisher biasanya gratis, namun ada juga yang dipungut bayaran. 

Perusahaan afiliasi ini akan sangat selektif memilih publisher. Mereka akan menilai apakah media sosialnya sudah banyak follower, bagaimana kontennya, dan banyak pertimbangan lainnya.

Jadi, Apakah Mungkin Pemula dengan Modal Minim Bisa Untung Besar?


Tentu saja bisa! 


Tidak ada yang tidak mungkin selama bisnis online dimulai dengan niat dan tekad yang kuat. 


Tak perlu bingung jika modalnya hanya sedikit atau tidak ada sama sekali. Banyak bisnis online yang sukses namun dimulai tanpa modal. Perlu diingat bahwa bisnis online tidak selamanya berbentuk jualan produk. Menawarkan sebuah jasa pun dapat menjadi bisnis online.

Bisnis online yang termasuk di bidang jasa dan tidak membutuhkan modal contohnya adalah jasa penulisan artikel, penerjemah, video editing, desain grafis, editor, dan masih banyak lagi. Inilah cara bisnis online untung besar yang jarang disadari oleh pemula. Padahal keuntungan besar bisa diraih dari hal-hal kecil dan yang disukai. Makannya, peka terhadap perkembangan jaman serta tren masyarakat itu penting.

Berkembangnya bisnis online menghapus sekat persaingan menjadi sangat global. Produk dan jasa yang ditawarkan tidak lagi bersaing dengan sesama pebisnis Indonesia. Masyarakat luar negeri dapat mengakses produk-produk Indonesia, begitu pun sebaliknya. Dengan demikian, terus belajar dan berinovasi agar mampu bertahan dalam persaingan bisnis online.

Artikel Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

Demikian tulisan tentang 10 cara bisnis online untung besar kali ini. Jangan lupa untuk selalu menantikan tulisan menarik selanjutnya dari blog ini.

Semoga sukses selalu untuk Anda, Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "10 Cara Bisnis Online Untung Besar "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel