Postingan Unggulan

Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

Cara Import Barang dari China Dan Beberapa Tips Rahasia

China merupakan salah satu negara yang memproduksi barang dengan harga murah. Tak heran banyak pebisnis yang memilih negara China sebagai negara pemasok produk dagangannya. Pasalnya, barang import dari China memiliki nilai jual yang lebih tinggi sehingga dapat meraup banyak keuntungan.

Nah, apakah Anda juga tertarik meng-import produk dari China? Jika Anda ingin mencoba, sebaiknya pahami dulu cara import barang dari China.

Banyak cara import barang dari China yang bisa ditempuh, namun perhatikan kesepakatan dan hal-hal penting lainnya jika ingin melakukan import barang. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak aturan perihal import yang jika tidak dipenuhi, maka dapat merugikan pihak pembeli.

Mengapa Harus Meng-import Barang dari China?


Dari sekian banyak negara, China-lah negara yang paling banyak di incar oleh importir. Pasalnya, China mampu memproduksi barang dengan biaya yang rendah. Meskipun begitu, kualitas barangnya mampu bersaing dengan kualitas barang yang diproduksi oleh negara asing lainnya.

Barang-barang yang berasal dari China juga sangat terjangkau. Itulah alasannya mengapa banyak orang yang meng-import barang dari China, termasuk para pedagang yang berasal dari Indonesia. Selain itu, banyak cara import barang dari China yang bisa ditempuh, sehingga mendapatkan barang dari China relatif mudah jika paham caranya.

Cara Import Barang dari China.


Meng-import barang dari China tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi peng-import. Pasalnya, barang dari China sangat murah sehingga jika dijual kembali, keuntungannya bisa berkali-kali lipat.

Jika tertarik dengan bisnis barang dari China, simak dulu cara import barang dari China berikut ini:


1. Import Barang Menggunakan Alibaba.com


Cara Import Barang dari China


Alibaba.com adalah e-commerce yang berasal dari China dan melayani transaksi online dari seluruh dunia. Beragam barang yang ada di situs Alibaba tidak hanya berasal dari China tetapi juga konsumen dapat menemukan banyak barang dari negara lain. Namun, jangan heran jika barang dari China-lah yang mendominasi di situs Alibaba.

Jika ingin mengimport barang dari Alibaba, lebih cocok barang yang dibeli adalah dalam jumlah yang besar. Pasalnya, membeli barang dengan jumlah besar harganya akan jauh lebih murah dan jika ingin dijual lagi akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Barang yang dijual di Alibaba pun sangatlah lengkap, hampir semua barang yang ada di toko offline, bisa ditemukan di Alibaba. Jika tidak menemukan barang yang diinginkan, konsumen dapat melakukan pre-order di situs Alibaba. Namun, apabila sudah menemukan barang yang diinginkan, pastikan supplier-nya memiliki reputasi yang baik.

Jika baru pertama melakukan import di Alibaba, agar lebih aman pilihlah supplier yang sudah berstatus Gold Supplier. Salah satu alternatif lainnya yaitu pilihlah supplier yang memiliki respond rate yang baik.

Apabila telah menemukan barang yang diincar, selanjutnya melakukan pembayaran. Di Alibaba.com terdapat beragam metode pembayaran, mulai dari transfer, Western Union, atau menggunakan Alibaba Secure Payment. Konsumen juga dimungkinkan untuk bisa melakukan pembayaran dengan metode lain sesuai dengan kesepakatan dengan supplier.

Salah satu metode pembayaran yang direkomendasikan yaitu menggunakan PayPal. Pasalnya, PayPal memiliki fitur buyer protection, di mana konsumen mendapatkan perlindungan apabila terjadi hal merugikan yang berasal dari supplier. Apabila sudah yakin dengan barang dan harganya, serta sudah memilih metode pengiriman, langkah selanjutnya yaitu meminta supplier untuk mengirimkan invoice.

Invoice tersebut biasanya dikirim dari supplier ke e-mail konsumen. Setelah itu, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan metode yang telah disepakati. Itulah bagaimana cara import barang dari China melalui Alibaba.com, mudah bukan?

2. Menggunakan Aliexpress.com.



Cara Import Barang dari China


Cara import barang dari China yang kedua yaitu melalui Aliexpress.com. Aliexpress adalah perusahaan online shop yang berskala internasional dan merupakan anak perusahaan dari Alibaba Group. Aliexpress cukup digemari bagi konsumen yang senang mengimport barang dari China karena terdapat fitur free shipping atau gratis ongkos kirim.

Cara import barang dari China melalui Aliexpress.com sangatlah mudah, yaitu dengan membuka situs resminya, yaitu: www.aliexpress.com. Jika sudah pernah melakukan registrasi di situs tersebut, langsung saja masukkan ID dan password yang telah terdaftar. Apabila belum, cobalah membuat akun terlebih dahulu dengan klik Join Free.

Isi formulir dengan lengkap dan benar, lalu lanjutkan klik Create Account. Jika sudah berhasil, kembalilah ke halaman utama. Sebagai tips, sebelum mencari barang yang diincar, cobalah melakukan pengubahan kurs mata uang ke rupiah. Setelah itu, carilah barang yang ingin diincar dengan menelusuri kolom barang atau melakukan pencarian di menu Search.

Apabila sudah menemukan barang yang diincar, perhatikan kualitas tokonya. Lihatlah berapa lama toko tersebut sudah beroperasi dan lihatlah review dari konsumen lainnya. Perhatikan pula biaya ongkos kirim yang akan dibayarkan. Tidak lupa, isilah pilihan yang tertera, misalnya jenis warna, ukuran, dan banyaknya barang yang akan dibeli.

Harga total juga akan langsung tertera setelah konsumen mengisi jumlah barang yang akan dibeli. Setelah itu, klik Buy Now dan masukkan alamat pengiriman dengan benar dan lengkap. 
Aliexpress.com memiliki banyak metode pembayaran, mulai dari Alipay, DO-KU, Transfer Bank, Western Union, dan lain sebagainya.

Pilihlah salah satunya dan masukkan kode kupon, apabila memiliki kupon diskon. Kupon berguna untuk mengurangi harga barang yang akan dibayarkan. Klik Pay Now kemudian akan muncul Invoice Number jika melakukan pembayaran via transfer ATM.

Jika sudah selesai melakukan pembayaran, maka pembayaran tersebut akan langsung terverifikasi. Kemudian penjual akan mengirimkan barang yang sudah dibayarkan ke alamat yang dituju. Proses pengiriman cukup memakan waktu karena di-import langsung dari luar negeri.

Artikel Menarik Lainnya : Toko Gaby Toys dan Lucky Toys, 2 Pusat Grosir Mainan Import Berkualitas

3. Menggunakan Taobao.com.



Cara Import Barang dari China


Taobao.com adalah salah satu situs e-commerce terbesar di China yang menjual beragam jenis barang dengan harga murah. Situs ini menjual semua jenis barang dari berbagai kualitas, mulai dari barang branded sampai barang yang berkualitas rendah. Namun, harga yang ditampilkan pastinya berdasarkan kualitasnya. Jika menginginkan kualitas yang baik, maka harganya pun cukup tinggi.

Jika tertarik untuk mencoba cara import barang dari China melalui Taobao, maka buatlah akun terlebih dahulu di www.taobao.com. Gunakan nomor ponsel yang aktif dan alamat yang berada di China. Pasalnya, situs Taobao hanya bisa digunakan oleh masyarakat yang ada di China.

Namun, khusus untuk masyarakat Indonesia yang ingin merasakan berbelanja di situs Taobao, dapat menggunakan Lazada sebagai partai ke-3 dari Taobao. Pasalnya, sejak tahun 2017 Lazada resmi menghadirkan koleksi produk milik seller yang berasal dari Taobao.com.

Cara berbelanjanya sama seperti membeli barang dari seller lainnya yang ada di Lazada. Lakukanlah registrasi terlebih dahulu apabila belum memiliki akun Lazada. Jika sudah, kunjungilah halaman utama Lazada, pilih Koleksi Taobao, dan pilih barang yang dicari.

Apabila sudah yakin dengan barang yang akan dibeli, pastikan alamat pengiriman sudah benar dan klik Buat Pesanan. Pilih salah satu dari metode pembayaran yang tersedia di Lazada dan apabila membeli barang diatas Rp 150.000,- Lazada memberikan gratis ongkos kirim. Sedangkan jika barang yang dibeli dibawah Rp 150.000,- hanya dikenakan ongkos kirim sebesar Rp 20.000,-.

Apabila membeli barang dari Taobao melalui Lazada, konsumen dapat memanfaatkan layanan bayar ditempat atau cash on delivery. Proses pengirimannya maksimal 14 hari karena semua produk dari Koleksi Taobao dikirimkan langsung dari seller di China ke salah satu hub Lazada Indonesia. Setelah itu, barulah Lazada mengirimkannya ke konsumen di Indonesia.

4. Import Barang Menggunakan 1688.com.



Cara Import Barang dari China


Cara import barang dari China berikutnya yaitu melalui 1688.com.

Situs 1688 ini hampir serupa dengan Alibaba.com, karena sama-sama di bawah kepemilikan Alibaba Group. Namun, situs 1688 full menggunakan Bahasa Cina dan dikhususkan untuk pasar domestik, yaitu wilayah China. Namun, dibandingkan Alibaba.com, kebayakan importer lebih memilih 1688.com.

Mengapa banyak orang yang lebih memilih cara import barang dari China melalui 1688.com? Hal tersebut karena harga yang didapat lebih murah karena mata uang yang digunakan adalah Yuan.

Selain itu, para seller di Alibaba.com kerap mematok harga yang lebih tinggi untuk pembeli di luar wilayah China.

Hal itulah yang membuat orang-orang tetap ingin import melalui 1688.com, meskipun agak sulit cara membelinya. Jika ingin membeli barang dari 1688.com, pastikan Anda dapat memahami bahasa Mandarin karena situsnya full menggunakan bahasa China/Mandarin. 

Seller-nya pun kebanyakan tidak paham Bahasa Inggris.

Jika ingin mudah memesan dari 1688.com, bisa menggunakan bantuan perantara atau agen. Agen akan membantu proses pembayaran, konsolidasi barang dari beberapa seller, serta mengontrol proses import dari China ke Indonesia. Hal tersebut tentunya memudahkan, ditambah lagi biayanya cukup ringan, biasanya hanya dikenakan 5%-10%.

Hal tersebut dikarenakan 1688.com hanya menerima pemberian dari AliPay. AliPay merupakan rekening bersama yang dimiliki oleh Group Alibaba. Namun, jika ingin menggunakan AliPay, harus memiliki rekening China. Selain itu, kebanyakan seller dari 1688.com belum memiliki izin ekspor.

Oleh karena itu, untuk memudahkan import barang, menggunakan agen dapat dijadikan bahan pertimbangan.

Artikel Menarik Lainnya : Toko Grosir Mainan Lokal Termurah di Asemka (Plus Info Tentang Produsen dan Jenis Mainannya)

5. Memanfaatkan Jasa Importir Online.


Indonesia kini tengah memasuki masa di mana bisnis online begitu menjamur. Oleh karena itu, meningkat pula jasa import barang yang berasal dari China. Hal tersebut tentunya cocok jika ingin mendapatkan barang dengan harga yang murah.

Cara import barang dari China yang terakhir dan termudah yaitu memanfaatkan jasa importir online. Jasa importir online kini banyak ditemukan, namun pastikan bawa situs tersebut terpercaya dan memiliki review yang bagus.

Biasanya, jasa importir online memiliki jasa seperti:


- Membantu mencarikan barang dan seller yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
- Pembayaran barang di China, baik barang yang berasal dari pabrik, grosiran, maupun toko online.
- Membantu pembayaran yang hanya bisa menggunakan ID dari China, misalnya melalui Alipay, Wechat Pay, maupun transfer bank.
- Pengiriman atau shipping.

Biasanya, jasa importir online melayani beragam jenis pengiriman, misalnya melalui jalur laut ataupun udara. Selain itu terdapat juga jenis pengirimannya, seperti FCL dan LCL. FCL atau Full Container Load merupakan pengiriman barang yang menggunakan 1 kontainer penuh dan tidak tercampur dengan pengirim lainnya.

Sedangkan LCL atau Less Container Load kebalikan dari FCL. Jika menggunakan pengiriman LCL berarti dalam 1 kontainer terdapat barang lain dari pengirim yang berbeda. Biasanya, biaya pengiriman yang tertera sudah mencakup pajak, handling, serta dokumen import.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan cara import barang dari China melalui jasa importir, harus memastikan harga barang. Selain itu, pastikan juga ongkos pengiriman dan pajak bea masuk yang akan dibayarkan. Pasalnya, jasa importir akan mengurusi pengiriman barang sampai dengan perizinan import.

Beberapa Tips Jika Ingin Mengimport Barang dari China.


Sebelumnya telah dibahas mengenai cara import barang dari China. Kini membahas tentang hal yang perlu diperhatikan jika ingin meng-import barang dari China. Hal ini penting dibahas, karena meng-import barang tentunya jauh berbeda dibandingkan membeli barang dari dalam negeri.

Simak ulasan berikut mengenai tips jika ingin meng-import barang dari China:


1. Ketahui Jenis Produk yang akan Di import dan Pastikan Negara Asalnya.


Sebaiknya ketahui jenis produk yang di-import berdasarkan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia untuk mengetahui tarif dari masing-masing barang yang akan di-import. Pasalnya, terkadang biaya PPH dan PPN-nya jauh lebih mahal daripada harga barang yang di-import.

Selain itu, pastikan semua barang yang dibeli boleh di-import. Hal tersebut karena ada beberapa jenis barang yang dilarang di-import atau harus memiliki dokumen tertentu dari negara asal. Apabila ingin meng-import barang dalam jumlah besar juga hendaknya urus perjanjian import terlebih dahulu.

2. Tidak Lupa Urus Izin Import.


Apabila ingin melakukan import dalam jumlah yang besar harus memenuhi izin import terlebih dahulu. Terdapat dua jenis izin import dalam hal ini, yaitu izin pokok dan izin khusus.

Izin pokok meliputi:

- Keabsahan perusahaan, baik PT maupun CV
- Angka Pengenal Import (API)
- Nomor Induk Kepabeanan (NIK)

Hanya saja, apabila izin khusus berarti akan meng-import jenis barang tertentu yang bersifat khusus, misalnya buah-buahan. Dengan begitu, pihak peng-import harus memiliki izin hortikultura, seperti importir produsen atau importir terdaftar.

3. Tentukanlah Sistem Pembayarannya.


Percuma saja jika paham bagaimana cara import barang dari China tetapi belum memastikan pokok pembayaran yang harus dilakukan pembeli. Hal ini penting dilakukan untuk import barang dalam jumlah yang besar.

Terdapat beberapa sistem transaksi yang berlaku, yaitu:

- Free On Board (FOB), berarti biaya pengiriman semua ditanggung oleh pembeli.
- Cost Insurance and Freight (CIF), artinya pihak penjual yang menanggung biaya pengiriman termasuk premi asuransi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
- Free Alongside Ship (FAS), berarti pembeli yang menanggung semua biaya pengiriman dan resiko sampai barangnya datang di pelabuhan.
- Delivered Duty Paid (DDP), artinya pembeli yang mengurus segala urusan formalitas kepabeaan. Namun penjual yang menanggung biaya dan resiko sampai barang datang di negara tujuan.
- Cost of Freight (CRF), berarti penjual yang menaggung biaya pengiriman beserta formalitas ekspor.

Dikarenakan sistem transaksi yang berlaku sangat beragam, maka tentukanlah sistem pembayaran apa yang akan dilakukan. Pasalnya, sistem pembayaran yang akan dipilih akan berdasar pada biaya yang akan dibayar dan tanggung jawab yang dimiliki.

4. Menentukan Logistik Barang import.


Biasanya penentuan logistik barang import diserahkan kepada pihak pembeli. Apabila akan meng-import barang dalam jumlah yang besar, bisa menggunakan jalur laut menggunakan kapal cargo.

Namun, apabila barang yang diimport sedikit atau ringan, bisa menggunakan jalur udara melalui pesawat terbang. Di antara keduanya, yang paling cepat sampai tentunya menggunakan jalur udara.

Jika meng-import dalam jumlah besar, biasanya pengurusan utama yaitu pembayaran PPN dan PPH. Setelah itu, barang tersebut baru boleh diangkut menuju negara tujuan. Penggunaan jasa import barang pihak ketiga juga dapat menjadi alternatif jika tidak ingin direpotkan soal ijin import.

5. Pastikan Apakah Perlu Asuransi Barang.


Penggunaan asuransi barang sangat disarankan dalam melakukan import, apalagi jika meng-import dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, banyak hal yang menyebabkan barang yang akan di import rusak atau tidak sampai ke tempat tujuan. Oleh karena itu, buatlah kesepakatan antara penjual dan pembeli yang biasanya tercantum dalam kontrak perdagangan.

Asuransi barang bisa ditanggung oleh penjual maupun pembeli, sesuai dengan kesepakatan. Jenis transaksi yang telah diulas sebelumnya juga mempengaruhi siapa yang berkewajiban menanggung asuransi. Oleh karena itu, sebelum mengimport barang dalam jumlah besar, dipastikan adanya kejelasan soal penanggunan asuransi barang.

Artikel Menarik Lainnya : JN Toys, Toko Grosir Mainan Remote Control Termurah dan Terlengkap di Asemka

Meng-import barang dari China sangatlah menarik karena harganya murah dan kualitasnya baik. 


Banyak cara import barang dari China yang bisa ditempuh juga salah satu alasan mengapa China merupakan negara pemasok barang import. Jika sudah menentukan cara yang akan dilakukan, perhatikan hal krusial yang harus dipatuhi apabila meng-import barang dari China.

Demikianlah artikel tentang cara import barang dari China, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa lagi di artikel yang tidak kalah menarik selanjutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Cara Import Barang dari China Dan Beberapa Tips Rahasia "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel