Contoh Usaha Makanan Ringan Unik, Layak Untuk Anda Coba

Saat ini menjalankan wirausaha dianggap lebih nyaman dan menguntungkan dari pada bekerja kantoran. Apa lagi jika usaha sendiri, karena waktunya lebih fleksibel, bebas, dan tidak ada tekanan.

Namun karena ketatnya persaingan usaha saat ini, membuat usaha baru mudah pula gulung tikar. Oleh karena itu, perlu di cari contoh usaha makanan ringan yang unik. Sehingga dapat dijadikan ide untuk membangun usaha baru.

Tips Sukses Membuka Usaha Makanan Ringan.


Memang benar saat ini usaha makanan ringan sudah cukup banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir menjalaninya, karena masyarakat yang suka mengkonsumsi makanan ringan juga banyak. Untuk itu, sebelum mencari tahu contoh usaha makanan ringan unik, ada baiknya mengetahui tips suksesnya terlebih dahulu.


Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Yang Layak Anda Coba
Ilustrasi Makanan Ringan Kue Kering.

Berikut tips sukses membuka usaha makanan ringan yang dapat dijadikan referensi:


1. Harus Berinovasi.


Seperti yang diketahui, saat ini contoh usaha makanan ringan unik cukup banyak, namun kebanyakan usaha tersebut tidak bertahan lama. Bukan karena tidak unik, namun biasanya karena mereka kurang berinovasi dengan jenis menu baru. Nah, jika Anda rajin berinovasi, maka konsumen tidak akan merasa bosan dengan makanan yang Anda jual.

2. Siap Menghadapi Perubahan.


Saat ini kemajuan teknologi membuat banyak hal dalam kehidupan berubah dengan sangat cepat. Hal ini tentu saja mempengaruhi pada usaha makanan ringan. Sebab dengan begitu banyaknya pilihan, membuat konsumen lebih cepat merasa bosan, dan menuntut perubahan yang unik pada makanan tersebut (misal variasi rasa, menu baru, dll). Untuk itu, jika Anda ingin sukses dalam menjalankan usaha makanan ringan ini, maka harus siap menghadapi perubahan yang cepat tersebut.

3. Giat Belajar.


Bukan hanya pelajar ataupun mahasiswa saja yang harus giat dalam belajar, seorang pengusaha juga harus giat belajar. Belajar di sini yaitu mendalami lebih jauh lagi mengenai usaha yang dijalankan.

Contohnya belajar mengenai membuat makanan ringan unik apa lagi yang terbaru, sehingga konsumen jadi semakin setia.

4. Pertahankan Kualitas.


Jika sudah berinovasi, siap menghadapi perubahan dan giat belajar, maka tahapan paling penting selanjutnya adalah mempertahankan kualitas makanan yang Anda jual. Jangan tergiur dengan untung besar, namun akhirnya konsumen pada kabur karena cita rasa yang terus menurun. Lebih baik untung kecil, namun konsumen tetap setia berlangganan, karena kualitas yang tetap terjaga sejak awal buka usaha.

5. Jangan Lupa Hangout.


Hangout disini bukan hanya untuk menghibur diri, namun juga terjun langsung memperhatikan kesukaan konsumen saat ini. Pilihlah tempat ramai seperti pasar, mall, atau tempat nongkrong anak muda lainnya. Perhatikan apa saja menu yang sedang populer, sehingga dapat menginspirasi, dan mendatangkan inovasi baru pada usaha Anda.

6. Berkomunitas.


Saat menjalankan bisnis perlu juga mengikuti komunitas yang bergerak di bidang usaha makanan (atau yang lainnya). Sehingga nantinya akan mendapatkan banyak masukan, pembelajaran, dan hal lainnya dari komunitas tersebut.

7. Cari Mentor.


Seorang mentor memiliki kedudukan yang cukup penting dalam menjalankan usaha, karena mentor ini akan mengarahkan usaha Anda dengan benar. Untuk itu carilah mentor yang baik, sehingga usaha Anda dapat terus berkembang pesat.

8. Kerja Keras.


Jika berbicara tentang kerja keras, maka tentu saja ini memang harus dilakukan ketika di awal merintis usaha, agar tujuan dan cita-cita Anda dapat tercapai. Dengan kerja keras, pasti berbagai cara dan upaya sudah banyak yang Anda lakukan. Dan hal ini tentu membuat peluang sukses Anda menjadi lebih besar.

9. Jualan Online.


Saat ini hampir setiap ranah kehidupan dilakukan dengan cara online. Untuk itu, agar mengikuti perkembangan, dan bisa lebih luas lagi segmentasi pasarnya, maka berjualan-lah secara online. Kini sudah tersedia banyak media yang mendukung untuk berjualan secara online.

Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dan Populer.


Setelah Anda memahami tips sukses membuka usaha makanan ringan diatas, maka kini tiba saatnya untuk membahas tentang contoh usaha makanan ringan yang unik tersebut.

Berikut contoh usaha makanan ringan unik dan populer yang dapat dijadikan referensi:


1. Olahan Keripik.


Dari dahulu hingga saat ini olahan keripik memiliki penggemar yang cukup banyak. Contoh usaha makanan ringan yang satu ini sudah legend di Indonesia. Karena selain keberadaannya yang terbilang sudah lama, cita rasa dari olahan bumbunya pun juga cukup beragam.

Kemudian, selain dari cita rasa olahan keripiknya, kini makanan ringan ini juga terbuat dari bahan baku yang beragam (contohnya keripik sukun pada foto bawah). Dari banyaknya variasi tersebut, sehingga membuat konsumen menjadi semakin tertarik saja untuk membelinya.


Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Yang Layak Anda Coba
Keripik Sukun Aceh

Sudah ada balado, coklat, keju, rumput laut; sedangkan bahan dapat dari singkong, pisang, talas, bayam hingga buah seperti apel dan lainnya. Walau sudah banyak usaha olahan keripik yang ada saat ini, Anda jangan sampai terbebani perasaan takut tidak laku. Justru jadikanlah ini sebagai motivasi untuk terus berkreasi. Buatlah inovasi olahan keripik yang unik lainnya. Dengan begitu, usaha Anda dapat berjalan lancar dan berpeluang meraih sukses.

2. Basreng.


Siapa yang tidak mengenal basreng, sebuah makanan ringan yang sudah cukup lama populer (karena terkenal dengan rasanya yang unik). Basreng sendiri merupakan kepanjangan dari bakso digoreng, di mana akan ada berbagai bahan rasa yang dapat ditambahkan. Contoh usaha makanan ringan unik ini memiliki kemiripan dengan keripik, namun tentu saja dibuat dari bakso.

Basreng sendiri lahir dari inovasi cerdas masyarakat Indonesia yang pintar memanfaatkan peluang. Untuk itu buatlah inovasi baru lagi untuk basreng ini, sehingga dapat disukai oleh konsumen dalam waktu lama. Misal, Anda bisa memberikan taburan keju atau bahan lainnya yang unik pada basreng tersebut.

3. Kuaci.


Jika makanan ringan identik dengan makanan yang memiliki kadar lemak tinggi dan tidak bergizi, maka cobalah untuk membuka usaha makanan ringan kuaci. Sejak dahulu kuaci telah dikenal karena selain dinilai enak, juga bergizi dan tidak berlemak tinggi. Tentu saja jangan lupa beri inovasi baru pada kuaci ini, sehingga dapat menarik konsumen.

Kuaci dapat diberikan dengan berbagai rasa seperti balado, coklat, atau lainnya. Tentu saja ini unik, mengingat kuaci biasanya hanya berasa original yaitu asin dan gurih saja. Jangan lupa buat kemasan kuaci itu dalam bentuk yang unik dan menarik, sehingga akan nampak berkelas dan bernilai cukup tinggi.

4. Usus Crispy.


Makanan ringan usus crispy ini cukup terkenal, karena dinilai sebagai makanan ringan yang enak, dan cocok sebagai cemilan ketika bersantai. Namun biasanya usus crispy hanya disajikan dengan saus saja. Oleh karena itu cobalah buat inovasi baru. Misalnya bisa ditambahkan berbagai cita rasa pada usus crispy tersebut. Jangan lupa racik usus crispy tersebut dengan cita rasa yang gurih, enak, dan cocok di lidah orang Indonesia.

5. Mie Lidi.


Jika yang bersekolah dasar di tahun 1990-an hingga 2000-an awal tentu saja pasti mengenal makanan ringan satu ini. Biasanya kantin sekolah dasar selalu menyediakan mie lidi, karena disukai oleh banyak anak-anak.

Sejak kemunculannya, mie lidi merupakan cemilan berbentuk mie yang digoreng kering dengan berbagai rasa. Memang cukup sulit untuk menginovasinya, karena sejak awal mie lidi muncul sudah cukup unik.

Namun beberapa tahun ini mie lidi sudah lebih unik karena pengemasannya yang menarik. Tentu saja jangan hanya fokus pada pengemasan dan melupakan rasa. Karena cita rasa adalah faktor utama dan terpenting yang akan selalu memikat pembeli. Seperti contohnya mie lidi coklat, keju, greentea, atau bahan unik lainnya yang sedang populer saat ini. Dengan begitu, akan ada kesan nostalgia sekaligus modern pada saat memakan mie lidi tersebut.

6. Kerupuk Seblak.




Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Yang Layak Anda Coba
Ilustrasi Seblak.

Saat ini makanan khas Bandung, yaitu seblak, sangat populer di berbagai daerah Indonesia. Semua itu karena seblak dinilai memiliki rasa yang unik dan cocok di lidah masyarakat Indonesia. Namun tentu saja seblak bukan merupakan contoh usaha makanan ringan unik, karena seblak lebih pada makanan berat. Untuk itulah muncul inovasi baru yaitu kerupuk seblak.

Bahan dalam pembuatan seblak seperti bakso, markoni, ceker dan bahan lainnya dibuat kering seperti kerupuk. Tentu saja dari segi cita rasa tetap mengedepankan rasa pedas khas seblak. Namun variasi rasanya dapat ditambahkan lagi, seperti pedas manis, pedas coklat, pedas keju, dan lain sebagainya.

7. Stick Keju Coklat.


Contoh usaha makanan ringan unik berikutnya adalah stick keju coklat. Makanan ringan ini adalah stick dengan paduan rasa keju dan coklat. Stick sendiri merupakan makanan yang sudah cukup terkenal sejak dahulu. Oleh karena itu, untuk membuatnya populer kembali (unik) bukanlah hal yang sulit, karena mie lidi sudah cukup populer sebelumnya.

Inovasi rasa yang bervariasi (keju, coklat, dll) tentu saja akan membuat makanan ringan stik ini menjadi unik. Dengan mudah konsumen akan menyukainya dan secara perlahan menjadi populer. Apalagi jika dipasarkan dan dijual melalui media sosial secara online, tentu segmentasi pasarnya menjadi lebih luas lagi.

8. Tahu Pong.


Tahu merupakan bahan dasar makanan yang harganya cukup terjangkau sehingga banyak yang memilih tahu sebagai bahan dalam menjalankan usaha. Tentunya sudah banyak yang mengenal berbagai olahan tahu, seperti salah satunya adalah tahu pong.

Selain memiliki rasa yang enak dan mudah diolah, tahu ini juga terkenal dengan kandungan gizinya yang baik. Sehingga membuat usaha makanan ringan yang satu ini patut untuk dicoba.

Jika biasanya tahu pong disajikan dengan saus atau cabai saja, maka buatlah inovasi baru. Misal membuat tahu pong dengan berbagai isian. Seperti isi mie, hati ampela, coklat, hingga keju.

Dengan semua isian baru yang unik itu, tentu saja makanan ringan tahu pong ini akan lebih menarik konsumen. Tahu pong juga dapat diberikan taburan pada luar permukaannya dengan bubuk rasa. Sehingga walau tanpa cabai ataupun saus, tahu pong ini sudah enak untuk disantap.

9. Jamur Goreng Crispy.


Tidak hanya usus saja yang dapat diolah dan dijadikan crispy, nyatanya saat ini jamur goreng crispy juga sudah cukup populer. Semua itu karena jamur goreng dinilai memiliki cita rasa yang enak dan unik. Sehingga jamur crispy ini sangat cocok untuk dijadikan jajanan camilan.

Contoh usaha makanan ringan unik ini memiliki peluang sukses yang cukup besar. Bahkan jenis camilan makanan ringan yang satu ini sudah ada franchise-nya. Semua itu karena jamur goreng crispy ini selalu dapat di inovasikan cita rasanya.

Jika biasanya jamur goreng crispy dipadukan dengan saus dan bubuk rasa, maka dapat juga diberikan variasi rasa baru, seperti coklat dan keju. Dengan begitu, rasa jamur akan jauh lebih beragam dan tentu saja unik.

10. Donat Stick.


Siapa orang yang tidak menyukai donat? Makanan ringan ini memiliki rasa yang enak dan juga mengenyangkan (karena termasuk jenis roti). Namun tahukah Anda bahwa donat masih dapat di inovasikan kembali, yaitu dengan dibuat berbentuk stick. Sehingga bentuknya menyerupai sate, namun setiap tusuknya berisi donat dalam ukuran kecil. Untuk semakin menarik minat konsumen, maka dapat diberikan tambahan taburan topping yang beragam.



Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Yang Layak Anda Coba
Ilustrasi Donat.

Jenis makanan ringan unik ini belum terlalu banyak dijual di Indonesia, namun peminatnya tergolong cukup banyak. Oleh karena itu, usaha ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Sebagai salah satu contoh usaha makanan ringan unik, yang tentu juga berpeluang meraih sukses.
Itulah tips sukses dan juga contoh usaha makanan ringan unik yang dapat dijadikan referensi menjalankan usaha. Setelah paham dengan tips sukses dan mengetahui berbagai contoh makanan diatas, maka Anda dapat membuka peluang usaha makanan ringan unik yang lebih baik. Syaratnya: selalu kreatif, inovatif, dan tentu saja harus mau bekerja keras demi kesuksesan usaha Anda.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Contoh Usaha Makanan Ringan Unik, Layak Untuk Anda Coba"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel