Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya

Kreatifitas akan senantiasa diperlukan dalam kehidupan kita, termasuk ketika mendirikan sebuah usaha. Salah satu usaha yang membutuhkan kreatifitas tinggi adalah bisnis makanan. Semakin unik dan kreatif makanan tersebut, maka akan semakin menarik dimata calon pembeli. Mereka pasti segera tertarik jika ada usaha makanan yang unik dan kreatif di lingkungannya.


15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya
Ilustrasi: Seorang Pedagang Kue Di Pasar Senen.

Mengapa Memilih Usaha Makanan Unik Dan Kreatif?

Bisnis makanan bisa dikatakan tidak pernah kehabisan calon pembeli. Apalagi saat ini semakin trend komunitas food traveler. Mereka ini suka sekali mencari makanan-makanan yang unik. Oleh karena itu, peluang bisnis makanan yang unik dan kreatif terbilang cukup menjanjikan saat ini.

Selain peluangnya yang bagus, maka berikut ini beberapa alasan mengapa pelaku usaha perlu memilih bisnis dibidang ini:

Modal kecil. Untuk memulai bisnis makanan unik dan kreatif ini, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi jika usaha ini Anda lakukan di rumah (yang kebetulan lokasinya strategis). Modal awalnya hanya peralatan untuk membuat makanan tersebut, dan bahan-bahan dasar yang dibutuhkan.

Keuntungan besar. Bisnis makanan pada umumnya memiliki margin keuntungan besar. Banyak sumber referensi yang menyatakan bahwa bisnis makanan bisa menghasilkan laba hingga 100% (dari modalnya). Namun tentu saja untuk bisa mendapatkan laba sebesar itu, ada syaratnya. Yakni makanan yang dibuat itu harus habis terjual semuanya.

Pasar sangat luas. Makanan yang unik dan kreatif ini biasanya disukai oleh semua kalangan. Oleh karena itu, bisnis ini memiliki pangsa pasar yang luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa menjadi target pasarnya.

Jika Anda merasa tertarik dengan bisnis ini, namun masih bingung bagaimana cara memulainya, mari simak penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Berikut Cara Memulai Usaha Makanan Unik Dan Kreatif.

Anda tidak perlu merasa bingung untuk memulai usaha makanan unik dan kreatif ini. Mungkin pada awalnya memang tidak mudah, tapi lambat laun Anda pasti bisa, asalkan sudah tahu caranya.

Memulai usaha hendaknya dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dan benar, agar supaya hasil yang di capai bisa lebih memuaskan. Berikut ini cara memulai usaha makanan yang unik dan kreatif, simak step by step-nya:

Pertama, cari ide makanan yang unik: Untuk memulai usaha makanan yang unik dan kreatif, tentu saja Anda harus mencari ide makanan apa yang akan dijual. Semakin unik ide makanan yang akan Anda jual, maka akan semakin bagus prospeknya. Sebab tentu akan semakin dilirik oleh calon pembeli.

Kedua, siapkan modal awal yang dibutuhkan: Untuk memulai sebuah usaha, tentu saja Anda harus menyiapkan modal awal yang dibutuhkan. Untuk bisnis ini, Anda siapkan saja modal kecil terlebih dulu. Karena bisnis makanan ini bisa dimulai secara bertahap. Rintis dari usaha kecil-kecilan terlebih dulu. Jika sudah lancar dan mulai banyak pembeli, maka barulah kemudian dikembangkan dengan suntikan modal yang lebih besar lagi.

Ketiga, cari tempat (lokasi toko) yang strategis: Keberhasilan sebuah bisnis sangat tergantung dari lokasi usaha tersebut. Oleh karena itu, sebisa mungkin carilah lokasi usaha yang strategis. Sukur-sukur jika kebetulan Anda memiliki rumah yang berlokasi di tepi jalan strategis. Sehingga Anda tidak perlu lagi menyewa toko untuk tempat usaha Anda.

Namun jika rumah Anda berlokasi didalam gang (tidak strategis), maka tidak ada salahnya Anda menyewa sebuah toko atau kios untuk tempat usaha Anda. Carilah toko atau kios yang berlokasi ditempat potensial pembeli. Contoh seperti area sekolah, universitas atau perkantoran. Semua lokasi strategis itu bisa Anda gunakan sebagai tempat usaha.

Keempat, belanja peralatan dan bahan baku: Jika sudah menyiapkan tempat untuk usahanya, maka tugas selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Sisa modal yang sudah Anda siapkan sebelumnya itu bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan. Dan juga modal untuk membeli bahan baku yang diperlukan untuk membuat makanan unik tersebut.

Kelima, tentukan strategi dan teknik promosi: Gunakan teknik dan strategi promosi yang murah dan efektif. Contohnya seperti berpromosi di media sosial, atau promosikan dari mulut ke mulut (teman-teman), supaya usaha Anda lebih cepat dikenal orang.

Keenam, selalu lakukan inovasi: Setelah usaha Anda mulai dikenal dan berjalan lancar, Anda harus selalu melakukan inovasi. Tujuannya agar produk Anda mampu terus menarik pembeli.

Itulah di atas langkah demi langkah yang harus dilakukan. Lakukan semua step diatas secara runtut, benar dan tepat. Agar bisnis makanan unik plus kreatif milik Anda dapat meraih sukses.

Kreatifitas memang harus terus dijaga, terutama dalam menghasilkan produk makanan yang bervariasi. Karena di situlah kunci suksesnya. Bagi Anda yang masih bingung, dan bertanya-tanya: "Apa saja sih contoh ide makanan yang unik dan kreatif itu?"

Yuk, mari simak beberapa contohnya dibawah ini:

15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif Yang Bisa Dicoba.

Langkah pertama saat memulai bisnis makanan ini adalah mencari ide makanan yang unik dan kreatif. Sebenarnya banyak sekali ide makanan unik dan kreatif yang bisa Anda coba. Namun dalam tulisan ini kita coba bahas 15 contoh saja.

Berikut ini adalah beberapa contoh ide makanan unik dan kreatif, terutama bagi yang masih susah mendapatkan ide untuk usahanya:


1. Kue Leker Yang Dirindukan.


15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya
Ilustrasi: Kue Leker.

Kue ini sebenarnya sudah biasa dijual orang, tetapi uniknya tetap saja selalu dirindukan oleh para pecinta makanan. Leker sebenarnya bentuk sederhana dari crepes, bahan dan toppingnya pun jauh lebih simpel dibandingkan crepes.

Kue leker ini bisa dijual dengan harga murah meriah, sehingga banyak sekali diminati oleh semua kalangan. Penggemarnya mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa (karena harganya terjangkau).

Rasanya yang enak dan beraneka ragam akan selalu menjadi daya tarik tersendiri.

2. Black Burger Lezat.

Jika biasanya bun burger berwarna coklat khas roti panggang namun kali ini berwarna hitam pekat. Burger hitam biasanya menggunakan pewarna hitam alami dari tinta cumi-cumi untuk membuat roti bunnya. Dengan isi layaknya seperti burger pada umumnya, black burger ini tetap mampu menarik perhatian para pecinta burger. Warna bunnya yang hitam itulah yang menjadi daya tarik utama dari black burger, yang kini semakin populer ini.

3. Kue Cubit Aneka Topping.

Kue cubit adalah jajanan sekolah daerah Jakarta yang kembali populer, karena semakin unik dan kreatif. Inovasi baru penambahan berbagai topping dan rasa pada kue ini membuatnya kembali diminati oleh berbagai kalangan. Saat ini tidak hanya anak sekolah saja yang gemar dengan kue cubit ini, tetapi juga di cari para food traveler. Mereka rela pergi jauh-jauh untuk mencari kue unik ini.

Oleh karena itulah kue cubit ini layak untuk dijadikan ide usaha makanan unik dan kreatif.

4. Semangka Goreng Yang Merona.

Pada umumnya buah yang digoreng adalah pisang, namun kali ini ada semangka yang juga digoreng.

Semangka goreng bisa menjadi salah satu ide usaha makanan unik dan kreatif yang bisa Anda coba. Makanan ini jadi sangat unik karena memiliki cita rasa segar tetapi digoreng. Warna semangka yang merah merona itu tentu sangat menggoda sekali untuk dicoba.

5. Gulali Cantik Manis.

Gulali sebenarnya jajanan tempo dulu yang terbuat dari gula merah, namun saat ini gulali sudah banyak bermetamorfosis. Saat ini gulali telah berkembang menjadi makanan unik nan cantik. Dibuat dari gula dan diberi berbagai warna yang menawan. Hal lain yang membuat gulali ini menjadi sangat menarik adalah karena bentuknya bisa dibuat bermacam-macam. Siapa sih yang tidak akan tergoda untuk membelinya? 😊

6. 'Rambut Nenek' Yang Unik.

'Rambut nenek' adalah jajanan jaman dahulu yang saat ini mulai menjadi tren kembali. Semakin banyaknya food traveler yang doyan jajanan unik dan kuno, sehingga membuat jajanan 'rambut nenek' ini kembali dikenal. Bentuknya seperti serabut tipis persis rambut, biasanya berwarna pink atau putih dan terbuat dari tepung kacang hijau. Rasanya sangat manis, sehingga disukai oleh anak-anak. Biasanya orang memakannya menggunakan opak tipis yang gurih.

7. Es Krim Goreng Panas Dingin.


15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya
Ilustrasi: Es Krim Dan Gorengan.

Makanan ini mencoba menyatukan es krim yang segar dan gorengan yang hangat. Namanya yang sangat unik itu saja sudah mampu menimbulkan rasa penasaran dan menarik perhatian calon pembeli.

Jika biasanya es krim bisa langsung dimakan dingin, maka kali ini harus digoreng. Es krim goreng tetap segar saat dimakan, tetapi memang bagian luarnya terdapat seperti kulit yang panas.

Karena keunikannya ini, tentu saja membuat semua orang ingin sekali untuk mencobanya.

8. Banana Coklat Stick Yang Lezat.

Pisang mungkin akan membosankan jika disajikan begitu saja. Namun jika dikreasikan menjadi banana coklat stick, maka pasti akan menarik selera. Buah pisang yang dilapisi cokelat beku dan diberi aneka topping, kemudian disajikan dingin, pasti akan menjadi makanan unik yang menarik.

Banana coklat stick ini bisa menjadi salah satu usaha makanan unik dan kreatif yang menjanjikan. Karena bahan dasarnya cukup murah dan biasanya sangat disukai oleh anak-anak. Pasti akan laris manis terjual.

9. Telur Gulung Populer.

Jajanan ini masih sering dicari oleh anak sekolah. Proses pembuatannya juga tergolong mudah dan sederhana. Makanan unik berbahan dasar telur ini bisa dijual dengan harga murah, sehingga pasti banyak peminatnya. Rasanya enak dan gurih.

Saat ini telur gulung bisa di-inovasi-kan dengan tambahan topping yang disukai oleh anak-anak milenial. Tambahan topping keju mozzarella, atau lainnya, akan semakin menambah nilai jual jajanan unik dan kreatif ini.

10. Oreo Goreng Yang Renyah.

Jika selama ini gorengan di pinggir jalan selalu itu-itu saja, maka kali ini Anda bisa membuat gorengan yang unik, yaitu oreo goreng. Makanan yang satu ini banyak dicari karena keunikannya. Gorengan tetapi rasa oreo memang sangat unik di lidah. Para pecinta cokelat pasti akan menyukai jajanan manis yang satu ini. Apalagi jika ditambahkan dengan berbagai topping menarik, Wuih Mak Nyuuuzz!! 😃

11. Minuman Pencuci Piring.

Selain dari rasa, ide keunikan juga bisa diciptakan dari desain. Salah satunya yang satu ini, yakni minuman pencuci piring. Minuman ini disajikan dalam botol yang berbentuk persis seperti botol sabun pencuci piring. Oleh karena itulah minuman ini disebut dengan nama demikian. Beraneka varian rasa bisa Anda tawarkan saat menjual minuman pencuci piring ini. Kemudian dimasukkan ke dalam botol yang sudah didesain persis botol pencuci piring, lengkap dengan labelnya.

12. Cokelat Dodol Yang Legit.

Semua orang pasti menyukai makanan yang manis ini. Kali ini cokelat di-inovasi-kan menjadi bentuk makanan lain, yaitu cokelat dodol yang lezat. Makanan unik yang kreatif ini sangat diminati oleh semua kalangan, sehingga sangat mudah untuk menjualnya. Dan ini juga patut untuk Anda coba.

13. Burger Mie.

Inovasi terhadap makanan burger kali ini muncul lagi. Jika pada poin sebelumnya diatas mengubah warna bunnya saja, maka sekarang mengubah bahan bunnya. Kali ini bun burger dibuat dari mie ramen, sehingga burger ini sangat cocok bagi para pecinta mie ramen. Dengan isian yang sama dengan burger original, maka makanan unik ini juga sama enaknya. Dan tentu juga menarik untuk Anda coba.

14. Belalang Goreng.



15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya
Ilustrasi: Makanan Belalang.

Makanan ini benar-benar unik karena terbilang tidak begitu familiar bagi orang Indonesia. Tapi sudah tahukah Anda? Bahwa belalang termasuk hewan yang halal dan boleh dimakan oleh orang Islam lho!

Hewan yang biasanya banyak ditemukan di sawah saat ini bisa disulap menjadi camilan nikmat yang renyah. Belalang goreng namanya, sebuah camilan sedikit ekstrim yang nikmat dan bergizi. Makanan ini memiliki peluang sangat bagus karena harga jualnya cukup mahal disebabkan bahan bakunya yang sedikit langka.

15. Tahu Kribo Yang Unik.

Gorengan adalah salah satu kesukaan orang Indonesia karena teksturnya yang renyah. Satu lagi ide usaha makanan unik adalah tahu kribo, dari namanya saja memang sudah lain dari yang lain. Cara pembuatan makanan unik ini sangat mudah, modalnya pun juga sangat murah. Tahu kribo yang enak ini bisa menjadi salah satu ide makanan unik dan kreatif yang bisa Anda coba.

Demikianlah ulasan secara lengkap tentang usaha makanan unik dan kreatif, sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan. Dengan melihat berbagai ide makanan unik dan kreatif di atas, maka akan semakin menambah referensi ide makanan yang bisa Anda jadikan sebagai barang dagangan.

Memulai usaha insya Allah kini sudah tidak lagi membingungkan. Terutama setelah Anda mengetahui ide makanan unik dan kreatif, yang tentunya bisa Anda coba untuk di jual. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

Post a Comment for "15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya"