Ini Tips Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Membeli Airsoft gun

Airsoft gun merupakan sebuah permainan ketangkasan perang-perangan yang sangat seru dan menarik. Pada umumnya, jika seseorang sudah pernah mencoba bermain olahraga menembak ini - dan merasakan sensasinya - maka biasanya dia akan jadi ketagihan.

Dan jika sudah ketagihan (karena kena 'racun' permainan ini), biasanya 'virus' selanjutnya adalah keinginan untuk mengoleksi berbagai jenis dan tipe (model) dari unit Airsoft gun tersebut. Bahkan demi untuk memenuhi hasrat mendapatkan unit tertentu, ada pehobi berat Airsoft gun yang rela menabung dan menyisihkan uang gajinya untuk bisa mendapatkan unit tersebut. 😊


Ini Tips Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Membeli Airsoft gun
Ilustrasi Unit Airsoft Gun.

Nah, pada artikel ini saya akan memberikan info tentang tips dan beberapa info penting.


Informasi ini sebaiknya Anda ketahui saat ingin membeli Airsoft gun. Agar Anda tidak salah beli, atau spesifikasinya tidak seperti yang Anda harapkan (karena keterbatasan informasi). 


Hal pertama yang penting untuk Anda ketahui adalah tentang perbedaan dari beberapa jenis Airsoft gun tersebut. Berikut penjelasannya dibawah ini:

Airsoft gun adalah semacam mainan replika yang biasanya berukuran hampir sama seperti senjata aslinya. Mainan replika ini meniru berbagai bentuk dan jenis senjata terkenal yang ada di dunia. Contoh seperti model pistol, revolver, shotgun, submachine gun, assault rifle, sniper rifle sampai model bazooka.

Airsoft gun ini termasuk kategori senjata mainan. Namun walau hanya mainan, unit replika ini mampu melesatkan sebuah peluru dari bahan plastik, berbentuk bulat dan berukuran 6 mm (biasanya disebut dengan istilah BB Bullet). Mekanisme tembakan Airsoft gun ini ada yang melesat satu-satu peluru (single action), ada yang tipe semi otomatis, dan ada juga yang model full otomatis.

Mekanisme dasar Aisoft gun ini adalah dari tenaga tekanan angin. Jadi sumber tenaganya berasal dari hembusan udara yang kuat.

Dan pada dasarnya, hembusan udara itu dihasilkan dari piston. Nah yang membedakan adalah alat penggerak piston tersebut. Pada Airsoft gun ada 3 jenis sumber tenaga penggeraknya, yaitu:

  1. Sumber tenaga dari pengokang (per) pada jenis Airsoft gun spring.
  2. Tenaga dari motor dinamo, yang digerakkan oleh baterai pada jenis Airsoft electric.
  3. Power dari hembusan gas (freon) pada jenis Airsoft gas.

Begini mekanismenya: tekanan udara di dalam unit Airsoft itu memutar BB bulat berukuran 6mm agar laju peluru tersebut bisa semakin akurat. Mekanisme ini dinamakan fasilitas Hop-Up, dan sudah banyak di adaptasi oleh produsen mainan airsoft gun saat ini.

Artikel Menarik Lainnya : Sejarah Airsoft Gun Di Indonesia (Dan Dunia)

Dari keterangan di atas, maka jenis Airsoft gun terbagi menjadi tiga, yakni:


Jenis Airsoft Gun Spring.


Mekanisme tenaga spring (pegas/per) banyak ditemukan pada Airsoft gun model awal. Dulu, Airsoft gun spring generasi pertama di Indonesia (awal tahun 90an) adalah dalam model pistol.

Mekanismenya dengan cara menarik slide/kokangannya sampai terdengar bunyi 'klik', maka pistol itu pun telah terkokang. Selanjutnya tinggal menarik bagian pelatuk dan peluru pun langsung melesat. Jika ingin menembak lagi, maka Anda harus mengokang kembali dan kemudian menembakkannya. Singkatnya jenis spring ini mekanismenya 1 kali kokang + 1 kali tembakan = keluar 1 Peluru.

Kalau Anda mau membeli jenis spring, maka carilah FPS (daya tembak)nya yang bagus. Jangan utamakan bentuknya agar supaya Anda tidak rugi. Karena bentuk yang bagus belum tentu FPS-nya bagus.

Soal harga, tipe spring ini harganya di range 100 ribu sampai 7 jutaan rupiah. (harga tergantung merk, bahan, kualitas produk dan nilai FPS (feet per second).

Jenis Airsoft Gas.


Sesuai seperti namanya, maka jenis ini mekanismenya menggunakan tenaga gas.

Unit Airsoft gas ini menghembuskan jenis gas freon (HFC 134/R22) untuk 'meniup' BB 6 mm tersebut. Kelebihan dari jenis ini adalah adanya efek hentakan (recoil/blowback) yang ditimbulkannya. Hentakan blowback ini menimbulkan sensasi tersendiri jika dibandingkan dengan jenis Airsoft lainnya.

Airsoft gas ini ada 2 tipe, yaitu yang bisa blowback, dan yang tidak (non blowback).


Airsoft gas non blowback juga punya kelebihan tersendiri, sebab power FPS-nya lebih kencang. Hal ini terjadi karena tenaga gas yang ada tidak digunakan untuk menggerakkan slide (blowback). Sehingga tekanan gasnya bisa digunakan 100% untuk melesatkan pelurunya.

Harga Handgun GBB ini ada di range 1,8 Juta - 9 jutaan. Sedangkan untuk model Assault rifle GBB harganya bisa di range 3 juta - 25 jutaan.

Jenis Airsoft Gun Elektrik.


Jenis Airsoft gun elektrik adalah tipe terkini yang sangat populer. Di sebut elektrik karena mekanisme tenaganya bersumber dari motor (dinamo). Dan dinamo itu bergerak karena adanya tenaga dari baterai khusus. Baterai ini bisa di carger ulang (jika Anda membeli unit ini, maka dalam box biasanya sudah lengkap dengan adaptor cargernya).

Nah tenaga dari dinamo dan baterai itulah yang mendorong piston bergerak maju mundur, sehingga tekanan udaranya menghembuskan peluru/BB 6 mm tersebut. Melesat dengan sangat cepat dari larasnya.

Harga Airsoft gun elektrik ini di kisaran 3 juta sampai 25 jutaan rupiah.

Artikel Menarik Lainnya : Peraturan Dan Kode Etik Penggunaan Airsoft Gun

Airsoft gun bukan untuk senjata beladiri.


Kepemilikan unit Airsoft gun sudah diatur dan hanya di izinkan untuk umur 18+. Anak-anak tidak diperbolehkan memainkan senjata replika ini.

Sebagian besar penggemar Airsoft gun hanya menggunakan unit ini untuk sarana bermain perang-perangan (skirmish/sukir). Atau ada juga yang menggunakannya hanya sebagai barang koleksi saja.

Sebagai benda koleksi, unit airsoft gun ini memang tampak unik jika dipajang di ruang tamu Anda.

Berikut ini adalah tips dan info penting yang sebaiknya Anda ketahui jika ingin memilih unit Airsoft gun (khusus untuk jenis spring).


Ketika ingin membeli sebuah unit Airsoft gun, maka jangan melihat dari satu faktor saja. Misalnya jangan melihat dari sisi FPS saja. Hendaknya juga perhatikan segi akurasi dari unit Airsoft gun tersebut. Tingkat FPS yang tinggi belum tentu menjamin unit tersebut mempunyai performance yang terbaik.

Berikut ini 3 merek Airsoft gun spring yang terbaik. Harga ketiga merek Airsoft spring ini berkisar dibawah 2 jutaan.


1. Merek Double Eagle.


Ini Tips Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Membeli Airsoft gun
Airsoft Gun Spring Merek Double Eagle.
Tipe ini layak menduduki peringkat teratas.

Merek ini termasuk sering sekali dipakai oleh pecinta Airsoft springer. Penyebabnya karena DE (singkatan dari Double Eagle ) banyak mengeluarkan jenis Pump up system (shotgun).

Jenis DE shotgun ini cocok sekali dengan mekanisme senjata aslinya, yakni 1 kali reload 1 kali tembak. Jadi berbeda dengan model M4 spring, yang seharusnya sistemnya otomatis tapi ternyata tembakan pelurunya satu-satu. Penyebabnya, ya karena jenisnya yang spring tersebut.

Para penggemar shotgun juga banyak yang memakai produk bermerek Double Eagle ini. Kalau bicara soal kualitas, maka produk DE ini hampir sama bagusnya dengan merek Bison. Perbedaannya hanya pada desain dan seri produk saja.

Seri yang terkenal pada merek Double Eagle (DE) ini adalah : DE M56 Series / SD87TL dan DE M47 Series.

2. Merek Bison.


Ini Tips Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Membeli Airsoft gun
Airsoft Gun Spring Merek Bison.
 Siapa sih airsofter yang tidak tahu dengan merek Bison?

Merek ini paling di cari oleh pecinta airsofter springer dari kalangan menengah ke atas. Penyebabnya karena unit dari produk bison ini bisa dikatakan tidak pernah mengecewakan para penggunanya.

Produk ini memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari skor FPS-nya, jenis bahan yang digunakan, serta tingkat akurasinya yang tinggi membuat merek Bison sangat terkenal.

Unit dari merek Bison ini banyak sekali digunakan disetiap acara sukir springer.

Yuk intip Spesifikasi Unitnya Di sini : Review Mainan Ersop Spring KAC PDW Bison D'cobra (SNI)

Produk yang paling terkenal dari merek Bison ini adalah seri : C101 M4 Ejecting shell , AWP Magnum, KAC PDW BISON.

Merek Both Elephant.


Ini Tips Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Membeli Airsoft gun
Airsoft Gun Spring Merek Both Elephant.

Merek ini merupakan yang paling laris di antara 2 merek sebelumnya di atas. Penyebabnya karena harga yang murah namun memiliki kualitas baik. Akan tetapi kualitasnya masih belum setara dengan DE dan Bison.

Merek ini paling cocok untuk para Airsofter pemula yang baru memasuki dunia skirmish (Spring).

Anda tidak perlu merasa minder memakai unit dengan merek ini. Karena rata-rata airsoft springer pemula juga menggunakan merek Both Elephant ini ketika bermain skirmish.

Lalu, adakah kelebihan merek Both Elephant ini?


Jawabannya: Ada! 😉

Kelebihannya mulai dari bahan dasar yang sudah semi ABS plastik tebal. Kemudian dari segi FPS dan akurasinya (Dus Version) terbilang sangat baik. Produk ini sangat cocok digunakan oleh anda yang ingin berlatih menembak target. Karena dari segi FPS dan akurasi, unit ini sangat mendukung.

Produk yang terkenal dari merek Both Elephant ini adalah seri: BE M16 Series (Dus Version) dan BE M16 Series (Losepack)

Tiga merek Airsoft gun spring terbaik diatas di nilai berdasarkan survei. Yaitu melalui wawancara langsung terhadap 50 responden Airsofter springer aktif.


Namun ini bukan berarti merek lainnya jelek ya. Karena banyak juga website lain yang mengatakan merek Azzuri sama bagusnya dengan Both elephant. Sebagian lainnya ada juga yang berpendapat merek ACM Juga bagus.

Jadi dalam hal ini keputusan finalnya ada ditangan anda masing-masing (dalam memilih Airsoftgun spring yang akan Anda beli). Penulis dalam hal ini hanya ingin membantu anda memberikan informasi, yang penilaiannya berdasarkan survey langsung dari para Airsofter springer.

Artikel Menarik Lainnya : Water Gel Gun (WGG), Alternatif Pengganti Airsoft Gun, Murah dan Aman

Tips yang paling ampuh sebenarnya simpel, yaitu mengedepankan prinsip "Quality = Price", alias rumus ada harga tentu ada rupa. Hehe 😃


Pada dasarnya manfaat yang didapatkan pasti akan berbanding lurus dengan seberapa besar nilai yang anda korbankan. Jadi jika Anda ingin mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, maka tentu Anda harus siap sedikit berkorban (materi) demi untuk mendapatkan kualitas terbaik tersebut.

Semoga info ini dapat bermanfaat, khususnya untuk para pecinta olahraga menembak Airsoft gun. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.


Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Ini Tips Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Membeli Airsoft gun"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel