Postingan Unggulan

Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya

Semakin kuatnya perekonomian Indonesia, tidak lepas dari peran meningkatnya usaha kecil menengah yang terus menjamur. Pasalnya, UKM mampu menyerap 97% tenaga kerja nasional  (berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI). Selain itu UKM juga mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto negara sebesar 60,34% di tahun 2018.

Dari statistik tersebut dapat dilihat, bahwa betapa besarnya peran UKM pada kemajuan negara Indonesia. Hal tersebut bisa lebih meningkat apabila semakin banyak orang yang terjun di bidang UKM.

Nah, jika Anda ingin merintis UKM, hendaknya ketahui bidang apa yang ingin Anda geluti. Namun, sebelum mengetahui bidang UKM apa saja yang sedang nge-trend, mari kita simak dahulu tentang pengertian dari UKM.

Pengertian Usaha Kecil Menengah.

Usaha kecil menengah atau disingkat UKM, berawal dari adanya krisis ekonomi di tahun 1998 di Indonesia. Saat itu banyak perusahaan yang gulung tikar dan ribuan karyawan terkena PKH. Karyawan tersebut kemudian membuat usaha, baik menjual produk maupun jasa. Dengan adanya UKM, kondisi perekonomian Indonesia sedikit demi sedikit mulai membaik.

UKM kemudian dapat dipahami sebagai usaha yang dimiliki perseorangan, dan tidak memiliki anak perusahaan atau cabang perusahaan. Menurut Departemen Perindustrian dan Perdagangan, UKM yaitu kelompok usaha yang dimiliki warga negara Indonesia dengan batasan asset berada di bawah Rp 70 juta. UKM dikelompokkan sebagai industri moden, kerajinan, dan besifat tradisional.

Ide Usaha Kecil Menengah yang Sedang Nge-Trend.

Setelah memahami apa itu usaha kecil menengah, kini saatnya untuk mengetahui beberapa bidang usaha UKM yang sedang nge-trend. Tentunya beragam bidang usaha UKM ini memiliki pasar yang besar, sehingga keuntungan yang dapat diraup pun juga besar.

Berikut ini adalah ide UKM yang sedang nge-trend digeluti di Indonesia:


1. Fashion.

Industri bidang fashion akan terus ada, karena fashion merupakan kebutuhan dasar bagi semua orang.

Terlebih lagi kini fashion terus mengalami perkembangan mode yang sangat pesat, sehingga industri bisnis dalam bidang fashion juga mengalami peningkatan. Fashion ini memiliki banyak kategori. Mulai dari fashion untuk anak-anak (baik anak perempuan maupun laki-laki), hingga fashion untuk orang dewasa.

Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya
Ilustrasi: Pasar Tanah Abang, Salah Satu Pusat Grosir Produk Fashion di Indonesia.

Dari kategori tersebut, kemudian dibagi-bagi lagi menjadi sub-kategori berdasarkan lingkupnya. Sub-kategori tersebut misalnya baju, celana, dress, jas, outer, rok, sampai dengan sepatu. Oleh karena itu, industri fashion pasti sangat luas jangkauannya. Oleh karena itulah bisnis fashion ini memiliki market yang luas. Apabila Anda merasa tertarik untuk menggeluti industri fashion ini sebagai usaha kecil menengah, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilihnya.

Dalam menggeluti bisnis fashion, terdapat beragam cara yang bisa ditempuh. Misalnya, menjual produk fashion yang sudah memiliki nama, menjadi distributor, reseller, atau dropshipper. Jika ingin terlibat lebih jauh menggeluti bisnis ini, bisa membuat merek sendiri. Cobalah menjual produk fashion lokal Indonesia yang sedang banyak diminati.

2. Kosmetik dan Skin Care.

Kini wanita di Indonesia khususnya sedang menggemari merawat tubuh dengan menggunakan beragam produk kecantikan. Banyaknya wanita Indonesia yang perhatian akan masalah kecantikan, membuat bisnis kosmetik dan skincare menjamur. Kini telah banyak produk locllal Indonesia yang turut menyemarakkan bisnis kosmetik dan skincare.

Produk lokal Indonesia yang beragam pun mampu menyaingi produk kosmetik dan skincare dari luar. Kementerian Perindustrian mencatat bahwa sejak tahun 2017, industri kosmetik dan skincare tumbuh sebanyak 20%. Selain itu, 95% dari industri tersebut berasal dari industri usaha kecil menengah.

Salah satu hal yang menjadikan industri kosmetik dan skincare naik dari tahun ke tahun yaitu pasarnya yang luas. Jika sebelumnya target market kosmetik dan skincare hanya wanita, kini laki-laki pun menjadi target market yang potensial. Kosmetik ataupun skincare Indonesia umumnya menggunakan bahan asli Indonesia yang dapat dijadikan ciri khas.

3. Otomotif.

Jika memiliki hobi atau menyukai otomotif, menggeluti bisnis otomotif bisa menjadi pilihan untuk dijalankan sebagai usaha kecil menengah. Otomotif bisa menjadi industri yang menjanjikan sekarang ini karena pertumbuhannya terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kini industri otomotif telah mengeluarkan banyak produk baru yang inovatif dengan teknologi terkini. Hal tersebut membuktikan bahwa, animo masyarakat akan industri otomotif sangat positif serta memiliki daya beli yang tinggi. Berbisnis diindustri otomotif untuk usaha kecil menengah bisa dimulai dengan membuka bengkel atau sebagai penyedia sparepart.

Usaha lainnya yang dapat dicoba yaitu membuka jasa cuci kendaraan, mulai dari motor sampai dengan mobil. Namun, jika lebih menyukai soal interior dan eksterior mobil, bisa membuka jasa salon atau modifikasi mobil. Selain itu, bisa juga menjual helm yang dapat dipasarkan secara online sehingga tidak perlu membuka gerai offline.

4. Pendidikan.

Sektor bisnis di bidang pendidikan tengah menjadi isu yang populer karena banyak pemain UKM yang memilih pendidikan sebagai industri yang digeluti. Pasalnya, dari tahun ke tahun bidang pendidikan semakin digarap serius dan maju sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Selain itu, kini stigma bahwa harus menuntut ilmu setinggi-tingginya semakin berkembang.

Latar belakang itulah yang membuat target market bisnis di bidang pendidikan semakin luas. Mulai dari siswa SD sampai dengan SMA kebanyakan mengikuti bimbingan belajar agar bisa menempuh pendidikan impian. Namun, pendidikan tidak hanya soal pendidikan formal, tetapi bisa saja non-formal.

Jika memiliki kemampuan dibidang seni, misalnya, bisa membuka bimbingan seni musik ataupun seni rupa. Usaha kecil menengah tentunya tidak harus memiliki modal yang besar, dengan begitu cobalah dengan mencari calon murid yang sedikit lebih dahulu. Bisa juga dengan membuka lembaga bimbingan belajar online yang sedang banyak digemari.

5. Kuliner.

Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya
Ilustrasi: Seblak, Salah Satu Usaha Kecil Bidang Kuliner Yang Sedang Trend di Indonesia.

Salah satu usaha yang akan terus ada dan terus berkembang, salah satunya yaitu usaha di bidang kuliner. Pasalnya, kuliner merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Usaha kuliner memiliki banyak kategori, misalnya kuliner makanan berat, makanan ringan atau cemilan, dan minuman.

Selain itu, kategori tersebut bisa dibagi lagi berdasarkan cita rasa.

Cita rasa yang dimaksud yaitu mulai dari makanan khas Indonesia, makanan barat atau western, sampai dengan makanan peranakan. Begitu banyaknya ceruk yang dapat dijual di bidang kuliner menjadikan usaha ini semakin banyak peminatnya.

Apabila ingin menggeluti bisnis kuliner, tidak lupa untuk bekerja sama dengan layanan antar makanan online. Layanan tersebut memungkinkan konsumen untuk menikmati makanan yang dipesan secara online. Dengan begitu, tidak hanya mengandalkan konsumen yang membeli langsung di tempat. Peluang untuk meraup lebih banyak keuntungan pun lebih besar.

6. Agribisnis.

Agribisnis adalah bisnis yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Peluang di industri ini sangat besar karena sekarang hanya didominasi oleh orang tua dan masih sedikit anak muda yang berbisnis di bidang ini. Dengan begitu, yang ingin menekuni bisnis ini sebagai usaha kecil menengah dapat menjadi pilihan yang tepat.

Terlebih lagi, kebutuhan akan pangan adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Bisnis pertanian pun memiliki banyak pilihan, mulai dari terjun langsung ke bagian hulu seperti bertani. Selain itu, bisa juga menjual bibit maupun pupuk pertanian, atau pemasaran hasil tani. Jika ingin mengikuti arus yang sedang nge-trend, fokuslah menggunakan metode pertanian organik.

Sama seperti bidang pertanian, menekuni bidang peternakan juga bisa mulai dari hulu ke hilir. Misalnya, melakukan ternak langsung, menjual obat hewan ternak, atau menjual hasil ternak. Contoh hasil ternak yang permintaannya selalu meningkat dari tahun ke tahun dan selalu dibutuhkan yaitu susu dan telur.

7. Teknologi Digital.

Kini Indonesia tengah memasuki era digital, dimana seluruh aspek kehidupan masyarakatnya bergantung pada teknologi digital. Dengan begitu, tidak heran jika UKM di bidang teknologi digital sedang menjamur karena pasarnya begitu luas. Banyaknya teknologi baru juga membuka peluang luas bagi yang ingin terjun berbisnis di bidang teknologi digital.

Selain itu, usaha dalam teknologi digital masih tergolong baru, sehingga peluang untuk sukses berbisnis dalam bidang ini terbuka lebar. Banyak sekali contoh yang dapat dijadikan UKM dengan memanfaatkan teknologi digital, misalnya membuka agency web development. Agency ini menawarkan jasa dalam bidang pembuatan website, mulai untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun perusahaan.

Contoh lainnya yaitu membuka jasa pembuatan aplikasi dan software. Keduanya merupakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan namun harus memiliki kemampuan IT yang mumpuni. Selain itu, bisa juga membuka jasa social media consultant and IT solution. Pilihlah salah satunya sesuai dengan kemampuan dan passion agar usaha yang dirintis selalu berkembang.

8. Tour & Travel.

Pergi berwisata merupakan salah satu cara melepas penat terbaik yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, wisata merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sebaiknya dipenuhi dan akan terus ada. Belum lagi banyak bermunculan destinasi wisata baru yang layak dikunjungi, sehingga membuat banyak orang ingin berwisata.

Terlebih lagi Indonesia sedang gencar kampanye soal Wonderful Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tentunya hal tersebut dapat menarik perhatian wisatawan yang ingin berwisata ke destinasi wisata tertentu. Itulah alasan mengapa menggeluti usaha kecil menengah di bidang tour & travel sangat menjanjikan.

Cobalah untuk membuat paket tour & travel yang sedang hits saat ini dan lakukanlah penawaran pada konsumen potensial. Paket tour & travel biasanya berisi tentang itinerary, termasuk di dalamnya rincian destinasi wisata yang akan dikunjungi. Selain itu, agen tour & travel juga akan mengatur seluruh kebutuhan konsumen, misalnya soal transportasi.

9. Produk Kreatif.

Produk kreatif kini sedang gencar dikampanyekan oleh pemerintah. Pasalnya, produk kreatif yang berasal dari UKM ini memiliki nilai jual yang tinggi sehingga jika diekspor, bisa memperbaiki neraca perdagangan. Belum lagi kini Bank Indonesia membina pengusaha yang bergerak di bidang produk kreatif, baik dalam hal pendanaan maupun pemasaran.

Banyak ide produk kreatif dan unik yang bisa dicoba, misalnya peralatan rumah tangga yang berasal dari rotan. Ide lain yaitu pernak-pernik khas Indonesia, alat rumah tangga hasil daur ulang, peralatan makan dari tembikar, dan lain sebagainya.

Jika sudah mengetahui produk kreatif apa yang ingin dihasilkan, cobalah untuk memasarkannya dengan memanfaatkan internet. Bisa dimulai dari membuat website resmi, memasarkannya lewat media sosial dan menggunakan e-commerce. Tidak lupa untuk sering mengikuti pameran produk kreatif untuk memperluas pangsa pasar. Semakin terkenal produk tersebut, maka banyak keuntungan yang dapat diraup.

10. Furniture.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bank Indonesia, bisnis usaha kecil menengah di bidang furniture mampu menghasilkan laba bersih sebesar 22.9%. Selain itu, ekspor industri furniture naik 8.2% pada Januari 2019 dan menembus USD 1,69 miliar. Dengan begitu, berbisnis di bidang furniture sangat menggiurkan.

Berbisnis furniture juga didukung dengan bahan baku yang melimpah di Indonesia. Tercatat bahwa di Indonesia memiliki 312 jenis rotan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture. Selain itu, untuk bahan baku kayu juga sangat banyak. Terdapat 12,8 juta hektar untuk hutan produksi yang dapat dimanfaatkan.

Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya
Ilustrasi: Produk Furniture Dari Bahan Rotan.

Oleh karena itu, bisnis UKM di bidang furniture sangat mungkin untuk dijalani. Manfaatkan internet untuk memasarkan produk yang dihasilkan, bisa melalui media sosial maupun situs e-commerce. Meskipun furniture memiliki volume yang besar, namun kini pengiriman telah canggih. 

Dengan begitu, memungkinkan untuk dikirim ke seluruh pelosok negeri dengan mudah.

Tips Sukses untuk Memulai Usaha Kecil Menengah.

Merintis usaha kecil mengenah bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan beberapa tips yang patut diketahui agar tidak salah dalam melangkah dan dapat mencapai target. Tips berikut berguna bagi yang ingin merintis UKM.

Berikut ini adalah tips yang patut diketahui agar UKM yang dirintis senantiasa sukses:


1. Pahami Kebutuhan Pasar.

Jika ingin merintis usaha kecil menengah, sebaiknya membuat riset terlebih dahulu untuk memahami lebih jauh kebutuhan pasar. Ini akan membantu pebisnis yang akan merintis UKM karena dapat membuat produk maupun jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pasar. Jika menjual produk maupun jasa yang dibutuhkan, maka peluang untuk meraih keuntungan pun semakin besar.

2. Kenali Pesaing.

Kenalilah pesaing yang menawarkan produk maupun jasa yang sejenis dengan UKM yang dijalankan. Mengenali berarti paham akan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh pesaing. Hal tersebut dapat menjadi acuan ketika merintis UKM agar produk maupun jasa yang ditawarkan jauh lebih baik dan lebih menjual.

3. Lakukan Diferensiasi.

Setelah mengenali pesaing yang akan dihadapi, kini saatnya melakukan diferensiasi. Diferensiasi akan produk maupun jasa yang akan ditawarkan akan membantu usaha kecil menengah dapat bertahan ditengah maraknya industri ini. Selain itu, dengan melakukan diferensiasi, akan menghadirkan pasar yang baru maupun merebut pasar sehingga peluang mendapat keuntungan pun lebih besar.

4. Buatlah Rencana Bisnis.

Membuat rencana bisnis sangatlah penting untuk meminimalisir kegagalan dalam merintis UKM. Tanpa adanya rencana bisnis yang matang, biaya yang dikeluarkan untuk operasional bisa sangat besar dan berimbas pada kerugian. Rencana bisnis juga diperlukan untuk evaluasi agar UKM selalu berkembang dan selalu memenuhi target yang ditentukan.

5. Tetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Dalam merintis UKM, pastikan sudah menetapkan SOP yang jelas dan detail. SOP berguna agar prosedur kerja selalu konsisten dan persisten. Selain itu, adanya SOP akan menjelaskan tanggung jawab dan wewenang yang akan dimiliki tiap karyawan. SOP juga akan memudahkan ketika melakukan pendelegasian pekerjaan.

6. Rancanglah Strategic Plan.

Stratecic plan berguna untuk mengetahui strategi yang akan dilakukan ketika berhadapan pada masa kritis maupun permasalahan yang sekiranya mengancam UKM. Permasalahan tersebut dapat karena faktor eksternal dan internal. Persiapkan strategic plan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

7. Bangunlah Networking.

Cara membangun networking sangatlah beragam, misalnya mengikuti beragam pameran UKM maupun ikut komunitas UKM. Networking berguna untuk mencari partner yang bisa diajak bekerja sama untuk meningkatkan usaha kecil menengah. Selain itu, networking juga dapat berguna untuk memperluas pangsa pasar yang ada.

8. Manfaatkan Internet.

Pemanfaatan internet merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran. Cobalah untuk membuat website resmi, media sosial, dan memasukkan produk yang dijual ke situs e-commerce.

Penggunaan internet yang tepat tentunya akan mendongkrak usaha yang sedang dirintis. Lakukanlah secara konsisten untuk membangun kedekatan dengan calon konsumen maupun konsumen melalui internet.

Merintis usaha kecil menengah memang menggiurkan karena keutungannya besar. UKM juga sedang marak dijalani sebagai alternatif mata pencaharian. Namun, sebenarnya merintis UKM tidaklah mudah, perlu langkah khusus agar sesuai dengan target yang ingin dicapai. Cobalah untuk fokus dan konsisten dalam merintis UKM agar sukses dan dapat berkontribusi terhadap kemajuan negara.

Artikel Menarik Lainnya : Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Itulah diatas daftar usaha kecil menengah yang sedang trend, lengkap dengan tips suksesnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya, dan sampai jumpa lagi di tulisan menarik selanjutnya.

Salam.


Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel