Mau Coba Usaha Rental Komputer? Inilah Tips Dan Analisanya

Segala sesuatu yang terkait erat dengan kebutuhan manusia, maka biasanya memiliki prospek bagus (untuk dijadikan peluang bisnis). Salah satu contohnya adalah usaha rental komputer. Seperti sama-sama kita ketahui bahwa perangkat komputer tidak akan terlepas dari aktivitas manusia modern.

Segala kegiatan manusia; baik dirumah, kampus, kantor, sekolah, atau intansi pemerintahan lainnya, maka pasti akan menggunakan perangkat komputer.


Mau Coba Usaha Rental Komputer Inilah Tips Dan Analisanya
Ilustrasi.

Alasan Logis Memilih Usaha Rental Komputer

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Bukannya semua tempat diatas itu sudah ada perangkat komputernya? Bahkan dirumah pun, biasanya orang sudah punya komputer atau laptop sendiri".

Maka jawabannya adalah: Yup! Memang betul sebagian besar tempat diatas biasanya sudah memiliki perangkat komputer (bahkan laptop). Tapi,,,, ada tapinya nih,,, yaitu tidak 100% dari masing-masing mereka itu sudah memiliki komputer sendiri. Betul 'kan?

Taruhlah misalnya dikota besar seperti Jakarta sudah banyak orang yang punya komputer atau laptop. Misal dari 100 orang, maka 60 diantaranya sudah punya laptop sendiri. Tentu saja yang 40 orangnya belum punya komputer, iya toh? Nah, yang sisa 40 orang itulah segmen pasar potensial untuk di jaring, agar mereka mau menggunakan jasa rental komputer kita. 

Contoh diatas itu untuk kawasan kota besar, yang notabene masyarakatnya sudah maju dan mampu membeli perangkat komputer sendiri. Tapi kita jangan lupa dengan kondisi kawasan pinggiran kota (bahkan di daerah-daerah) yang masih banyak sekali orang yang belum punya perangkat komputer sendiri. Nah, mereka semua itulah segmen pasar yang paling potensial, serta berpeluang besar untuk menggunakan jasa rental komputer ini.

Tips Usaha Rental Komputer Agar Lebih Berpeluang Dan Menguntungkan


Jadi bagi Anda yang ingin buka usaha rental komputer ini tidak perlu takut atau khawatir tidak mendapatkan pelanggan. Percayalah, setiap usaha itu pasti ada segmen pasarnya sendiri. Tinggal bagaimana cara kita menjaring segmen pasar itu secara maksimal, agar hasilnya bisa memuaskan.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha rental komputer, maka ada beberapa tips yang bisa di coba. Ini bertujuan agar usaha yang sedang Anda jalani dapat lebih menjanjikan. Berikut di bawah ini beberapa tipsnya.
  • Memilih Tempat Yang Strategis

Usaha apapun yang dibuka oleh orang-orang akan menjanjikan jika dibuka di tempat yang tepat. Misalnya saja ketika seseorang membuka usaha pom bensin mini di tempat yang tidak terjangkau maka keuntungan dari usaha tersebut akan berlipat ganda. Hal ini tentu sejalan dengan usaha ini yang mana harus dibuka di dekat kegiatan belajar mengajar.

Bayangkan saja jika usaha yang dijalankan ini didatangi oleh para pelajar yang ingin mencetak tugas. Sudah tentu keuntungan akan bertambah lebih banyak. Ada pilihan lain yang mana usaha ini juga bisa dibuka di dekat kantor. Sama halnya seperti ketika membuka usaha ini di sekolah, orang-orang di kantor juga membutuhkan usaha ini ketika komputernya bermasalah.
  • Memiliki Peralatan Yang Memadai

Dalam menjalankan usaha ini tidak harus membutuhkan peralatan yang mahal. Usaha seperti ini bisa dibuka dengan komputer yang mana spesifikasinya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah alias spesifikasi sedang. Maksud dari spesifikasi sedang ini adalah spesifikasi komputer yang biasanya digunakan oleh orang-orang kantor.

Hal ini tentu membuat komputer yang harus ada pada usaha ini tidak menggunakan spesifikasi komputer untuk game. Selain itu peralatan lain seperti printer, scanner, dan lain-lain juga harus ada. Paling tidak dalam menjalankan usaha ini dibutuhkan komputer yang jumlahnya lebih dari satu supaya nantinya para pelanggan tidak mengantre terlalu lama.

  • Memberi Diskon

Umumnya setiap usaha yang dijalankan oleh banyak orang memberlakukan diskon saat pertama kali buka. Maka dari itu bagi yang ingin menjalankan usaha ini sebaiknya berikan diskon ketika buka untuk pertama kalinya. Diskon yang diberikan bisa satu minggu atau satu bulan tergantung keinginan dan kebutuhan.

Tujuan dalam melakukan hal ini tentu saja adalah untuk menarik pelanggan agar pelanggan dapat berdatangan ke tempat usaha yang dijalankan. Adanya diskon ini juga dapat membuat pelanggan akan merekomendasikan kepada orang lain. Untuk itu buat tempat usaha dengan baik dan nyaman supaya pelanggan terus beradatangan.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Rental Mobil dan Tips Memulainya


  • Melakukan Promosi


Mau Coba Usaha Rental Komputer Inilah Tips Dan Analisanya
Contoh Promosi Usaha Rental Komputer.

Selain memberikan diskon, usaha yang dijalankan bisa laku dengan cara melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan menggunakan media offline atau media online. Akan lebih efisien lagi jika menggunakan promosi secara online karena dapat menghemat biaya dibandingkan dengan melakukan promosi menggunakan brosur.


  • Memiliki Kemampuan Mengetik

Salah satu hal yang paling penting dalam menjalankan rental komputer ini adalah kemampuan mengetik. Pastikan bahwa dalam menjalankan ini memiliki kemampuan mengetik yang baik. Apabila tidak memiliki kemampuan yang baik, maka bisa merekrut karyawan yang dapat mengetik dengan baik serta mampu mengoperasikan aplikasi komputer.

Rancangan Analisa Usaha

Dalam menjalankan usaha rental komputer ini bisa dibilang tidak mudah, ada beberapa hal yang harus dibutuhkan dalam menjalankannya. Perlunya persiapan serta analisis terhadap potensi usaha juga perlu dilakukan. Untuk itu berikut di bawah ini adalah beberapa rancangan analisa usaha ini.


Analisa SWOT


Setiap usaha yang dijalankan perlu dilakukan analisa SWOT agar nantinya bisa diketahui kelebihan serta kelemahan dari usaha ini. Usaha ini memiliki kekuatan terutama pada mahasiswa atau anak sekolah yang membutuhkan jasa ini untuk mencetak tugas. Akan lebih menguntungkan lagi jika mereka tidak memiliki komputer atau laptop.

Kelemahan dari usaha ini adalah biaya yang dibutuhkan cukup besar terutama untuk membeli komputer, printer, dan masih banyak lagi. Peluang dari usaha ini adalah dalam membuka usaha ini bisa ditambah dengan akses internet sehingga cukup menguntungkan. Usaha ini bisa terancam bangkrut apabila komputer rusak apalagi biayanya tidak murah.


Persiapan


Usaha apapun jika tidak melakukan persiapan maka usaha yang dijalankan bisa tumbang di tengah jalan. Itulah mengapa dalam menjalankan usaha ini membutuhkan persiapan yang matang. Usaha seperti ini dijalankan dengan persiapan yang di antaranya mencari tempat usaha yang dekat dengan kantor, kampus, ataupun sekolah.

Menyewa ruko bisa dilakukan akan tetapi jika ingin lebih hemat bisa membuka usaha ini di rumah. Alat-alat yang harus dibutuhkan seperti komputer, printer, scanner, dan lain-lain juga harus dipersiapkan. Lebih baik lagi jika melakukan strategi promosi yang jitu dalam menjalankan usaha ini supaya dapat memberikan keuntungan berlipat ganda.

Pengeluaran 

Usaha ini membutuhkan biaya yang tergolong besar. Pengeluaran untuk menjalankan usaha ini bisa mencapai Rp. 25.000.000. Uang sebanyak itu dikeluarkan untuk kebutuhan membeli komputer, printer, kertas HVS, biaya listrik, biaya internet dan lain-lain.

Jika Anda membeli perangkat komputer bekas, maka modal Rp. 25.000.000 cukup untuk membeli 10 perangkat komputer second. Namun bila Anda ingin membeli perangkat komputer baru semua, maka Anda paling tidak harus punya modal Rp. 40.000.000an.

Biaya untuk reparasi komputer juga masuk ke dalam total biaya pengeluaran yang sudah disampaikan di atas. Rentang harga perbaikan komputer ini beragam tergantung seberapa parahnya kerusakan pada komputer. Anda perlu keluar modal setidaknya Rp. 500.000 untuk biaya perawatan bulanan.

Selain itu ada biaya oprasional lainnya yang harus Anda keluarkan, yaitu untuk bayar gaji karyawan, bayar listrik, sisihkan uang untuk sewa toko, dan berbagai pengeluaran tak terduga lainnya. Jumlahnya kita asumsikan sebanyak 2.000.000an.

Jika ditotal semua rincian diatas, maka Anda akan mengeluarkan dana sekitar Rp 2.500.000 per bulan.


Pendapatan Tiap Bulan


Setiap usaha yang dijalankan banyak orang tentu memiliki harapan agar usaha tersebut menguntungkan. Untuk rental komputer ini menarget harga sewa per jamnya adalah Rp. 5.000. Jika ada 10 orang yang datang dengan durasi sewa 1 jam, maka akan mendapatkan keuntungan yaitu Rp. 50.000.

Kita asumsikan rata-rata dalam sehari ada 100 orang yang menyewa jasa rental komputer Anda. Maka hasil yang akan Anda dapatkan selama 1 bulan adalah uang sebesar Rp. 5000 x 50 orang x 30 hari = Rp. 7.500.000

Keuntungan

Untuk dapat menentukan seberapa keuntungan yang didapat setiap bulannya, ada rumus yang bisa digunakan. Rumus yang digunakan adalah pendapatan dikurangi pengeluaran maka akan menghasilkan laba.

Asumsikan jika pendapatan per bulan adalah Rp. 7.520.000. Kemudian diambil pengeluaran per bulan adalah Rp. 2.500.000.

Pendapatan dikurangi dengan pengeluaran tersebut maka akan menghasilkan laba bersih sebesar Rp. 5.000.000 perbulannya.

Usaha rental komputer menjadi sebuah usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, banyak orang yang membutuhkan rental komputer untuk berbagai kebutuhan. Akan tetapi, membuka usaha ini diperlukan biaya yang tidak sedikit yang mana nantinya digunakan untuk membelanjakan alat-alat seperti komputer, printer, dan lain-lain.

Semoga info ini dapat berguna untuk Anda semuanya. Sampai jumpa lagi di artikel mendatang.

Salam.

0 Response to "Mau Coba Usaha Rental Komputer? Inilah Tips Dan Analisanya"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel