Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Analisa Usaha Grosir Mainan Anak (Peluang dan Prospeknya)

Banyak sekali pilihan usaha, sampai-sampai bikin orang bingung memilihnya. Tapi Anda jangan sampai ikutan bingung, karena bisnis yang akan dibahas ini layak menjadi pilihan terbaik, yaitu usaha grosir mainan anak. Sudah banyak orang yang menggeluti bisnis ini, bahkan menjadikan usaha mainan sebagai mata pencaharian utamanya. Diantara mereka yang telah terjun ke bisnis ini juga mengakui telah meraup untung yang cukup besar.

Analisa Peluang Usaha Grosir Mainan Anak 


Analisa Usaha Grosir Mainan Anak (Peluang dan Prospeknya)
Toko Gaby Toys, salah satu pusat grosir mainan import di Asemka.
Dunia anak-anak tak akan pernah sepi. Contoh nyata adalah angka kelahiran yang terus bertambah setiap harinya. Kelahiran ini adalah peluang yang terus tercipta setiap hari tanpa disadari. Anak-anak adalah pangsa pasar yang selalu menarik untuk digarap. Dunia mereka dinamis dan identik dengan bermain. Oleh karena itu, bisnis mainan grosir masih sangat potensial.

Jumlah anak-anak yang banyak di Indonesia ini memungkinkan adanya perputaran uang yang cepat dari bisnis mainan ini. 


Selain itu, televisi juga memegang peranan penting dalam bisnis mainan. Tokoh atau karakter yang sedang naik daun di televisi, perfileman atau juga media sosial sangat mempengaruhi bisnis mainan. Produsen akan memproduksi mainan-mainan yang identik dengan tokoh yang sedang naik daun tadi.

Selain itu, usaha grosir mainan anak ini juga cocok dijadikan usaha sampingan bagi karyawan kantoran. Dengan bermodalkan internet, seorang karyawan kantoran mampu mengantongi jutaan rupiah setiap bulannya. Semua itu hanya dari menjual mainan di e-commerce atau melalu media sosial. Mainan edukatif juga menjadi mainan yang diburu orang tua untuk anaknya.

Perlu diketahui persaingan usaha di bisnis ini sangat ketat. Kemudahan menjalankan bisnis ini justru menjadikan persaingan semakin sengit. Persaingan terjadi dari hulu ke hilir. Produsen mainan bersaing untuk membuat inovasi mainan baru. Pemain retail harus bersaing untuk memenangkan konsumen. Disinilah peran stategi penjualan dan pemasaran berlaku.

Keuntungan Menjalankan Usaha Grosir Mainan Anak


Ada beberapa alasan yang menjadikan usaha grosir mainan anak aman untuk dijalankan. Beberapa keuntungan dan kemudahan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menjajaki peluang di bisnis ini. Apa saja keuntungan dan kemudahan itu?

Di bawah ini uraiannya :

Mainan adalah Produk yang Longlasting

Kelebihan ini jelas sekali terlihat. Mainan anak adalah benda yang tidak basi sehingga bisa disimpan dalam kurun waktu lama. Hal ini sangat meminimalisir potensi kerugian karena barang tidak terjual. Walaupun barang tidak terjual, barang masih bisa disimpan untuk penjualan berikutnya.

Bisa Dimulai Dengan Modal Kecil (Namun jika Anda punya modal besar, tentu itu lebih baik)

Analisa Usaha Grosir Mainan Anak (Peluang dan Prospeknya)
Ilustrasi Toko Grosir Mainan Kecil-kecilan.

Untuk membuka bisnis grosir mainan anak ini bisa di mulai dengan modal besar, dan bisa juga dimulai dengan modal kecil. Bila Anda punya modal besar, maka tentu saja itu lebih baik (sebab koleksi produk jadi lebih lengkap).

Namun bila modal Anda pas-pasan, maka bisa dimulai dengan buka grosir mainan kecil-kecilan saja dulu. Untuk grosir kecil ini bisa dibuka dengan modal awal 80 jutaan. Asumsinya 25 juta untuk biaya sewa toko per tahun, 5 juta biaya untuk beli rak/pajangan, dan sisanya 50 juta untuk modal isi barang mainan.

Jadi dengan modal tidak sampai 100 juta Anda sudah bisa menjadi agen mainan pemula. Saya akan memberi contoh salah satu grosir mainan kecil yang terbilang sukses dan memiliki banyak pelanggan, ini dia tokonya : Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta
Info Penting Lainnya : Bisnis Mainan Modal Kecil, Kendala Umum dan Solusinya

Untuk lapak atau kios, maka Anda tidak perlu menyewa ukuran yang terlalu besar. Pandai-pandailah bernegosiasi, siapa tahu ada kemudahan sistem sewa, sehingga Anda tidak perlu bayar per tahun, tapi dengan sistem bulanan saja.

Target Konsumen Selalu Tersedia

Konsumen dari kalangan anak-anak tidak akan pernah habis. Inilah yang membuat prospek bisnis ini selalu cerah. Mainan selalu diperlukan dalam berbagai kesempatan. Entah itu untuk dimainkan, dikoleksi, untuk hadiah ulang tahun, sebagai souvenir dan lain sebagainya. Dengan selalu tersedianya target konsumen ini, pengusaha mainan tidak perlu takut tak mendapat pemasukan.

Persiapan Membuka Toko Grosir Mainan Anak


Dikarenakan usaha ini adalah jenis grosir, maka perlu diingat bahwa grosir adalah menyediakan barang dalam jumlah banyak dan memiliki harga murah. Oleh karena itu, ketika memutuskan membuka usaha grosir ini harus dipikirkan segala keperluannya.

Apa saja keperluan itu?

Berikut ulasannya:

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Membuka usaha grosir mainan anak tidak bisa disembarang tempat. Dikarenakan ini adalah usaha grosir, usahakan tempat berdekatan dengan pasar atau pusat perbelanjaan. Akan lebih baik jika memiliki toko atau lapak di pusat grosir seperti ITC, Pasar Tanah Abang, Pasar Gembrong atau Pasar Asemka.

Analisa Usaha Grosir Mainan Anak (Peluang dan Prospeknya)
Namun, jika tidak memungkinkan membuka usaha di lokasi itu, bukalah usaha di dekat perumahan atau pasar-pasar terdekat rumah. Setiap daerah pasti memiliki pasar yang disekitarnya terdapat toko-toko. Sewalah lahan yang cukup luas untuk menyimpan stok mainan yang akan dipasarkan. Dengan membuka usaha di dekat tempat keramaian seperti pasar dan pusat grosir, potensi toko ramai pembeli sangat besar.

Pastikan Jenis Mainan yang Dijual Beragam

Orang mengharapkan stok barang yang lengkap dari sebuah tempat grosir. Oleh karena itu usahakan untuk menyediakan berbagai jenis mainan. Jualah mainan edukatif, mainan bertema karakter tokoh superhero, mainan profesi, mainan bertema otomotif, dan banyak lagi lainnya. Tidak ada batasan dalam menyediakan stok mainan ini.

Di awal, sediakan stok minimal satu lusin per jenis mainan. Ingat, pembeli akan tertarik berbelanja di sebuah toko yang lengkap. Selain itu, lakukan survey untuk mengetahui jenis mainan yang sedang hits dikalangan anak-anak. Biasanya, serial anak-anak yang sedang booming di TV-lah yang jadi best seller.

Pasang Plang yang Mudah Terlihat

Agar orang tahu bahwa ada toko grosir mainan baru, maka perlu sesuatu yang menarik minat orang. Pasanglah plang atau spanduk yang besar dan mudah dikenali. Bisa dengan warna-warna yang mencolok atau juga dengan menggunakan plang bermodel unik. Usahakan penempatan plang atau spanduk agak menjorok keluar supaya orang bisa dengan mudah mengenali toko grosir ini.

Atur Penataan Toko dengan Baik

Untuk sebuah toko grosir, penataannya berbeda dengan toko retail biasa. Untuk toko grosir, usahakan memiliki rak-rak yang tinggi untuk menyimpan barang dalam jumlah banyak. Biasanya, pelanggan toko grosir adalah para reseller atau perorangan yang ingin membeli mainan dalam jumlah banyak untuk dijadikan souvenir.
Info Penting Lainnya : Cara Mengatur Tata Letak Toko Mainan (Plus Info Penting Lainnya)

Dari kategori pelanggan ini, sediakan ruang yang luas untuk mereka melihat dan memilih mainan yang diinginkan. Tempatkan etalase dengan bentuk L, sehingga ada ruang yang lebih banyak untuk pembeli. Jika stok barang banyak, atur dengan rapi dan jangan sampai berserakan di lantai sehingga mengganggu kenyamanan pembeli.

Kalkulasikan Keuangan dengan Tepat

Keuangan yang dimaksud disini adalah modal dan biaya operasional toko. Aspek keuangan ini penting untuk diperhatikan apalagi diawal-awal usaha. Masukkan semua biaya yang timbul kedalam biaya operasional termasuk gaji karyawan, biaya transportasi, ongkos angkut dan juga biaya sewa. Usahakan untuk selalu tertib dalam pembukuan untuk mencegah salah catat yang berujung pada kerugian.

Tepat Dalam Memilih Karyawan

Usaha grosir memerlukan karyawan yang cekatan dan tanggap. Selain itu, karyawan juga harus paham tentang sistem jual beli dengan cara grosir. Berikan pengetahuan mengenai diskon yang bisa diberikan kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak. Pastikan karyawan memiliki sikap ramah dan pelayanan yang prima.

Itulah tadi serba-serbi usaha grosir mainan anak dan bagaimana cara membuka toko grosir. Pelayanan adalah hal yang utama dalam usaha ini. Selain itu pastikan harga yang diberikan murah karena kebanyakan pelanggan adalah orang yang akan menjual kembali mainan-mainan yang telah dibeli. Bedakan pembelian dalam bentuk grosir dan satuan.

Selamat membuka usaha!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Analisa Usaha Grosir Mainan Anak (Peluang dan Prospeknya)"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)