Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)

Jika seseorang telah memiliki intuisi bisnis yang tajam, maka lokasi apa pun (selama itu strategis) akan bisa dia jadikan sebagai tempat mendirikan usaha. Salah satunya adalah peluang usaha di sekolah dasar.

Bagi pebisnis yang memiliki insting dan jiwa bisnis kuat, maka sekolah dasar memiliki potensi besar yang harus dimanfaatkan. Oleh karena itu, banyak diantara mereka yang telah mengetahui potensi sekolah dasar ini, kemudian membuka usaha di sekitar area sekolah dasar (lapak kaki lima). Dan ada juga sebagian lainnya yang menyewa salah satu kios di kantin sekolah dasar tersebut.

Peluang usaha di sekolah dasar (SD) ini cukup besar. 

Jika di ibaratkan, maka area sekitar SD ini seperti semacam 'Pasar Kecil' yang Potensial

Apa sebab?

Karena jika di telisik lebih mendalam, sekolah dasar ini sebenarnya tidak terbatas hanya berisikan anak-anak saja. Sekolah dasar adalah sebuah ekosistem yang terdiri dari guru, murid, orang tua murid, penjaga sekolah, tetangga sekitar SD, dan juga berbagai komunitas usaha di dalamnya. Oleh karena itulah, saya mengibaratkan sekolah dasar ini layaknya seperti 'pasar kecil' yang potensial.

'Pasar kecil' ini memiliki potensi dan segmen pasarnya masing-masing. Dan segmen utamanya adalah anak-anak murid sekolah dasar itu sendiri. Peluang usaha di sekolah dasar tidak ada artinya tanpa anak-anak ini. Ada banyak usaha yang bisa dibuka di sekolah dasar yang menyasar anak-anak sebagai targetnya.

Mungkin ada sebagian orang awam yang mengira bahwa anak-anak SD bukan termasuk segmen pasar yang menjanjikan. Alasannya; karena biasanya anak-anak hanya diberi uang saku sekedarnya oleh orang tua mereka.

Benarkah anggapan itu?


Wait!! Tunggu dulu,,,, karena tidak sepenuhnya anggapan itu benar.

Mungkin bisa jadi ada benarnya anggapan itu jika pada kondisi tertentu. Yaitu apabila sekolah dasarnya berada di daerah pelosok dan terpencil. Mungkin ini benar.

Namun, bagaimana jika sekolah dasarnya berada dipusat kota seperti Jakarta? Apalagi jika sekolah itu SD pavorit dan berlokasi dikawasan menengah ke atas (yang notabene adalah anak-anak orang berada). Sudah pasti akan gurih banget prospeknya jika Anda bisa mendapatkan lapak dan berjualan di lokasi seperti ini. Apa sebab? Karena biasanya anak sekolah dari orang berada itu cenderung tidak perhitungan ketika jajan. Sebab uang jajan mereka tergolong besar. Maklum, namanya juga anak orang kaya. 😊 

Jadi kuncinya adalah dimana lokasi sekolah dasar itu berada, dan bagaimana tingkat sosial ekonomi warga sekitar dan para murid yang bersekolah di SD tersebut. Itulah kunci utamanya!

Saya berani menyatakan ini karena berdasarkan pengalaman pribadi dan keluarga saya. Sebab faktor yang membuat grup bisnis keluarga saya bisa sukses (hingga memiliki 4 cabang toko mainan), adalah karena berhasil mendapatkan lapak kaki lima di sebuah sekolah dasar pavorit yang strategis. Sekolah dasar itu adalah Yayasan SD Islam PB. Jenderal Sudirman, berlokasi di kawasan Cijantung Jakarta Timur.

Sejak mendapatkan lokasi dan lapak strategis itu bisnis keluarga saya terus berkembang pesat. Dari yang awalnya sebagai pedagang kaki lima, kemudian berhasil 'naik kelas' menjadi pebisnis toko mainan.

Mau buktinya? Silahkan baca kisah nyata berikut ini:



Ibuku, Wanita Gigih Yang Sukses Membangun Bisnis Dari Nol

Anda Ingin Meraih Sukses? Cobalah Pergi Merantau!

Mazri Seller, Salah Satu Pebisnis Toko Mainan Dan Airsoft Gun Sukses di Indonesia

Back to topic!


Selain itu, jangan lupa; orang tua murid juga merupakan pasar potensial. Bayangkan apa yang terjadi ketika orang tua murid ini sedang berkumpul? Ya, tentu mereka melakukan kegiatan jual beli disela-sela obrolan mereka. Tak beda juga dengan guru. Guru juga melakukan aktifitas yang sama. Sehingga, jika ingin membuka usaha di dekat sekolah dasar, maka bukalah jenis usaha yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Kemudian, perhatikan lingkungan sekitar sekolah dasar. Apakah sekolah dasar berada di pemukiman yang padat penduduk? Atau berlokasi di lingkungan perkantoran? Saran saya pilihlah lokasi sekolah yang berada di kawasan padat penduduk. Karena jika sekolah dasar itu berada di pemukiman padat penduduk, maka peluang untuk mendapatkan pembeli akan lebih besar. Karena produk dagangan Anda tidak hanya dibeli oleh anak-anak saja, tapi juga akan dibeli oleh penduduk sekitar tersebut. Tentu saja dengan catatan; produk Anda harus sesuai dengan kebutuhan warga di lingkungan sekitar sekolah itu.

Untuk target dan segmen pasar anak-anak, maka Anda bisa menjual berbagai produk makanan dan minuman (contoh produknya sudah tertulis lengkap di bawah).

Sedangkan untuk target dan segmen pasar orang dewasa (orang tua murid, guru, dsb), maka Anda bisa membuka usaha toko sembako di dekat sekolah dasar tersebut. Contoh usaha lainnya juga sudah ditulis lengkap di bagian bawah.

Namun ingat; jangan sampai Anda membuka usaha yang kurang relevan dengan lingkungan sekolah dasar, misalnya membuka usaha salon spa. Tentu peluangnya tetap ada, namun untuk lingkungan sekolah dasar, maka segmen pasar usaha salon spa ini kurang cocok di lokasi tersebut.

Yang jelas ada satu poin penting; bahwa peluang usaha di sekolah dasar tidak hanya terbatas untuk di dalam area gedung sekolah saja. Lingkungan di luar sekolah pun juga punya potensi pasar yang potensial, tapi dengan catatan; jenis usahanya harus relevan.

Pilihan Usaha di Sekolah Dasar


Setelah mengetahui bahwa sekolah dasar adalah sebuah pasar potensial. Saatnya mengetahui peluang usaha di sekolah dasar yang bisa dijalankan. Ada banyak pilihan usaha yang bisa dijalankan dengan menyasar ekosistem sekolah dasar. Berikut ini beberapa pilihannya :

Jualan Produk Mainan

Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)
Ilustrasi pedagang mainan di sekolah dasar.

Ini adalah produk yang pernah di jual oleh penulis sewaktu masih dagang kaki lima (di sekolahan SD dulu, sekitar tahun 2003 hingga 2006). Sebenarnya sih sekarang saya masih jualan mainan, tapi bedanya sekarang jualannya di toko. Hehe 😀

Oh iya, ada info penting lainnya. Yaitu jenis mainan yang cocok dijual di sekolahan SD agak berbeda dengan jenis mainan yang dijual ditoko mainan. Jika pada toko mainan umumnya menjual mainan sepanjang masa dan harganya mahal (seperti mobil remote control, mobil besar yang bisa di naiki anak, dll), maka pada sekolahan SD akan lebih cocok menjual mainan yang bersifat trending dan harganya murah. Yang dimaksud dengan mainan trending adalah mainan yang sedang populer dan bersifat musiman. Contohnya seperti mainan Tamiya, Gangsing Tor blade, Yoyo, dll.

Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)
Ilustrasi pedagang mainan di sekolah dasar.

Untuk model lapaknya sendiri, maka orang yang dagang mainan di sekolahan SD ini biasanya ada 3 tipe, yaitu;

1. Yang jualannya ngemper gitu aja di bawah (biasanya diberi alas pakai terpal).
2. Pakai gerobak, jadi semua mainannnya di tata sedemikian rupa di dalam gerobak tersebut.
3. Pakai semacam lapak yang dibuat (dirancang) berbentuk pondok kecil. 

Saya sendiri dulu termasuk yang tipe 1 dan 3. 😊

Usaha Jajanan Ringan Anak


Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)
Ilustrasi jajanan ringan di area sekolahan.

Usaha ini sudah jelas sangat potensial. Membuka usaha jajanan anak di dalam sekolah dalam artian kantin sekolah sangat potensial. Jika tidak bisa membuka usaha di dalam sekolah, cobalah untuk membuka lapak di depan atau dekat sekolah. Jika memilih untuk membuka lapak di luar sekolah, usahakan jangan terlalu jauh dari sekolah itu sendiri.

Ketika memilih usaha jajanan anak, berikan harga yang sesuai dengan budget anak-anak. Selain itu, cari supplier jajanan yang memberikan harga miring. Usahakan juga memperhatikan aspek keamanan jajanan. Jangan sampai menjual makanan yang kadaluarsa atau tidak terdaftar di BPOM. Ingat, resiko keracunan pada anak bisa mempengaruhi usaha. Lebih buruk lagi, keteledoran penjual bisa menyebabkan dikenakannya pidana.

Info Menarik Lainnya : Bisnis Jajanan Anak Sekolah, dan Tips Mencari Lokasi Dagang Strategis

Usaha Minuman Dingin


Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)
Ilustrasi jajanan minuman.

Minuman apalagi yang dingin sangat potensial di lingkungan sekolah dasar. Varian minuman ini bisa dibuat dari powder seperti coklat, red velvet, taro, atau juga strawberry. Kreasikan dengan menambahkan jelly atau bubble. Untuk harga, sesuaikan dengan kantong anak-anak. Tak perlu menjual dalam gelas ukuran besar, gunakan saja gelas ukuran kecil.

Selain minuman berbahan dasar powder, minuman teh juga bisa jadi pilihan usaha. Es teh yang segar sangat disukai anak-anak terutama di siang hari. Bahkan, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memulai usaha minuman teh ini. Untuk kemananan, perhatikan kebersihan peralatan usaha seperti blender, gelas, powder, dan kualitas es batu yang digunakan.

Membuka Usaha Foto Copy dan Stationary



Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)
Ilustrasi usaha fotocopy.

Peluang usaha di sekolah dasar selain makanan dan minuman adalah membuka toko foto copy yang dilengkapi dengan stationary. Usaha ini selalu memiliki pasarnya sendiri dan ketika membuka usaha ini di dekat sekolah dasar, peluang mendapat keuntungan semakin besar. Perlu diketahui bahwa beberapa orang tua memilih untuk memfoto copy buku-buku untuk anaknya dikarenakan harga buku asli yang mahal.

Tidak hanya orang tua saja, pihak sekolah juga memerlukan usaha ini. Sekolah sering mengeluarkan edaran dalam jumlah banyak. Inilah mengapa usaha foto copy diperlukan. Selain itu, anak-anak sering membeli alat tulis atau stationary. Anak-anak seringkali perlu membeli alat tuli seperti buku, pensil, pulpen, penggaris dan penghapus. Usaha yang cukup berpotensi, bukan?

Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

 

Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)
Ilustrasi.

Orang tua yang bekerja seringkali mengalami kesulitan dalam memobilisasi anaknya ke sekolah. Oleh karena itulah peluang usaha antar jemput ini punya peluang yang bagus. Jika seseorang memiliki keahlian mengemudi dan kebetulan ada mobil di rumah, bisa dicoba melakukan usaha ini. Jalinlah komunikasi dengan pihak sekolah dan orang tua murid.

Jika sekolah sudah memiliki fasilitas antar jemput, tetap tawarkan usaha ini ke sekolah, siapa tahu ada keperluan tambahan armada untuk rute tertentu. Namun, jika ternyata alokasi di sekolah sudah terpenuhi, tawarkan jasa ini langsung ke orang tua murid. Berikan harga yang sedikit lebih miring daripada harga di sekolah. Kumpulkan anak-anak dengan rute yang sejalur untuk memudahkan mobilisasi.

Usaha Catering Sehat Anak


Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)
Ilustrasi.

Satu lagi peluang usaha di bidang kuliner yang bisa dijalankan adalah catering sehat anak. Untuk usaha yang satu ini diperlukan penanganan yang sedikit berbeda. Dalam memulai usaha, selain harus memiliki keahlian memasak, perlu adanya satu tim yang bisa mengurus pembuatan, delivery dan juga keuangan. Untuk memulainya, kirimkan proposal ke sekolah-sekolah yang menjelaskan profil catering sehat yang ditawarkan.

Biasanya, sekolah dasar yang memiliki fasilitas catering adalah sekolah swasta. Namun, tak menutup kemungkinan untuk ditawarkan ke sekolah yang tidak memiliki fasilitas catering. Inilah mengapa orang tua murid menjadi penting adanya. Tawarkan kepada mereka menu catering sehat sebagai menu makan siang anak. Katakan bahwa dengan berlangganan catering sehat, orang tua tidak perlu repot menyiapkan bekal makan siang anak.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Modal 3 Juta Dengan Omset Yang Menggiurkan (Plus Tipsnya)

Usaha BimBel dan Les


Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!) (4)


Ketika datang musim Ujian Nasional, tempat les dan bimbingan belajar selalu laris manis. Untuk membuka usaha ini, perhatikan kualitas pengajar dan sistem belajar yang diterapkan. Untuk menarik minat, tawarkan usaha ketika awal tahun ajaran baru. Sebarkan brosur ketika orang tua murid mengambil raport. Jika memungkinkan, bukalah booth di sekolah. Usahakan lokasi bimbel tidak terlalu jauh dari lokasi sekolah.

Itulah beberapa peluang usaha di sekolah dasar yang bisa dicoba untuk dijalankan. Karena usaha ini berhubungan dengan dunia anak-anak, usahakan menyediakan produk yang ramah anak. Jangan mengabaikan aspek kebersihan, kesehatan dan keamanan. Usahakan untuk menampilkan sikap yang menyenangkan agar pelanggan terus kembali. Jujurlah dalam berusaha dan pertahankan konsistensi.

Demikianlah info tentang peluang usaha di sekolah dasar, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Peluang Usaha Di Sekolah Dasar (Prospeknya Bagus Lho!)"