Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Service Mobil Aki Anak (Masih Jarang Ada+Menjanjikan)

Memiliki mobil aki mainan memerlukan perawatan yang baik agar mainan tetap awet. Apalagi jika pemilik mobil aki mainan adalah pemilik usaha rental mainan anak. Namun, mencari jasa service mobil aki anak ternyata tidak mudah (masih jarang ada). Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rental mainan anak, dan peluang usaha bagi penyedia jasa service mobil aki mainan.

Analisa Usaha Jasa Service Mobil Aki Anak


Dari keadaan di lapangan tentang ketersediaan jasa service mobil aki anak, dapat disimpulkan kalau pemain di bisnis ini masih jarang. Ini artinya peluang terbuka lebar untuk orang-orang yang tertarik menyediakan jasa ini.

Di bawah ini adalah analisa mengapa usaha ini layak dijalankan:

Minimnya Pesaing di Usaha Ini

 

Usaha Service Mobil Aki Anak (Bisnis Ini Masih Jarang Ada)
Ilustrasi: Neza Toys, salah satu jasa servive mobil aki yang cukup populer di Tangerang.

Keinginan untuk memberikan perawatan yang prima bagi pemilik usaha rental mainan anak ternyata tidak berbanding lurus dengan ketersediaan jasa servicenya. Di Jakarta saja, cukup sulit untuk mencari jasa service khusus mobil atau motor aki anak. Yang banyak ditemukan adalah jasa service elektronik. Alhasil, pemilik usaha rental mainan anak terpaksa memakai jasa mereka.

Jasa service elektronik dipilih karena pada prinsipnya mereka paham mengenai komponen aki pada mobil mainan. Hal ini dikarenakan prinsip kerja mobil aki anak relatif sama dengan aki pada umumnya. Sebenarnya, beberapa pedagang mobil aki mainan juga sanggup untuk melakukan service aki. Namun, tidak semua pedagang bisa melakukan ini.

Bisa Dijalankan sebagai Usaha Sampingan


Selain minimnya pemain di jasa service ini, keuntungan lain adalah sulitnya mendatangkan penyedia jasa service ke rumah. Ukuran mobil mainan aki yang besar tentu akan jadi kendala jika harus dibawa ke tempat service. Apalagi jika dalam jumlah banyak. Tentu akan menarik jika ada jasa service yang bisa melayani service di tempat.

Seperti telah dijelaskan di atas, rata-rata jasa service adalah service elektronik. Orang atau perusahaan yang menyediakan jasa service mainan sangat jarang. Inilah alasan mengapa usaha ini sangat layak untuk dijalankan. Ketika seseorang mengerti tentang komponen barang-barang elektronik, sejatinya ia bisa melakukan service untuk mobil mainan ini.

Ini alasannya usaha ini cocok dijadikan sampingan, karena penyedia jasa hanya akan datang ketika dipanggil. Seiring berjalannya waktu, ketika klien sudah banyak, usaha ini bisa dijadikan usaha tetap. Mungkin pemain jasa service banyak, tapi yang khusus memberi label jasa service mainan elektronik masih jarang. Untuk itulah peluang ini layak diambil.

Modal yang Diperlukan Sedikit


Untuk bisa menjalankan usaha ini, di awal, seseorang tidak perlu memiliki sebuah kantor resmi. Artinya, tidak perlu ada biaya sewa tempat di awal usaha. Yang diperlukan untuk bisnis ini adalah peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan service elektronik. Peralatan service ini tidak mahal sehingga tidak terlalu menguras kantong.

Info Menarik Lainnya : Cari Mainan Mobil Aki Anak Pakai Remote yang Murah? 7 Toko Mainan di Asemka inilah Tempatnya

Untuk mengganti komponen yang rusak, penyedia jasa service tidak perlu melakukan stok barang. Beli komponen yang rusak ketika sudah diketahui kerusakannya. Selain itu biaya pembelian komponen juga bisa dibebankan kepada pelanggan. Artinya, bisa dikatakan modal utama untuk bisa menjalankan usaha ini adalah keahlian saja.

Target Pasar Jelas


Tidak perlu susah-susah mencari pelanggan. Mengingat banyaknya usaha rental mobil mainan ini di Jakarta dan sekitarnya, berarti target market sudah terbentuk. Belum lagi perorangan yang memiliki produk ini untuk mainan anaknya di rumah. Yang perlu dilakukan untuk mengolah target pasar ini menjadi konsumen adalah mempromosikan jasa yang ditawarkan.

Usaha Service Mobil Aki Anak (Bisnis Ini Masih Jarang Ada)
Om Neza Toys ketika mengerjakan order service mobil aki di salah satu rental mainan anak.

Kebutuhan para pengusaha rental mainan anak akan jasa service mobil aki sangat tinggi. Intensitas pemakaian mobil mainan yang juga tinggi menuntut mereka untuk sering melakukan service aki. Seperti diketahui aki adalah komponen yang sangat vital untuk mobil mainan ini. Dengan menyediakan jasa service mainan ini, berarti telah menyediakan solusi untuk para pengusaha rental mainan anak

Kemudahan Dalam Menentukan Program Promosi


Setelah mengetahui kebutuhan pasar dan target pasar, ini akan mempermudah calon pengusaha jasa service ini dalam menentukan program promosi. Yang paling mudah dilakukan adalah dengan memaksimalkan internet dan media sosial. Gencarlah mempromosikan jasa service di sana. Jelaskan dengan detail tarif dan service apa saja yang bisa dilayani.

Selain itu, bisa juga dengan pemasaran door to door yaitu langsung mendatangi calon pelanggan. Datanglah ke pusat perbelanjaan dimana terdapat jasa rental mobil mainan anak. Tawarkan jasa service kepada mereka dengan meninggalkan kartu nama. Berikan juga kemudahan pengerjaan di tempat agar mereka lebih tertarik.

Info Menarik Lainnya : Harga Motor Aki Anak Di Pasar Gembrong Bikin Kaget Murahnya

Kemudahan Dalam Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha untuk jasa service ini cukup mudah. Di awal, tidak perlu menyewa tempat usaha yang besar dan mahal. Cukup gunakan rumah sebagai tempat usaha. Seiring berkembangnya usaha dan pendapatan, dapat mencari lokasi di dekat pasar yang menjual mainan aki tersebut. Bisa juga di dekat pusat perbelanjaan yang ada rental mainan anaknya.

Dengan memilih lokasi usaha di dekat tempat penjualan mobil mainan aki, akan memudahkan penjual dan pembeli mobil aki mainan tadi dalam mencari jasa service. Seperti diketahui lokasi service mainan anak tidak banyak. Jika berusaha di dekat lokasi penjualan mobil mainan aki potensi cepat mendapat pelanggan cukup besar.

Cenderung Leluasa Menentukan Harga

Harus diakui, tidak ada patokan yang pasti dalam hal menentukan harga. Boleh dibilang pelaku usaha ini bebas menetukan tarifnya sendiri. Keleluasaan ini tentu bisa dimanfaatkan untuk mendulang keuntungan. Agar tidak salah dalam menentukan harga, coba perhatikan usaha sejenis. Berapa tariff yang pesaing berikan. Usahakan tarif terlampau jauh dari harga di pasaran.

Pentingnya Merawat Mainan Anak


Memberikan perawatan kepada mainan anak khususnya mobil mainan aki dapat memperpanjang usia mainan. Selain itu, performa mobil mainan aki bisa terjaga agar tetap prima. Lebih lagi jika mobil mainan aki tadi digunakan untuk usaha rental mainan. Tentunya penggunaan yang sering dapat menimbulkan resiko kerusakan ataupun penurunan performa mainan.

Mengingat vitalnya fungsi mobil mainan aki bagi pemilik usaha rental mainan anak, perlu dilakukan servis secara berkala. Itulah pentingnya kehadiran dari jasa service mobil aki anak. Dengan sering mengecek kualitas aki dan komponen lainnya, diharapkan performa mobil mainan tetap baik. Jika terjadi kerusakan karena kurangnya perawatan, tentu saja akan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Usaha Service Mobil Aki Anak (Bisnis Ini Masih Jarang Ada)
Ilustrasi: Koleksi mobil aki di salah satu rental mainan anak.

Perlu diingat bahwa harga satu unit mobil aki mainan cukup mahal. Beberapa unit harganya bisa mencapai jutaan. Maka dari itu, untuk mengimbangi sejumlah uang yang sudah dikeluarkan, penting untuk merawat mainan yang sudah dibeli ini. Karena jika mainan sampai rusak, ongkos untuk membeli baru tidak sedikit.

Info Menarik Lainnya : Cari Ahli Servis Mobil Aki Anak Recommended? NezaToys Servis Jawabannya!

Dari sini bisa disimpulkan bahwa usaha yang jarang dijalankan oleh orang bukan berarti usaha itu buruk. Justru disinilah peluang itu ada dan menarik untuk ikut terjun meramaikan. Perlu diingat bahwa kebutuhan akan jasa service mobil aki anak akan terus ada. Selama masih ada anak-anak, maka bisa dikatakan usaha ini akan tetap mendapatkan tempatnya.

Semoga info ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

Post a Comment for "Usaha Service Mobil Aki Anak (Masih Jarang Ada+Menjanjikan)"