Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Franchise Sate Padang Yang Perlu Anda Ketahui

Kini banyak pebisnis melirik bisnis franchise karena keuntungan yang ditawarkan begitu menjanjikan. Namun, karena banyaknya franchise yang ada sekarang membuat pebisnis harus jeli melihat prospek franshice yang akan dijalani.




Jika berminat, maka Anda bisa mencoba untuk terjun ke bisnis franchise sate padang.

Apa alasannya?

Pasalnya, franchise sate padang belum memiliki banyak competitor dan memiliki target market yang luas. Inilah yang bisa dijadikan peluang, sebab prospek waralaba sate padang memang begitu menarik. Namun, sebelum mengetahui seluk beluk mengenai waralaba sate padang, simak dahulu informasi mengenai sate padang, berikut ini.

Mengenal Sate Padang, Kuliner Khas Nusantara


Peluang Franchise Sate Padang Yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi sebuah usaha sate padang.

Setiap wilayah nusantara memiliki ciri khas makanan sendiri, tak terkecuali daerah Padang, Sumatra Barat. Di Padang memiliki beragam kuliner yang khas, salah satunya yang terkenal adalah sate padang. Sate padang adalah kudapan khas Padang yang berkuah kental, terbuat dari banyak rempah dan rebusan tepung beras.

Berbeda dengan sate Madura yang menggunakan daging ayam atau kambing, sate padang menggunakan daging sapi atau kerbau. Tidak jarang sate padang juga berisi jeroan, seperti paru, usus, jantung, atau lidah. Sebelum dipanggang dan ditusuk sate, daging tersebut sudah matang terlebih dahulu, berbeda seperti sate Madura atau sate pada umumnya.

Agar semakin enak ketika disantap, sate padang biasanya ditemani dengan ketupan dan juga kerupuk khas Padang, atau kerupuk jangek. Di Padang sendiri mengenal tiga jenis sate padang, yaitu sate pariaman, sate padang panjang, dan sate padang kota.

Namun, meskipun secara spesifik berbeda, semua jenis sate ini tetap dikenal sebagai sate padang. Sate padang panjang memiliki ciri khas kuahnya kental dan berwarna kuning serta banyak rempah-rempah. Oleh karena itu, aromanya lebih kuat dengan rempah-rempah yang lebih terasa, jenis ini lah yang sering ada dipasaran.

Sate padang khas pariaman memiliki kuah agak berwarna merah karena dicampur dengan cabai merah sehingga rasanya lebih pedas. Sedangkan sate padang kota berbeda dengan dua sate sebelumnya karena warna kuahnya kecoklatan. Aromanya kuat dengan kaya rempah membuat sate padang begitu dinikmati banyak orang sehingga banyak pebisnis juga melirik bisnis kuliner ini.
Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia, Anda Ingin Coba?

Alasan Memilih Franchise Sate Padang

Salah satu cara berbisnis sate padang yaitu menggunakan sistem franchise. Sistem ini kerap dipilih karena kepastian yang dijanjikan, baik dari mutu produk sampai keuntungan. Terlebih lagi sate padang memiliki banyak peralatan dan bahan baku dalam proses pembuatannya.

Berikut ini adalah 5 alasan memilih franchise sate padang yang perlu diketahui:

Memiliki Target Pasar yang Besar

Rasa yang kaya akan rempah dengan daging yang empuk membuat banyak orang begitu menikmati sate padang. Belum lagi dengan tambahan ketupat yang mendampinginya, membuat kudapan ini bisa dijadikan sebagai lauk yang dapat mengenyangkan dengan rasa yang lezat. Tidak heran jika hingga kini banyak penikmat sate padang, tidak hanya di daerah padang saja.


Peluang Franchise Sate Padang Yang Perlu Anda Ketahui
Hmmm,,,, Maknyusss,,,!! Ada yang mau? Ambil aja. 😃

Bahkan, kini di seluruh penjuru nusantara terdapat warung sate padang yang tidak pernah sepi pembeli. Hal itulah yang menandakan bahwa sate padang memiliki target pasar yang besar. Oleh karena itu, sate padang bisa dijadikan alternative kuliner yang bisa dijalankan menggunakan sistem franchise.

Bahan Baku Terjamin

Untuk menciptakan sate padang yang lezat tentunya tidak mudah karena dibutuhkan bahan baku bermutu dan juga proses pemasakan yang tepat. Terlebih lagi sate padang dikenal membutuhkan banyak rempah dalam pemasakannya. Apabila terlewat satu bahan rempah, tentunya bisa mengubah rasa dari sate padang tersebut.

Jika ingin berbisnis sate padang, sebagai solusinya bisa menggunakan sistem waralaba sate padang. Pasalnya, sistem ini biasanya melingkupi bahan baku, peralatan, dan juga resep sate padang itu sendiri. Jadi, pebisnis sate padang akan mendapatkan bahan baku yang terjamin, peralatan masak yang lengkap, dengan resep sate padang yang sesuai dilidah.

Persaingan Usaha Relatif Masih Belum Ketat

Sate padang memiliki banyak penggemar, namun tidak banyak warung sate padang yang ditemui. Tidak seperti sate Madura yang amat mudah ditemui disudut kota. Inilah yang menjadi peluang bsinis franchise sate padang.

Pasalnya, warung sate padang masih sedikit tetapi penggemarnya banyak. Waralaba sate padang bisa menjadi solusi jika ada pebisnis yang ingin berbisnis sate padang. Dengan sedikitnya warung sate padang yang ada, maka persaingan usaha pun semakin sedikit dan keuntungan akan mudah diraup.
Info Menarik Lainnya : Modal Usaha Mie Ayam Dengan Dana Minim (Cara Menyiasatinya)

Salah Satu Bidang Bisnis yang Akan Terus Ada

Semua pebisnis tentu saja menginginkan bisnisnya maju dan juga berkembang. Maka, pilihlah bisnis yang tidak akan tergerus jaman dan terus ada. Salah satu ide bisnis yang terus ada dan tidak sepi peminat adalah bisnis makanan khas nusantara. Pasalnya, semua orang butuh makan, terlebih lagi makanan khas nusantara yang ke-outentikan-nya begitu menggiurkan.

Salah satu makanan khas nusantara yang bisa dijadikan bisnis adalah sate padang. Pasalnya, sate padang kaya akan rempah khas Indonesia dan tidak memiliki kemiripan dengan kuliner yang lain. Oleh karena itu, sate padang merupakan bisnis yang bisa terus eksis tanpa tergerus jaman.

Lebih Ekonomis dan Efisien

Sate padang memang terkenal dengan rempahnya yang begitu kaya dan dagingnya yang empuk. Oleh karena itu, banyak yang harus dipersiapkan ketika ingin berbisnis sate padang. Meskipun terdengar merepotkan namun bisnis sate padang begitu menjanjikan bagi banyak pebisnis. Maka, salah satu altenatifnya yaitu menggunakan sistem franchise sate padang.

Franchise sate padang tentu akan lebih ekonomis dan efisien. Pasalnya, pebisnis akan menjalani business plan dan manajemen warung yang sudah terbukti sukses. Belum lagi resep sate padangnya yang sudah terbukti lezat sehingga tidak perlu modal lagi untuk mencoba resep-resep yang ada.

Tips Berbisnis Menggunakan Sistem Franchise

Bisnis franchise sate padang begitu menggiurkan karena dinilai lebih efisien dan juga ekonomis. Namun, ketika ingin membuka bisnis tersebut tentu saja tetap harus direncakanan dengan baik dan juga matang. Pebisnis juga perlu mengetahui tips berbisnis menggunakan sistem franchise agar bisa meraup keuntungan secara maksimal.

Hal utama yang perlu diperhatikan yaitu yakinkan bahwa bisnis tersebut sesuai dengan minat. Kemudian, lakukan pengecekan terhadap franchise yang ingin dibeli. Pilih reputasi franchise yang terbaik agar bisnis berjalan dengan baik dan bisa terus maju dan berkembang. Namun, franchise sate padang belumlah banyak, oleh karena itu pebisnis perlu jeli mencari partner waralaba sate padang.

Lokasi juga memperngaruhi keberhasilan bisnis franchise, maka pilihlah lokasi yang strategis. Misalnya, pilihlah lokasi yang ramai namun tidak ada warung sate padang terdekat. Kemudian, taati sistem franchise yang ditentukan, oleh karena itu pebisnis sebaiknya memilih franchise yang memiliki sistem yang sejalan dengan pemikirannya.

Meskipun franchise biasanya memiliki sistem yang baku, namun pebisnis harus tetap memiliki perencanaan bisnis sendiri. Tentukan goal yang ingin dicapai ketika menjalankan bisnis waralaba sate padang. Misalnya, membuat tujuan berapa porsi yang harus berhasil dijual setiap harinya untuk mencapai target penjualan.
Info Menarik Lainnya : Berapa Sih Modal Usaha Bakso? Yuk Kita Ulas Bareng
Bisnis franchise sate padang begitu menggiurkan karena selain memiliki banyak target market, saingannya pun masih sedikit. Meskipun begitu, pebisnis haruslah tetap menerapkan tips berbisnis menggunakan sistem franchise agar penjualan sate padang memenuhi target dan bisnisnya bisa maju. Tingkatkan juga pemasaran dan juga promosi untuk mengembangkan bisnis franchise yang dijalankan.

Demikian info tentang peluang franchise sate padang. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

Post a Comment for "Peluang Franchise Sate Padang Yang Perlu Anda Ketahui"