Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Franchise Warteg Kini Lagi Trending, Anda Tertarik Mencoba?

Bagi yang suka masak atau hobi kulineran, maka bisnis franchise warteg bisa Anda coba. Hampir di seluruh daerah di Indonesia siapa pun bisa menemukan rumah makan satu ini. Anehnya meskipun sudah banyak di mana-mana, tempatnya tak pernah sepi. Seakan sudah punya kelompok pasarnya masing-masing. Selain itu, makanannya pun seringkali habis tak bersisa, baik yang warungnya buka 24 jam maupun tidak. Ini lah saatnya untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis membuka warteg.

Asal mula warteg sendiri dari Kota Tegal, yakni sesuai dengan namanya yang berarti "Warung Tegal". Warteg dibangun di atas tanah yang tidak luas, umumnya berukuran 3 x 3 meter. Adapun lokasinya di sekitar proyek pembangunan. Namun karena rasanya yang enak maka bisnis kuliner ini dapat terus berkembang pesat.

Kini kemunculan warteg semakin hari semakin banyak, serta makanan yang dihidangkan pun kian beragam. Bahkan franchise warteg menjadi salah satu strategi pengembangan bisnis yang mulai banyak dijalankan orang.





Peluang Bisnis Franchise Warteg


Franchise Warteg Sedang Trending, Anda Tertarik Mencoba?
Ilustrasi: Warteg Kharisma, salah satu franchise warteg yang sedang berkembang pesat.

Indonesia kaya akan macam kulinernya, buktinya, setiap tempat memiliki ciri khas makanan yang berbeda. Itulah yang akhirnya menjadi keunikan warteg, yakni meskipun ada di setiap daerah, cita rasa makanannya tetap sama. Sepertinya ada standar yang menjadi patokan makanan warteg. Hal ini dimanfaatkan bagi sebagian orang yang hanya bisa makan dengan selera tertentu saja saat berpergian.

Namun sebenarnya pasar yang paling potensial dari sebuah warteg adalah penduduk sekitar, apalagi jika warteg dibuka dekat daerah kampus dan perkantoran. Sudah pasti warteg tidak akan pernah sepi karena orang-orang di sana butuh makan dengan harga yang bersahabat. Inilah alasan lain mengapa keberadaan warteg dicintai oleh masyarakat Indonesia. Harga murah, porsi banyak, dan cita rasa yang nikmat.

Kini para pelaku bisnis warteg melakukan inovasi. Selain mengembangkan sistem bisnis lewat franchise warteg, ada beberapa warteg yang menawarkan menu kekinian. Jadi tidak hanya makanan rumahan saja yang dihidangkan, namun ada juga makanan seperti di dalam menu-menu restoran mall. Tempatnya pun bukan warung kecil tapi ber-AC, lebih luas, bahkan menyediakan jaringan Wi-Fi.

Berbicara soal peluang warteg tak akan ada habisnya karena selama masih ada perkantoran, kampus, komplek kost-kostan, maka warteg akan selalu laku. Melihat semakin maraknya merek franchise warteg di berbagai tempat menunjukkan bahwa minat masyarakat masih tinggi. Inovasi-inovasi terhadap warteg saat ini masih bisa dikembangkan, baik dari menu makanan, konsep tempat, dan masih banyak lagi. Bisnis warteg dapat dengan mudah menyesuaikan tren masyarakat, selera pasar, serta karakteristik konsumen yang ditujunya.
Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia, Anda Ingin Coba?

Keuntungan Franchise Warteg


Meski nampak seperti warung makan biasa, jangan memandang sebelah mata profit dari franchise warteg. Beberapa pelaku usaha ini mengaku bisa mengantongi hingga 10 atau 20 juta, tergantung pada seberapa besar produksi yang dilakukan. Makanan murah bukan berarti tidak bisa memberikan profit jutaan. Justru dengan harga murah akan semakin banyak orang yang beli. Di sini lah sedikit demi sedikit keuntungan didapatkan.

Selain itu, simak beberapa keuntungan lainnya saat terjun di bisnis ini:

Tidak Perlu Repot-repot Membangun Konsep Bisnis

Dalam bermitra dengan sistem franchise maka salah satu syaratnya adalah menjalankan konsep bisnis yang sudah dibentuk sebelumnya. Ini sesungguhnya menguntungkan, apalagi untuk pemula. Tidak perlu repot membuat business plan karena konsepnya sudah ada. Model dan target bisnisnya seperti apa tinggal dijalankan saja. Jadi tidak perlu membuang waktu untuk mem-planning di awal.

Perlengkapan Telah Siap

Pada saat akan menjalin kerjasama akan ada down payment (DP). Biaya ini sebenarnya adalah investasi bagi calon mitra karena akan ditukar dengan sejumlah peralatan, penggunaan hak brand, dan masih banyak lagi. Melalui bisnis franchise seseorang tidak perlu repot membeli dan mengumpulkan segala sesuatu yang dibutuhkan karena akan disiapkan oleh partnernya. Begitu pembayaran DP lunas, semuanya akan dikirimkan dan langsung di-setting sesuai standar.

Tidak Memulai Promosi dari Nol

Franchise warteg pasti sudah mempunyai brand di tengah masyarakat. Namanya yang sudah terkenal membuat mitra bisnis tidak harus melakukan promosi yang gencar. Brand yang sudah banyak diketahui orang memudahkan dalam aktivitas promosi. Bahkan tanpa perlu melakukan promosi orang-orang sudah tau dengan sendirinya. Jadi setelah membuka outlet tinggal berjualan saja. Pelanggan akan datang dengan sendirinya dan profit pun bisa cepat dikumpulkan.

Dukungan Supply Kebutuhan

Membuka warung makan pasti membutuhkan bahan makanan. Setiap harinya stok bahan-bahan dapur harus dipastikan cukup. Beberapa mitra franchise warteg ada yang memberikan layanan supply bahan makanan. Jadi si pemilik warteg tinggal pesan kebutuhannya kemudian selang beberapa waktu akan diantarkan. Tidak perlu khawatir kehabisan bahan tertentu di pasar dan membuang waktu untuk belanja. Adanya layanan ini dibuat untuk memastikan operasional setiap warung dapat berjalan dengan stabil.

Keuntungan Lebih Besar

Sekilas di awal telah dibahas seberapa kemungkinan besarnya profit yang akan dikantongi. Namun di sini akan sedikit lebih dijelaskan mengenai jumlah tersebut. Harga makanan bebas disesuaikan oleh si pemilik. Dengan adanya margin, maka si pemilik bisa memperoleh keuntungan. Di samping itu, tidak perlu mengeluarkan biaya promosi dan lainnya. Pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting dapat dihindari.
Info Menarik Lainnya : Cara Jadi Mitra Dan Perhitungan Keuntungan Franchise Sabana

Persiapan Untuk Franchise Warteg

Setelah mengetahui peluang serta keuntungan dari bisnis ini, kini saatnya mempersiapkan diri untuk memulainya. Proses untuk terjun ke bisnis warteg itu mudah, hanya saja perlu memperhatikan hal-hal berikut:

Cari Mitra Terpercaya

Keberhasilan sebuah bisnis memang tergantung pada siapa yang menjalankannya. Namun secara tidak langsung popularitas (nama brand) juga berpengaruh besar. Carilah mitra yang sudah memiliki popularitas di masyarakat. Hal ini memudahkan Anda dalam mencari pelanggan. Sehingga tidak perlu lagi berpromosi terlalu gencar, karena sudah ada kepercayaan publik dari sisi brandnya.

Cari Lokasi

Untuk membuka warteg pasti dibutuhkan lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis, artinya mudah dijangkau oleh berbagai alat transportasi dan dekat dengan keramaian, seperti lingkungan perkantoran, kampus, atau perumahan. Semakin strategis lokasinya, tentu akan semakin mahal harganya. Jadi sesuaikan dengan budget yang dimiliki serta targetnya.

Siapkan Uang DP

Setelah mendapatkan tempat yang pas, waktunya menghubungi tim marketing dari partner yang telah dipilih. Biasanya sebagai tanda deal mau bekerjasama harus membayar sejumlah DP. Nilai DP disesuaikan dengan paket atau bentuk kerjasama yang dipilih. Setiap partner memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Termasuk ada yang boleh mencicil DPnya, ada juga yang harus langsung dibayar lunas.

Persiapan Warung

DP tadi akan dipergunakan untuk membeli peralatan dan kebutuhan warteg lainnya. Tahapan ini pun termasuk dalam pembangunan warteg. Karena tidak mungkin jika lokasi yang sudah dipilih tidak dilakukan renovasi. Pada saat persiapan warung mungkin membutuhkan dana tambahan karena renovasi ini-itu.

Finalisasi Kerjasama

Pada tahap ini warteg sudah hampir jadi. Sekarang tinggal menyelesaikan urusan kerjasama dengan partner. Misalnya melunasi DP jika baru dibayar sebagian, menandatangani dokumen kerjasama, dan melakukan kesepakatan lainnya. Contoh kesepakatan di sini adalah apakah seorang mitra harus membayar royalty fee atau tidak, dan sebagainya.
Info Menarik Lainnya : Mau Berbisnis Waralaba? Pilihlah Franchise Kebab Baba Rafi

Pembukaan Warung

Saat semuanya sudah selesai, kini waktunya membuka warung. Jangan khawatir apabila sebulan dan dua bulan pertama masih sepi. Karena mungkin saja orang-orang sekitat belum begitu menyadari kehadiran warteg baru. Tunggu sampai sekitar tiga hingga enam bulan baru lakukan evaluasi untuk strategi bisnis ke depannya.

Franchise warteg mungkin terlihat mudah dan menguntungkan. Namun layaknya bisnis lainnya, usaha warteg tetap harus dijalankan dengan kesabaran, sungguh-sungguh, serta ketekunan. Satu hal terpenting lainnya selain mempertahankan cita rasa adalah kebersihan. Penting bagi pelaku bisnis kuliner untuk memprioritaskan kebersihan dibandingkan konsep-konsep warung lainnya.

Demikian info tentang franchise warteg, semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Franchise Warteg Kini Lagi Trending, Anda Tertarik Mencoba?"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)