Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Usaha Seblak, Jajanan Kekinian Yang Menjanjikan

Seblak adalah makanan tradisional yang bertransformasi menjadi kudapan kekinian. Bahkan, saking hits-nya, banyak orang membuka usaha kedai seblak ini. Peluang usaha seblak juga dinilai bagus karena banyaknya peminat kudapan ini. Oleh karena itu tidak heran jika banyak bermunculan kedai-kedai penjual seblak.

Seblak sebenarnya ada dua jenis yaitu kering dan basah. Seblak kering sudah lama jadi panganan ringan di masyarakat. Sedangkan yang sekarang sedang naik daun adalah seblak basah. Umumnya seblak basah ini memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Peluang Usaha Seblak, Jajanan Kekinian Yang Menjanjikan




Seperti apa sih sebenarnya peluang usaha seblak ini?


Artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas.

Yuk di simak!

Fenomena Seblak Basah, Pedas Kenyal Kekinian


Seblak basah menjadi kudapan yang diminati masyarakat beberapa waktu terakhir ini. Biasanya penjual seblak basah menggunakan gerobak atau booth. Seblak bisa dijual dengan cara keliling atau mangkal. Seblak dibuat dari kerupuk seblak yang direndam atau direbus dengan air. Dulu, seblak hanya dikenal dalam bentuk kerupuk, tapi kini, seblak hadir dalam tampilan baru.

Seblak basah biasanya diberi bumbu-bumbu dan tambahan bahan lain hingga berasa pedas dan gurih.


Di musim hujan, makanan ini sangat laris diburu masyarakat. Inilah mengapa banyak orang yang tergiur ingin menjajal peluang usaha seblak. Pada dasarnya, usaha ini mudah dijalankan asalkan pelaku usaha memiliki kreativitas dalam memasak.

Kreatifitas menjadi penting dalam usaha seblak ini karena sudah banyak varian-varian dari seblak basah ini. Ada yang ditambah dengan ceker, telur, ayam, dan juga bahan lain seperti sosis dan bakso. Walaupun rata-rata tampilan seblak itu mirip, tapi tetap harus ada sesuatu yang ditonjolkan jika ingin sukses. Sesuatu itu bisa dari rasa, kemasan, pelayanan atau juga harga.

Rasa seblak yang sudah ada di benak masyarakat adalah gurih dan pedas. 


Peminat makanan ini mayoritas datang dari anak muda usia SMA sampai bangku kuliah. Merekalah konsumen utama makanan bernama seblak ini. Memang, seblak pedas ini sangat cocok dimakan bersama dengan teman apalagi jika harganya bersahabat.

Dengan mengetahui konsumen utama dari seblak ini, calon pelaku usaha diharapkan bisa menyusun strategi promosi yang tepat. Ditambah lagi, fenomena seblak memang sedang ramai. Hampir di setiap sudut kota atau perbelanjaan ada penjual seblak. Rata-rata dari mereka memiliki pelanggan tetap. Oleh karena itu, peluang usaha seblak ini sangat luas.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Bakso Yang Dijamin Enak Dan Laris Untuk Jualan

Tips Memulai Usaha Seblak


Sebelum memutuskan membuka kedai seblak basah, ada baiknya mengetahui tips memulainya. Tips ini gunanya agar pengusaha tidak kebingungan mengambil keputusan.

Beberapa tips di bawah ini bisa diaplikasikan agar bisa membuka usaha seblak dengan lancar:

Mencari Lokasi Usaha yang Potensial dan Strategis


Lokasi yang strategis saja terkadang tidak cukup. Lokasi haruslah potensial dan strategis. Strategis dalam arti mudah ditemukan atau dilihat orang. Akses menuju ke lokasi mudah dan biasanya di pinggir jalan besar. Ketersediaan lahan parkir juga menjadi salah satu faktor strategis tidaknya lokasi. Sebuah lokasi yang sulit diakses biasanya membuat konsumen urung belanja.

Sedangkan untuk lokasi yang potensial adalah dekat dengan target konsumen. Misalnya, lokasi dekat dengan kos-kosan mahasiswa, kampus, atau perkantoran. Lingkungan perumahan bisa saja dijadikan lokasi usaha asalkan karakteristik penghuni perumahan cocok dengan target seblak tadi. Jika di lingkungan perumahan, pastikan berjualan di ruko-ruko yang biasanya ada di bagian depan ketika masuk komplek perumahan.

Rancang Penataan Kios atau Lapak yang Baik

 

Peluang Usaha Seblak, Jajanan Kekinian Yang Menjanjikan
Ilustrasi Seorang Pedagang Seblak.

Jika kebetulan mendapatkan kios untuk berdagang, usahakan area untuk konsumen luas. Lebih baik, gunakan saja bangku-bangku sederhana agar kios terkesan luas. Bangku panjang sah-sah saja dipakai asalkan bersih dan diatur dengan rapi. Untuk dinding, bisa menggunakan wallpaper dengan gambar yang unik. Wallpaper cocok untuk usaha pemula karena harganya yang murah.

Namun, jika kebetulan harus berjualan menggunakan gerobak dan di luar ruangan, pastikan terdapat seating area yang juga nyaman. Meja panjang dan bangku panjang bisa dijadikan pilihan. Perhatikan kebersihan area berjualan agar pembeli merasa nyaman. Atau, jika kebetulan area berdagang luas, bisa diterapkan sistem lesehan dengan meja pendek panjang. Sediakan bantal-bantal lucu besar agar tetap terkesan kekinian.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Nasi Goreng Lezat Berbagai Varian Untuk Jualan

Siapkan Tukang Masak yang Bisa Diandalkan


Usaha ini identik dengan kemampuan memasak. Jika kebetulan tidak memiliki kemampuan itu dan harus mempekerjakan tukang masak, maka carilah yang bisa diandalkan. Siapkan juga paket gaji yang menarik agar ia tetap loyal. Mencari tukang masak ini memang gampang-gampang susah. Banyak-banyaklah bergaul dengan sesama pengusaha seblak untuk mengetahui informasi akan hal ini.

Namun, jika kebetulan memiliki keahlian memasak, maka proses penyajian bisa dilakukan sendiri. Tentu saja, harus ada yang membantu untuk mengurusi order dari konsumen yang datang. Hal ini tujuannya agar tidak repot nantinya. Biasanya, pembeli seblak akan ramai di sore hari menjelang malam. Jika ditangani sendiri tentu akan kerepotan.

Siapkan Segudang Kreasi Menu


Peluang usaha seblak yang luas bukan berarti tidak memiliki titik jenuh. Dengan banyaknya varian seblak yang sekarang sudah beredar, maka perlu dipikirkan sebuah menu seblak baru. Tujuannya adalah agar usaha seblak yang nanti dirintis bisa langsung dikenal orang. Minimal, orang jadi aware bahwa ada seblak baru yang berbeda dari yang sudah ada.

Seblak bisa digabungkan dengan aci, basreng, atau juga bakso. Saat ini juga bahkan sudah ramai seblak kuah dicampur dengan mi instan. Nah, hal-hal baru seperti inilah yang harus terus dikembangkan oleh pelaku usaha seblak. Tujuannya agar konsumen tertarik untuk membeli. Tidak ada salahnya untuk coba-coba dulu resep-resep seblak sebelum membuka kedai.

Info Menarik Lainnya : Contoh Usaha Makanan Ringan Unik, Layak Untuk Anda Coba

Membeli Waralaba


Jika dirasa kesulitan untuk menemukan merek yang tepat untuk seblak, tidak ada salahnya membeli waralaba saja. Peluang usaha seblak dalam bentuk waralaba tentu lebih besar. Hal ini karena masyarakat sudah mengenal merek dan rasa seblak dari merek-merek waralaba. Ada sejumlah merek waralaba seblak yang sudah terkenal dan bisa dicoba untuk bergabung.

Walaupun membeli waralaba terkesan praktis, namun tetap perlu manajemen yang baik. Nama besar saja tidak cukup tanpa pelayanan dan konsistensi rasa. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk membeli merek waralaba biasanya cukup besar. Jadi, perlu dikalkulasi dengan tepat agar tidak salah perhitungan. Namun, opsi membeli waralaba ini patut dicoba, lho.

Promosi Yang Unik

 

Peluang Usaha Seblak, Jajanan Kekinian Yang Menjanjikan
Contoh Promosi Seblak Yang Unik.

Promosi unik ini bisa dilakukan dengan segala cara tergantung kreatifitas dan ide. Misalnya, sebelum toko atau kedai dibuka, gembar-gemborkan di media sosial. Buat calon pelanggan menunggu-nunggu atau penasaran akan kedai seblak baru ini. Namun, strategi ini bisa berhasil dan membuat orang kembali lagi jika rasanya memang sesuai. Dengan promosi yang cocok, antrian ketika pembukaan bisa mengular.

Peluang usaha seblak memang cukup baik. Oleh karena itu, beberapa waktu ke depan pun usaha ini masih layak untuk dijalankan. Rasa adalah hal utama yang harus ditonjolkan dari usaha ini. Kedua, penampilan makanan dan juga kemasan. Pastikan semuanya unik agar kesan kekinian tetap melekat dan disukai pelanggan.

Demikianlah artikel ringan tentang peluang usaha seblak. Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Peluang Usaha Seblak, Jajanan Kekinian Yang Menjanjikan"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)