Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Contoh Usaha yg Bagus saat Krisis Pandemi Corona

Virus Corona telah menyebabkan ekonomi masyarakat tertekan. Alasannya karena banyak usaha kecil yang sepi hingga menyebabkan penurunan penjualan hingga adanya gelombang PHK. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang akhirnya mencari peluang usaha yg bagus untuk dijalankan saat masa krisis ini.

Kondisi perekonomian yang serba tidak pasti di masa pandemi ini memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi dalam hal mencari penghasilan.



Contoh Usaha yg Bagus saat Krisis Pandemi Corona
Sepakat?




Nah, dalam artikel kali ini akan diberikan kisi-kisi mengenai usaha yg bagus, terutama untuk dijalankan pada saat pandemi Corona.


Simak sampai habis yuk!

Kreatif di Tengah Krisis Akibat Pandemi


Manusia seringkali malah mampu membuat terobosan, atau inovasi baru akibat dari tekanan yang dialaminya. Normalnya, setelah lelah bertahan pada kondisi sulit, manusia akan mulai mencari solusi atas masalah yang dihadapinya. Itulah yang saat ini sedang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat di dunia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa virus corona yang sedang menginfeksi dunia berimbas pada mandeg-nya perekonomian. Hal ini disebabkan sejumlah kebijakan seperti lockdown, pembatasan sosial, dan penutupan tempat-tempat usaha. Mau tidak mau pelaku usaha harus mengikuti aturan ini.

Banyak masyarakat yang jadi kehilangan mata pencaharian karena pandemi ini. Namun, bukan berarti masyarakat menjadi patah arang dan hanya berpangku tangan saja menanti bantuan pemerintah. Pemerintah memang sudah menyiapkan berbagai stimulus dan kebijakan untuk menanggulangi pengangguran. Tetapi, alangkah baiknya jika masyarakat juga mulai berusaha sendiri.

Walaupun saat ini adalah masa sulit, masyarakat harus tetap jeli melihat peluang. Karena pada dasarnya peluang usaha itu selalu ada dan bisa disesuaikan dengan keadaan yang ada. Cara paling mudah melihat peluang adalah melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat pada saat itu.

Dengan jeli melihat kebutuhan masyarakat, maka sama saja sedang melihat peluang itu sendiri. Kekhawatiran akan kelangsungan usaha dan berapa modal yang harus dikeluarkan pasti ada, dan ini wajar. Maka dari itu, jangan langsung menggelontorkan dana banyak, namun mulailah dengan skala kecil dulu. Jika dilihat hasilnya memuaskan, maka barulah bisa menambahkan nilai investasinya.

Artikel Menarik Lainnya : Pentingnya Brand, Bahaya Riba dan Rahasia Bisnis yang Tidak Akan Pernah Merugi (Belajar Dari Kebangkrutan Teh Sariwangi)

Contoh Kreatifitas di Saat Pandemi

Tidak hanya masyarakat umum saja yang dituntut kreatif, namun juga perusahaan-perusahaan besar. Pelaku usaha besar harus siap menghadapi perubahan yang sangat cepat seperti yang terjadi sekarang ini. Perusahaan harus bisa membaca situasi dan siap mengubah arah bahkan konsep bisnisnya.

Seperti yang dilakukan oleh brand batik kenamaan Alleira yang baru-baru ini meluncurkan Protection Hat. Tentunya Alleira tidak pernah merencanakan untuk memproduksi protection hat in sebelumnya. Namun melihat peluang akan kebutuhan proteksi wajah selain masker, maka munculah ide untuk membuat bucket hat dengan dilengkapi kaca visor yang bisa dibongkar pasang.

Contoh lain adalah munculnya ide bisnis virtual travelling. Beberapa tempat wisata di dunia sudah mulai melakukan ini seperti yang dilakukan Kebun Binatang di Amerika Serikat. Melalui situs nationalzoo.id.edu, orang-orang yang terpaksa harus tinggal di rumah bisa berwisata ke kebun binatang secara virtual. Hal serupa juga dilakukan oleh pengelola museum-museum di dunia.

Hal ini berlaku sama untuk usaha retail. Banyak masyarakat yang tidak bisa keluar rumah, maka maksimalkan pemesanan dan pengantaran produk secara online. Ketika orang tidak bisa datang ke sebuah toko, maka toko itulah yang harus menghampiri pelanggan.

Hal-hal kreatif seperti inilah yang harus terus dikembangkan agar tetap ada pendapatan di saat krisis. Walaupun mungkin terjadi penurunan pendapatan atau keuntungan, namun usaha bisa tetap jalan dan tidak gulung tikar. Bagi perorangan, memiliki usaha bisa membuat pemasukan tetap ada.

Artikel Menarik Lainnya : Anda Ingin Meraih Sukses? Cobalah Pergi Merantau!

Peluang Usaha yg Bagus Saat Pandemi Corona


Setelah menampung semua ide kreatif dan membaca peluang yang ada, saatnya mengeksekusi bisnis. Nah, agar tidak kewalahan memilih ide bisnis mana yang akan dijalankan, berikut ini akan diberikan beberapa contoh usaha yg bagus untuk situasi krisis saat ini. Simak pilihannya di bawah ini:

1. Usaha Makanan dan Minuman


Makanan dan minuman adalah dua hal yang selalu dibutuhkan orang walaupun pada masa krisis. Ada banyak jenis usaha makanan dan minuman yang bisa digarap saat pandemi seperti ini. Memanfaatkan keadaan sebagian besar masyarakat yang harus diam di rumah, maka bisnis makanan jadi tentu bisa Anda coba.

Selain itu, bisnis berjualan bahan makanan siap masak juga bisa jadi pilihan. Ketika di rumah orang jadi punya banyak waktu untuk memasak tapi tidak untuk belanja ke pasar. Maka menjual bahan makanan siap masak berdasarkan menu, pastinya bisa Anda coba. Misalnya, bahan untuk membuat tongseng, sayur asem dan lain-lain.


2. Berjualan Sayur Mayur Secara Online



Banyak masyarakat menghindari pergi ke pasar atau ke supermarket. Namun, kebutuhan akan sayur mayur terus ada setiap hari. Manfaatkan celah ini untuk menjalankan usaha berjualan sayur mayur secara online. Bagi pemula, manfaatkan WA grup atau media sosial yang dimiliki sebagai sarana promosi.

Berjualan sayur mayur dengan cara online ini adalah salah satu usaha yg bagus dijalankan di masa pandemi. Tidak perlu takut dengan online groceries yang sudah punya nama. Layani pelanggan yang terdekat dulu misalnya penghuni perumahan. Dengan begini, usaha justru bisa memberikan pengiriman yang lebih cepat.

3. Usaha Sembako Online


Selain sayur mayur, sembako juga jadi kebutuhan pokok masyarakat walaupun sedang dalam masa krisis. Keterbatasan ruang gerak membuat orang sulit pergi ke toko-toko sembako. Maka, tidak ada salahnya membuka usaha berjualan sembako secara online melalui WA group atau media sosial.

Sembako bisa didapatkan dari pusat grosir yang juga membuka layanan pemesanan atau pembelian secara online. Sedangkan untuk pengantaran, bisa menggunakan jasa pengiriman atau juga diantarkan sendiri dengan tetap menerapkan prosedur COVID-19.

Artikel Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Usaha Kecil Bersaing Dengan Usaha yang Lebih Besar?

4. Usaha Produksi Minuman Tradisional


Jamu sedang digemari oleh masyarakat Indonesia sejak adanya pandemi corona. Namun, tidak semua orang punya waktu untuk membuat jamu atau belanja bahan-bahan pembuat jamu. Maka, manfaatkan celah ini untuk menjual jamu yang sudah dikemas dalam botol dan siap minum. Pasarkan melalui media sosial atau juga WA group.

5. Online Training


Perusahaan banyak yang menunda pemberian training kepada karyawannya karena larangan berkumpul dan anjuran kerja dari rumah. Maka, bagi pemilik usaha yang bergerak di bidang pelatihan, bisa mengubah konsep bisnisnya ke online training. Pasalnya, kebutuhan untuk pengembangan diri dan menambah pengetahuan akan tetap ada.

6. Usaha Jasa Pengiriman


Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi menyebabkan orang cenderung mendatangkan semua hal yang diinginkannya ke rumah. Oleh karena itu, perkembangan bisnis jasa pengiriman bisa dikatakan meningkat. Bahkan, PT Pos Indonesia yang beberapa waktu lalu sempat merugi, kini mengklaim adanya peningkatan jumlah pengiriman. Yang artinya, tentu hal ini juga berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan PT POS Indonesia.

Maka, membuka usaha jasa pengiriman baik dengan cara membeli franchise atau membuat merek sendiri, layak untuk dicoba. Usaha jasa pengiriman ini bisa bekerja sama dengan situs-situs E-Commerce, atau juga distributor-distributor kebutuhan pokok masyarakat.

Kesimpulannya : pasti akan selalu ada usaha yg bagus untuk dijalankan walaupun di saat masa krisis.

Yang terpenting adalah, agar kita selalu mampu untuk terus berinovasi, dan cermat dalam memanfaatkan setiap peluang. Dan usahakan agar produk kita bisa sampai kepada pelanggan, tanpa perlu pelanggan itu harus keluar rumah.

Selamat mencoba dan tetap semangat!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Contoh Usaha yg Bagus saat Krisis Pandemi Corona "

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)