Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Rintis Bisnis Sendiri? Belajar Manajemen Bisnis Dulu Yuk

Semua usaha baik besar maupun kecil memerlukan pengelolaan atau manajemen yang benar. Belajar manajemen bisnis memang tidak melulu harus di bangku kuliahan. Tetapi bukan juga lantas menyepelekan manajemen bisnis itu sendiri. Faktanya, bisnis yang di-manage dengan benar lebih tahan lama daripada bisnis yang dikelola asal-asalan.

Ada banyak sekali buku-buku yang membahas mengenai manajemen bisnis. Selain dari buku, menghadiri seminar bisnis juga bisa membantu belajar manajemen bisnis. Agar lebih mudah memahami, setidaknya pebisnis pemula perlu mengetahui dasar-dasar manajemen bisnis. Nah, artikel kali ini akan membahasnya.


Mau Rintis Bisnis Sendiri? Belajar Manajemen Bisnis Dulu Yuk

Belajar Manajemen Bisnis Sangat Penting Untuk Pengetahuan Dasar Pebisnis

Pebisnis perlu belajar manajemen bisnis. Ukuran bisnis tidak menjadi ukuran kapan pebisnis perlu mempelajari manajemen bisnis. Ketika memutuskan terjun berusaha, maka saat itulah pemahaman manajemen bisnis harus sudah dimiliki.

Manajemen bisnis bisa diartikan sebagai kegiatan bisnis yang meliputi perencanaan, pengelolaan, dan pengoperasian untuk mencapai tujuan akhir bisnis yaitu tercapainya keuntungan. Kegiatan yang cukup kompleks ini tentu tidak bisa jika hanya dikerjakan oleh satu orang. Maka idealnya, bisnis bisa berjalan dengan baik jika dijalankan oleh sebuah tim.

Ilmu manajemen bisnis biasanya akan diajarkan di bangku kuliah bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ekonomi dan bisnis. Ilmu ini mempelajari seluruh kegiatan bisnis dimana mahasiswa harus lebih dulu memahami tentang manajemen itu sendiri. Maka, sebelum mengambil mata kuliah manajemen bisnis mahasiswa harus mempelajari tentang manajemen terlebih dahulu.

Dari segi bisnis secara praktek, manajemen bisnis diperlukan agar tujuan bisnis bisa tercapai. Selain keuntungan, pengelola bisnis biasanya juga punya tujuan-tujuan lain. Tujuan lain itu misalnya membangun citra perusahaan, ekspansi, kelangsungan bisnis, dan lain sebagainya.

Pada sebuah perusahaan, kegiatan manajemen ini biasanya dijalankan oleh seorang profesional. Namun pada bisnis sederhana, pemilik bisnislah yang biasanya bertanggung jawab atas manajemen bisnis ini. Kegiatan-kegiatan bisnis mulai dari proses produksi hingga distribusi biasanya masih ditangani sendiri oleh pemilik usaha.
Info Menarik Lainnya : 17 Mindset Bisnis yang Dianjurkan Bagi Pelaku Usaha (Entrepreneur)

Dasar-dasar Manajemen Bisnis

Bagi pemula atau pemilik bisnis sederhana, manajemen bisnis tampak seperti sesuatu yang rumit. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Berikut ini adalah 5 dasar manajemen bisnis yang harus dimengerti oleh para pelaku bisnis:

1. Pengelolaan SDM

Manajemen SDM adalah hal pertama yang harus dipahami oleh pelaku bisnis. Belajar manajemen bisnis tidak mungkin dilakukan tanpa mempelajari manajemen sumber daya manusia. SDM merupakan aset bagi perusahaan selain aset fisik.

Dalam manajemen SDM, kegiatan yang dilakukan juga meliputi semua kegiatan manajemen. Dimulai dari perencanaan hingga pengelolaan. Boleh dibilang bahwa manajemen SDM adalah kegiatan manajemen yang paling dinamis. Pasalnya, yang dikelola adalah manusia yang memiliki karakter masing-masing.

Di perusahaan modern saat ini, pengelolaan SDM mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini tidak hanya dikenal istilah human resources namun juga Human Resource Development, Human Resources Management serta Human Capital. Seperti dikatakan di atas bahwa karyawan adalah aset atau modal bagi perusahaan.

2. Pengelolaan Kegiatan Produksi

Manajemen produksi merupakan kegiatan vital bagi perusahaan. Hasil dari proses produksi adalah produk yang nantinya akan dipasarkan. Maka, tidak heran jika banyak pihak yang terlibat dalam manajemen produksi ini.

Pengetahuan tentang manajemen produksi akan menghasilkan produk dengan kualitas yang baik. Selain itu, manajemen produksi bisa menekan potensi kerugian material. Produk yang dihasilkan dari proses manajemen produksi ini haruslah berdasarkan sudut pandang konsumen. Baik keinginan maupun kepuasannya.
Info Menarik Lainnya : Jangan Bersedih Jika Sering Dicela dan Diremehkan, Jawablah Dengan Kesuksesan Anda!

3. Pengelolaan Kegiatan Pemasaran

Manajemen pemasaran dianggap yang paling menarik karena kegiatannya adalah mengenalkan produk ke konsumen. Manajemen pemasaran berperan untuk memberi produk nilai ekonomis. Metode dan strategi yang digunakan harus mengupayakan agar produk atau jasa disukai konsumen.

Kegiatan dalam manajemen pemasaran cukup banyak mulai dari penerapan marketing mix, membangun strategi pemasaran, eksekusi program-program pemasaran yang sudah dicanangkan, serta evaluasi program pemasaran. Tujuan akhirnya adalah produk diterima masyarakat serta meningkatkan penjualan produk.

4. Pengelolaan Keuangan

Mengelola keuangan bisnis adalah bagian dari manajemen keuangan. Perusahaan atau pengusaha melakukan pencatatan dan pengelolaan keuangannya baik yang masuk maupun keluar. Semua yang berhubungan dengan uang baik investasi, hutang, piutang, atau kas adalah bagian dari manajemen keuangan.

Pencatatan keuangan oleh orang-orang di bagian keuangan ini akan menghasilkan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan ini mencerminkan sehat tidaknya perusahaan. Selain itu, kondisi keuangan perusahaan juga menjadi pertimbangan investor atau bank dalam memberikan suntikan dana.

Belajar manajemen bisnis tidak akan berhasil tanpa memahami manajemen keuangan. Boleh dikatakan bahwa keuangan adalah jantung sebuah bisnis. Pengelolaan dan pencatatan keuangan yang baik akan berujung pada perusahaan yang sehat. Salah mengelola keuangan tentu saja akan berujung kerugian.

5. Pengelolaan Informasi

Manajemen informasi sangat penting peranannya pada bisnis di era digital dan modern ini. Pengelolaan informasi atau data meliputi proses mengumpulkan, menyimpan, sosialisasi, mengarsipkan dan menghancurkan. Semua proses ini juga sering disebut dengan data management.

Data management yang dikembangkan di perusahaan-perusahaan meliputi banyak data. Mulai dari data vendor, data produk, data penjualan, data proyek, dan banyak data lainnya. Semua data tadi dibuat dalam bentuk bank data yang nantinya dijadikan acuan bagi semua.

Manajemen informasi bertujuan untuk mengolah data-data yang ada untuk analisis tertentu. Misalnya data penjualan selama periode tertentu bisa digunakan untuk menentukan program pemasaran yang akan digunakan. Atau bisa juga digunakan untuk melakukan inovasi bahkan penghapusan produk tertentu.
Info Menarik Lainnya : Kenali Diri, Niscaya Anda Akan Menemukan Passion Anda

Pentingnya Memahami dan Belajar Manajemen Bisnis Sederhana

Pelaku usaha setidaknya harus mengetahui mengenai dasar-dasar manajemen bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas. Penjelasan singkat di atas hendaknya diperdalam agar pengetahuan mengenai pengelolaan bisnis semakin matang.

Setidaknya, pelaku usaha harus tahu jenis bisnis yang dijalankan. Deskripsi yang jelas mengenai bisnis yang dikelola ini sangat penting untuk menentukan visi dan misi perusahaan. Tujuan bisnis juga bisa langsung ditentukan jika di awal sudah diketahui deskripsi bisnisnya.

Perencanaan bisnis yang matang juga merupakan bagian dari manajemen bisnis. Semua kegiatan baik untuk urusan SDM, produksi, pemasaran, keuangan dan pengelolaan informasi membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan membantu pelaku usaha menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk usaha kecil, dasar-dasar manajemen yang sudah dijelaskan di atas juga harus diterapkan. Pemilik usaha harus tahu produk apa yang akan dijual atau diproduksi, dari mana asal bahan bakunya, berapa ongkos produksi, berapa banyak karyawan yang dibutuhkan dan sebagainya.

Bisnis kecil yang dikelola dengan benar bisa bertahan dan berkembang. Keuntungan maksimal bisa didapat dengan penerapan manajemen bisnis yang benar. Lalai pada salah satu kegiatan manajemen bisnis akan berakibat pada timpangnya perjalanan bisnis. Ujung-ujungnya bisnis menjadi rugi.

Info Menarik Lainnya : Apa itu Passion? dan Bagaimana Cara Menemukannya?
Kesimpulannya, belajar manajemen bisnis sangat penting dan diperlukan bagi semua level pengusaha. Besar kecilnya usaha tidak menjadi alasan usaha dijalankan dengan asal-asalan tanpa manajemen yang benar. Manajemen bisnis yang diterapkan pada semua usaha akan berujung pada tercapainya keuntungan.

Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Mau Rintis Bisnis Sendiri? Belajar Manajemen Bisnis Dulu Yuk "