Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)

Menata ruang tamu minimalis✓ "Minimalis" adalah sebutan untuk sebuah hal yang berkenaan dengan hal-hal yang sederhana. Sekarang ini, tema minimalis banyak dipilih saat mendekorasi ruang tamu. Simple tapi tetap enak dipandang.

Namun, tidak semua orang dapat memadukan tema ini dengan sempurna. Masih banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula dalam mengaplikasikan tema ini.



Berikut Adalah Contoh Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Orang Pada Saat Menata Ruang Tamu Minimalis

Oh iya, dalam artikel ini saya melakukan koreksi sekaligus memberikan solusinya. Yuk sama-sama disimak apa saja kesalahan umum tersebut. Cekidot!

1. Menggunakan Terlalu Banyak Perabot

Biasanya dalam mendekorasi sebuah ruangan, pasti akan ada dorongan untuk terus menambah dekorasi agar ruangan tampak menjadi lebih indah dan elegan. Namun dekorasi dengan perabotan yang terlalu banyak justru menjadi tidak relevan dengan tema minimalis tersebut.

Jadi seharusnya ruangan dengan tema minimalis dirancang dengan sederhana dan simple. Dengan banyaknya dekorasi dan perabotan, ruangan akan terlihat terlalu ramai. Dan sebaiknya dalam menata ruang tamu minimalis itu, pilihlah furnitur yang penting dan multifungsi saja.

Atau, jika Anda ingin menaruh banyak dekorasi, maka pilihlah dekorasi yang kecil (tidak terlalu mencolok) dan tetap memberi kesan elegan pada ruang tamu tersebut.

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.

Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)

2. Tidak Adanya Pencahayaan yang Baik

Seringkali para pemula terlalu sibuk saat mendekorasi ruang tamunya, sehingga lupa untuk memberikan perhatian tentang pencahayaan yang baik. Walaupun tema minimalis memang sudah sederhana, tetapi jika tidak ada pencahayaan yang baik, maka ruang tamu tersebut akan terkesan sumpek dan suram.

Ruang tamu seharusnya memberi kesan lega dan segar, agar para tamu yang sedang berkunjung ke rumah Anda merasa nyaman dan betah. Disarankan untuk menggunakan pencahayaan natural pada siang hari lewat jendela. Sedangkan ketika dimalam hari, maka sebaiknya pilihlah lampu yang berwarna warm white, tujuannya agar ruang tamu tersebut terasa lebih hangat dan menenangkan.
Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Ruang Tamu Sederhana (Nyaman & Apik)

3. Tidak Memiliki Konsep yang Jelas

Sebelum mulai mendekorasi, hendaknya tentukan terlebih dulu tema minimalis seperti apa yang ingin diaplikasikan pada ruang tamu Anda. Pilihlah warna-warna dasar yang akan menjadi warna utama di dalam ruang tamu tersebut.

Warna apa sebaiknya yang dipilih?

Pilihlah warna yang netral dan cocok untuk semua kalangan (tua dan muda). Ini berkaitan dengan konsep perencanaan dan nilai estetika tata ruang tamu tersebut. Dan ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum memulai pekerjaan Anda.

Apa sebab?

Karena persiapan konsep yang matang ini akan mempengaruhi hasil akhirnya nanti. Jika di awal memulai penataan konsepnya tidak jelas, maka nantinya akan menimbulkan ketidakserasian antara perabotan dengan warna ruangan. Seakan terkesan tidak padu diantara bagian didalam ruangan tersebut. Padahal harusnya semua unsur seperti perabotan, pewarnaan, dan pencahayaan ruangan tersebut harus serasi, sehingga lebih sedap dipandang mata.

4. Asal Memilih Perabotan

Tidak semua perabotan rumah yang “minimalis” akan cocok di ruang tamu semua orang. Dalam memilih furniture, sebaiknya disesuaikan dengan ruangan yang akan ditempatinya.

Artinya apa?

Jadi untuk ruang tamu yang sempit, pilihlah sofa yang kecil dan pendek. Sebaliknya pada ruangan yang luas, pemilihan sofa yang besar dan panjang cocok untuk mengisi kekosongan pada ruangan dan dapat memberi kesan tersendiri.

Coba Anda perhatikan pemilihan perabot ruang tamu yang sangat serasi dibawah ini.

Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)

5. Membiarkan Banyak Kabel Berserakan

Peralatan elektronik di ruang tamu pastinya memiliki banyak sekali kabel. Barang-barang seperti TV, kipas angin, dan AC memiliki kabel-kabel dan pipa yang panjang dan banyak. Jika dibiarkan berserakan begitu saja (terpampang didepan mata), maka akan membuat ruang tamu yang seharusnya terkesan simple menjadi berantakan dan ruwet.

Jadi apa solusinya?

Tentu banyak solusi yang bisa dilakukan. Yang penting kabel-kabel ini dapat disembunyikan dan tidak bikin sumpek mata orang yang melihatnya. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan klip kabel. Atau bisa juga dengan cara ditutupi sedemikian rupa dibalik perabotan seperti meja, sofa, atau lemari.
Info Menarik Lainnya : Cara Mengatur Tata Letak Toko Mainan (Plus Info Penting Lainnya)

6. Terlalu Monoton

Ruangan yang minimalis memang menjunjung tinggi konsep kesederhanaannya. Namun jangan pula terlalu berlebihan dalam 'kesederhanaan' tersebut. Ingat sebuah petuah yang mengatakan: "segala sesuatu yang terlalu berlebihan itu tidaklah baik".

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Maksudnya gimana ya?"

Jadi karena ingin benar-benar ruang tamu dirumahnya tampak benar-benar minimalis (baca: 'sederhana'), maka ada orang yang memutuskan hanya memberi satu warna saja diruangan tersebut.

Misalnya, jika sang pemilik rumah memilih cat tembok warna putih, sofa putih, meja dan perabot lain juga berwarna putih maka akan membuat ruangan tersebut pucat dan membosankan. Atau ingin warna biru laut, maka benar-benar 'tok' biru laut saja semuanya. Apalagi kalau hanya warna pink saja semuanya. Aduh ampun,,,, jangan deh. 😂

Nah, gaya minimalis yang terlalu 'sederhana' seperti diatas tentu saja kurang tepat. Apa sebab?

Karena jika hanya menggunakan satu warna saja, tentu ruang tamu Anda jadi terlihat monoton, kurang menarik, bahkan bisa jadi malah terkesan norak.

Intinya dalam merancang dan menata ruang tamu bergaya minimalis, hendaknya utamakanlah sisi keserasian dan keseimbangan. Dalam mengaplikasikan tema minimalis, jangan terlalu takut untuk bermain dengan warna.

Pilihlah warna-warna yang cocok dan selaras satu sama lain. Contohnya putih dengan coklat, coklat dengan hijau, biru tua dengan kuning, abu dengan warna-warna pastel, dan masih banyak lagi.

Coba Anda lihat salah satu contoh perpaduan rancangan warna yang sangat serasi pada ruang tamu pada foto dibawah ini.

Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)


Dan ingat, disisi lain jangan juga warnanya terlalu ramai. Nanti dikira tamu di rumah Anda malah sedang ada pelangi hehehe (just kidding). 😃

Rancanglah ruang tamu Anda dengan pas dan serasi. Yaitu rancangan yang tidak berlebihan, tidak norak, dan juga tidak terkesan mencolok. Aturlah secara seimbang dan proporsional. Pasti hasilnya akan membuat setiap kolega dan handai taulan jadi betah bertamu ke rumah Anda! 😉

Sekian pembahasan mengenai contoh kesalahan yang sering dilakukan orang, yaitu pada saat menata ruang tamu bergaya minimalis. Semoga para pemula yang ingin mendekorasi ruang tamunya dengan tema minimalis dapat menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Mudah-mudahan tulisan sederhana ini dapat bermanfaat untuk Anda. Salam.

Post a Comment for "Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi) "