Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Pesanan Tidak Sesuai? Simak Cara Komplain Tokopedia Yuk!

Belanja online tidak selalu menyenangkan. Bisa saja barang pesanan datang dalam keadaan rusak atau malah salah kirim. Tokopedia sebagai salah satu e-commerce andalan masyarakat untuk belanja online menyediakan layanan penanganan komplain. Cara komplain Tokopedia bisa dikatakan cukup membantu masyarakat.

Keuntungan belanja di Tokopedia salah satunya adalah penanganan komplain yang responsif. Selain itu, pembeli bisa memantau progress komplain dengan mudah. Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut tentang cara komplain Tokopedia, dan tips terhindar dari kesalahan pengiriman barang saat belanja online.

Pesanan Tidak Sesuai? Simak Cara Komplain barang  di Tokopedia Yuk!

Jadi bagaimana tahapan dan cara komplain Tokopedia itu?

Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tokopedia memiliki seller-seller yang umumnya bisa dipercaya baik kualitas barang maupun pengirimannya. Namun, tidak jarang juga seller-seller yang terpercaya tadi mengirim barang yang cacat atau keliru. Beruntung, Tokopedia memiliki kebijakan retur barang untuk produk yang rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.

Pengajuan Komplain Belanja Online Tokopedia

Pembeli bisa mengajukan komplain ke Tokopedia jika barang diterima dalam keadaan rusak, cacat, dan tidak sesuai dengan pesanan. Komplain juga bisa diajukan jika produk yang dikirim salah atau jumlahnya kurang. Cara komplain Tokopedia yang mudah menjamin rasa aman dari pembeli saat berbelanja.

Ketika barang yang dikirim oleh seller tidak sesuai, maka pembeli bisa melakukan komplain. Tokopedia selalu jadi jembatan antara seller dan buyer, sehingga pasti akan memproses komplain ini. Solusi yang umum diberikan adalah pengembalian dana seluruhnya (refund) atau sebagian, penggantian barang, dan pengiriman kekurangan barang.

Selain karena barang yang diterima rusak, komplain juga bisa diajukan sebelum barang diterima. Ada saat dimana barang yang sudah dibeli tidak kunjung diproses atau dikirim oleh seller. Belum lagi jika seller tidak juga merespon pertanyaan dari pembeli terkait pengiriman atau pemrosesan barang. Komplain bisa segera diajukan ke Tokopedia dan akan diproses pengembalian dananya.

Cara Komplain Tokopedia

Mengajukan komplain ke Tokopedia tidaklah sulit. Pembeli tidak perlu khawatir uang tidak kembali atau terpaksa menerima saja barang yang rusak tadi. Berikut ini adalah cara komplain Tokopedia yang bisa dikulik oleh pembeli melalui aplikasi Tokopedia:

1.  Komplain Ketika Barang Belum Dikirim

Pembeli bisa mengajukan komplain ke Tokopedia jika pesanan tidak juga dikirim dalam waktu lebih dari 5 hari. Komplain ini akan disertai dengan permintaan refund atau pengembalian dana. Pertama, masuklah ke aplikasi Tokopedia di smartphone, lalu gulirkan ke menu Pembelian dan masuk ke Status Pemesanan.

Pilihlah Ajukan Pembatalan untuk invoice pembelian yang ingin dibatalkan. Selanjutnya, pada menu "Pengajuan Pembatalan Pesanan", isilah detail masalah mengapa ingin mengajukan pembatalan. Tekan Ajukan dan tunggu respon dari Tokopedia selama 2x24 jam. Dana akan masuk ke saldo Tokopedia.

2. Komplain Ketika Barang yang Diterima Rusak

Jika pembeli menerima produk yang rusak, cacat, salah, atau kurang, maka bisa mengajukan komplain ke Tokopedia. Cara komplain Tokopedia untuk produk yang diterima dalam keadaan tidak sesuai dengan pesanan bisa dilakukan di aplikasi Tokopedia pada smartphone.

Pertama, bukalah aplikasi dan pilih Notifikasi yang ada di bagian kanan atas layar. Selanjutnya, pilih Sampai Tujuan di kolom transaksi. Setelah menu transaksi terbuka, pilih transaksi mana yang akan dikomplain. Pada invoice, klik Komplain di invoice yang bermasalah.

Selanjutnya, akan muncul kategori pesanan, dan kemudian pilihlah menu "Pesanan Sudah Diterima". Nanti akan muncul pilihan masalah dan pilihlah bagian "Produk Tidak Sesuai Deskripsi". Beri tanda pada produk yang bermasalah serta isikan jumlah produk yang dikomplain, kemudian klik Lanjut.

Tokopedia akan meminta pembeli menguraikan deskripsi masalah, isilah masalah pada kolom yang sudah disediakan dan klik Simpan. Selanjutnya, pilihlah Ya, Ajukan Komplain dan proses selesai. Jangan lupa untuk memasukkan foto produk yang bermasalah tersebut (sebagai tambahan bukti komplain).

3. Komplain Selisih Ongkir

Biaya pengiriman juga sering menjadi masalah karena ada potensi terjadi perbedaan ongkos kirim. Pembeli bisa mengajukan komplain di aplikasi Tokopedia pada smartphone. Langkah pertama adalah klik Notifikasi dan masuk ke kolom transaksi untuk selanjutnya memilih menu Pesanan Tiba.

Selanjutnya, pilih transaksi yang dikomplain di daftar transaksi kemudian pilih Lacak. Pada invoice yang bermasalah, klik Ajukan Komplain dan buka bagian menu "Pesanan Sudah Diterima". Nanti akan muncul deretan pilihan masalah, lalu pilihlah bagian "Terdapat Masalah Biaya Pengiriman".

Pada menu berikutnya, masukkan jumlah selisih ongkir serta uraikan alasan perbedaan ongkir ini serta bukti berupa foto atau video. Selanjutnya, klik Ajukan Komplain dan Ya, Ajukan Komplain pada menu konfirmasi.

Artikel Menarik Lainnya : Promo Tokopedia Untuk Pengguna Baru, Belanja Asik dan Menyenangkan

4. Komplain Produk yang Dikirim Kurang

Produk yang dikirim bisa jadi kurang dari jumlah yang dipesan. Jangan khawatir karena pembeli bisa mengajukan komplain. Caranya, masuklah ke aplikasi Tokopedia di smartphone kemudian pilih bagian Notifikasi. Di kolom transaksi, klik menu Sampai Tujuan.

Pada daftar invoice, pilihlah invoice mana yang berkendala dan klik Komplain. Selanjutnya, pilihlah kategori "Produk Sudah Diterima" dan lanjutkan dengan memilih jenis masalah Produk Tidak Lengkap/Kurang. Selanjutnya, pembeli akan diminta mengisi kolom masalah dan mengunggah foto atau video bukti produk yang kurang tadi. Klik Simpan dan tunggu proses verifikasi dari Tokopedia.

Tips Terhindar dari Masalah Belanja Online di Tokopedia

Sebagai e-commerce terbesar, Tokopedia tidak luput dari masalah seller-sellernya. Maka dari itu, sebagai pembeli, hendaknya juga melakukan tindakan preventif ketika berbelanja online. Yang harus dilakukan sebelum memutuskan membeli adalah berkomunikasi dengan seller.

Seller wajib menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli. Sebaliknya, sebelum membeli lakukan kroscek terlebih dahulu. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dikomunikasikan dengan seller sebelum memutuskan untuk membeli:

1. Kesesuaian Foto dengan Produk

Tidak jarang seller memajang foto produk yang sangat menarik. Sebagai pembeli, tanyakan apakah nanti barang yang dikirim sama dengan foto yang dipajang. Pembeli bisa bertanya apakah warna akan sama atau apakah produk yang ada pada foto adalah produk yang nantinya dikirim. Tanyakan semua itu agar tidak salah beli.

2. Ketersediaan Produk

Pembeli bisa menanyakan kepada seller tentang jumlah produk yang ingin dibelinya. Katakan pada seller jumlah yang ingin dibeli dan tanyakan stoknya. Hal ini penting untuk menghindari kekurangan pengiriman produk. Walaupun bisa mengajukan komplain, tapi akan ada effort tambahan yang bisa memakan waktu pembeli.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mencicil Barang di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit

3. Packaging

Untuk produk-produk elektronik, pecah belah, liquid dan juga makanan ringan, hendaknya ditanyakan dulu bagaimana packagingnya. Mintalah pada seller untuk membungkus pesanan dengan bubble wrap atau packaging yang kokoh. Semua ini bisa dikomunikasikan pada seller. Beberapa seller bahkan menetapkan biaya tambahan untuk bubble wrap dan packaging kayu.

4. Estimasi Pengiriman

Jika pembeli membeli produk yang dikirim dari luar kota, tanyakan juga kemampuan seller untuk mengirim dan berapa lama estimasinya. Rata-rata semua seller akan menjawab mampu mengirim ke luar kota, namun kenyataannya pengiriman jadi sangat lama dan produk berpotensi rusak.

Itu tadi beberapa cara komplain Tokopedia yang bisa dilakukan oleh pembeli jika produk yang dipesan tidak sesuai. Jangan lupa untuk mencoba tips-tips terhindar dari masalah pembelian produk ketika belanja online di atas. Jadilah pembeli pintar dan cermat.

Artikel Menarik Lainnya : Ongkir Olshop Mahal? Intip Cara Gratis Ongkir Tokopedia Ini

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Pesanan Tidak Sesuai? Simak Cara Komplain Tokopedia Yuk!"